Blog

/

Digital Marketing

/

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Nadia L Kamila

05 October 2023

6000

Image Banner

SEO dan SEM adalah dua konsep yang berbeda dalam dunia pemasaran online. Hanya saja, banyak orang yang belum paham mengenai apa saja perbedaan SEO dan SEM serta bagaimana menggunakan kedua hal ini dalam strategi marketingnya.


Jika Sobat MinDi masih bingung tentang SEO dan SEM serta penerapannya dalam membuat bisnismu makin dikenal melalui mesin pencari, simak artikel ini untuk mendapatkan gambaran lengkap mengenai perbedaannya ya!


Sebelum itu, yuk cari tahu apa sih pengertian dari SEO dan SEM?


Pengertian SEO (Search Engine Optimization)


SEO adalah proses mengoptimalkan situs website yang kamu miliki agar muncul di hasil organik atau alami mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat situs website milikmu di hasil pencarian organik agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.


SEO melibatkan berbagai tindakan seperti penelitian kata kunci, peningkatan konten, pengoptimalan struktur situs, dan pembangunan tautan. Hasil SEO tidak langsung dan mungkin memerlukan waktu untuk melihat perubahan yang signifikan dalam peringkat.


Pengertian SEM (Search Engine Marketing)


SEM adalah pendekatan yang lebih luas yang mencakup upaya pemasaran yang dibayar untuk meningkatkan visibilitas situs website bisnis milikmu di mesin pencari. Salah satu bentuk SEM yang paling umum adalah iklan berbayar atau PPC (Pay-Per-Click), di mana kamu akan membayar untuk setiap klik yang diterima dari iklan di hasil pencarian.


SEM juga mencakup upaya lain seperti kampanye iklan display, iklan video, dan kampanye media sosial yang berfokus pada meningkatkan traffic situs websitemu. Hasil SEM biasanya lebih cepat terlihat karena melibatkan iklan berbayar, dan kamu dapat mengontrol anggaran dan hasil secara langsung.


Jadi, kesimpulannya adalah SEO berfokus pada upaya organik untuk meningkatkan peringkat situs website di hasil pencarian, sedangkan SEM mencakup strategi pemasaran berbayar dan upaya lainnya untuk meningkatkan visibilitas situs website di mesin pencari dan platform online lainnya.


Kamu juga bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai bagaimana aplikasi strategi SEO dan SEM dalam real project dalam program Bootcamp Digital Marketing Dibimbing

4 Faktor yang Dipengaruhi dari Perbedaan SEO dan SEM

Selain dari pengertian dan konsep SEO dan SEM yang telah disebutkan di atas, ada beberapa faktor yang membuat hasil akhir dari strategi marketing ini sangat dipengaruhi oleh perbedaan SEO dan SEM.


1. Biaya yang Dikeluarkan


Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan SEO seringkali memerlukan investasi waktu dan upaya yang signifikan, tetapi biaya operasionalnya biasanya lebih rendah daripada SEM karena fokus pada upaya organik.


Sedangkan SEM melibatkan biaya berbayar, di mana kamu perlu membayar untuk setiap klik atau tampilan iklan. Kamu juga perlu mengatur anggaran harian atau bulanan untuk kampanye SEM dari bisnismu.


2. Kontrol dan Pengaturan


Dalam SEO, kamu memiliki kontrol lebih sedikit atas perubahan algoritma mesin pencari, yang dapat mempengaruhi peringkat website milikmu.


Sebaliknya ketika menggunakan SEM, kamu akan memiliki kendali lebih besar terhadap kampanye, seperti menentukan kata kunci yang akan ditargetkan, menetapkan anggaran, hingga mengatur waktu tayangan iklan.


3. Waktu Respon


SEO memerlukan waktu untuk dapat melihat perubahan yang signifikan dalam peringkat situs web Anda, terutama jika kamu bersaing dalam kata kunci yang sangat kompetitif.


Sementara SEM mampu memberikan hasil yang lebih cepat karena kamu bisa segera meluncurkan kampanye iklan berbayar dan secara singkat mampu mendapatkan traffic yang lebih banyak.


4. Durasi Efek


Hasil SEO yang baik dapat bertahan dalam jangka panjang jika kamu senantiasa menjaga situs website dan terus mengoptimalkannya.


Akan tetapi hasil dari SEM bersifat lebih sementara. Ketika kamu berhenti membayar untuk iklan, maka visibilitas iklanmu dalam hasil pencarian berbayar juga akan berhenti.


Perbedaan SEO dan SEM ini saling melengkapi dan tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk daripada yang lainnya. Kamu harus memahami seluk beluk bisnismu dan mengintegrasikan strategi marketing SEO atau SEM yang sesuai dengan kebutuhanmu.


Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Strategi SEO?


Jika kamu memahami bahwa bisnis yang sedang kamu pegang sesuai dengan kriteria di bawah ini, maka menggunakan strategi SEO untuk optimalisasi website bisnis adalah pilihan yang cocok untukmu.


1. Tujuan Jangka Panjang


Gunakan SEO jika kamu memiliki tujuan jangka panjang untuk meningkatkan visibilitas situs website di hasil pencarian organik dan ingin membangun kehadiran online yang stabil dan berkelanjutan.


2. Anggaran Terbatas


Jika kamu memiliki anggaran terbatas atau tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk iklan berbayar, maka SEO adalah pilihan yang baik karena lebih fokus pada upaya organik.


3. Konten Berkualitas


Jika kamu mampu menghasilkan dan memelihara konten berkualitas tinggi yang relevan dengan industri atau niche bisnismu, maka SEO akan membantu memaksimalkan potensi situs websitemu.


4. Mempersiapkan Bisnis untuk Masa Depan


SEO memerlukan waktu untuk melihat hasil, tetapi hasilnya lebih tahan lama. Gunakan SEO jika kamu ingin mempersiapkan bisnis Anda untuk pertumbuhan jangka panjang.


Baca Juga : Panduan Belajar SEO Wordpress yang Bermanfaat Untukmu!


Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Strategi SEM?


Apabila kamu merasa bawah situasi di bawah ini yang sedang dihadapi oleh bisnismu, maka beriklan dengan SEM bisa menjadi pilihan untuk strategi marketing yang tepat. 



1. Hasil Cepat Dibutuhkan


Jika kamu butuh traffic dan hasil cepat, terutama untuk kampanye pemasaran segera seperti peluncuran produk atau penawaran terbatas, maka SEM adalah pilihan yang baik karena dapat memberikan hasil segera.


2. Anggaran Fleksibel


Jika memiliki anggaran pemasaran bisnis yang cukup besar dan siap serta mampu untuk membayar per klik atau tampilan iklan, SEM memberikan kontrol yang lebih besar atas investasi marketingmu.


3. Saingan Tinggi


Bisnismu berada dalam industri yang sangat kompetitif di mana peringkat organik sulit dicapai, SEM dapat memberikan visibilitas lebih besar di atas pesaing bisnis lainnya.


4. Kampanye Promosi Tertentu


Gunakan SEM saat ada kampanye promosi tertentu seperti penjualan musiman, acara khusus, atau peluncuran produk baru.


Bagaimana Memilih Strategi Marketing yang Tepat?


Untuk dapat menentukan strategi mana yang tepat untuk bisnis, berikut ini beberapa hal yang butuh untuk kamu pertimbangakan secara mendalam. Mulai dari kekurangan dan kelebihan dari masing-masing strategi hingga jenis dan persaingan bisnis.


1. SEO



2. SEM



3. Kombinasi Keduanya

Sebagian besar bisnis menemukan bahwa menggunakan kombinasi SEO dan SEM adalah pendekatan yang paling efektif. Kamu bisa memanfaatkan kelebihan dari masing-masing strategi untuk mencapai tujuan pemasaran yang berbeda. Misalnya, SEO digunakan untuk membangun fondasi kehadiran online dan mencapai peringkat yang stabil dalam hasil pencarian organik, sementara SEM dapat digunakan untuk kampanye iklan jangka pendek atau saat kamu memerlukan traffic segera.


4. Analisis dan Pelacakan

Apapun strategi yang dipilih, analisis dan pelacakan adalah kunci kesuksesan. Kamu perlu terus memantau kinerja kampanye SEO dan SEM dengan menggunakan alat analisis web dan melihat metrik seperti jumlah kunjungan, konversi, dan ROI. Data ini akan membantumu untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan mengoptimalkan strategi seiring berjalannya waktu.


5. Tujuan Bisnis


Pilihan antara SEO dan SEM juga harus selaras dengan tujuan bisnis yang kamu punya. Pertimbangkan apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau mencapai tujuan lainnya. Setiap strategi memiliki kekuatan dalam mengakomodasi tujuan bisnis yang berbeda.


6. Konteks Industri


Pertimbangkan konteks industri yang kamu geluti. Beberapa industri mungkin lebih cocok untuk SEO, sementara yang lain mungkin lebih kompetitif dan memerlukan SEM untuk bersaing dengan pesaing yang kuat.


Perlu diingat bahwa tidak ada jawaban yang pasti tentang mana yang lebih baik dari penggunaan SEO dan SEM. Keputusan untuk menggunakannya sangat tergantung pada kebutuhan unik dan sasaran bisnis yang Sobat MinDi miliki. 


Sehingga sangat penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang perbedaan SEO dan SEM ini. Kabar baiknya, Dibimbing.id punya program Bootcamp Digital Marketing yang membantumu untuk belajar lebih lanjut mengenai strategi digital marketing. 


Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. So, jika kamu tertarik untuk join bootcampnya, klik di sini untuk mendaftar ya!

digital marketing

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Dedicated content writer who enjoys exploring diverse topics and strives to provide informative and engaging content for my readers.

Artikel Terkait

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Digital Marketing

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, pasti udah tau deh kalau formula copywriting itu ada ban...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Digital Marketing

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Siapa sih, yang gak tau Instagram? MinDi yakin deh, kalau 90% dari Sobat MinDi yang lagi baca artik...

Image Author

Dibimbing.id

25 February 2022

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus Kamu Ketahui

Digital Marketing

Career Development

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus ...

Ada dua profesi tulis menulis yang sangat penting dalam dunia marketing. Yaitu, copywriting dan con...

Image Author

Dibimbing.id

17 June 2022

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Digital Marketing

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Keta...

TikTok Shop menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin melihat suatu produk dan langsung membelinya ...

Image Author

Aulia Putri Andrika

27 July 2022

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Digital Marketing

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Mau buat design thinking tapi bingung harus mulai dari mana? Sini MinDi bisikin 5 tahapan penting s...

Image Author

Dibimbing.id

29 July 2022

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Digital Marketing

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringka...

Image Author

Aulia Putri Andrika

10 August 2022