dibimbing.id - Panduan Cara Belajar Python untuk Data Scientist Pemula

Panduan Cara Belajar Python untuk Data Scientist Pemula

Syaukha Ahmad Risyad

02 September 2023

753

Image Banner

Sobat MinDi mau mulai belajar Python tapi bingung dari mana? Jangan khawatir, karena MinDi punya panduan buat kamu tahu cara belajar Python untuk pemula!

Kalau kamu mau mendalami data science, kamu perlu menguasai beberapa tools penting, dan Python adalah salah satunya. Python punya beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu bahasa pemrograman paling umum digunakan dalam dunia data science. Lalu, apa saja yang harus kamu perhatikan kalau kamu mau mulai belajar Python, dan bagaimana kamu bisa memulai pembelajaran kamu? MinDi mau bahas itu semua, jadi baca sampai akhir ya!


Apa itu Python?


Apa itu Python?
Apa itu Python?/ Sumber: scratchpad.co.nz

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan multiguna yang dirancang dengan fokus pada keterbacaan dan kesederhanaan kode. Python digunakan dalam berbagai aplikasi dan bidang, termasuk pengembangan web, analisis data, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, pengembangan perangkat lunak, pemrograman jaringan, dan masih banyak lagi. 

Python adalah bahasa pemrograman yang biasanya dieksekusi melalui interpretasi (interpreted). Artinya kode Python dieksekusi baris demi baris oleh interpreter, yang kemudian menerjemahkan dan menjalankan setiap baris kode secara langsung.


Mengapa Belajar Python?

Python sudah menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam dunia data science karena kesederhanaannya dan library-nya yang melimpah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus belajar Python.

Open-Source

Python adalah bahasa pemrograman yang bersifat open-source dan gratis, bahkan semua library yang ada di Python. Kamu bisa menggunakan Python untuk kebutuhan kamu pribadi maupun secara komersil.

Dengan begitu, kamu bisa dengan leluasa bereksperimen dengan Python semau kamu.


Mudah Dipelajari

Python juga seringkali dianggap sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari untuk pemula. Syntax pada Python cukup intuitif karena mirip dengan bahasa Inggris sehari-hari. Kamu juga tidak perlu mendeskripsikan setiap fungsinya, seperti pada bahasa pemrograman lain seperti C.

Komunitas yang Aktif

Python juga punya komunitas yang luas dan aktif. Komunitas ini juga dapat menerima siapapun yang ingin berdiskusi dan belajar. Jadi, kalau kamu merasa kebingungan atau membutuhkan informasi terkait pemrograman pada Python, kamu bisa langsung saja menanyakan ke forum yang ada.


Pustaka Lengkap untuk Kebutuhan Analisis Data

Python memiliki pustaka yang cukup baik untuk kebutuhan analisis data, seperti NumPy, pandas, Matplotlib, Seaborn, SciPy, dan banyak lainnya. Pustaka ini menjadi tools buat kamu memanipulasi data, melakukan analisis statistik, membuat visualisasi data, hingga membuat model machine learning.

Makanya, kalau kamu ingin mendalami data science, mempelajari Python adalah sebuah langkah yang tepat karena akan membantu pekerjaan kamu nanti. Selain belajar dasar-dasar Python, Dibimbing.id punya program buat kamu langsung mencoba proyek-proyek real case, jadi kamu bisa semakin mahir Python untuk data science!




Kelebihan dan Kekurangan Python

Dalam mempelajari Python sebagai bahasa pemrograman, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Ketika kamu mencoba belajar bahasa pemrograman yang lain, kamu mungkin akan semakin merasakan karakteristik berikut ini.

Kelebihan Python

  • Sintaksis yang mudah dibaca: Sintaksis Python mirip dengan bahasa Inggris, membuatnya lebih mudah dipelajari, dipahami, dan dikodekan.

  • Library yang lengkap: Seperti yang MinDi sudah sebutkan, Python memiliki pustaka yang luas dan baik untuk berbagai keperluan, seperti analisis data, kecerdasan buatan, pemrograman web, pengembangan perangkat lunak, dan lain-lain.

  • Artificial intelligence (AI) dan machine learning: Pustaka seperti scikit-learn, TensorFlow, dan PyTorch menjadikan Python bahasa yang paling populer untuk pengembangan model AI dan machine learning.

  • Komunitas besar: Python memiliki komunitas yang besar dan aktif, sehingga ada banyak sumber daya, forum, dan dukungan untuk membantu kamu dalam belajar dan mengatasi masalah ketika kamu membuat program.


Kekurangan Python

  • Lebih lambat: Python cenderung lebih lambat daripada bahasa pemrograman kompilasi seperti C++ karena dieksekusi melalui interpretasi atau bytecode.

  • GIL (Global Interpreter Lock): Python punya fitur GIL yang hanya membatasi kemampuan Python untuk menjalankan beberapa thread secara paralel. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja pada aplikasi yang sangat multithreaded.

  • Ukuran data: Meskipun ukuran aplikasi Python terbilang cukup kecil, namun ukuran kode yang ditulis pada Python bisa jadi lebih besar dari bahasa pemrograman lain. Bahkan Python dikenal sebagai memory hog.

  • Isu keamanan: Sama seperti bahasa pemrograman lain, Python juga memiliki masalah keamanannya sendiri.



Cara Instalasi Python

Kalau kamu sudah siap untuk belajar Python, hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menginstal Python pada perangkat kamu. Instalasi Python bergantung pada sistem operasi dari perangkat kamu, baik itu Windows, macOS, ataupun Linux. Namun, secara umum langkah-langkah instalasi Python adalah seperti berikut.

  1. Kunjungi situs download resmi Python di www.python.org/downloads lalu unduh installer Python terbaru sesuai versi dari sistem operasi kamu.

  2. Setelah selesai download, jalankan installer dan ikuti proses instalasinya.

  3. Centang opsi "Add Python X.X to PATH" (X.X adalah versi Python yang kamu instal).

  4. Lanjutkan instalasi, dan pop-up box bakal muncul menandakan proses instalasi sudah selesai.

  5. Periksa apakah Python sudah terinstal dengan baik di perangkat kamu dengan membuka command prompt dan menulis “python -- version”. Versi Python yang sudah terpasang akan muncul.



Syntax Dasar Python

Sekarang kamu sudah memiliki Python yang terpasang di perangkat kamu dan kamu siap untuk menulis kode pertama kamu. Nah, tapi ada beberapa sintaksis dasar yang penting kamu ketahui terlebih dahulu.

Variabel dan Tipe Data


Variabel adalah tempat kamu menyimpan data dan memberikan nama untuk mengidentifikasi data tersebut. Di Python, kamu bisa langsung membuat variabel dengan menulis nama dan datanya, tanpa perlu melakukan declare secara eksplisit seperti pada bahasa pemrograman lain.

Data-data di Python tergolong ke dalam beberapa jenis atau tipe data. Tipe-tipe ini mempengaruhi bagaimana Python membaca data yang dimasukkan. Berikut adalah beberapa tipe data yang umum.

  • Integers (int): Representasi bilangan bulat.

  • Floating-Point Numbers (float): Representasi bilangan desimal.

  • Strings (str): Representasi teks atau karakter. Dapat diapit oleh tanda kutip tunggal ('') atau ganda ("").

  • Booleans (bool): Representasi nilai biner, yaitu ‘True’ atau ‘False’.

  • Lists: Urutan nilai yang dapat diubah-ubah. Dapat berisi campuran tipe data lain.

Operator


Dalam Python, kamu dapat melakukan berbagai operasi terhadap nilai atau variabel yang kamu buat. Operasi ini melibatkan penggunaan operator yang sesuai. Ada beberapa operator yang penting kamu ketahui pada Python:

  • Operator aritmatika: Digunakan untuk melakukan operasi matematika pada angka, seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

  • Operator perbandingan: Digunakan untuk membandingkan dua nilai, seperti sama dengan, lebih kecil dari, dan lebih besar dari.

  • Operator logika: Digunakan untuk menggabungkan pernyataan-pernyataan logika, seperti ‘and’, ‘or’, dan ‘not’.

  • Operator keanggotaan: Digunakan untuk memeriksa apakah sebuah nilai ada dalam sebuah urutan, seperti ‘in’, dan ‘not in’.

  • Operator identitas: Digunakan untuk memeriksa apakah dua variabel mengacu pada objek yang sama, seperti ‘is’, dan ‘is not’.

  • Operator penugasan: Digunakan untuk memberikan nilai ke variabel, seperti ‘+=’.


Struktur Kondisi dan Perulangan

Dalam Python, struktur kondisi dan perulangan adalah dua konsep fundamental yang memungkinkan kamu mengatur alur eksekusi atau membuat repetisi terhadap suatu blok kode yang kamu tulis.

Struktur kondisi (Conditional Structures) digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan kondisi tertentu. Di Python, struktur ini umumnya dilakukan dengan menggunakan pernyataan ‘if’, ‘elif’, dan ‘else’.

Contoh:

umur = 18

if umur < 18:

print("Belum cukup umur")

elif umur == 18:

print("Baru cukup umur")

else:

print("Sudah cukup umur")

Struktur perulangan (Loop Structures) adalah struktur yang digunakan untuk mengulangi perintah dalam blok kode berulang kali. Ada dua jenis perulangan yang paling umum di Python, yaitu ‘for’ dan ‘while’.

Perulangan ‘for’ digunakan untuk menjalankan blok kode sejumlah iterasi yang sudah ditentukan. Misalnya seperti berikut.

for i  in range(10):

print(i)

Perulangan ‘while’ digunakan untuk menjalankan blok kode selama kondisi masih terpenuhi atau ‘True’. Contohnya sebagai berikut.

angka = 0

while angka < 10:

print(angka)

angka += 1


Cara Belajar Python untuk Pemula

Membaca Buku atau Blog

Banyak buku panduan dan tutorial tentang Python yang tersedia di toko buku maupun secara online. Selain buku panduan, kamu juga bisa mencari blog-blog yang mengajarkan kamu dasar-dasar Python, seperti artikel yang kamu baca saat ini.


Mempelajari Tutorial Online

Selain blog, banyak juga tutorial yang dapat kamu ikuti secara online. Kamu dapat mengakses tutorial-tutorial ini dari berbagai platform, termasuk YouTube.


Mengikuti Kursus Online

Tentunya, kamu bisa ikutan kelas atau kursus, baik secara offline maupun online untuk memulai pembelajaran Python. Meskipun begitu, kursus online memberikan keleluasaan buat kamu belajar dari rumah atau manapun.


Masuk ke dalam Komunitas atau Forum

Alternatif lain buat kamu belajar Python adalah dengan masuk ke dalam komunitas atau forum Python. Python mempunyai komunitas yang cukup aktif, sehingga kamu dapat berinteraksi dengan programmer lain.


Bergabung dengan Bootcamp

Cara belajar Python yang lebih lengkap dan terstruktur adalah dengan mengikuti bootcamp yang sesuai. Berbeda dengan kursus online biasa, kelas di bootcamp biasanya sudah terintegrasi dengan program yang lebih spesifik untuk kebutuhan kamu. Misalnya kalau kamu mau mendalami Python untuk data science, kamu bisa ikutan Bootcamp Data Science dari Dibimbing.id!

Keuntungan lain dari bootcamp adalah, selain belajar di kelas, bootcamp yang baik juga memberikan kamu berbagai keuntungan lain. Bootcamp Data Science dari Dibimbing.id juga menawarkan kamu kesempatan untuk bisa mendapatkan auto shortlist dari banyak perusahaan! Jadi membantu banget buat kamu mewujudkan karir di bidang data science.

Nah, setelah sekarang kamu paham bagaimana untuk memulai belajar Python, yuk kuasai pemrograman dan data science bareng Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!