Apa itu PBN? Definisi & Kelebihan, Kekurangannya di 2024

Muhammad Fazer Mileneo

15 May 2024

1355

Image Banner

Halo Sobat MinDi,

SEO saat ini jadi salah satu kunci meningkatkan brand awareness. Salah satu upayanya adalah melalui pemanfaatan backlink, termasuk backlink PBN (Performance Based Navigation). Backlink PBN adalah salah satu strategi dalam penerapan backlink tersebut.

Dalam artikel ini, MinDi membahas lebih lanjut soal hal ini. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya!


Apa itu Private Blog Network (PBN)?




Pertama-tama, mari kita pahami apa itu Private Blog Network (PBN). 

Secara sederhana, PBN adalah situs web yang dibangun dengan tujuan untuk memberikan tautan balik (backlink) ke situs lain.

PBN seringkali terdiri dari sekumpulan situs mikro atau blog pribadi yang dikendalikan oleh satu atau beberapa individu dengan tujuan meningkatkan ranking dan authorithy sebuah website.

Umumnya, PBN dibuat oleh seseorang dengan membeli domain lama yang mempunyai domain authority yang tinggi. 


Dulu, orang-orang membeli backlink PBN untuk meningkatkan ranking halaman mereka. Dan karena itulah website-website PBN umumnya dibuat dari hasil membeli website lama yang memiliki domain authority yang tinggi. 


Itu dulu yah sobat mindi. Cara tersebut masih worth it digunakan. Namun, sayangnya, strategi memakai PBN pada SEO saat ini merupakan tindakan yang menyalahi aturan Google.


PBN sendiri merupakan salah satu trik black hat seo yang bisa berdampak buruk pada bisnis jika dilakukan.


Nah, mengapa? Yuk simak penjelasan MinDi Lebih lanjut!



Tujuan Backlink PBN


Tujuan utama penggunaan backlink PBN adalah untuk meningkatkan peringkat situs utama dalam hasil pencarian.

Dengan mendapatkan tautan balik dari situs-situs dalam jaringan PBN, diharapkan situs utama akan mendapatkan otoritas dan relevansi yang lebih baik di mata mesin pencari.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan PBN memiliki risiko tersendiri, seperti kemungkinan dikenai sanksi oleh mesin pencari jika praktik ini terdeteksi.


Bagaimana Cara Kerja PBN SEO?


Dalam strategi SEO, backlink berfungsi sebagai "vote" yang mengindikasikan kepada mesin pencari bahwa situs Sobat MinDi memiliki kualitas dan relevansi tertentu.

PBN dimanfaatkan untuk menciptakan tautan balik yang seolah-olah berasal dari sumber yang berbeda-beda, tetapi sebenarnya dikelola oleh satu entitas.

Ini adalah praktik black hat seo, karena meskipun dapat memberikan hasil yang cepat, tetapi Google dan mesin pencari lainnya melarang penggunaan PBN dalam upaya manipulasi peringkat.

Untuk semakin memahami bagaimana praktik dalam pemasaran digital saat ini, ada baiknya sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id, termasuk juga soal SEO.

Pembelajaran praktis melalui project yang relevan di industri juga akan didapatkan selama bootcamp, termasuk juga proyek untuk SEO. Sehingga, Sobat MinDi nantinya akan paham bagaimana membuat strategi SEO yang baik.


Contoh PBN


Sebagai contoh, bayangkan Sobat MinDi memiliki situs web yang menjual produk kesehatan alami.

Untuk meningkatkan peringkat situs tersebut, Sobat MinDi membuat beberapa blog pribadi yang terlihat berbeda secara visual dan topikal, tetapi sebenarnya dioperasikan oleh Sobat MinDi sendiri.

Sobat MinDi kemudian menautkan blog-blog ini kembali ke situs utama.

Meskipun ini bisa memberikan lonjakan sementara dalam peringkat, jika Google atau mesin pencari lainnya mengenali pola ini, situs utama Sobat MinDi berisiko terkena penalti yang dapat merugikan peringkat jangka panjang.

Memang ada berbagai cara untuk strategi SEO ini. Tetapi, kalau kamu masih pemula mungkin perlu berbagai patokan yang bisa jadi acuan dalam menerapkannya. 

Sehingga, perlu mentor berpengalaman yang akan memberi bimbingan dalam memahami prinsip dan praktik pemasaran digital, termasuk SEO dengan segala teknikal dan praktiknya. Untuk hal ini, mentor dari dibimbing.id siap untuk memberikan masukan kepada kamu.



PBN Menyalahi Aturan Google


PBN digunakan sebagai strategi link building. Namun, hal itu menyalahi ketentuan dari Google sendiri. 


Google sendiri bilang bahwa segala link yang berupaya untuk memanipulasi ranking di Google Search Result merupakan spam. Dan maka dari itu, strategi PBN merupakan strategi yang tidak disarankan oleh para praktisi SEO.


Google menyatakan bahwa: 


“Any links that are intended to manipulate rankings in Google Search results may be considered link spam. This includes any behavior that manipulates links to your site or outgoing links from your site.”



Apakah PBN Bagus untuk SEO?


Jujur, MinDI tidak menyarankan kamu untuk menggunakan backlink dari PBN.Tidak hanya menyalahi aturan Google, PBN juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi website kamu. 


Nathan Gotch, melansir dari Gotch SEO, bercerita bahwa menggunakan PBN membuat dirinya dan klien yang ia tangani mendapat penalti dari Google. 


Mengutip dari Ahrefs, penalti Google punya dua bentuk, yaitu manual penalti dan penalti tidak langsung.


Pinalti manual dilakukan oleh human reviewers. Jika ini terjadi, kamu akan mendapat pesan di search console yang berbunyi, “unnatural links to your site”.


Namun, pinalti tidak langsung terjadi ketika Google mengabaikan link PBN yang telah kamu bangun. Jadi, meski kamu telah membangun ribuan link dari web PBN, hal itu tidak berpengaruh apa-apa di mata Google.


Keuntungan Penggunaan Backlink PBN


1. Peningkatan Peringkat Cepat


Salah satu keuntungan utama menggunakan backlink PBN adalah kemampuannya untuk memberikan lonjakan peringkat yang cepat.

Karena situs-situs dalam jaringan PBN biasanya memiliki otoritas dan otoritas yang tinggi, tautan balik dari PBN dapat memberikan dampak positif pada peringkat situs utama dengan cepat.



2. Kontrol Penuh atas Backlink



Ada kendali penuh atas tautan balik yang berasal dari PBN, yang berarti Sobat MinDi dapat menentukan lokasi, anchor text, dan konteks tautan balik tersebut.


Ini memungkinkan Sobat MinDi untuk menyesuaikan tautan balik sesuai dengan strategi SEO.


3. Targeting Konten dan Anchor Text yang Spesifik



Sobat MinDi dapat menyesuaikan konten dan anchor text di situs-situs PBN Sobat MinDi agar sesuai dengan kata kunci dan topik yang ingin Sobat MinDi optimalkan.


Ini dapat membantu Sobat MinDi menciptakan tautan balik yang lebih relevan dan efektif.


Kerugian Penggunaan Backlink PBN


1. Tinggi Risiko Penalti

Penggunaan backlink PBN melibatkan risiko tinggi akan dikenai sanksi oleh mesin pencari, terutama jika praktik ini terdeteksi.

Google dan mesin pencari lainnya secara aktif memerangi manipulasi peringkat, dan jika terungkap bahwa Sobat MinDi menggunakan PBN untuk mengelabui algoritma, situs Sobat MinDi dapat dikenai penalti yang merugikan.

2. Kesulitan dalam Mempertahankan Jaringan PBN

Mempertahankan jaringan PBN yang berkualitas dan aman memerlukan upaya dan biaya yang signifikan.

Sobat MinDi harus terus memperbarui dan mengelola setiap situs dalam jaringan untuk menjaga otoritas dan kualitasnya. Hal ini dapat menjadi pekerjaan yang rumit dan menuntut waktu.

3. Dampak Jangka Panjang yang Negatif

Meskipun backlink PBN dapat memberikan hasil cepat, dampak jangka panjangnya bisa merugikan.

Jika Google mengenali penggunaan PBN, peringkat situs Sobat MinDi dapat merosot drastis, dan pemulihan peringkat bisa memakan waktu lama dan memakan biaya.

4. Etika dan Reputasi

Penggunaan backlink PBN dapat dianggap sebagai praktik yang tidak etis dalam komunitas SEO. Hal ini dapat merusak reputasi online Sobat MinDi jika terungkap bahwa Sobat MinDi memanfaatkannya untuk manipulasi peringkat.


Fakta dan Mitos Terkait PBN


Apakah PBN tidak bisa digunakan sama sekali? 


Well, sebetulnya bisa. Ada juga kasus dimana halaman yang memakai PBN mampu mendapatkan ranking yang tinggi.


Namun, melansir dari Semrush, hal itu tidak bisa digunakan untuk strategi jangka panjang, sebab rentan sekali mendapat pinalti apalagi jika dilakukan terus menerus. 


Apalagi, Google sendiri telah mengeluarkan helpful content update, yang mana bertujuan untuk mengurangi konten-konten spam yang terdapat di internet. 


Mitos PBN tidak berguna bagi SEO sebenarnya salah. PBN bisa saja berguna, tapi datang dengan risiko yang tinggi. 


Jika tidak kena penalti, maka kemungkinan besar backlink yang dipasang dari situs PBN tidak berlaku apa-apa.



Jasa Backlink PBN: Apakah Layak?


Tidak sedikit individu atau perusahaan menawarkan jasa pembuatan backlink PBN. Namun, sebelum Sobat MinDi terjun ke dalam praktik ini, penting untuk memahami risikonya.

Meskipun hasilnya bisa cepat, tetapi jika Google mengidentifikasi penggunaan PBN, dampaknya dapat merusak reputasi online. Sebab, memang sebenarnya penggunaan PBN ini tidak sejalan dengan aturan Google.



Penutup


Setelah membaca artikel ini, Sobat MinDi tentu sudah paham kalau backlink PBN adalah hal yang kontroversial dalam SEO. Sehingga, perlu kehati-hatian atas risikonya.


Agar bisa menerapkan strategi SEO dengan baik, ayo segera mendaftar bootcamp dari dibimbing.id yang memberikan akses pembelajaran seumur hidup bila kamu memang berminat mendalami SEO! 

Referensi


[1] https://developers.google.com/search/blog/2022/08/helpful-content-update

[2] https://www.gotchseo.com/private-blog-networks/ 

[3] https://www.semrush.com/blog/private-blog-network/ 

[4] https://ahrefs.com/seo/glossary/private-blog-network 

[5] https://developers.google.com/search/docs/essentials/spam-policies

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024