10 Rekomendasi Tools untuk Membantu Cara Melihat Backlink

Muhammad Fazer Mileneo

10 August 2023

1090

Image Banner

Backlink atau tautan balik adalah aspek penting dari strategi SEO. Memahami profil backlink website sangat penting untuk strategi SEO yang efektif. Sehingga, perlu untuk tahu cara melihat backlink dengan tools tertentu.

Kali ini MinDi akan menjelaskan beberapa tools yang dapat Sobat MinDi gunakan untuk memeriksa backlink.


Apa itu Backlink?

Sobat MinDi bisa memahami backlink sebagai tautan yang mengarah dari satu situs web ke situs web lain. Tautan ini berfungsi sebagai "vote" atau rekomendasi dari satu situs web pada situs web lainnya.

Ketika suatu website memiliki banyak backlink dari situs-situs web lain, hal ini menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs tersebut dianggap penting dan bermanfaat oleh orang lain.


Tujuan Backlink

Tujuan dari backlink adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Otoritas Situs: Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke situs, semakin dianggap sebagai otoritas dalam niche atau industri tertentu. Otoritas situs mempengaruhi peringkat situs di hasil mesin pencari.

  • Meningkatkan Peringkat SEO:  Situs web dengan banyak backlink berkualitas cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

  • Meningkatkan Lalu Lintas (Traffic): Backlink dapat membawa lalu lintas pengunjung dari situs web sumber ke situs web. Ketika orang mengklik backlink, mereka akan diarahkan ke situs dan tentu meningkatkan jumlah pengunjung.

  • Meningkatkan Kredibilitas: Backlink dari situs web yang kredibel dan otoritatif dapat meningkatkan kredibilitas situs di mata pembaca dan mesin pencari. 

  • Memperluas Jangkauan dan Pencapaian: Backlink dari situs web lain membantu memperluas jangkauan dan pencapaian situs. Hal ini dapat membantu situs semakin populer.

Mengapa Harus Melihat Backlink?

Selan dari beberapa tujuan di atas, perlu Sobat MinDi lihat bila kualitas backlink lebih penting daripada kuantitas. Backlink berkualitas tinggi dari situs web otoritatif dan relevan jauh lebih berharga daripada banyak backlink dari situs web yang kurang berkualitas.
Mesin pencari seperti Google menggunakan backlink sebagai faktor peringkat utama. Saat situs web bereputasi tertaut ke situs, itu menandakan mesin telusur bahwa konten situs tersebut berharga dan terpercaya.

Namun, tidak semua backlink sama. Beberapa mungkin bermanfaat, namun bisa jadi membahayakan SEO website.


Metrik pada Backlink

Ada beberapa metrik yang penting untuk melakukan analisis backlink. Beberapa metrik penting ini meliputi:

  • Domain Authority (DA): Memprediksi seberapa baik peringkat situs web di mesin pencari. DA yang lebih tinggi berarti lebih banyak otoritas dan backlink yang lebih baik.

  • Page Authority (PA): Mirip dengan DA tetapi mengukur seberapa baik peringkat halaman tertentu di mesin pencari.

  • Trust Flow (TF): Menunjukkan seberapa terpercaya sebuah situs web berdasarkan tautan baliknya. TF yang lebih tinggi berarti backlink yang lebih andal.

  • Citation Flow (CF): Mengukur jumlah tautan balik ke situs web. CF yang lebih tinggi berarti lebih banyak backlink.

  • Link Influence Score (LIS): Ini menunjukkan dampak backlink pada peringkat mesin pencari. LIS yang lebih tinggi berarti backlink yang lebih berpengaruh.

  • PageRank: Secara historis digunakan oleh Google untuk mengukur pentingnya halaman web berdasarkan backlink.

  • Anchor Text: Teks yang dapat diklik dalam hyperlink. Memiliki profil teks jangkar yang alami dan beragam sangat penting untuk SEO yang baik.

Rekomendasi Backlink Checker Tools

Rekomendasi Backlink Checker Tools



  1. Semrush Backlink Audit

Semrush adalah tools yang menawarkan alat cek backlink yang sangat kuat. Alat ini memungkinkan menganalisis backlink secara menyeluruh, memberikan wawasan tentang profil backlink domain.

Alat Backlink Audit membantu mengidentifikasi backlink berkualitas rendah yang mungkin mempengaruhi peringkat pencarian. Selain itu, terdapat fitur seperti  analisis target pages serta the Lost & Found report. Ini bisa membantu dalam memantau perubahan profil backlink milik Sobat MinDi dan pesaing.

  1. LinkChecker PRO

LinkChecker PRO adalah alat cek backlink yang melakukan pemeriksaan harian terhadap backlink.

Meskipun tidak memiliki indeksnya sendiri seperti Ahrefs, Semrush, atau Moz, alat ini tetap menawarkan analisis backlink yang bisa Sobat MinDi andalkan. Alat ini membantu memantau kualitas profil backlink dan dengan mudah mengetahui apakah backlink aktif atau rusak.

  1. SE Ranking

SE Ranking adalah toolkit SEO lengkap dengan salah satu indeks backlink terbesar yang tersedia. Ini bukan hanya perangkat lunak pelacakan peringkat, tetapi juga menyediakan analisis backlink yang mendalam.

Alat ini memungkinkan untuk mengeksplorasi profil backlink, mengungkapkan insight berharga untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Selain itu, alat ini menawarkan pilihan yang terjangkau bagi agensi dan freelancer. Sehingga banyak yang menjadikannya pilihan populer bagi para profesional SEO.

  1. Ahrefs Backlink Checker

Tools SEO yang populer ini banyak orang-orang gunakan karena fungsinya yang komprehensif serta dapat menawarkan fitur analisis backlink yang kuat.

Dengan indeks backlink yang besar, Ahrefs memungkinkan untuk mengeksplorasi profil backlink secara mendetail. dapat menilai otoritas domain, mengidentifikasi backlink berharga, dan menganalisis strategi pesaing untuk menemukan peluang membangun backlink.


  1. Serpstat Backlink Analysis:

Serpstat menyediakan alat analisis backlink yang memberikan wawasan berharga tentang profil backlink. Alat ini membantu menemukan domain yang merujuk dan detail backlink, sehingga memungkinkan memantau kualitas backlink. Alat ini juga menawarkan fitur analisis pesaing, membantu memahami strategi membangun backlink mereka.

  1. Moz Link Explorer

Moz menawarkan Link Explorer sebagai alat cek backlink mereka. Alat ini menyediakan metrik backlink penting untuk membantu memahami otoritas dan kualitas profil backlink. Selain itu, Moz Link Explorer juga menyediakan opsi backlink generator.

Metrik Domain Authority (DA) dari Moz banyak digunakan untuk menilai potensi peringkat keseluruhan sebuah situs berdasarkan profil backlinknya.

  1. Majestic SEO Backlink Checker

Majestic SEO dikenal dengan metrik Trust Flow dan Citation Flow-nya, yang menilai kualitas dan kuantitas backlink. Alat cek backlink dari Majestic menawarkan wawasan tentang kepercayaan profil backlink dan membantu memantau tingkat perolehan backlink.

  1. Ubersuggest Free Backlink Checker Tool

Alat buatan Neil Patel ini menawarkan alat cek backlink gratis yang memungkinkan mengeksplorasi profil backlink dan melihat domain yang merujuk. Meskipun mungkin tidak menyediakan data yang lengkap, tetapi alat ini benar-benar berguna untuk analisis backlink dasar.

  1. LinkMiner

Link Miner membantu pengguna menganalisis backlink dan menilai profil tautan suatu situs web. Dengan LinkMiner, Sobat MinDi bisa mendapatkan informasi berharga tentang backlink suatu situs, seperti kualitas link dan otoritas domain.

  1. OpenLinkProfiler

Tools ini memungkinkan pengguna menganalisis profil backlink sebuah website. Ini memberikan wawasan berharga tentang tautan balik website, memungkinkan pengguna untuk memahami otoritas tautan, mengidentifikasi domain yang menghubungkan, dan mengevaluasi kualitas tautan balik.

Ingatlah bahwa setiap alat mungkin menawarkan fitur dan metrik yang berbeda, jadi penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Dengan secara teratur memeriksa backlink dan mengimplementasikan strategi membangun backlink yang terstruktur dengan baik, dapat meningkatkan otoritas situs web, peringkat mesin pencari, dan kehadiran online secara keseluruhan.


Cara Meningkatkan Backlink Berkualitas

Backlink hanyalah salah satu aspek dari SEO. Yang mana, SEO sendiri merupakan bagian dari digital marketing, Tentu, ada baiknya agar Sobat MinDi menguasai digital marketing pula agar bisa memaksimalkannya.

Sobat MinDi dapat mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id untuk mempelajari berbagai aspek digital marketing, seperti SEO, SEM, social media marketing, email marketing, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa manfaat mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id:

Sekian artikel kali ini mengenai cara melihat backlink. Tertarik mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id? Ayo segera mendaftar!
Tertarik mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id? Ayo segera mendaftar!

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Artikel Terkait

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Digital Marketing

Product Management

6 Langkah Awal Mengembangkan Produk Digital - dibimbing.id

Di era saat ini, siapa sih yang ga pengen punya produk digital yang sukses di pasaran? Berikut bebe...

Image Author

Kezia Margaretha

11 November 2022

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Digital Marketing

Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Cocok untuk Bisnismu?

Masih bingung tentang perbedaan SEO dan SEM? Artikel ini akan kupas tuntas seluk beluk dari SEO dan...

Image Author

Nadia L Kamila

05 October 2023

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Digital Marketing

Memahami 5 Job Desk Copywriter yang Utama, Yuk Pelajari!

Job desk copywriter adalah tanggung jawab yang melibatkan pengembangan konten kreatif dan persuasi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 January 2024

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

Digital Marketing

CPC AdSense Adalah: Pengertian, Fungsi, & Cara Tingkatkannya

CPC AdSense adalh model periklanan yang digunakan oleh google dengan sistem pembayaran per klik. P...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

23 February 2024

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

Digital Marketing

Mengenal Apa Itu User Experience Hingga Contohnya, Yuk Liat!

User experience adalah komponen penting dalam pengembangan produk, sistem, atau layanan digital. Pe...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

05 April 2024

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Digital Marketing

Green Marketing: Definisi, Sejarah, Manfaat, dan Contohnya

Green marketing adalah pendekatan pemasaran dengan fokus aspek ramah lingkungan dari suatu produk/l...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 May 2024