8 Jenjang Karir HRD yang Menjanjikan Masa Depan, Yuk Simak!

Muthiatur Rohmah

13 June 2024

1387

Image Banner

Human Resource adalah departemen perusahaan yang bertanggung jawab atas manajemen SDM perusahaan secara baik dan unggul. Jika Sobat MinDi berminat untuk berkarir di bidang ini, pastikan memiliki pengetahuan dan skill tentang human resources.

Profesi HRD merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan dan memiliki jenjang karir yang menjanjikan.

Lantas bagaimana jenjang karir HRD perusahaan? Apakah profesi HRD menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan di masa depan?

Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.


Apa itu Jenjang Karir Human Resources?


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai jenjang karir HRD, pertama-tama yuk pahami apa itu jenjang karir human resources melalui beberapa pengertian berikut ini.

Dikutip dari Indeed, Jenjang karir Human Resources Department mencakup berbagai peran, mulai dari level entry hingga posisi eksekutif. 

HRD bertanggung jawab untuk merekrut dan mengelola staf pada tingkat organisasi, bukan hanya pada level departemen. Tim HRD bekerja untuk meningkatkan produktivitas karyawan dengan menerapkan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan moral staf. 

Mereka juga mengelola proses rekrutmen dan orientasi karyawan baru, serta menangani tugas terkait penggajian, kompensasi, dan manfaat.

Pada umumnya, seorang HRD perusahaan memulai karir mereka dengan memasuki peran HR pada level entry. Dalam perjalanan karirnya, seorang profesional HR bisa memilih untuk spesialisasi dalam bidang tertentu dalam Human Resources. Posisi HRD ada di setiap level, dengan peran yang lebih senior mencakup HR Director dan Chief HR Officer (CHRO).

Jenjang karir HRD memberikan peluang bagi seseorang untuk berkembang dari peran entry-level hingga level tertinggi dalam perusahaan. Jenjang karir HRD juga membuat individu terus memperdalam keahlian dan meningkatkan kontribusi terhadap kesuksesan perusahaan.


8 Jenjang Karir HRD yang Perlu Diketahui


Penasaran mengenai jenjang karir HRD? Bagaimana tahapan nya? Yuk simak secara lengkap berikut ini.

Dikutip dari Indeed, berikut adalah jenjang karir HRD (Human Resource Development) yang perlu Sobat MinDi ketahui!


1. HR Assistant

Sebagian besar, jenjang karir HRD dimulai dari posisi ini. Posisi entry-level ini berfungsi mendukung administrasi dasar dalam departemen HR. HR Assistant menangani berbagai tugas administratif yang membantu menjaga kelancaran operasi HR sehari-hari.

Beberapa tugas dan tanggung jawab HR assistant meliputi, Mengumpulkan dan memelihara catatan karyawan, membantu dalam proses rekrutmen dan orientasi, menyiapkan dokumen, menjawab pertanyaan karyawan, dan menangani tugas-tugas administrasi lainnya. 


2. HR Coordinator

Seorang HRD perusahaan, bisa naik level menjadi seorang koordinator. HR Coordinator bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan berbagai fungsi HR. Mereka bekerja untuk memastikan bahwa semua proses HR berjalan lancar dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

HR Coordinator bertugas mengatur jadwal pelatihan dan orientasi, memfasilitasi komunikasi antara manajemen dan karyawan, mendukung pelaksanaan kebijakan HR, dan menangani administrasi gaji serta tunjangan. 

HR Coordinator sering berfungsi sebagai jembatan antara staf HR lainnya dan manajemen perusahaan secara umum.


3. HR Specialist

Dalam perjalanan karirnya, seorang HRD juga dapat menentukan spesialisasi dalam pekerjaan mereka. HR Specialist fokus pada area spesifik dalam HR seperti rekrutmen, manajemen kinerja, pelatihan dan pengembangan, atau administrasi gaji dan tunjangan.

Adapun tugas dan tanggung jawab HR Specialist adalah mengembangkan strategi rekrutmen, melakukan seleksi kandidat, merancang dan melaksanakan program pelatihan dan pengembangan, serta mengelola proses evaluasi kinerja. 

Seorang HR specialist memiliki keahlian spesifik tertentu dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa fungsi tersebut berjalan dengan efektif.


4. HR Generalist

Seorang HRD perusahaan juga dapat memiliki peran secara general, mencakup seluruh aspek human resources. HR Generalist mengelola berbagai aspek HR, memberikan dukungan menyeluruh dalam berbagai fungsi HR. Mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai bidang HR dan mampu menangani berbagai tugas yang berbeda.

Tugas dan tanggung jawab HR generalist adalah menangani rekrutmen, administrasi gaji dan tunjangan, manajemen kinerja, kepatuhan terhadap regulasi, serta pelatihan dan pengembangan karyawan. 

HR Generalist sering berperan sebagai serba bisa dalam tim HR, untuk memastikan bahwa semua area HR terselesaikan dengan baik.


5. HR Consultant 

Di tengah perjalanan karirnya, seorang HRD juga dapat membuka praktek konsultasi Human Resources sendiri. HR Consultant memberikan konsultasi eksternal kepada berbagai perusahaan mengenai strategi dan praktik HR. Mereka biasanya bekerja secara independen atau sebagai bagian dari firma konsultasi.

Tugas dan tanggung jawab HR Consultant adalah menganalisis kebutuhan HR perusahaan klien, memberikan rekomendasi kebijakan, membantu implementasi strategi HR, dan menawarkan solusi untuk masalah HR yang kompleks. 

HR Consultant sering dipanggil untuk proyek-proyek khusus atau untuk membantu dalam perubahan perusahaan besar.


6. HR Manager

Dalam perjalanan karirnya, seorang staff HRD berkemungkinan dipromosikan sebagai HR manager perusahaan. 

HR Manager memimpin departemen HR dan bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan HR yang mendukung tujuan bisnis perusahaan. Mereka berperan penting dalam strategi human resources perusahaan.

Adapun tugas dan tanggung jawab HR manager meliputi, mengawasi proses rekrutmen dan seleksi, mengelola pengembangan karyawan, menangani masalah karyawan, dan berkolaborasi dengan manajemen untuk mengembangkan strategi HR. 

HR Manager juga bertanggung jawab untuk mengelola tim HR dan memastikan bahwa semua fungsi HR berjalan dengan baik.


7. HR Director

Dalam perjalanan karir HRD, seseorang bisa menempati posisi tinggi menjadi HR Director. Mereka bertanggung jawab atas strategi HR dan pengambilan keputusan strategis dalam perusahaan. Mereka mengarahkan kebijakan HR dan bertindak sebagai pemimpin dalam tim eksekutif.

Adapun tugas dan tanggung jawab HR director meliputi, mengembangkan visi dan misi HR, memimpin tim HR, bekerja sama dengan eksekutif lain untuk mencapai tujuan bisnis, dan memastikan bahwa kebijakan HR mendukung strategi keseluruhan.

HR Director juga berperan dalam perencanaan suksesi dan pengembangan kepemimpinan dalam perusahaan.


8. Chief HR Officer (CHRO)

CHRO adalah posisi eksekutif tertinggi dalam bidang HR, yang bertanggung jawab atas keseluruhan strategi dan fungsi HR di seluruh organisasi. Mereka berperan dalam merumuskan dan mengarahkan strategi HR global.

Tugas dan tanggung jawab CHRO meliputi:

  1. Merumuskan dan mengarahkan strategi HR global
  2. Memastikan integrasi antara kebijakan HR dengan tujuan bisnis
  3. Memimpin tim eksekutif HR
  4. Penasihat utama dalam hal-hal terkait sumber daya manusia kepada CEO dan dewan direksi. 
  5. Melakukan inovasi dalam kebijakan HR dan memastikan bahwa perusahaan tetap kompetitif dalam menarik dan mempertahankan talenta terbaik.


Dengan memahami jenjang karir HRD, individu dapat merencanakan perkembangan karir dengan lebih baik, mulai dari peran entry-level hingga posisi eksekutif, dengan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bidang Human Resources.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Pelatihan Human Resources Bagi Perusahaan


Apa Saja Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Profesi HRD?


Setelah memahami jenjang karir HRD, Sobat MinDi tertarik untuk menjadi HRD? Sebagai langkah awal, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang relevan dengan peran Human Resources perusahaan. Lantas apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk profesi HRD?

Beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk menjadi HRD adalah:

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Psikologi
  3. Administrasi Bisnis
  4. Hukum
  5. Sosiologi
  6. Ilmu Komunikasi
  7. Manajemen
  8. Pendidikan dan Pelatihan
  9. Hubungan Industri
  10. Teknik Industri


Jika Sobat MinDi ingin menjadi HRD perusahaan, pastikan untuk memilih salah satu dari jurusan tersebut saat berkuliah.


Berapa Besaran Gaji HRD Perusahaan di Indonesia?


Sobat MinDi pernah bertanya-tanya mengapa pekerjaan HRD sangat populer di Indonesia? Salah satu faktornya adalah rata-rata pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup tinggi. Lantas berapa besaran gaji HRD di Indonesia?

Gaji HRD di Indonesia bervariasi tergantung pada posisi, pengalaman, dan perusahaan tempat mereka bekerja. 

Menurut data dari PayScale, gaji rata-rata untuk seorang HR Manager di Indonesia pada tahun 2024 adalah sekitar Rp 181.188.674 per tahun atau sekitar Rp 15.099.056 per bulan. 

Rentang gaji untuk posisi staff HRD berkisar dari Rp 4 juta hingga Rp 350 juta per tahun, tergantung pada faktor seperti pengalaman dan ukuran perusahaan.

Sementara itu, gaji rata-rata untuk posisi HR Generalist adalah sekitar Rp 51.600.000 per tahun atau sekitar Rp 4.300.000 per bulan. Gaji ini bervariasi antara Rp 303 ribu hingga Rp 122 juta per tahun, mencerminkan variasi dalam tanggung jawab dan tingkat pengalaman.

Dengan demikian, besaran gaji HRD di Indonesia sangat bervariasi, yang dapat dipengaruhi oleh posisi spesifik, tingkat pengalaman, dan perusahaan tempat bekerja.

Baca Juga: Aspek Perbedaan Human Capital dan Human Resource


Ingin Jadi HRD Profesional? Yuk Ikuti Bootcamp HR Dibimbing.id


Sobat MinDi itulah beberapa pembahasan mengenai jenjang karir HRD di sebuah perusahaan. Setelah memahami jenjang karir HRD, pekerjaan ini memiliki karir yang cerah di masa depan, sehingga Sobat MinDi dapat mulai mencoba berkarir di bidang ini.

Ingin jadi Master di Bidang Human Resources? Tertarik switch career menjadi HR perusahaan?

Yuk ikuti bootcamp Human Resources dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Kuasai tools HRIS dan seluruh aspek Human Resources yang akan diajarkan pada bootcamp ini.

Bootcamp HR dibimbing.id didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi Human Resources sukses.

Belum memiliki pengalaman di bidang human resources sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly

Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.

Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Reference:

  1. What is the HR career path? (Plus HR jobs and duties) - Buka
  2. Average Human Resources (HR) Manager Salary in Indonesia - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!