Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

•

1489

Image Banner

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan strategis dan impian.


Content manager adalah seseorang yang mengawasi dan mengelola tim pembuatan konten, untuk menciptakan konten berkualitas dan sesuai dengan guide yang berlaku.


Sebagai pengelola konten perusahaan, ternyata content manager memiliki besaran gaji yang cukup tinggi dan menjanjikan lho!


Lantas berapa besaran gaji content manager di Indonesia? Yuk temukan jawabannya pada artikel ini!



Besaran Gaji Content Manager di Indonesia


Source: Hays.de


Menurut data payscale pada tahun 2024, gaji rata-rata untuk seorang Content Manager di Indonesia adalah sekitar 7,5 juta perbulan atau lebih tepatnya Rp 89,578,595 per tahun.


Kisaran gaji dasar seorang content manager mulai dari berkisar dari Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 per bulannya, dengan kemungkinan bonus hingga 10 juta per tahun. Sehingga total penghasilan seorang content manager dapat mencapai hingga Rp 132 juta per tahun.


Besaran gaji content manager ini, tidak semata-mata diukur melalui jumlah nominal data saja, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi, sehingga gaji Anda mungkin akan lebih tinggi ataupun lebih rendah.


Faktor apa saja yang mempengaruhi gaji content manager? Yuk pahami pada penjelasan berikut ini.


Baca Juga: Content Planning Social Media: Bagaimana Cara Membuatnya?




Faktor yang Mempengaruhi Gaji Content Manager



Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi gaji content manager, oleh sebab itu, besaran gaji content manager bersifat fleksibel dan adaptif. Lalu apa saja faktor-faktor tersebut?


Berikut ini adalah beberapa faktor mempengaruhi gaji content manager:


1. Lokasi Geografis


Lokasi tempat bekerja bisa sangat mempengaruhi gaji. Misalnya, content manager di kota besar atau daerah dengan biaya hidup tinggi biasanya mendapat gaji lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang bekerja di kota kecil atau daerah dengan biaya hidup lebih rendah.



2. Tingkat Pengalaman


Pengalaman kerja yang relevan sering kali berbanding lurus dengan tingkat gaji. Content manager yang memiliki pengalaman bertahun-tahun, terutama dalam strategi konten dan pengelolaan tim, cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada mereka yang baru memulai karir.



3. Ukuran Perusahaan


Perusahaan besar dengan anggaran yang lebih besar untuk pemasaran dan pengembangan konten cenderung membayar gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan startup atau perusahaan kecil.



4. Industri


Industri tempat content manager bekerja juga mempengaruhi tingkat gaji. Industri seperti teknologi, keuangan, dan farmasi sering menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan industri lain seperti pendidikan atau nirlaba, karena anggaran yang mereka alokasikan untuk pemasaran dan konten biasanya lebih besar.



5. Keterampilan dan Keahlian


Keterampilan tertentu, seperti SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), analisis data, dan kemampuan menulis, bisa meningkatkan nilai seorang content manager. 


Keahlian khusus pada bidang tertentu, terutama di bidang content strategi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan potensi gaji.



6. Pendidikan


Walaupun bukan faktor utama, tingkat pendidikan juga bisa mempengaruhi gaji. Content manager dengan gelar pendidikan yang lebih tinggi dalam bidang terkait seperti komunikasi, pemasaran, atau jurnalisme, mungkin memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.



7. Kinerja dan Hasil


Kemampuan untuk memberikan hasil yang terukur, seperti peningkatan traffic website, keterlibatan pengguna, atau konversi, juga dapat mempengaruhi gaji. 


Content manager yang dapat menunjukkan dampak langsung terhadap tujuan bisnis lebih dihargai dan mendapat gaji yang lebih tinggi


Perlu diingat pengaruh faktor- faktor tersebut mungkin berbeda bagi setiap individu dan posisi yang ditawarkan. Negosiasi gaji juga merupakan faktor penting yang bisa mempengaruhi besaran gaji seorang content manager.


Baca Juga: 5 Cara Negosiasi Gaji via Email untuk Pekerjaan Impianmu


Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi, seorang content manager harus meningkatkan skill dan potensi mereka di bidang social media marketing. Keahlian yang menguntungkan perusahaan ini, akan membawa kenaikan gaji yang tinggi.


MinDi ada rekomendasi nih, yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif yang memiliki sistem pembelajaran terbaik dan inovatif.


Pelatihan dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional yang siap bantu wujudin karirmu sebagai seorang content manager sukses dan kompeten.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftar sekarang juga di sini! lalu nikmati layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu!
konsultasi corporate training

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Mutiah telah memulai perjalanan menjadi Content Writer selama lebih dari 2 tahun. Di Dibimbing, Muthia bertugas meriset dan menulis konten yang berkaitan dengan topik Human Resources, data, web development dan UI/UX. Mutia merupakan lulusan Sastra yang hobi menonton dan menulis.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

•

07 June 2023

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Digital Marketing

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Bahas tuntas soal sepuluh tips dan strategi SEO untuk toko online e-commerce sebagai solusi untuk h...

Image Author

Nadia L Kamila

•

06 October 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

Mobile-First Indexing dan SEO: Apa Hubungannya?

Digital Marketing

Mobile-First Indexing dan SEO: Apa Hubungannya?

Ternyata, salah satu hal penting yang perlu dipelajari oleh para pakar SEO adalah Mobile-First Inde...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

13 December 2023

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Digital Marketing

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Pekerjaan afliator adalah bagian dari model bisnis di mana individu mendaptkan komisi lewat promosi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

11 January 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

27 April 2024