dibimbing.id - Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko yang Menarik & Profesional

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko yang Menarik & Profesional

Muthiatur Rohmah

•

20 June 2024

•

993

Image Banner

Sobat MinDi hendak melamar kerja di toko? Bingung apa saja yang harus dipersiapkan? Nah, salah satu dokumen penting yang perlu disiapkan adalah surat lamaran kerja.


Surat lamaran kerja berfungsi sebagai pengantar dan penjelasan singkat mengenai data diri dan keahlian yang dimiliki. Menulis surat lamaran kerja yang baik akan membantu meningkatkan peluang lolos ke tahap selanjutnya.


Jika Sobat MinDi hendak membuat surat lamaran kerja, pastikan berisi struktur yang jelas dan maksud yang jelas mengenai lamaran tersebut. Kejelasan ini akan mempermudah penilaian recruiter terhadap lamaran Sobat MinDi.


Lantas bagaimana cara membuat surat lamaran kerja di toko secara profesional? Bagaimana gambaran contoh surat lamaran kerja di toko yang menarik perhatian HRD? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.



Pentingnya Menulis Surat Lamaran Kerja



Menulis surat lamaran kerja merupakan hal yang penting, sebab dokumen ini merupakan kesempatan pertama Sobat MinDi untuk memperkenalkan diri kepada calon pemberi kerja dan menunjukkan minat serta kecocokan dengan posisi yang ditawarkan. 


Surat lamaran yang baik dapat memberikan gambaran tentang kepribadian, motivasi, dan keterampilan komunikasi kandidat, yang semuanya sangat penting dalam lingkungan bisnis. 


Selain itu, surat lamaran yang lengkap dan informatif akan menjelaskan minat kandidat secara spesifik dan menjelaskan keahlian yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Untuk informasi selengkapnya sebagai berikut : 


1. Sebagai Media Perkenalan Diri

Surat lamaran ingin bekerja di toko membantu calon perusahaan dan HRD mengenal Anda.

karena surat lamaran kerja di toko harus mengandung biodata diri singkat tentang Anda yang akan dipertimbangkan nantinya.


2. Menjelaskan Kualifikasi Diri

Surat lamaran sangat penting untuk menunjukkan kualitas Anda sebagai kandidat untuk posisi apapun, terutama jika Anda adalah kandidat yang dicari perusahaan.


3. Menunjukan Sikap Profesionalitas

Penting untuk membuat cover letter selanjutnya, yang menunjukkan sikap profesional pelamar kerja. Untuk menjadi profesional, Anda harus sungguh-sungguh dan serius dalam mencapai tujuan Anda.


Selain itu, HRD akan memeriksa bagaimana penjelasan diri kandidat dan apa yang ingin Anda sampaikan kepada mereka saat menilai kandidat.


4. Memudahkan Proses Seleksi

HRD biasanya menerima banyak lamaran dari kandidat dengan berbagai latar belakang selama proses seleksi kandidat pekerja. Dengan surat lamaran kerja baru ini, mereka dapat lebih mudah memilih karyawan yang ingin berkomitmen untuk perusahaan.


Dengan menulis surat lamaran kerja yang profesional dan terstruktur, Sobat MinDi dapat menunjukkan keseriusan dan dedikasi dalam melamar pekerjaan, sehingga meningkatkan peluang untuk lolos ke tahap seleksi selanjutnya.



Unsur Surat Lamaran Kerja



Berikut adalah apa yang harus ada dalam surat lamaran berikut agar surat lamaran kerja Anda di toko sesuai dengan harapan perusahaan. 


1. Tanggal Pembuatan Surat

Sama seperti dalam penulisan surat pada umumnya, jangan lupa mencantumkan tanggal pembuatan surat di pojok kanan atas. Hal ini berguna agar penerima surat mengetahui kapan surat tersebut dibuat.


2. Penerima Surat

Surat lamaran kerja formal harus mencantumkan penerima surat. Perkenalkan penerima surat dengan salam, seperti "Kepada Yth," atau bentuk lain, seperti "Yth," dan sebagainya. Serta Jangan menggunakan sapaan yang tidak formal, 


3. Salam Pembuka

Untuk memulai surat, mulailah dengan salam yang tepat. Salam pembuka harus netral karena surat lamaran adalah surat yang bersifat resmi dan formal. Anda dapat menulis salam "Dengan Hormat", menghindari sapaan yang terlalu signifikan.


4. Penjelasan Data Diri

Ketika HRD membaca surat lamaran Anda, mereka ingin tahu siapa yang menulisnya. Inilah bagian yang sangat penting, di mana Anda harus menjelaskan informasi pribadi Anda yang ingin Anda berikan untuk melamar pekerjaan di perusahaan mereka.


Nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat rumah, dan nomor telepon adalah semua informasi pribadi yang harus Anda berikan.


5. Cantumkan Posisi Pekerjaan yang Ingin Dilamar

Ciri penting lainnya dari surat lamaran kerja adalah mencantumkan posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar. HRD dapat mengetahui posisi apa yang Anda inginkan dengan menggunakan informasi berikut.


Jika tidak, HRD akan bingung atau melewatkan lamaran Anda karena tidak menjelaskan posisi yang ingin Anda lamar. 



Struktur Surat Lamaran Kerja



Dalam menulis surat lamaran kerja di toko, Sobat MinDi harus memperhatikan struktur surat tersebut dengan jelas. Surat lamaran kerja yang profesional harus mencakup 3 struktur penting surat lamaran kerja.


Lantas apa saja struktur surat lamaran kerja yang tepat? Yuk simak selengkapnya.


1. Pembuka

Paragraf pembuka dalam surat lamaran kerja harus mencakup pengantar singkat tentang diri sendiri dan alasan menulis surat lamaran. Jelaskan posisi yang dilamar dan info dimana kandidat mengetahui tentang lowongan tersebut.


Dengan hormat,


Nama saya Aulia Rahman, dan saya sangat tertarik untuk melamar posisi Kasir yang diiklankan di situs web Toko ABC. Saya yakin bahwa pengalaman dan keterampilan saya sangat cocok untuk posisi ini dan saya berharap dapat menjadi bagian dari tim Toko ABC.



2. Isi

Paragraf dalam surat lamaran kerja harus mencakup penjelasan tentang pengalaman kerja, keterampilan, dan kualifikasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. 


Jelaskan latar latar belakang pekerjaan yang relevan untuk posisi tersebut. Gunakan contoh konkret dari pengalaman kerja atau pendidikan untuk mendukung klaim tersebut.



Saya memiliki pengalaman dua tahun bekerja sebagai kasir di Toko XYZ, di mana saya bertanggung jawab untuk menangani transaksi harian, memberikan layanan pelanggan yang ramah, dan memastikan kelancaran operasional kasir. Selama bekerja di Toko XYZ, saya telah mengembangkan keterampilan dalam manajemen kas, pemrosesan pembayaran, dan penyelesaian masalah pelanggan. Saya juga terbiasa bekerja dalam tim dan dapat bekerja dengan efisien dalam lingkungan yang sibuk dan penuh tekanan.


Selain itu, saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan. Saya percaya bahwa pengalaman dan keterampilan saya akan memungkinkan saya untuk memberikan kontribusi positif bagi Toko ABC.


3. Penutup

Paragraf penutup dalam surat lamaran kerja, harus merangkum kembali minat dalam posisi tersebut dan menyatakan harapan untuk berdiskusi lebih lanjut dalam wawancara. 


Sertakan informasi kontak Sobat MinDi dan ungkapkan terima kasih atas perhatian dan waktu yang diberikan.

 

Saya sangat berharap dapat berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi di Toko ABC. Saya dapat dihubungi di nomor telepon (123) 456-7890 atau melalui email di aulia.rahman@email.com. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan untuk melamar posisi ini.


Hormat saya,

Aulia Rahman


Dengan mengikuti struktur surat lamaran kerja yang lengkap, Sobat MiNDi  dapat menyusun surat lamaran kerja yang jelas, profesional, dan efektif dalam menarik perhatian HRD.


Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Content Creator Lengkap & Tipsnya



Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko



Setelah memahami struktur surat lamaran kerja yang lengkap, pasti Sobat MinDi bertanya-tanya mengenai bagaimana contoh surat lamaran kerja di toko yang lengkap dan profesional?


Langsung saja, yuk simak beberapa contoh surat lamaran kerja di toko yang dapat menarik perhatian recruiter berikut ini.


1. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Tulis Tangan



2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Baju


Jakarta, 10 Juni 2024


Kepada Yth.  

Manajer Rekrutmen  

Toko Alana Fashion  

Jl. Sudirman No. 45  

Jakarta


Dengan Hormat,


Berdasarkan informasi yang saya baca dari Koran Rakyat, Toko Alana Fashion sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi desainer pakaian. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan diri menempati posisi tersebut. Berikut data diri singkat saya:


Nama                      :  Sarah Anindya  

Tempat/Tgl Lahir     :  Jakarta, 15 Maret 1998  

Pendidikan Terakhir :  SMKN 10  

Domisili                   :  Jl. Mawar No. 20, Jakarta  

No Telp                    :  081234567890  


Saya memiliki latar pendidikan desainer pakaian dan pernah menjadi desainer pakaian untuk brand lokal. Selain itu, saya juga mampu bekerja di bawah tekanan, bekerja dengan tim, dan membuat desain sesuai dengan pesanan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan sejumlah berkas, antara lain:


1. CV

2. Fotokopi Ijazah Terakhir

3. Pas Photo 3×4

4. Transkrip Nilai

5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

6. Sertifikat Keahlian


Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan agar saya diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih.


Hormat saya,


[tanda tangan Anda]  

Sarah Anindya  



3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Swalayan


Jakarta, 10 Juni 2024


Kepada Yth.  

Manajer Rekrutmen  

Toko Swalayan Sejahtera  

Jl. Merdeka No. 123  

Jakarta


Dengan Hormat,


Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs web resmi Toko Swalayan Sejahtera, saat ini perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Pramuniaga. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan diri menempati posisi tersebut. Berikut data diri singkat saya:


Nama                      :  Budi Santoso  

Tempat/Tgl Lahir     :  Jakarta, 1 Januari 2000  

Pendidikan Terakhir :  SMA Negeri 1 Jakarta  

Domisili                   :  Jl. Kenanga No. 45, Jakarta  

No Telp                    :  081234567890  


Saya memiliki pengalaman kerja selama satu tahun sebagai pramuniaga di Toko Serba Ada, di mana saya bertanggung jawab untuk melayani pelanggan, menata barang dagangan, dan menjaga kebersihan area toko. Selain itu, saya juga mampu bekerja di bawah tekanan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan dapat bekerja secara tim maupun mandiri. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan sejumlah berkas, antara lain:


1. CV

2. Fotokopi Ijazah Terakhir

3. Pas Foto 3×4

4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

5. Surat Pengalaman Kerja


Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan agar saya diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.


Hormat saya,


[tanda tangan Anda]  

Budi Santoso  



4. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko HP


Jakarta, 10 Juni 2024


Kepada Yth.  

Manajer Rekrutmen  

Toko HP Selular  

Jl. Mangga Dua No. 10  

Jakarta


Dengan Hormat,


Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari iklan lowongan pekerjaan di situs web Toko HP Selular, saat ini perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Sales Assistant. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan diri menempati posisi tersebut. Berikut data diri singkat saya:


Nama                      :  Andi Pratama  

Tempat/Tgl Lahir     :  Jakarta, 15 April 1998  

Pendidikan Terakhir :  D3 Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Jakarta  

Domisili                   :  Jl. Melati No. 5, Jakarta  

No Telp                    :  081234567890  


Saya memiliki pengalaman kerja selama dua tahun sebagai Sales Assistant di Toko Gadget Modern, di mana saya bertanggung jawab untuk melayani pelanggan, memberikan informasi produk, serta mencapai target penjualan. Selain itu, saya juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan negosiasi, dan mampu bekerja dalam tim maupun secara mandiri. Saya juga memahami berbagai jenis dan merek HP, serta memiliki kemampuan untuk menjelaskan fitur-fitur teknis kepada pelanggan dengan cara yang mudah dipahami. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan sejumlah berkas, antara lain:


1. CV

2. Fotokopi Ijazah Terakhir

3. Pas Foto 3×4

4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

5. Surat Pengalaman Kerja


Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan agar saya diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.


Hormat saya,


[tanda tangan Anda]  

Andi Pratama  



5. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Roti


Jakarta, 10 Juni 2024


Kepada Yth.  

Manajer Rekrutmen  

Toko Roti Aroma  

Jl. Bunga Mawar No. 20  

Jakarta


Dengan Hormat,


Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari iklan lowongan pekerjaan di Koran Harian Jakarta, saat ini Toko Roti Aroma sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Pelayan Toko. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan diri menempati posisi tersebut. Berikut data diri singkat saya:


Nama                      :  Siti Nurhayati  

Tempat/Tgl Lahir     :  Jakarta, 10 Oktober 2000  

Pendidikan Terakhir :  SMA Negeri 5 Jakarta  

Domisili                   :  Jl. Kenanga No. 30, Jakarta  

No Telp                    :  081234567890  


Saya memiliki pengalaman kerja selama satu tahun sebagai Pelayan Toko di Roti Manis Bakery, di mana saya bertanggung jawab untuk melayani pelanggan, mengatur display roti, serta menjaga kebersihan dan kerapihan area toko. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja dengan cepat serta efisien dalam lingkungan yang sibuk. Selain itu, saya juga memiliki pengetahuan dasar tentang berbagai jenis roti dan pastry, serta cara penyajiannya yang menarik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan sejumlah berkas, antara lain:


1. CV

2. Fotokopi Ijazah Terakhir

3. Pas Foto 3×4

4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

5. Surat Pengalaman Kerja


Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan agar saya diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.


Hormat saya,


[tanda tangan Anda]  

Siti Nurhayati  


Baca Juga: ​​Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Admin Lengkap & Tipsnya




Tips Menulis Surat Lamaran Kerja di Toko yang Profesional & Menarik



Tunggu dulu Sobat MinDi, sebelum memulai menulis surat lamaran kerja di toko, yuk simak beberapa tips dari MinDi tentang menulis surat lamaran kerja yang profesional dan menarik berikut ini.


Inilah beberapa tips menulis surat lamaran kerja di toko yang profesional dan menarik perhatian recruiter.



1. Tulis Surat Lamaran Kerja dengan Format yang Lengkap

Langkah pertama jika ingin menulis surat lamaran kerja yang efektif adalah memperhatikan format surat lamaran kerja dengan detail, kemudian menulisnya. Surat lamaran kerja yang lengkap dan profesional akan mencerminkan keseriusan kandidat dalam melamar kerja.


Lantas apa saja format surat lamaran kerja yang harus dicantumkan? Yuk simak berikut ini.

  • Tanggal dan Tempat Penulisan

  • Nama dan Alamat Penerima

  • Salam Pembuka

  • Paragraf Pembuka

  • Data Diri Singkat

  • Paragraf Isi (Pengalaman dan Keterampilan)

  • Paragraf Penutup

  • Informasi Kontak

  • Salam Penutup

  • Tanda Tangan dan Nama Lengkap

  • Lampiran Dokumen Pendukung


2. Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Pastikan surat lamaran kerja disesuaikan dengan posisi yang spesifik. Soroti pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan tersebut. 


Gunakan kata kunci dari deskripsi pekerjaan untuk menunjukkan bahwa Sobat MinDi memahami apa yang dibutuhkan dan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat.


3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Formal

Gunakan bahasa yang profesional, jelas, dan formal. Hindari penggunaan bahasa sehari-hari atau slang. Pastikan surat lamaran kerja bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan dengan melakukan proofreading beberapa kali. 


Bahasa yang rapi dan profesional menunjukkan perhatian terhadap detail dan keseriusan dalam melamar pekerjaan.


3. Jelaskan Nilai Tambah yang Dimiliki

Dalam surat lamaran kerja, jelaskan pengalaman dan keterampilan Sobat MinDi dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Berikan contoh spesifik dari pencapaian di posisi sebelumnya yang menunjukkan kemampuan untuk berkontribusi pada perusahaan. 


Hal ini akan membantu HRD melihat value Sobat MinDi yang cocok dan sesuai dengan perusahaan. 



Ingin Buat Surat Lamaran Kerja Profesional? Ikuti Career Preparation Dibimbing.id



Sobat MinDi, itulah beberapa pembahasan mengenai contoh surat lamaran kerja di toko, perhatikan artikel ini dengan baik, jika Sobat MinDi hendak melamar pekerjaan di sebuah toko tertentu.


Jika Sobat MinDi seorang mahasiswa, mempelajari surat lamaran kerja ini merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan diri demi karir yang baik di masa depan.


Menulis surat lamaran kerja merupakan hal yang tidak diajarkan dalam perkuliahan pada umumnya. Namun Sobat MinDi bisa mengikuti career preparation dibimbing.id.


Pihak universitas atau sekolah wajib memperhatikan ini, dengan adanya pelatihan intensif mahasiswa, SDM dan lulusan akan berkualitas yang tentunya akan berdampak baik bagi universitas.


Ikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id, sebuah pelatihan atau kursus intensif bagi mahasiswa yang fokus mempersiapkan skill dan potensi mereka agar siap menjalani dunia karir secara profesional.


Kelas dibimbing.id selalu didampingi para mentor berpengalaman dan profesional, sehingga pembelajaran berjalan inovatif. Dengan LSM yang canggih, peserta dapat mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun.


Tunggu apalagi? Segera daftarkan universitas Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.



FAQ Surat Lamaran Kerja



  • Apakah perlu mencantumkan foto dalam surat lamaran kerja di toko?

Mencantumkan foto dalam surat lamaran kerja tergantung pada kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan mungkin meminta foto, sementara yang lain tidak. Sebaiknya, periksa persyaratan lamaran dari perusahaan yang dituju.

  • Bagaimana cara mengatasi kesalahan ketik dalam surat lamaran setelah dikirim?

Jika kesalahan ketik ditemukan setelah surat lamaran dikirim, kirimkan revisi surat lamaran secepat mungkin dan sampaikan permintaan maaf atas kesalahan tersebut kepada pihak perusahaan.

  • Apakah surat lamaran harus ditulis tangan atau diketik?

Saat ini, sebagian besar perusahaan menerima surat lamaran yang diketik. Namun, ada beberapa perusahaan yang mungkin masih menginginkan surat lamaran ditulis tangan, terutama untuk posisi-posisi tertentu. Pastikan untuk memeriksa persyaratan lamaran.

  • Apakah boleh mencantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan dalam surat lamaran?

Pengalaman kerja yang tidak relevan sebaiknya tidak dijelaskan secara detail, tetapi bisa disebutkan jika menunjukkan kemampuan atau keterampilan yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.

  • Apakah perlu mencantumkan referensi dalam surat lamaran?

Referensi biasanya dicantumkan dalam CV atau diberikan saat diminta oleh perusahaan. Tidak perlu mencantumkan referensi dalam surat lamaran kecuali secara spesifik diminta oleh perusahaan.

  • Bagaimana cara menulis surat lamaran jika tidak memiliki pengalaman kerja di toko?

Fokuskan surat lamaran pada keterampilan dan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan di toko, seperti kemampuan komunikasi, pelayanan pelanggan, dan keterampilan manajemen waktu. Sertakan juga pengalaman dari kegiatan lain yang menunjukkan kemampuan tersebut.


Reference:

  • Shop Assistant Cover Letter Examples - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!