8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari, Yuk Liat!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

10 April 2024

4909

Image Banner

User experience (UX) adalah kunci utama dalam desain produk maupun layanan digital dan non-digital. Oleh sebab itu, kamu bisa menemukan contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari.


Mulai dari interaksi dengan perangkat elektronik hingga cara menavigasi ruang publik, UX hadir untuk memaksimalkan kenyamanan dan keefektifan. Yuk, lihat beberapa contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari di artikel ini!




8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari



Sumber


UX adalah konsep yang merujuk pada semua aspek pengalaman pengguna dalam interaksi mereka dengan produk atau layanan. Hal ini bisa berlaku pada produk digital dan non-digital.

Berikut adalah beberapa contoh penerapannya:



1. Aplikasi Mobile


Contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari yang pertama bisa ditemukan di aplikasi mobile. Misalnya, aplikasi pengelolaan keuanngan personal. Di aplikasi ini, UX yang diterapkan umumnya berbentu desain UI yang intuitif dan proses onboarding yang ringkas.


Hal ini berguna untuk membuat pengguna baru yang ingin memahami cara menggunakan aplikasi dengan cepat. Selain itu, ini juga bisa mengurangi rasa frustrasi dan meningkatkan retensi pengguna.




2. Sistem Navigasi Kendaraan




Contoh berikutnya juga bisa ditemukan pada sistem navigasi kendaraan. Misalnya, sistem GPS integrasi mobil. Umumnya, UX yang diterapkan mencakup:


  • Petunjuk arah yang jelas.

  • Peringatan kemacetan lalu lintas.

  • Rute alternatif.


UX ini memudahkan pengemudi menemukan tujuan dengan efisien. Pada akhirnya, ini akan mengurangi stres berkendara dan meningkatkan keselamatan perjalanan.




3. Perangkat Kesehatan



Contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari berikutnya ada pada perangkat kesehatan. Contoh perangkatnya adalah monitor tekanan darah digital untuk penggunaan rumahan.


Umumnya, UX pada produk ini berupa instruksi penggunaan yang jelas dan feedback yang mudah dipahami.


Dengan UX tersebut, pengguna dapat dengan mudah melakukan pengukuran kesehatan sendiri. Hal ini meningkatkan kesadaran kesehatan dan pencegahan penyakit.




4. Situs Web Pemerintah



Contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah situs web pemerintah, seperti portal informasi dan layanan publik.


UX yang diterapkan pada situs ini mencakup:


  • Navigasi yang mudah.

  • Pencarian yang efisien.

  • Formulir online yang sederhana.



UX yang diterapkan itu memudahkan warga mengakses informasi dan layanan penting. Secara keseluruhan, ini bisa menghemat waktu dan mengurangi kebutuhan untuk kunjungan fisik.


Baca Juga: 6 Tahapan Desain dalam Menciptakan UI yang Ramah Pengguna


5. Perbankan Online


Contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah perbankan online. Contohnya adalah aplikasi mobile banking.

UX yang diterapkan di sini mencakup:

  • Transaksi keuangan yang mudah.

  • Pengelolaan akun.

  • Pemantauan saldo yang intuitif.

Hal ini mempermudah pengelolaan keuangan pribadi serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.




7. Toko Retail




Contoh berikutnya bisa juga kamu temukan pada toko retail, seperti supermarket atau toko pakaian. Beberapa contoh UX yang bisa diterapkan pada toko retail antara lain layout toko yang sistematis dan kasir self-service.


Hal ini berguna untuk eningkatkan efisiensi berbelanja dan mengurangi waktu tunggu di kasir. Pada akhirnya, ini akan memperbaiki pengalaman belanja keseluruhan.

Baca Juga: Proses Desain UI/UX: Contoh Workflow dari Riset sampai Pengujian


8. Program Loyalitas Pelanggan

Contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari yang terakhir adalah program loyalitas pelanggan, seperti di kafe atau restoran. UX yang diterapkan di sini bisa berupa sistem hadiah yang mudah dimengerti dan memberi nilai nyata.


Hal ini berguna untuk meningkatkan retensi pelanggan dan kepuasan. Pada akhirnya, ini akan mendorong pengeluaran berulang.


Itulah beberapa contoh penerapan UX dalam kehidupan sehari-hari. Lewat contoh-contoh di atas, kita bisa lihat bahwa UX yang baik bisa meningkatkan kepuasan pengguna.


Bukan hanya itu, UX yang baik juga berperan untuk menjamin kesuksesan produk atau layanan dengan memudahkan dan membuat pengalaman pengguna menyenangkan.


Karena ini adalah aspek penting, desainer UI/UX adalah pekerjaan yang cukup dibutuhkan di berbagai macam industri. Apabila kamu tertarik untuk terjun ke industri ini, MinDi sarankan untuk ikut Bootcamp UI/UX Design Dibimbing.id.


Lewat program ini, kamu bisa belajar teori dasar UI/UX hingga praktik dengan real-case study.


Program ini dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, pemula atau para career-switcher yang baru belajar juga tidak akan kesulitan mengikuti pembelajarannya.


So, tunggu apa lagi? Segera daftar dan kembangkan karirmu di UI/UX bareng Dibimbing.id! Apapun tujuanmu, Dibimbing siap #BimbingSampaiJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved