7 Contoh Kampanye Influencer Marketing Sukses : Jadikan Inspirasi!

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

•

670

Image Banner

Influencer marketing merupakan strategi pemasaran produk atau layanan melalui kerjasama dengan orang-orang berpengaruh (influencer) di media sosial.


Jika diterapkan dengan tepat dan baik, kampanye influencer marketing memiliki banyak keuntungan bagi brand atau perusahaan dibandingkan kampanye pemasaran tradisional.


Kampanye influencer marketing dapat menghemat biaya dan waktu, serta dinilai efektif dalam menjangkau banyak audiens target yang potensial melalui social media.


Yuk simak contoh kampanye influencer marketing sukses sehingga dapat Sobat MinDi jadikan referensi dalam pemasaran brand atau produk Anda.



Contoh Kampanye Influencer Marketing




Source: Midas-pr.com



Kampanye influencer marketing telah menjadi strategi populer  bagi brand atau layanan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun koneksi yang lebih mendalam dengan konsumen. 


Dengan aktifnya konsumen atau target audiens di media sosial, kerjasama dengan influencer marketing menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan pesan merek. 


Lalu apa saja contoh kampanye Influencer marketing yang efektif? Yuk simak pembahasannya berikut ini.


1. Gojek #PastiAdaJalan



Kampanye influencer marketing ini memanfaatkan narasi inspiratif yang disampaikan oleh influencer dan selebriti tentang layanan Gojek membantu mereka mengatasi tantangan sehari-hari. 


Melalui cerita-cerita pribadi influencer yang relate, Gojek berhasil meningkatkan persepsi positif terhadap brand dan layanannya, sehingga memperkuat posisi Gojek sebagai solusi serba bisa untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia.



2. Tokopedia #MulaiAjaDulu


Kampanye influencer marketing Tokopedia mengajak masyarakat untuk memulai dari hal-hal kecil dengan menggunakan layanannya. 


Dengan bantuan influencer dan tokoh publik yang menceritakan pengalaman pribadi mereka memulai usaha atau hobi baru dengan bantuan Tokopedia, kampanye ini memotivasi audiens untuk mengambil langkah pertama dalam mewujudkan mimpi mereka.


Hal ini menunjukkan Tokopedia sebagai platform yang mendukung aspirasi masyarakat dan dunia bisnis.



3. Wardah Beauty #WardahInspiringBeauty


Kampanye influencer marketing ini menonjolkan nilai kecantikan dari dalam yang lebih dari  sekadar penampilan fisik. 


Wardah, sebagai merek kosmetik halal, menggandeng influencer untuk berbagi cerita tentang apa arti kecantikan sejati bagi mereka. 


Kampanye ini berhasil  mempromosikan produk, dan memperkuat identitas brand Wardah yang mendorong pemberdayaan wanita dan kecantikan yang bersumber dari nilai-nilai positif.



4. Shopee 9.9 Super Shopping Day


Dalam merayakan hari belanja online, Shopee mengadakan kampanye besar-besaran dengan melibatkan influencer dan selebriti untuk mempromosikan event ini. 


Melalui strategi ini, Shopee berhasil menarik perhatian audiens dengan penawaran menarik, kode diskon dari influencer, dan peningkatan kesadaran terhadap berbagai promosi yang ditawarkan, menghasilkan penjualan yang signifikan.


Baca Juga: Yuk Pelajari Apa Saja Tugas Influencer Marketing



5. Oppo #SeeBeyond


Oppo mengadakan kampanye #SeeBeyond untuk menampilkan kemampuan kamera ponsel produk mereka. 


Dengan menggandeng influencer dan fotografer profesional, Oppo menunjukkan produk mereka yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen dengan kualitas tinggi. 


Kampanye influencer marketing ini efektif menarik audiens yang tertarik dengan fotografi dan teknologi, memperkuat posisi Oppo dalam pasar smartphone.



6. Dove #CeritaDove


Dove mengambil pendekatan yang berfokus pada narasi kecantikan sejati dan kepercayaan diri wanita. 


Melalui kampanye #CeritaDove, merek ini mengundang wanita, termasuk influencer, untuk berbagi cerita pribadi mereka tentang perjalanan kepercayaan diri dan penerimaan diri. 


Kampanye influencer ini memperkuat komitmen Dove terhadap kecantikan alami dan pemberdayaan wanita, menarik simpati dan identifikasi yang kuat dari audiensnya.



7. Grab #TerusUsaha


Dengan fokus pada dukungan terhadap UMKM lokal, kampanye #TerusUsaha dari Grab mengajak influencer untuk berbagi kisah inspiratif tentang pengusaha lokal. 


Melalui kampanye ini, Grab berhasil mempromosikan layanannya dan menunjukkan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan pemberdayaan usaha kecil, sehingga memperkuat citra positif Grab di mata konsumen Indonesia.


Contoh kampanye influencer marketing tersebut menunjukkan strategi influencer marketing yang dapat digunakan untuk membangun citra merek, menginspirasi audiens, dan memperkuat pesan merek dengan cara yang autentik dan berdampak.


Baca Juga: Pelajari Contoh Social Media Marketing Beserta Strateginya, Berikut Ini!



Dengan memahami contoh kampanye influencer marketing yang sukses pada artikel ini, Sobat MinDi diharapkan dapat menjadikannya sebagai referensi dan inspirasi untuk membuat strategi influencer marketing yang sukses daan berdampak bagi brand Anda.


Influencer marketing erat hubungannya dengan social media specialist, untuk memahaminya Sobat MinDi harus mempelajari social media specialist dengan baik.


Ingin mempelajari lebih lanjut tentang influencer marketing campaign? Atau tertarik switch career sebagai seorang sosmed specialist?


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif dengan pembelajaran terbaik dan inovatif. Pelatihan ini didampingi oleh para mentor profesional dan berpengalaman, sehingga siap wujudkan karirmu sebagai social media specialist yang sukses.


Tunggu apalagi? segera daftarkan diri Anda di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!