dibimbing.id - 10 Manfaat Influencer Marketing dan Tips untuk Memaksimalkannya

10 Manfaat Influencer Marketing dan Tips untuk Memaksimalkannya

Nadia L Kamila

•

20 January 2024

•

369

Image Banner

Saat ini banyak brand yang telah merasakan manfaat influencer marketing untuk memasarkan produk mereka. 

Hal ini didasarkan pada perilaku konsumen di era digital yang telah berubah. Dulu kita membeli barang karena iklan atau rekomendasi dari orang terdekat yang kita percaya.

Di era digital dimana semua terkoneksi dengan media sosial, ada beberapa orang yang memiliki follower banyak dan dianggap sebagai seseorang yang dipercaya oleh follower mereka. Itulah yang dimaksud dengan influencer.

Seorang influencer mampu mempengaruhi follower mereka untuk memperkenalkan suatu produk bahkan hingga mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini terjadi karena follower telah percaya dengan kredibilitas influencer tersebut. 

Kepercayaan inilah yang dimanfaatkan brand untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki.

Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dari influencer marketing, MinDi mau mengabarkan kalau Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id sudah dibuka lho!

Bootcamp ini dibuka untuk kamu yang ingin berkarir di dunia pemasaran digital khususnya bidang pemasaran. Kamu bisa bekerja sebagai social media specialist di perusahaan atau bisa juga memanfaatkan ilmu yang didapat untuk membesarkan bisnismu sendiri di media sosial.

Mumpung pendaftaran masih dibuka, klik link di atas untuk mendaftar ya!


Manfaat Influencer Marketing

Berikut ini sepuluh manfaat dari strategi influencer marketing:


1.Meningkatkan Kesadaran Merek

Influencer memiliki pengaruh besar di media sosial. Mereka membangun hubungan yang kuat dengan pengikut mereka, sehingga mereka percaya pada rekomendasi dan pandangan influencer. 

Ketika seorang influencer merekomendasikan atau berkolaborasi dengan suatu merek, follower akan melihat merek tersebut dan percaya dengan rekomendasi dari sang influencer. 

Konten yang dibagikan oleh influencer terlihat seperti pengalaman yang autentik, menarik dan relevan bagi pengikut mereka. 

Dengan memanfaatkan daya tarik dan kredibilitas influencer, merek dapat menjangkau lebih banyak orang dan membangun kesadaran yang positif terhadap produk atau layanan mereka dengan lebih efektif.

  1. Peningkatan Keterlibatan Pengikut

Manfaat influencer marketing dalam peningkatan keterlibatan pengikut terletak pada daya tarik dan kepercayaan yang dimiliki oleh influencer di antara pengikut mereka. 

Keterlibatan ini terjadi karena influencer memiliki kemampuan untuk membuat konten yang sesuai dengan selera dan preferensi pengikut, sehingga terjalin hubungan yang lebih dekat dan emosional. 

Dengan memanfaatkan hubungan ini, saat influencer memposting suatu barang, follower mereka antusias bertanya dan ingin tahu lebih mendalam tentang barang yang mereka gunakan. 

  1. Konten Inovatif

Konten inovatif adalah salah satu manfaat utama dari influencer marketing karena menciptakan daya tarik yang kuat dan membedakan merek dari pesaing. 

Dengan kreativitas dan kebebasan ekspresi yang dimiliki influencer bisa menghasilkan konten yang unik, menarik, dan relevan dengan audiens mereka. Konten inovatif tidak hanya memikat perhatian, tetapi juga menciptakan pengalaman yang berkesan bagi pengikut.

Oleh karena itu, konten inovatif dari influencer bisa menjadi pendorong utama  dalam mencapai tujuan pemasaran dan meningkatkan ketahanan merek di pasar yang kompetitif.

  1. Segmentasi Target yang Efektif

Segmentasi target yang efektif menjadi manfaat utama dari influencer marketing karena memungkinkan merek untuk mencapai audiens yang tepat. 

Influencer memiliki basis pengikut yang beragam. Oleh karena itu, perusahaan harus memilih influencer dengan bijak supaya dapat menargetkan kelompok demografis atau minat khusus yang sesuai dengan produk atau layanan yang dipasarkan. 

Dengan bekerja sama dengan influencer yang memiliki audiens relevan, maka pesan yang ingin disampaikan oleh merek dapat mencapai orang-orang yang memiliki potensi tertinggi untuk menjadi pelanggan setia.

  1. Peningkatan SEO dan Visibilitas Online

Konten yang dibagikan oleh influencer bisa menciptakan tautan balik  atau backlink yang berkualitas tinggi ke situs web merek. 

Search engines, seperti Google, menganggap backlink sebagai indikator otoritas dan relevansi suatu situs. Ketika influencer terkenal merekomendasikan atau berkolaborasi dengan suatu merek, biasanya akan ada link dari media sosial yang akan mengarah pada website merek dan dapat meningkatkan peringkat SEO.

Selain itu, influencer juga bisa memberikan visibilitas merek secara online dengan masif. Dengan mengekspos merek kepada audiens yang lebih luas, influencer marketing dapat meningkatkan visibilitas online dan memperluas jangkauan merek sehingga lebih mudah mudah ditemukan oleh pencari online.

  1. Kemitraan Kolaboratif

Kemitraan kolaboratif dalam konteks influencer marketing merujuk pada hubungan strategis dan saling menguntungkan antara merek dan influencer. 

Kemitraan ini bukan hanya sekedar kerjasama transaksional, melainkan melibatkan kolaborasi yang lebih mendalam dan berkelanjutan. Dimana influencer diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam proses produksi suatu barang.

Sobat MinDi pasti pernah melihat sebuah brand atau merek yang berkolaborasi membuat produk edisi khusus dengan persediaan terbatas. Misalnya brand kosmetik yang berkolaborasi dengan beauty influencer untuk membuat skincare edisi khusus.

Dengan kemitraan kolaboratif ini, influencer tidak terbatas sebagai alat pemasaran saja, tetapi juga sarana untuk membangun hubungan yang kuat dan saling menguntungkan antara merek dan individu yang memiliki pengaruh di media sosial.

  1. Kecepatan Menyampaikan Pesan

Influencer memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan cepat dan efektif kepada audiens mereka yang telah terbentuk. Terutama jika kampanye tersebut viral!

Dalam sekejap, influencer dapat mengenalkan atau merekomendasikan suatu produk atau layanan kepada ribuan atau bahkan jutaan pengikut mereka di platform media sosial. 

Hal ini bisa dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional yang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih lama untuk mencapai khalayak yang luas, influencer marketing mempercepat proses promosi.

Kecepatan ini juga membantu merek untuk menangkap tren atau momen tertentu supaya bisa meningkatkan keberhasilan kampanye. 

  1. Meningkatkan Kepercayaan dan Reputasi Merek

influencer adalah sumber kepercayaan bagi pengikut mereka. Kepercayaan yang telah dibangun oleh influencer sebelumnya dapat ditransfer ke merek melalui rekomendasi dan promosi. 

Pengikut mereka cenderung memandang influencer sebagai teman atau ahli yang dapat diandalkan, sehingga merek yang direkomendasikan oleh mereka lebih mungkin diterima dengan kepercayaan.

Saat influencer menyampaikan pengalaman positif atau merekomendasikan produk atau layanan, hal itu menciptakan koneksi emosional dengan pengikut. 

Dengan memanfaatkan kepercayaan dan kredibilitas influencer, influencer marketing membantu merek untuk membina hubungan yang lebih mendalam dan membangun reputasi yang kuat dalam benak konsumen. 




Tips Memaksimalkan Influencer Marketing

Setelah memahami bahwa pengaruh dan manfaat influencer marketing sedemikian besar di era digital saat ini. Saatnya untuk membahas bagaimana memaksimalkan strategi influencer marketing ini:

1.Pilih Influencer yang Relevan

Pilihlah influencer yang memiliki basis pengikut yang relevan dengan target audiens perusahaan. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor seperti minat, demografi dan nilai-nilai bersama untuk memastikan bahwa kolaborasi ini bisa sampai pada orang yang memiliki potensi tertinggi untuk menjadi pelanggan setia.

  1. Berikan Kebebasan Kreatif

Berikan kebebasan kreatif kepada influencer untuk menciptakan konten yang sesuai dengan gaya mereka dan tetap autentik. 

Hal ini penting untuk memastikan bahwa konten tidak terasa dipaksakan dan lebih mudah diterima oleh pengikut. Kemitraan yang mengizinkan influencer berkontribusi pada ide dan pendekatan kampanye dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengikut mereka.

  1. Gunakan Kode Promo dan Tautan Unik

Memanfaatkan kode promo khusus atau tautan unik yang terkait dengan influencer memudahkan pelacakan hasil kampanye. 

Kode promo ini bisa membantu saat mengukur ROI (Return on Investment) dan memberikan informasi tentang efektivitas kampanye, sehingga dapat dilakukan penyesuaian untuk kampanye mendatang.


Dengan potensi dan manfaat influencer marketing yang luar biasa ini, tak heran banyak brand yang memilih mempercayakan strategi pemasaran produk ataupun jasa pada para influencer. 

Nah, sebagaimana sudah MinDi sebut di atas, jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan Bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.id ya!

Segera daftar dan dapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan partner Dibimbing setelah menyelesaikan bootcamp! 

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!