Blog

/

Digital Marketing

/

Inilah Cara Menggunakan SEO Yoast untuk Optimasi Website

Inilah Cara Menggunakan SEO Yoast untuk Optimasi Website

Muhammad Fazer Mileneo

•

11 August 2023

•

609

Image Banner

Dalam meningkatkan visibilitas dan traffic website, tentunya SEO jadi hal yang penting. Untuk membantu hal ini, biasanya para ahli SEO menggunakan tools atau plugin tertentu. Salah satu alat yang populer dan efektif untuk mengoptimalkan SEO adalah Yoast SEO. Lalu, bagaimana cara menggunakan SEO Yoast ini?

Kali ini MinDi akan membahas bagaimana cara menggunakan tools SEO yang satu ini. Oleh karena itu, baca artikel ini hingga selesai ya!

Apa itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang populer dan efektif yang membantu pengguna untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web mereka di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.

Dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif, Yoast SEO telah terbukti sebagai tools yang penting bagi para pemilik website dan pengelola konten untuk mencapai tujuan dalam strategi SEO mereka.


Fungsi Yoast SEO

Yoast SEO sendiri punya versi gratis dan premium. Keduanya tentu memiliki perbedaan tersendiri dari fiturnya. Untuk versi gratis, berikut adalah fitur-fiturnya :

Sementara untuk versi premiumnya, berikut adalah fitur tambahannya : 

Cara Menggunakan SEO Yoast

Berikut adalah tahap untuk menggunakan Yoast SEO :

1.Instalasi dan Aktivasi

Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO pada situs WordPress. Setelah aktivasi, nanti akan terdapat menu Yoast SEO yang baru di dashboard WordPress.

  1. Mengatur Preferensi Yoast SEO

Lakukan pengaturan dasar Yoast SEO sesuai dengan preferensi. Ini termasuk menentukan pengaturan untuk tampilan situs di hasil pencarian dan mengaktifkan fitur-fitur SEO penting lainnya. Berikut adalah detail untuk pengaturannya: 


  1. Mengoptimalkan Halaman atau Konten

Setiap kali membuat halaman baru atau konten di situs web, Sobat MinDi akan melihat bagian Yoast SEO di bagian bawah editor.

Di sini, Sobat MinDi dapat mengatur kata kunci target, mengoptimalkan judul dan meta deskripsi, serta mengoptimalkan konten secara keseluruhan untuk SEO.

  1. Analisis SEO

Setelah mengoptimalkan halaman atau konten, Sobat MinDi dapat melihat analisis SEO yang diberikan oleh Yoast SEO. Peringkat SEO (hijau, kuning, atau merah) akan memberi tahu sejauh mana halaman tersebut dioptimalkan untuk kata kunci target dan faktor SEO lainnya.

Cara Membuat Yoast SEO Menjadi Hijau Semua

Ketika menggunakan tools ini dan memasukkan konten tersebut ke CMS WordPress, hal yang kerap kali membuat pengguna plugin ini kesulitan adalah karena indikatornya banyak yang menjadi merah.

Menurut Yoast, hal ini artinya konten belum teroptimasi secara SEO dengan baik. Terkadang, sudah mengutak-atik susunan kalimat atau format artikel, tetap saja indikatornya berwarna merah.

Sebagai solusi, Sobat MinDi bisa ikuti cara-cara ini : 


  1. Riset Kata Kunci

Melakukan penelitian kata kunci yang cermat dan relevan adalah kunci untuk memastikan konten Anda relevan dan dapat ditemukan oleh target audiens Anda. Gunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari dan sesuai dengan konten Anda.

  1. Mengoptimalkan Konten

Pastikan untuk menyertakan kata kunci target Anda dalam judul, subjudul, konten utama, dan meta deskripsi. Selain itu, jaga agar kepadatan kata kunci tetap alami dan tidak berlebihan.

  1. Menggunakan Tautan Internal dan Eksternal

Tautan internal membantu dalam pembentukan struktur situs yang kuat, sedangkan tautan eksternal dapat meningkatkan otoritas halaman Anda. Pastikan untuk menyertakan tautan yang relevan dan bermanfaat.

  1. Menyertakan Gambar

Penggunaan gambar yang relevan dan bermutu tinggi dapat meningkatkan kualitas konten Anda. Jangan lupa untuk menyertakan atribut alt pada gambar Anda dengan kata kunci yang sesuai.

  1. Mengurangi Kalimat Pasif

Yoast SEO menganggap kalimat pasif dapat mengurangi performa SEO. Caranya, Sobat MinDi bisa mengganti kata-kata kerja yang mengandung awalan “di” (misal dimakan, dinaikkan, diunggah, dll) menjadi kata yang aktif seperti memakan, menaikkan, atau mengunggah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kalimat.

  1. Pastikan Menggunakan Heading

Heading adalah aspek yang juga membuat keterbacaan SEO menjadi merah. Gunakan Heading 2 (H2), Heading 3 (H3), dan seterusnya untuk setiap sub judul dari konten yang ingin Sobat MinDi optimalkan.

Mengoptimalkan Yoast SEO 

SEO sendiri merupakan bagian dari digital marketing. Oleh karena itu, baiknya Sobat MinDi mempelajari hal lebih mendalam agar penerapan SEO bisa semakin maksimal.

Sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Program ini akan membantu untuk belajar tentang berbagai aspek digital marketing, seperti SEO, SEM, social media marketing, email marketing, dan lain-lain.

Pastinya, Sobat MinDi akan mendapatkan bimbingan dari mentor berpengalaman yang dapat membantu memahami konsep dan praktik digital marketing. Tak cuma itu, peluang karir di bidang ini juga akan semakin terbuka.

Sekian artikel dari MinDi mengenai cara menggunakan SEO Yoast. Jadi, jangan ragu jangan bimbang, ayo daftar bootcamp dan mulai perjalanan Sobat MinDi untuk menjadi ahli SEO!

Sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id.

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Artikel Terkait

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Digital Marketing

Belajar Copywriting: Mengenal 3 Metode Copywriting Terbaik

Sobat MinDi yang lagi belajar copywriting, pasti udah tau deh kalau formula copywriting itu ada ban...

Image Author

Dibimbing.id

•

25 February 2022

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Digital Marketing

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan IG Ads

Siapa sih, yang gak tau Instagram? MinDi yakin deh, kalau 90% dari Sobat MinDi yang lagi baca artik...

Image Author

Dibimbing.id

•

25 February 2022

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus Kamu Ketahui

Digital Marketing

Career Development

Copywriting vs Content Writing, Ini 5 Perbedaan yang Harus ...

Ada dua profesi tulis menulis yang sangat penting dalam dunia marketing. Yaitu, copywriting dan con...

Image Author

Dibimbing.id

•

17 June 2022

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Digital Marketing

Mengenal Cara Mengaktifkan TikTok Shop yang Perlu Kamu Keta...

TikTok Shop menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin melihat suatu produk dan langsung membelinya ...

Image Author

Aulia Putri Andrika

•

27 July 2022

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Digital Marketing

Wajib tahu! Ini 5 Tahapan Design Thinking dan Penerapannya

Mau buat design thinking tapi bingung harus mulai dari mana? Sini MinDi bisikin 5 tahapan penting s...

Image Author

Dibimbing.id

•

29 July 2022

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Digital Marketing

5 Cara Ampuh Meningkatkan Optimasi SEO Instagram

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringka...

Image Author

Aulia Putri Andrika

•

10 August 2022