Inilah Cara Menggunakan SEO Yoast untuk Optimasi Website

Muhammad Fazer Mileneo

11 August 2023

650

Image Banner

Dalam meningkatkan visibilitas dan traffic website, tentunya SEO jadi hal yang penting. Untuk membantu hal ini, biasanya para ahli SEO menggunakan tools atau plugin tertentu. Salah satu alat yang populer dan efektif untuk mengoptimalkan SEO adalah Yoast SEO. Lalu, bagaimana cara menggunakan SEO Yoast ini?

Kali ini MinDi akan membahas bagaimana cara menggunakan tools SEO yang satu ini. Oleh karena itu, baca artikel ini hingga selesai ya!

Apa itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang populer dan efektif yang membantu pengguna untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web mereka di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya.

Dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif, Yoast SEO telah terbukti sebagai tools yang penting bagi para pemilik website dan pengelola konten untuk mencapai tujuan dalam strategi SEO mereka.


Fungsi Yoast SEO

Yoast SEO sendiri punya versi gratis dan premium. Keduanya tentu memiliki perbedaan tersendiri dari fiturnya. Untuk versi gratis, berikut adalah fitur-fiturnya :

Sementara untuk versi premiumnya, berikut adalah fitur tambahannya : 

Cara Menggunakan SEO Yoast

Berikut adalah tahap untuk menggunakan Yoast SEO :

1.Instalasi dan Aktivasi

Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO pada situs WordPress. Setelah aktivasi, nanti akan terdapat menu Yoast SEO yang baru di dashboard WordPress.

  1. Mengatur Preferensi Yoast SEO

Lakukan pengaturan dasar Yoast SEO sesuai dengan preferensi. Ini termasuk menentukan pengaturan untuk tampilan situs di hasil pencarian dan mengaktifkan fitur-fitur SEO penting lainnya. Berikut adalah detail untuk pengaturannya: 


  1. Mengoptimalkan Halaman atau Konten

Setiap kali membuat halaman baru atau konten di situs web, Sobat MinDi akan melihat bagian Yoast SEO di bagian bawah editor.

Di sini, Sobat MinDi dapat mengatur kata kunci target, mengoptimalkan judul dan meta deskripsi, serta mengoptimalkan konten secara keseluruhan untuk SEO.

  1. Analisis SEO

Setelah mengoptimalkan halaman atau konten, Sobat MinDi dapat melihat analisis SEO yang diberikan oleh Yoast SEO. Peringkat SEO (hijau, kuning, atau merah) akan memberi tahu sejauh mana halaman tersebut dioptimalkan untuk kata kunci target dan faktor SEO lainnya.

Cara Membuat Yoast SEO Menjadi Hijau Semua

Ketika menggunakan tools ini dan memasukkan konten tersebut ke CMS WordPress, hal yang kerap kali membuat pengguna plugin ini kesulitan adalah karena indikatornya banyak yang menjadi merah.

Menurut Yoast, hal ini artinya konten belum teroptimasi secara SEO dengan baik. Terkadang, sudah mengutak-atik susunan kalimat atau format artikel, tetap saja indikatornya berwarna merah.

Sebagai solusi, Sobat MinDi bisa ikuti cara-cara ini : 


  1. Riset Kata Kunci

Melakukan penelitian kata kunci yang cermat dan relevan adalah kunci untuk memastikan konten Anda relevan dan dapat ditemukan oleh target audiens Anda. Gunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari dan sesuai dengan konten Anda.

  1. Mengoptimalkan Konten

Pastikan untuk menyertakan kata kunci target Anda dalam judul, subjudul, konten utama, dan meta deskripsi. Selain itu, jaga agar kepadatan kata kunci tetap alami dan tidak berlebihan.

  1. Menggunakan Tautan Internal dan Eksternal

Tautan internal membantu dalam pembentukan struktur situs yang kuat, sedangkan tautan eksternal dapat meningkatkan otoritas halaman Anda. Pastikan untuk menyertakan tautan yang relevan dan bermanfaat.

  1. Menyertakan Gambar

Penggunaan gambar yang relevan dan bermutu tinggi dapat meningkatkan kualitas konten Anda. Jangan lupa untuk menyertakan atribut alt pada gambar Anda dengan kata kunci yang sesuai.

  1. Mengurangi Kalimat Pasif

Yoast SEO menganggap kalimat pasif dapat mengurangi performa SEO. Caranya, Sobat MinDi bisa mengganti kata-kata kerja yang mengandung awalan “di” (misal dimakan, dinaikkan, diunggah, dll) menjadi kata yang aktif seperti memakan, menaikkan, atau mengunggah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kalimat.

  1. Pastikan Menggunakan Heading

Heading adalah aspek yang juga membuat keterbacaan SEO menjadi merah. Gunakan Heading 2 (H2), Heading 3 (H3), dan seterusnya untuk setiap sub judul dari konten yang ingin Sobat MinDi optimalkan.

Mengoptimalkan Yoast SEO 

SEO sendiri merupakan bagian dari digital marketing. Oleh karena itu, baiknya Sobat MinDi mempelajari hal lebih mendalam agar penerapan SEO bisa semakin maksimal.

Sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Program ini akan membantu untuk belajar tentang berbagai aspek digital marketing, seperti SEO, SEM, social media marketing, email marketing, dan lain-lain.

Pastinya, Sobat MinDi akan mendapatkan bimbingan dari mentor berpengalaman yang dapat membantu memahami konsep dan praktik digital marketing. Tak cuma itu, peluang karir di bidang ini juga akan semakin terbuka.

Sekian artikel dari MinDi mengenai cara menggunakan SEO Yoast. Jadi, jangan ragu jangan bimbang, ayo daftar bootcamp dan mulai perjalanan Sobat MinDi untuk menjadi ahli SEO!

Sobat MinDi bisa mengikuti program Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id.

Share

Author Image

Muhammad Fazer Mileneo

Buruh tulis digital fleksibel. Sekali-sekali main kamera, sekali-sekali ke sana kemari.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

07 June 2023

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Digital Marketing

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Cara mengatasi duplicate meta descriptions pada blog bisa kamu lakukan dengan mengedit template. Yu...

Image Author

Raniah Fatimah

23 June 2023

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Digital Marketing

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Bahas tuntas soal sepuluh tips dan strategi SEO untuk toko online e-commerce sebagai solusi untuk h...

Image Author

Nadia L Kamila

06 October 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

01 November 2023

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

27 April 2024