Cara Mudah Menambahkan Meta Keyword di Blogspot

Raniah Fatimah

22 June 2023

5182

Image Banner

Cara menambahkan meta keyword adalah salah satu cara sederhana dalam upaya mengoptimalkan Blogspot kamu. Cuma dalam 4 langkah, kamu sudah bisa memasang meta keyword di Blogspot kamu tanpa perlu ribet!

Meta keyword adalah salah satu jenis metadata yang berguna untuk memberikan petunjuk tambahan ke mesin pencari tentang topik halaman kamu. Dengan memasang keyword yang relevan, Sobat MinDi bisa memperkuat posisi artikel blog kamu dalam hasil penelusuran mesin pencari.

Nah, kali ini MinDi akan membagikan tutorial Cara Menambahkan Meta Keyword di Blogspot secara otomatis dan juga manual. Yuk, simak langkah-langkahnya hingga akhir!


Apa itu Meta Keyword?




Meta keyword adalah sebuah meta tag HTML yang berguna untuk menyediakan kata kunci atau topik utama yang relevan dengan sebuah halaman web. Elemen ini menjadi salah satu faktor yang menentukan relevansi dan peringkat halaman blog kamu di hasil pencarian.

Biasanya, mesin pencari seperti Google akan berusaha untuk mencari sebanyak mungkin informasi tentang suatu situs. Nah, dengan menyediakan meta keyword yang relevan, Sobat MinDi dapat mendukung cara kerja mesin pencari dalam memahami dan mengindeks halaman blog kamu secara lebih efisien.

Ada 2 cara menambahkan meta keyword untuk Blogspot, yaitu tag Meta secara otomatis dan manual. Kalau gitu, yuk langsung aja kita simak tutorial memasang meta keyword di Blogspot berikut ini!

Cara Menambahkan Meta Keyword di Blogspot Secara Otomatis

Cara menambahkan meta keyword secara otomatis ternyata gampang banget, loh! Nggak sampai 10 menit, kamu udah bisa memasang meta keyword di Blogspot kamu.

Nah, ini dia langkah-langkah menambahkan meta keyword di Blogspot secara otomatis:


  • Login ke akun Blogger.

  • Pilih menu Template » Edit HTML.

  • Lalu, copy paste kode berikut ini di bawah posisi <head>

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><meta expr:content='data:blog.title' name='keywords'/></b:if>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/></b:if>

  • Kalau sudah, tinggal simpan template dan selesai!


Cara Menambahkan Meta Keyword di Blogspot Secara Manual

Perlu diingat kalau meta keyword versi manual pastinya nggak bisa menyesuaikan dengan judul artikel pada blog secara otomatis. Jadi, Sobat MinDi perlu memasukkan keyword baru setiap menerbitkan artikel yang baru.

Nah, berikut adalah langkah-langkah menambahkan meta keyword di Blogspot secara manual:

  1. Login ke akun Blogger.

  2. Pilih menu Template » Edit HTML.

  3. Lalu, copy paste kode berikut ini di bawah posisi <head>

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>

   <meta content='Keyword 1, Keyword 1, Keyword 1' name='keywords'/>

</b:if>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>

   <meta content='Keyword 2, Keyword 2, Keyword 2' name='keywords'/>

</b:if>

Keterangan:

Ganti Keyword 1 dengan keyword untuk halaman depan blog kamu.

Ganti Keyword 2 dengan keyword untuk halaman postingan blog kamu. 

  1. Selanjutnya, simpan template kamu dan selesai deh!


Sudah Paham Cara Menambahkan Meta Keyword di Blogspot?

Dalam artikel kali ini, Sobat MinDi telah mempelajari cara menambahkan meta keyword di Blogspot kamu secara otomatis maupun manual.

Sebenarnya, meta keyword nggak bisa dijadikan tolok ukur untuk menentukan suatu situs supaya bisa berada di peringkat atas dalam hasil pencarian. Tapi, menambahkan meta keyword tetap menjadi langkah yang cukup penting untuk mendukung performa SEO blog kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Nah, kalau Sobat MinDi ingin mempelajari tips dan trik optimasi website lebih lanjut, yuk gabung di Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id!

Selama 4 – 5 bulan belajar di bootcamp, kamu akan belajar berbagai strategi digital marketing secara keseluruhan sekaligus praktek membuat portofolio sendiri bersama mentor profesional.

Yuk, dapatkan panduan belajar digital marketing terlengkap dan raih karir impianmu sebagai Digital Marketer dengan klik di sini!

Kalau gitu, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya, Sobat MinDi!


Share

Author Image

Raniah Fatimah

Raniah is a copywriter and content writer with 2 years experiences who thrives on crafting compelling messages. With a knack for weaving SEO magic into blogs, social media copy, and beyond, she's a dedicated wordsmith who's always eager to learn and grow.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!