Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Raniah Fatimah

•

07 June 2023

•

7404

Image Banner

Cara membuat sitemap di WordPress merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan visibilitas website kamu di mesin pencari. Saat ini, sudah banyak tutorial membuat sitemap yang menggunakan metode berbeda-beda.

Sitemap adalah salah satu alat optimasi SEO yang sangat krusial. Tapi sayangnya, masih banyak pemula WordPress yang merasa bingung tentang bagaimana cara membuat sitemap XML dan HTML dengan mudah.

Oleh karena itu, MinDi di sini akan memberikan kamu panduan langkah demi langkah tentang cara membuat sitemap XML dan HTML di WordPress dengan metode yang paling gampang bagi pemula. Yuk, cari tau tentang apa itu sitemap dan pelajari cara membuatnya dalam artikel ini!


Apa Itu Sitemap?

Sitemap adalah file yang berisi URL dari seluruh halaman dalam sebuah website.


Sitemap adalah file yang berisi URL dari seluruh halaman penting dalam website kamu. Kalau diibaratkan, sitemap adalah peta yang digunakan pengguna dan mesin pencari untuk berjelajah di website kamu.

Sitemap berguna untuk membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks website kamu dengan lebih cepat dan efektif. Selain itu, sitemap juga bertujuan untuk memberitahu mesin pencari terkait halaman mana yang paling penting di situs tersebut.


Dari segi SEO, fungsi sitemap sangat bermanfaat terutama bagi website yang besar dan memiliki banyak halaman. Dengan memiliki sitemap, website kamu akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk muncul dalam hasil pencarian mesin pencari. Maka dari itu, memiliki sitemap dalam sebuah WordPress adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan.


Perbedaan Sitemap XML dan HTML

Umumnya, sitemap memiliki dua jenis yang paling sering digunakan, yaitu Sitemap HTML dan Sitemap XML.

Sitemap HTML adalah jenis sitemap yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung dan memiliki bentuk berupa daftar tautan yang dapat diklik ke semua halaman di situs kamu. Contoh Sitemap HTML adalah seperti ini:


Sitemap HTML adalah jenis sitemap yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung dan berupa daftar tautan.

Sementara itu, Sitemap XML merupakan jenis sitemap yang ditujukan untuk mesin pencari dan bentuknya berupa file teks yang berisi daftar URL dari situs kamu. Contoh Sitemap XML adalah seperti ini:

Sitemap XML adalah jenis sitemap yang ditujukan untuk mesin pencari.


Cara Membuat Sitemap XML di Wordpress

Cara membuat sitemap di WordPress secara otomatis ternyata semudah itu loh, Sobat MinDi! Kalau kamu masih pemula, MinDi yakin kamu bisa mengikuti tutorial ini dengan sangat lancar.

Sobat MinDi hanya perlu menggunakan plugin All in One SEO untuk membuat sitemap di WordPress kamu sendiri. Metode ini dijamin jauh lebih praktis dan sangat gampang untuk pemula daripada cara manual.

Kalau begitu, yuk langsung saja kita pelajari cara membuat sitemap XML di WordPress dengan mengikuti 3 langkah sederhana di bawah ini!

Langkah 1: Instal dan Aktifkan Plugin All in One SEO

Buka Dashboard WordPress » Plugins » Add New dan cari plugin All in One SEO, lalu klik Install Now. Setelah plugin diinstal, klik Aktifkan.

Instal dan Aktifkan Plugin All in One SEO


Langkah 2: Cek Sitemap yang Diaktifkan di All in One SEO

Hal terbaik dari fungsi plugin ini adalah sitemap yang diaktifkan secara default. Jadi, kamu cuma perlu instal All in One SEO dan sitemap kamu sudah siap, deh!

Tapi, untuk memastikan ulang apakah sitemap sudah diaktifkan atau ingin disesuaikan, buka All in One SEO » Sitemaps dari dashboard WordPress kamu. Kemudian, buka opsi Enable Sitemap dan pastikan saklar tersebut teraktifkan.

Buka opsi Enable Sitemap


Langkah 3: Verifikasi Sitemap Situs Kamu

Setelah memastikan sitemap telah diaktifkan, Sobat MinDi dapat memverifikasi sitemap website kamu dengan mengklik tombol Open Sitemap.





Setelah mengklik tombol tersebut, Sobat MinDi akan melihat halaman indeks untuk sitemap kamu yang terlihat seperti ini:


Hasil Sitemap XML


Nah secara default, All in One SEO akan membuat sitemap untuk postingan, halaman, dan kategori kamu secara otomatis. Jadi, kalau Sobat MinDi memiliki toko online atau memiliki produk yang terdaftar, maka plugin ini akan menyiapkan sitemap untuk semua hal tersebut. 

Sekarang, sitemap XML di WordPress kamu sudah siap dan secara otomatis akan mengirim semua update terbaru ke Google dan mesin pencari lainnya. Gampang banget, kan?


Cara Submit Sitemap XML Secara Manual di Webmaster

Sitemap XML yang telah dibuat menggunakan plugin tentunya akan ter-submit secara otomatis ke mesin pencari. Tapi, Sobat MinDi juga bisa submit sitemap XML secara manual ke webmaster agar website kamu bisa langsung terindeks oleh mesin pencari.

Nah, ini dia cara submit sitemap XML secara manual di webmaster dengan menggunakan Google Search Console:

Selanjutnya, sitemap kamu akan terkirim dan ditelusuri oleh mesin pencari. Mungkin kamu akan perlu menunggu untuk beberapa saat agar sitemap kamu bisa diindeks. Akan tetapi, setelah itu halaman kamu akan lebih cepat ditemukan di hasil pencarian, kok!


Cara Membuat Sitemap HTML di Wordpress

Dengan menggunakan plugin yang sama, Sobat MinDi juga bisa membuat sitemap HTML di WordPress dengan sangat praktis. Nah, ini dia langkah-langkah membuat sitemap HTML di WordPress!

Langkah 1: Aktifkan Plugin All in One SEO

Jika kamu sudah pernah mengaktifkan plugin All in One SEO sebelumnya, langkah selanjutnya untuk membuat sitemap HTML adalah dengan mengaktifkan opsi khusus sitemap HTML.
Caranya, Buka All in One SEO » Sitemaps, lalu klik opsi menu ‘ HTML Sitemap ’. Kemudian, pastikan saklar ‘ Enable Sitemap ’ sudah diaktifkan.




Langkah 2: Pilih Tampilan Sitemap

Nah selanjutnya, Sobat MinDi dapat memilih tampilan sitemap HTML sesuai dengan yang kamu inginkan.


Untuk cara versi MinDi, kita akan memilih opsi ' Dedicated Page '. Tapi, Sobat MinDi juga bisa menambahkannya sebagai kode pendek, blok, widget , dan masih banyak lagi.

Kemudian, masukkan URL halaman web yang ingin dipakai untuk menampilkan sitemap HTML. Nantinya, plugin ini akan secara otomatis membuat halaman baru untuk kamu.

Tampilan Sitemap 'Dedicated Page'



Langkah 3: Setting dan Simpan Perubahan

Setelah Sobat MinDi selesai memilih tampilan, scroll ke bawah dan pergi ke bagian 'HTML Sitemap Settings'.

Di sini Sobat MinDi dapat menyesuaikan bagaimana sitemap HTML kamu akan ditampilkan. Sobat MinDi juga memiliki kontrol atas semua posting dan halaman apa yang akan ditampilkan, taksonomi seperti kategori dan tag, urutan sortir, dan masih banyak lagi.

Jika kamu menghapus centang pada dua kotak ini, Sobat MinDi dapat melihat daftar semua konten, jenis postingan, dan taksonomi. Jadi, kamu bisa memilih bagian apa saja yang ingin disertakan dalam sitemap.





Setelah selesai menyesuaikan pengaturan sitemap HTML kamu, jangan lupa untuk mengklik tombol 'Save Changes'. Jadi deh, sitemap HTML kamu!

Sekarang pengunjung kamu sudah dapat melihat sitemap XML dan HTML yang terpasang di WordPress kamu.

Dengan mengaktifkan sitemap, pengunjung bisa mendapat pengalaman yang lebih menyenangkan dan mudah menavigasi di sekitar website kamu. Hal ini akan mendorong traffic dan meningkatkan visibilitas website kamu di hasil pencarian. Menarik banget, bukan?

Nah, bagi Sobat MinDi yang ingin mempelajari trik SEO dan berbagai strategi digital marketing lainnya, kamu bisa ikutan belajar di Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id!


Dapatkan panduan belajar digital marketing terlengkap dan praktek langsung bersama mentor profesional dengan daftar di sini!


Kalau begitu, sampai bertemu di artikel selanjutnya ya, Sobat MinDi!

bootcamp digital marketing

Share

Author Image

Raniah Fatimah

Dulu copywriter, sekarang content writer.

Artikel Terkait

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Digital Marketing

10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Bahas tuntas soal sepuluh tips dan strategi SEO untuk toko online e-commerce sebagai solusi untuk h...

Image Author

Nadia L Kamila

•

06 October 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

Mobile-First Indexing dan SEO: Apa Hubungannya?

Digital Marketing

Mobile-First Indexing dan SEO: Apa Hubungannya?

Ternyata, salah satu hal penting yang perlu dipelajari oleh para pakar SEO adalah Mobile-First Inde...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

13 December 2023

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Digital Marketing

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Pekerjaan afliator adalah bagian dari model bisnis di mana individu mendaptkan komisi lewat promosi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

11 January 2024

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

27 April 2024