7 Langkah Cara Install XAMPP di Linux

Suci Wulandari

•

13 August 2023

•

2817

Image Banner

XAMPP adalah paket aplikasi web server yang populer yang mencakup Apache, MySQL, PHP, dan Perl. Dengan install XAMPP di Linux, kamu dapat membuat dan mengelola local server dan localhost. Cara install XAMPP di Linux pun mudah dipelajari.


Untuk memudahkan proses instalasi, pastikan Sobat MinDi mengunduh versi XAMPP yang sesuai dengan distribusi Linux yang kamu gunakan. Pada artikel ini akan dijelaskan cara install XAMPP di Linux dengan 7 langkah praktis. Selain itu, keunggulan dari XAMPP di Linux juga akan dibahas di artikel ini. Simak sampai selesai, ya!

Cara Install XAMPP di Linux

Untuk melakukan install XAMPP di Linux termasuk mudah, kok! XAMPP menyediakan paket terintegrasi yang memasukkan semua komponen yang diperlukan sehingga proses instalasi dan konfigurasi menjadi lebih mudah. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan instalasi XAMPP di Linux.

Unduh Paket XAMPP

Unduh Paket XAMPP

Dibimbing.id - Unduh Paket XAMPP

Sebelum mulai melakukan instalasi, Sobat MinDi perlu mengunduh paket XAMPP dari situs resmi Apache Friends. Caranya? Buka browser di web dan kunjungi https://www.apachefriends.org. Di halaman beranda, kamu akan menemukan opsi "download" di menu utama untuk mengunduh paket XAMPP. 


Saat di halaman unduhan, akan ada pilihan beberapa versi XAMPP yang tersedia untuk diunduh. Sobat MinDi bisa pilih versi XAMPP yang sesuai dengan sistem operasi Linux yang digunakan. Misalnya, jika kamu menggunakan distribusi Ubuntu maka pilih versi XAMPP untuk Linux.


Ekstrak Paket XAMPP

Setelah proses pengunduhan selesai, buka terminal di Linux. Navigasikan ke direktori di mana kamu menyimpan paket XAMPP yang diunduh. Gunakan perintah berikut untuk ekstrak paket:


tar xvfz nama_file.tar.gz 


Pastikan untuk menggantikan "nama_file" dengan nama paket XAMPP yang sebenarnya.


Menginstal Dependensi


Cara Install XAMPP di Linux

Dibimbing.id - Menginstal Dependensi

Sebelum menginstal XAMPP, pastikan bahwa sistem memiliki semua dependensi yang diperlukan. Jalankan perintah berikut untuk menginstal dependensi yang umum digunakan:


sudo apt update

sudo apt install libapache2-mod-php mysql-server php php-mysql


Perintah di atas akan memperbarui paket repositori dan menginstal Apache, MySQL, dan PHP beserta modul-modul yang diperlukan.


Menjalankan Instalasi XAMPP

Setelah memastikan bahwa dependensi yang diperlukan telah diinstal, kamu perlu kembali ke terminal dan jalankan perintah berikut untuk memulai instalasi XAMPP:


sudo ./nama_folder_instalasi_xampp-linux-x64-installer.run


Pastikan untuk menggantikan "nama_folder_instalasi" dengan nama folder tempat kamu mengekstrak paket XAMPP.


Mengikuti Wizard Instalasi


Mengikuti Wizard Instalasi

Dibimbing.id - Mengikuti Wizard Instalasi

Setelah menjalankan perintah instalasi, Sobat MinDi akan melihat wizard instalasi XAMPP. Ikuti langkah-langkah berikutnya yang ditampilkan di layar. Kamu akan diminta untuk menyetujui persyaratan lisensi, memilih komponen yang akan diinstal (seperti Apache, MySQL, PHP), dan menentukan direktori instalasi.


Menjalankan XAMPP

Setelah instalasi selesai, kamu dapat menjalankan XAMPP dengan menjalankan perintah berikut:


sudo /opt/lampp/lampp start


Perintah di atas akan memulai server Apache, MySQL, dan PHP yang terdapat dalam XAMPP. Jika semuanya berjalan dengan lancar, kamu akan melihat pesan yang menunjukkan bahwa server telah berhasil diaktifkan.


Mengakses Panel Kontrol XAMPP

Untuk mengakses panel kontrol XAMPP, buka browser web dan masukkan alamat " http://localhost " atau " http://127.0.0.1 " di kolom alamat. Sobat MinDi akan diarahkan ke halaman panel kontrol XAMPP, di mana kamu dapat mengelola server web dan database.


Keunggulan Install XAMPP di Linux

Instalasi XAMPP di Linux menjadi pilihan populer bagi web developer yang ingin memiliki lingkungan pengembangan web lokal yang mudah digunakan dan efisien. Hal itu dikarenakan banyaknya keunggulan XAMPP di Linux. Berikut ini beberapa keunggulan tersebut. 

  • Mudah saat melakukan instalasi. XAMPP menyediakan paket terintegrasi yang memasukkan semua komponen yang diperlukan, seperti Apache, MySQL, PHP, dan Perl dalam satu instalasi. Dengan begitu maka proses instalasi dan konfigurasi menjadi lebih mudah karena kamu tidak perlu mengunduh, menginstal, dan mengkonfigurasi setiap komponen secara terpisah.

  • XAMPP memungkinkan pembuatan localhost di komputer Linux milikmu. Dengan memiliki server web lokal, kamu dapat mengembangkan, menguji, dan memodifikasi aplikasi web tanpa perlu terhubung ke internet atau mengunggah ke server jarak jauh sehingga lebih cepat dan efisien.

  • XAMPP kompatibel dengan Linux dan mendukung seluruh sistem operasinya seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan lainnya.

  • Konfigurasi pra-paket siap digunakan (seperti Apache, MySQL, dan PHP) sehingga menghemat waktu mengatur tiap komponen secara manual.

  • Fleksibilitas tinggi sehingga kamu bisa menginstal dan menjalankan berbagai versi PHP yang berbeda secara paralel di lingkungan yang sama. 

  • Sumber daya lengkap sebab XAMPP telah menyertakan berbagai alat tambahan yang berguna bagi pengembang web, seperti phpMyAdmin (untuk mengelola basis data MySQL), FileZilla FTP Server (untuk mentransfer file melalui protokol FTP), dan banyak lagi. 

Semoga artikel di atas bisa membantumu saat akan menginstall XAMPP di Linux, ya. Ingin belajar lebih lanjut soal web development dan seluk beluknya? Inilah saat yang tepat untuk bootcamp online dari Dibimbing.id. 


Melalui program tersebut, kamu bisa belajar dari mentor berpengalaman serta mendapat materi berkualitas seputar web development. Tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu untuk ikut bootcamp online Dibimbing.id di sini, ya! Jangan sampai kehabisan kuota.


Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.