PostgreSQL vs MySQL, Lebih Unggul yang Mana?

Suci Wulandari

•

16 June 2023

•

1404

Image Banner

Database Management System (DBMS) adalah software yang berfungsi untuk membuat, menyimpan, dan mengelola data. DBMS akan menjadi jembatan antara user dan database. Terdapat banyak jenis DBMS, termasuk PostgreSQL dan MySQL. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 


Pertanyaannya, lebih unggul yang mana di antara keduanya? PostgreSQL dan MySQL tentu sama-sama baik, tapi hanya satu yang terbaik. Berikut ini akan dibahas tuntas tentang seluk beluk PostgreSQL vs MySQL serta perbandingan keduanya dari berbagai sisi


Pengertian PostgreSQL

PostgreSQL vs MySQL

Dimbimbing.id - Tentang PostgreSQL 


PostgreSQL adalah salah satu jenis DBMS yang cukup populer selain MySQL dan Oracle. Dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Departement, PostgreSQL memiliki berbagai fitur yang lengkap. Fitur-fitur tersebut mensuport foreign key support, view, subselected, pemeriksaan, transaksi, dan lain-lain. Klaimnya, PostgreSQL merupakan sistem database relasioanal open source paling canggih di dunia. Alasannya yaitu, PostgreSQL mampu menulis data dalam jumlah besar dengan lebih efisien dibandingkan DBMS lain.


Kelebihan PostgreSQL

Berikut ini beberapa kelebihan PostgreSQL.

  • Menangani konkurensi dengan lebih baik. 

  • Sistem stabil dan terpercaya.

  • Mengimplementasikan Multiversion Concurrency Control (MVSS) tanpa kunci baca. 

  • Database objek rasional.


Kekurangan PostgreSQL

Berikut ini beberapa kekurangan PostgreSQL. 

  • Tabel selaku physical database berserakan.

  • Belum mendukung selectable stored procedure seperti firebird.

  • Sistem dibangun dengan kepatuhan standar, ekstensibilitas, dan skalabilitas yang seringkali mengorbankan kecepatan.


Mengenal MySQL


Dimbimbing.id - Mengenal MySQL

MySQL adalah salah satu jenis DBMS yang menggunakan bahasa pemrograman SQL. Berada di bawah lisensi General Public License (GPL), MySQL terintegrasi dengan bahasa PHP. Artinya, kamu bisa membuat database memakai sintak PHP. Berbagai fitur yang didukung oleh MySQL di antaranya seperti fitur SQL database-DBMS, multi threaded, dan multi user. 


Kelebihan MySQL

Berikut ini beberapa kelebihan dari MySQL.

  • Bisa dijalankan dengan sistem Windows, Linux, atau Mac OS. 

  • Kecepatan sistem dalam membaca data cukup baik dan stabil.

  • Manajemen user lebih baik. 

  • Keamanan terjamin.

  • Sistem bersifat open source.

  • Bisa digunakan pada perangkat yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi. 


Kekurangan MySQL

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari MySQL.

  • Kurang cocok untuk mengurusi data yang besar.

  • Tidak terintegrasi dengan beberapa bahasa pemrograman seperti VB, Delphi, foxpro.


Perbandingan PostgreSQL vs MySQL


Dimbimbing.id - Perbandingan PostgreSQL dengan MySQL


Ternyata masing-masing sistem database memiliki kelebihan dan kekurangannya, ya! Sobat MinDi pasti jadi makin bingung untuk menentukan manajemen sistem data mana yang lebih baik. Oleh karena itu, MinDi coba membantu dengan membuat perbandingan lebih lanjut antara PostgreSQL vs MySQL.


Jumlah Pengguna

Pertama, MinDi akan membandingkan dari jumlah penggunanya. Pengguna MySQL ada sekitar 3 juta, tetapi pengguna PostgreSQL tidak diketahui sebab belum ada datanya. Pengguna MySQL ini termasuk sangat banyak sebab sebagian besar situs web memakainya. Meski begitu, diperkirakan jumlah pengguna PostgreSQL tidak terlalu kalah banyak dengan MySQL. PostgreSQL menjadi aplikasi default di distro-distro Linux, yang artinya penggunaannya pun cukup populer. 

Keamanan

Selanjutnya, membandingkan segi keamanan PostgreSQL dan MySQL. Tentu saja, keduanya termasuk aman untuk digunakan. Akan tetapi, MySQL dianggap lebih unggul dari segi keamanannya karena sistem perizinan akses database pada MySQL lebih mendetail dibandingkan dengan PostgreSQL.

Instalasi Default dan Ekstensibilitas

Pada perbandingan ketiga, PostgreSQL ternyata lebih mumpuni. Untuk urusan instalasi default, MySQL memiliki beberapa pengaturan yang aneh dan menyulitkan. Sementara pada PostgreSQL bekerja dengan baik. Selain itu, MySQL memiliki beberapa masalah lisensi terkait dengan akuisisi Oracle AB MySQL pada 2010. 

Kinerja Database

Perbandingan dari segi kinerja database juga perlu dipertimbangkan. MySQL telah dikenal sebagai database cepat meski pada beban kerja yang berat. Sementara PostgreSQL ternyata juga bisa melakukan hal yang sama. Bahkan PostgreSQL menjadi database relasional open source paling canggih di dunia.


Mana yang lebih unggul: PostgreSQL vs MySQL?

Kini tiba saatnya untuk menyimpulkan. Mana yang lebih unggul antara PostgreSQL dengan MySQL? Jika dirangkum, MySQL memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan PostgreSQL. Selain itu, pamor PostgreSQL di kalangan umum juga belum terlalu tinggi seperti MySQL. Akan tetapi, saat akan memilih database, Sobat MinDi juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan sistemnya. MySQL memang lebih unggul tetapi kamu tetap bisa menggunakan PostgreSQL jika dirasa database tersebut lebih cocok dengan untukmu.



Ingin tahu lebih banyak seputar dunia pemrograman? Yuk, belajar bersama dengan mengikuti Bootcamp Web Development by dibimbing.id. Dijamin seru, materinya lengkap, dan dibimbing oleh mentor berpengalaman. Kamu akan belajar berbagai hal terkait dengan web development secara intensif selama 4,5 bulan. Agar tidak kehabisan kuota, pastikan untuk segera mendaftarkan diri di sini, ya!

Share

Author Image

Suci Wulandari

Kolektor kartu pos, mantan pustakawan, dan penulis yang bisa menulis apa saja kecuali skenario kehidupannya sendiri.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!