Buyer Persona: Simak Penjelasan, Manfaat & Cara Membuatnya!

Muthiatur Rohmah

20 April 2024

354

Image Banner

Dalam konteks digital marketing, mengidentifikasi kebutuhan konsumen merupakan hal yang penting. Lantas bagaimana caranya? salah satunya adalah dengan menciptakan buyer persona.


Buyer persona adalah gambaran berupa profil fiktif yang menjelaskan target pelanggan yang tepat berdasarkan riset yang mendalam.


Buyer persona membantu mengidentifikasi kebutuhan konsumen melalui riset untuk menemukan target pasar yang jelas dan ideal. Hal ini akan menentukan kelangsungan bisnis Anda!


Penasaran lebih lanjut mengenai apa itu buyer persona? Yuk simak pada artikel ini, beserta manfaat dan cara membuatnya!



Apa itu Buyer Persona?



Source: Visme.com


Buyer persona adalah representasi fiktif dari konsumen ideal yang dibuat berdasarkan data nyata dan beberapa asumsi terdidik tentang demografi, perilaku, motivasi, dan tujuan pelanggan. 


Buyer persona dapat membantu bisnis memahami dan merinci siapa target pasar secara lebih personal dan spesifik. 


Dengan menggunakan buyer persona, perusahaan dapat merancang strategi pemasaran, penjualan, dan produk yang lebih terfokus dan relevan, untuk  meningkatkan efektivitas komunikasi dengan audiens target. 


Membuat buyer persona melibatkan pengumpulan informasi mendetail melalui riset pasar, survei, wawancara dengan pelanggan, dan analisis data penjualan, yang kemudian digunakan untuk membentuk profil pelanggan yang kohesif.



Hal yang Perlu dianalisis dalam Buyer Persona




Sebelum membuat buyer persona yang efektif, ada beberapa aspek penting  yang harus dianalisis untuk memastikan bahwa buyer persona tersebut mencerminkan pelanggan idea. 


Apa saja tiga hal tersebut? Berikut adalah 3 hal yang perlu dianalisis sebelum membuat buyer personal agar strategi pemasaran dan pengembangan produk yang lebih terfokus dan efektif.


1. Data Pelanggan


Informasi seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pendapatan memberikan gambaran dasar tentang siapa pelanggan. Demografi membantu menentukan segmen pasar yang dilayani dan bagaimana menyesuaikan marketing perusahaan untuk menarik kelompok tersebut.


Lokasi pelanggan juga bisa mempengaruhi kebiasaan dan preferensi belanja mereka. Misalnya, pelanggan di area perkotaan mungkin memiliki akses dan preferensi yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang berada di daerah pedesaan. 


Pemahaman ini penting untuk penargetan geografis dalam kampanye pemasaran perusahaan.


Data pelanggan tersebut juga termasuk nilai, sikap, minat, dan gaya hidup. Analisis psikografis membantu memahami apa yang memotivasi pembelian pelanggan dan bagaimana produk atau layanan cocok dalam kehidupan sehari-hari.



2. Tingkah Laku Pembelian


Buyer persona harus memahami bagaimana pelanggan biasanya menemukan dan membeli produk serupa. berikut adalah beberapa aspek pertanyaan yang harus dijawab dalam pembuatan buyer persona.


  • Apakah mereka melakukan penelitian online terlebih dahulu? 

  • Apakah ulasan pelanggan memainkan peran penting?

Memahami siklus pembelian ini membantu dalam menyusun konten dan pesan pemasaran yang tepat waktu.


  •  Siapa yang berperan dalam proses pengambilan keputusan? 

Dalam beberapa kasus, terutama untuk produk atau layanan B2B, mungkin lebih dari satu orang yang terlibat. Mengetahui semua stakeholder dan faktor apa yang mereka pertimbangkan dalam keputusan membantu menyesuaikan pendekatan penjualan.


  • Bagaimana pelanggan menggunakan produk atau layanan perusahaan, dan apa manfaat utama yang mereka cari? 


Ini membantu dalam menonjolkan fitur atau manfaat yang paling relevan dalam komunikasi pemasaran perusahaan.



3. Kebiasaan Berbelanja


Apakah pelanggan lebih suka berbelanja online atau di toko fisik? Kanal mana yang mereka gunakan untuk penelitian sebelum melakukan pembelian? Memahami preferensi ini memungkinkan Anda untuk lebih efektif dalam menempatkan produk dan promosi perusahaan.

  

Apa yang mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian? Apakah itu harga, kualitas, ulasan, rekomendasi, atau faktor lainnya? Mengetahui apa yang mendorong keputusan mereka membantu dalam menyusun penawaran dan pesan yang menarik.


Berapa sering pelanggan membeli produk atau layanan seperti milik perusahaan? Memahami pola pembelian ini membantu dalam merencanakan kampanye pemasaran dan promosi untuk meningkatkan retensi pelanggan.


Baca Juga: Yuk Pelajari Apa Saja Tugas Influencer Marketing




Cara Mengumpulkan Data Pelanggan Melalui Interview




Untuk membuat buyer persona yang efektif, kita perlu mengumpulkan data pelanggan yang lengkap dan informatif, lantas bagaimana caranya?


Mengumpulkan data pelanggan melalui interview untuk kepentingan buyer persona melibatkan beberapa langkah strategis sebagai berikut:

1. Persiapan


Tentukan tujuan wawancara dan jenis informasi yang ingin Anda kumpulkan, misalnya demografi, preferensi pembelian, atau perilaku penggunaan produk.


2. Menyususun Pertanyaan

Buat pertanyaan yang terstruktur untuk mendapatkan informasi spesifik yang relevan dengan persona pembeli Anda. Pertanyaan harus terbuka untuk mengundang diskusi yang lebih mendalam.


4. Pelaksanaan Interview



Setelah wawancara, analisis respons untuk mengidentifikasi pola atau tren yang dapat membantu dalam pembuatan buyer persona.



4. Analisis Data



Setelah wawancara, analisis respons untuk mengidentifikasi pola atau tren yang dapat membantu dalam pembuatan buyer persona.


5. Pembuatan Buyer Persona



Gunakan data yang dikumpulkan untuk membuat profil buyer persona yang mencerminkan karakteristik dan kebutuhan pelanggan Anda. Metode ini membantu dalam memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan secara lebih mendalam, yang akan meningkatkan efektivitas strategi pemasaran Anda.



Cara Membuat Buyer Persona



Setelah memahami secara detail tentang buyer persona, berikut akan MinDi jelaskan tentang cara membuat buyer persona yang efektif.


Membuat buyer persona membutuhkan pengumpulan serta analisis data yang komprehensif. Berikut ini adalah langkah-langkah utama dalam proses pembuatan buyer persona:



1. Kumpulkan Data Audiens Anda


Langkah awal membuat buyer persona dapat dimulai dengan mengumpulkan data yang tersedia tentang pelanggan potensial. 


Data tersebut bisa termasuk data dari website analytics, database pelanggan, media sosial, dan feedback pelanggan. Fokus pada data demografis, geografis, psikografis, dan perilaku pembelian.



2. Lakukan Riset Pasar


Riset pasar dapat meliputi survei, wawancara, dan focus group dengan pelanggan Anda atau target pasar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan insight mendalam tentang kebutuhan, keinginan, tantangan, dan motivasi pembelian mereka.



3. Identifikasi Pola dan Tren


Analisis data sebelumnya dikumpulkan untuk mengidentifikasi pola atau tren umum. 


Kemudian cari tahu kesamaan dalam demografi, kebutuhan, preferensi, dan tantangan pelanggan. Hal ini akan membantu mengelompokkan informasi tersebut ke dalam beberapa persona yang mewakili segmen audiens utama.



4. Buat Draft


Berdasarkan analisis yang telah dibuat, ciptakan  draft buyer persona untuk setiap segmen audiens yang unik. 


Buyer personal harus mencakup nama fiktif, pekerjaan, latar belakang, informasi demografis, kebutuhan, tantangan, serta tujuan dan motivasi mereka. 


Jangan lupa untuk mencakup bagaimana produk atau layanan bisa memenuhi kebutuhan konsumen atau mengatasi tantangan yang mereka hadapi.



5. Tambahkan Detail dan Personalisasi


Buatlah buyer persona se-detail mungkin dengan menambahkan citraan personal seperti hobi, kebiasaan media, dan kutipan fiktif yang bisa merepresentasikan pemikiran atau perasaan mereka. 


Semakin detail buyer persona, semakin mudah bagi tim marketing untuk memvisualisasikan dan memahami target audiens.



6. Implementasi


Gunakan buyer persona yang telah dibuat sebagai acuan dalam strategi pemasaran, pengembangan produk, penjualan, dan layanan pelanggan. 


Pastikan seluruh tim memahami dan menggunakan persona tersebut sebagai panduan dalam membuat keputusan yang terkait dengan pengembangan dan pemasaran produk atau layanan.



Manfaat Buyer Persona




Seberapa penting buyer persona untuk pemasaran produk atau layanan? temukan jawabannya pada beberapa manfaat buyer persona berikut ini,


1. Targeting yang Lebih Akurat


Buyer persona membantu memahami pelanggan ideal, sehingga perusahaan dapat menargetkan iklan dan konten pemasaran dengan lebih efektif, mengurangi pemborosan sumber daya pada audiens yang kurang relevan.



2. Komunikasi yang Lebih Personal


Dengan Buyer persona, perusahaan dapat  menyesuaikan pesan dengan kebutuhan, tantangan, dan minat khusus pelanggan, meningkatkan engagement dan resonansi dengan audiens.



3. Peningkatan Konversi


Buyer persona membantu menerapkan strategi pemasaran dan penjualan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan ideal.


Hal tersebut akan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi, karena menawarkan solusi yang tepat untuk masalah mereka.



4. Pengembangan Produk


Buyer persona membantu memahami kebutuhan dan tantangan pelanggan sehingga mengarahkan pengembangan atau peningkatan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan permintaan pasar.



5. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik


Buyer persona menyediakan konten, produk, dan layanan yang relevan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga  meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, yang penting untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang.


Secara keseluruhan, buyer persona adalah alat strategis yang membantu bisnis mengenal audiens mereka dengan lebih baik, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif dalam pemasaran, penjualan, dan pengembangan produk.



Contoh Buyer Persona



Agar Sobat MinDi, memiliki pemahaman yang lebih detail tentang buyer persona, Yuk simak contoh buyer persona berikut ini.


Buyer Persona: Jessica Hartono terhadap sebuah perusahaan pelatihan atau kursus online.


Background:

  • Umur: 28 tahun

  • Pekerjaan: Manajer Pemasaran di sebuah startup teknologi

  • Pendidikan: Sarjana Komunikasi

  • Status Sosial: Single


Demografi:

  • Jenis Kelamin: Perempuan

  • Pendapatan: Rp15 juta per bulan

  • Lokasi: Jakarta, Indonesia

  • Gaya Hidup: Aktif di media sosial, gemar traveling, dan memiliki ketertarikan tinggi pada perkembangan teknologi terkini


Keunikan:

  • Jessica merupakan pekerja keras dan sangat berambisi dalam karirnya. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja, namun juga mengutamakan keseimbangan hidup dengan melakukan kegiatan yang dia sukai di akhir pekan.

  • Sebagai manajer pemasaran, dia selalu mencari cara baru dan inovatif untuk meningkatkan strategi pemasaran di perusahaannya.


Tujuan

  • Meningkatkan skill dan pengetahuannya dalam digital marketing untuk mendukung karirnya.

  • Menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi.

  • Memperluas jaringan profesional dan sosial.


Tantangan

  • Menemukan waktu untuk mengikuti kursus atau pelatihan tambahan di tengah kesibukan pekerjaannya.

  • Menjaga kesehatan mental dan fisik karena kesibukan dan tekanan di pekerjaan.


Bagaimana Produk Perusahaan Dapat Membantu?

  • Kursus online kami di bidang digital marketing menawarkan fleksibilitas waktu belajar yang bisa disesuaikan dengan jadwal Jessica yang padat.

  • Komunitas online kami memberikan kesempatan untuk networking dan belajar bersama dengan profesional lain di bidang pemasaran.

  • Aplikasi kesehatan dan kebugaran kami bisa membantu Jessica menjaga kesehatan fisik dan mental, dengan program latihan yang bisa dilakukan di rumah atau di mana saja.


Kanal Komunikasi

  • LinkedIn untuk konten profesional dan networking.

  • Instagram untuk inspirasi gaya hidup seimbang dan tips kesehatan.

  • Email untuk update kursus dan artikel bermanfaat di bidang pemasaran dan self-improvement.


Pesan Marketing

  • "Tingkatkan skill digital marketing-mu kapan saja, di mana saja, dengan kursus online kami yang fleksibel."

  • "Jaga keseimbangan hidupmu dengan tips dan trik kesehatan mental serta fisik dari komunitas kami."

  • "Perluas jaringanmu dan temukan inspirasi baru dengan bergabung dalam komunitas profesional kami."


Jessica Hartono merepresentasikan buyer persona yang sangat berpotensi bagi produk atau jasa yang fokus pada pengembangan profesional, keseimbangan hidup, dan kesehatan. 


Dengan menggunakan informasi buyer persona ini, perusahaan dapat merancang dan menyampaikan pesan pemasaran yang resonan dengan kebutuhan dan keinginan Jessica.



Baca Juga: 3 Cara Menemukan Buyer Persona untuk Product Manager


Ingin mempelajari lebih lanjut tentang buyer persona? tertarik untuk berkarir di dunia social media marketing?


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif yang didampingi para mentor berkualitas dan berpengalaman. Dengan pembelajaran inovatif, bootcamp dibimbing.id siap untuk mewujudkan impianmu sebagai social media marketing yang hebat.


Tunggu apalagi? Segera daftar sekarang juga di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id memiliki layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu!



FAQ Buyer Persona



Mengapa Buyer Persona penting?


Buyer persona membantu bisnis memahami dan merancang strategi pemasaran yang lebih fokus dan efektif dengan menyasar kebutuhan, keinginan, dan kebiasaan pelanggan target mereka.


Berapa banyak Buyer Persona yang saya perlukan?


Jumlah ideal buyer persona berbeda untuk setiap bisnis, tetapi biasanya berkisar antara tiga sampai lima untuk mewakili segmen pasar utama Anda.


Bagaimana cara menggunakan Buyer Persona?


Gunakan buyer persona untuk mengarahkan pengembangan produk, strategi konten, pendekatan pemasaran, dan layanan pelanggan untuk lebih menyasar kebutuhan spesifik dan preferensi pelanggan Anda. 


Buyer persona adalah alat yang sangat efektif dalam strategi pemasaran dan pengembangan produk, memungkinkan perusahaan untuk lebih baik menyambut dan memenuhi kebutuhan pasar sasaran perusahaan.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang buyer persona? tertarik untuk berkarir di dunia social media marketing?


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif yang didampingi para mentor berkualitas dan berpengalaman. Dengan pembelajaran inovatif, bootcamp dibimbing.id siap untuk mewujudkan impianmu sebagai social media marketing yang hebat.


Tunggu apalagi? Segera daftar sekarang juga di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id memiliki layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu!

Reference:







Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

dibimbing

PT. Dibimbing Digital Indonesia

Plaza CityView Lantai 2
Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Subscribe Email

Get the best new products in your inbox, every day. Get the latest content first.

Copyright © 2024. PT Dibimbing Digital Indonesia. All Rights Reserved