dibimbing.id - Apa itu HRBP? Definisi, Peran, Gaji & Skill yang Dibutuhkan

Apa itu HRBP? Definisi, Peran, Gaji & Skill yang Dibutuhkan

Muthiatur Rohmah

•

02 May 2024

•

376

Image Banner

Departemen Human Resources sebuah perusahaan, memiliki beberapa bagian atau unit yang memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda-beda. Salah satu bagian dari HR adalah HRBP atau Human Resources Business Partner.


Sobat MinDi berminat bekerja di bagian Human Resources perusahaan? Kamu harus tau lebih dalam tentang apa itu HRBP.


HRBP adalah salah satu profesi Human Resources yang bekerja sebagai mitra bisnis dan konsultan bagi manajemen puncak perusahaan. HRBP merupakan penghubung antara unit kerja dengan manajemen SDM perusahaan.


Lantas bagaimana peran dan fungsi HRBP dalam perusahaan? Berapa nominal gaji mereka? Apa saja skill yang dibutuhkan seorang HRBP?


Yuk ketahui jawaban lengkapnya hanya di artikel ini.



Apa itu HRBP?



HRBP atau Human Resources Business Partner, adalah seseorang yang berperan dalam manajemen sumber daya manusia yang bertujuan untuk mengintegrasikan kebijakan dan praktik SDM dengan tujuan bisnis suatu perusahaan. 


Seorang HRBP bekerja secara langsung dengan divisi-divisi dalam perusahaan untuk membantu mencapai tujuan strategis melalui pengelolaan efektif terhadap tenaga kerja. 


Tugas utama seorang HRBP meliputi pengembangan strategi untuk rekrutmen, pengembangan, dan retensi karyawan, serta memastikan bahwa praktik-praktik SDM mendukung tujuan keseluruhan dari perusahaan. 


Peran HRBP  membutuhkan pemahaman mendalam tentang bisnis dan keahlian dalam berbagai aspek SDM. Human Resources Business Partner merupakan jembatan penting antara SDM dan operasi bisnis perusahaan.



Apa Saja Peran HRBP dalam Perusahaan?




Sebagai mitra kerja manajemen SDM bagi perusahaan, apa saja sih peran Human Resources Business Partner?


HRBP berperan penting dalam menghubungkan fungsi SDM dengan strategi bisnis perusahaan. Yuk simak peran utama HRBP dalam perusahaan.



1. Konsultan


Human Resources Business Partner berperan sebagai konsultan dan penasehat strategis bagi manajemen senior. 


HRBP membantu mengidentifikasi kebutuhan SDM yang diperlukan untuk mendukung strategi bisnis perusahaan, menyusun strategi pengembangan talenta, dan memberikan wawasan tentang keputusan SDM dapat mempengaruhi pencapaian tujuan bisnis.



2. Penghubung antar Departemen


HRBP berfungsi sebagai penghubung antara departemen SDM dan unit bisnis lainnya dalam perusahaan. 


Seorang HRBP memastikan bahwa kebijakan dan praktik SDM diimplementasikan perusahaan dan sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap departemen.



3. Mengelola Perubahan


HRBP berperan dalam perencanaan dan implementasi perubahan perusahaan, HRBP bekerja untuk memastikan bahwa perubahan tersebut dapat mendukung karyawan dan dan tidak mengganggu operasional perusahaan.


HRBP juga berperan penting dalam membantu karyawan menyesuaikan diri dengan perubahan dalam perusahaan.



4. Mengembangkan Kepemimpinan dan Talenta


HRBP bertanggung jawab untuk mengembangkan kepemimpinan dan inisiatif pengembangan talenta. 


HRBP akan mengidentifikasi potensi kepemimpinan karyawan, menyusun program pelatihan dan pengembangan, serta membantu mengelola karier karyawan untuk memastikan perusahaan memiliki talenta yang kuat.



5. Pelaksana Kebijakan SDM


HRBP memastikan bahwa semua kebijakan dan prosedur SDM dijalankan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 


HRBP akan membantu dalam merumuskan kebijakan SDM yang baru dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan undang-undang kerja yang berlaku.


Beberapa peran HRBP tersebut, bertujuan untuk membantu menyelaraskan kebutuhan SDM dengan tujuan dan strategi perusahaan secara keseluruhan.


Baca Juga: 5 Langkah Super Efektif dalam Proses Pelatihan SDM




Perbedaan HR dan HRBP



Setelah memahami tentang Human Resources Business Partner (HRBP), pasti Sobat MinDi bertanya-tanya, lalu apa bedanya HRBP dengan HR (Human Resources)?


HR (Human Resources) dan HRBP (Human Resources Business Partner) memiliki fokus dan tanggung jawab yang berbeda dalam sebuah perusahaan.


Nah, perbedaan HR dan HRBP akan MinDi kupas tuntas berikut ini.



Human Resources


Seorang Human Resources bertanggung jawab atas berbagai fungsi administratif dan operasional yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia seperti rekrutmen, pelatihan, manajemen manfaat, dan kepatuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan.



Human Resources Business Partner


Sementara itu, HRBP memiliki peran yang lebih spesifik, bekerja secara langsung dengan divisi-divisi dalam perusahaan untuk mengintegrasikan strategi SDM dengan tujuan bisnis. 


HRBP bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan perusahaan melalui inisiatif SDM yang align dengan strategi bisnis.



Berapa Gaji HRBP di Indonesia?



Tertarik bekerja sebagai Human Resources Business Partner? Yuk intin besaran gaji HRBP berikut ini.


Dikutip dari pay scale, pada tahun 2024, gaji rata-rata untuk posisi Human Resources Business Partner (HRBP) di Indonesia mencapai Rp. 9.000.000 perbulannya. 


Namun, range gaji HRBP sangat bervariasi, tergantung pada pengalaman, lokasi geografis, jenis perusahaan hingga spesifikasi pekerjaan tertentu.



Skill yang Dibutuhkan HRBP




Seorang Human Resources Business Partner (HRBP) membutuhkan serangkaian skill yang mendalam untuk mengelola dan mengarahkan SDM yang sejalan dengan strategi bisnis perusahaan.


Apa saja sih skill yang dibutuhkan seorang HRBP? Yuk pelajari selengkapnya di sini!



1. Kemampuan Analitis


HRBP harus cakap dalam mengumpulkan dan menganalisis data terkait kinerja karyawan, tren perekrutan, dan lainnya untuk membuat keputusan yang berdasarkan data. 


Kemampuan analitis penting untuk merumuskan strategi yang efektif dalam mengelola sumber daya manusia yang mendukung tujuan bisnis perusahaan.



2. Kemampuan Komunikasi


Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif sangat diperlukan olah HRBP dalam menyampaikan kebijakan, memberikan umpan balik, serta melakukan negosiasi.


Komunikasi efektif digunakan oleh HRBP untuk mencapai kesepakatan yang mendukung operasional perusahaan.



3. Menyusun Strategi


Seorang HRBP harus dapat menyusun gambaran besar strategi perusahaan dan mengintegrasikan strategi SDM dengan strategi tersebut. 


Strategi ini termasuk merancang dan menerapkan program yang bertujuan meningkatkan keterlibatan karyawan, pengembangan talenta, dan retensi.



4. Kepemimpinan dan Pengaruh


HRBP bertanggung jawab atas proyek-proyek besar, yang mengharuskan mereka  memimpin tim atau departemen. 


Kepemimpinan yang efektif memerlukan kemampuan untuk memotivasi dan menginspirasi tim, serta mempengaruhi keputusan manajemen atas untuk mendukung inisiatif sumber daya manusia.


Dengan memahami dan menguasai skill-skill tersebut, seorang HRBP dapat mengarahkan SDM yang selaras dengan kebutuhan dan tujuan strategis perusahaan.


Baca Juga: 15 Tips Meningkatkan Motivasi Karyawan Terampuh, Yuk Coba!



Memiliki minat di bidang Human Resources Business Partner? Ingin jadi master di bidang HR perusahaan?


Yuk ikuti bootcamp Human Resources dibimbing.id, sebuah bootcamp terbaik dengan pembelajaran inovatif dan intensif. Kuasai tools HRIS dan seluruh aspek Human Resources yang akan diajarkan pada bootcamp ini.


Bootcamp HR dibimbing.id didampingi oleh mentor profesional dan terbaik yang bakal bantu kamu jadi Human Resources sukses.


Belum memiliki pengalaman di bidang human resources sama sekali?

Tenang saja, dibimbing.id siap bimbing kamu mulai dari nol, dengan kurikulum terlengkap, update serta beginner friendly


Sebanyak 94% alumni bootcamp dibimbing.id telah berhasil mendapatkan kerja sesuai bidang mereka. Nah, jangan khawatir nganggur setelah lulus bootcamp ya, dibimbing.id juga menyediakan job connect ke 570+ hiring partner khusus buat Sobat MinDi.


Tunggu apalagi? buruan konsultasi di sini, apapun tujuan karirmu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.


Reference:

  • Average Human Resources (HR) Business Partner Salary in Indonesia - Buka

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!