Blog

/

UI/UX Design

/

Apa itu Figma? Ini Pengertian, Fitur, Fungsi, Cara Kerjanya

Apa itu Figma? Ini Pengertian, Fitur, Fungsi, Cara Kerjanya

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

13 February 2024

27

Image Banner

Figma adalah salah satu platform yang seringkali digunakan dalam desain UI dan UX. Lantas, apa itu Figma? Secara umum, Figma adalah alat desain yang berbasis web dengan fitur yang memungkinkan kolaborasi tim secara real-time.


Selain itu, Figma juga menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam mendesain user interface yang interaktif dan menarik. Untuk mempelajari apa itu Figma hingga kekurangannya, baca artikel ini sampai habis ya!


Apa Itu Figma?


Figma adalah platform desain grafis yang berbasis web. Platform ini dirancang khusus untuk memfasilitasi desain UI/UX


Platform ini beroperasi langsung dari browser. Oleh sebab itu, Figma menawarkan kemudahan akses bagi desainer dan tim developer untuk berkolaborasi secara real-time.


Fitur kolaboratif ini menjadikannya populer di kalangan profesional dan perusahaan yang mengutamakan agilitas dan integrasi tim dalam proses desain. Selain itu, Figma juga mendukung pembuatan kode untuk elemen desain tertentu.


Hal tersebut memudahkan transisi dari desain ke pengembangan. Dengan user interface yang intuitif, Figma memberikan lingkungan desain yang fleksibel dan kuat. Ini bermanfaat untuk ciptakan solusi desain yang inovatif dan responsif.


Fitur-Fitur dalam Figma


Setelah memahami apa itu Figma, berikutnya mari pahami fiturnya. Figma menawarkan berbagai fitur yang mendukung proses desain UI/UX yang efisien dan kolaboratif. Berikut adalah beberapa fiturnya:


  • Kolaborasi Real-Time: Fitur ini memungkinkan tim untuk bekerja bersama dalam satu file secara bersamaan. Ini memudahkan diskusi, feedback, dan iterasi desain dalam satu platform.

  • Prototyping: Ini bermanfaat untuk menguji flow dan interaksi tanpa perlu kode. Hal ini berguna untuk memvalidasi ide desain dengan pengguna atau stakeholder.

  • Auto Layout: Fitur ini memungkinkan desainer untuk membuat komponen yang ukurannya bisa disesuaikan secara otomatis. Ini mempermudah pembuatan UI yang responsif dan menghemat waktu.

  • Components & Variants: Memudahkan pengelolaan dan penerapan elemen desain yang berulang. Variants bermanfaat untuk mengelola berbagai keadaan atau versi dari sebuah komponen dalam satu grup.

  • Sistem Desain: Figma mendukung pembuatan dan pemeliharaan sistem desain. Ini memungkinkan tim untuk memelihara konsistensi visual dan fungsional di seluruh produk dengan mudah.

  • Pen Tool & Vector Networks: Ini memberikan fleksibilitas tinggi dalam membuat bentuk dan ilustrasi vektor.

  • Plugins & Integrasi: Figma memiliki ekosistem plugin yang kaya. Ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas tambahan seperti impor aset, analisis kegunaan, dan lain-lain.

  • Version History: Fitur ini menyimpan revisi file secara otomatis.


Baca Juga: Apa Aja Sih Metode UI/UX dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna? 


Fungsi Figma dalam UI/UX


Sebagai platform desain UI/UX, Figma memiliki peran kunci dalam berbagai aspek pengembangan produk digital. Berikut adalah beberapa fungsinya:


1. Desain dan Prototyping Interaktif


Figma memungkinkan desainer untuk merancang tampilan UI yang menarik serta membuat prototipe dari desain tersebut. Fungsi prototyping ini antara lain:


  • Menguji dan mengevaluasi alur pengguna (user flow), interaksi, dan animasi dalam desain.

  • Memberikan feedback untuk iterasi desain sebelum pengembangan dimulai.

  • Memaksimalkan kualitas pengalaman pengguna.


2. Kolaborasi dan Feedback Waktu Nyata


Dengan fitur kolaborasi real-time, Figma memudahkan komunikasi dan kolaborasi antara anggota tim. Ini mencakup desainer, pengembang, dan stakeholder lainnya.


Pengguna bisa memberikan komentar dan feedback langsung pada desain. Ini akan mempercepat proses iterasi dan memastikan semua orang berada pada satu pemahaman. Dengan begitu, proses desain kolaboratif bisa diperkuat dan efisiensi dapat ditingkatkan.


3. Manajemen Sistem Desain


Figma mendukung pembuatan dan pemeliharaan sistem desain yang konsisten. Ini termasuk kumpulan dari elemen desain yang dapat digunakan kembali seperti warna, tipografi, komponen UI, dan pola desain.


Dengan adanya sistem desain, Figma membantu tim memelihara konsistensi visual dan fungsional di seluruh produk. Ini mempercepat proses desain dan memudahkan skalabilitas produk di masa depan.


4. Integrasi dengan Alat dan Ekosistem Lain


Terakhir adalah untuk integrasi dengan alat dan ekosistem lain. Termasuk alat prototyping lanjutan, alat manajemen proyek, dan sistem kontrol versi.


Selain itu, ekosistem plugin Figma memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas tambahan sesuai kebutuhan. Mulai dari analisis kegunaan hingga otomatisasi alur kerja desain.


Baca Juga: 3 Aplikasi dan Contoh Desain Thinking dalam UI dan UX


Cara Kerja Figma


Figma memiliki cara kerja yang berpusat pada prinsip kolaborasi dan efisiensi dalam desain UI/IX. Berikut adalah gambaran tentang cara kerjanya:


  1. Akses Berbasis Web: Pengguna cukup membuka Figma pada browser dan langsung mulai mendesain atau berkolaborasi dengan tim.

  2. Pembuatan dan Pengeditan Desain: Figma menyediakan berbagai alat seperti vector tools, text, shapes, dan prototyping. Alat tersebut menduking desain responsif dan interaktif yang mempermudah pembuatan prototipe.

  3. Kolaborasi Real-Time: Tim dapat berkolaborasi dalam satu file secara simultan.

  4. Prototyping dan Feedback: Figma memungkinkan pengguna untuk membuat prototipe dari desain mereka. Ini menambahkan interaksi dan transisi untuk menguji alur pengguna.

  5. Manajemen Aset dan Sistem Desain: Figma mendukung pembuatan, pengelolaan, dan penerapan sistem desain yang konsisten melalui fitur seperti components & variants.

  6. Integrasi dan Plugin: Figma menyediakan integrasi dengan alat lain serta akses ke berbagai plugin.


Kelebihan dan Kekurangan Figma


Setelah memahami apa itu Figma hingga cara kerjanya, mari pelajari kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Figma yang utama:


Kelebihan Figma


Beberapa kelebihan Figma yang menjadikannya unggul antara lain adalah:



Kekurangan Figma


Sementara itu, beberapa kekurangan Figma yang perlu dipertimbangakan antara lain:



Itulah penjelasan mengenai apa itu Figma hingga kelebihan dan kekurangannya. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Figma menawarkan lingkungan desain yang kolaboratif dan fleksibel.


Ini sangat ideal untuk membuat desain UI/UX. Selain Figma, ada beberapa tools lain yang bisa kamu gunakan untuk desain UI/UX. Tertarik untuk mempelajarinya?


MinDi rekomendasikanmu untuk ikut Bootcamp UIUX/Product Design. Lewat program ini, kamu bisa belajar UI/UX mulai dari konsep dasar hingga praktik dengan real-case project.


Selain itu, program ini juga cocok banget buat para career-switcher yang baru belajar. Sebab, pembelajarannya dilengkapi dengan silabus beginner-friendly. Pokoknya, kamu bakal dibimbing sampai jadi!


Yuk, segera daftarkan dirimu dan bangun karir yang baru bareng Dibimbing.id!



 Bootcamp UI UX

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

A writer with a passion for linguistics and crafting words into interesting writing. Explore my writing and share your thoughts on it.

Artikel Terkait

Contoh dan Tips Mengoptimalkan CV UI/UX Designer

UI/UX Design

Contoh dan Tips Mengoptimalkan CV UI/UX Designer

Jika kamu seorang calon UI/UX Designer yang ingin membuat CV yang luar biasa dan tak terlupakan, si...

Image Author

Hudita A. R. Lubis

26 August 2023

Contoh Judul Skripsi Tentang UI/UX Paling Inspiratif

UI/UX Design

Contoh Judul Skripsi Tentang UI/UX Paling Inspiratif

Dapatkan inspirasi ide-ide menarik contoh judul skripsi terkait UI/UX yang paling relevan dan terki...

Image Author

Hudita A. R. Lubis

27 August 2023

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

UI/UX Design

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Bingung atau kehabisan ide saat merancang website? Ini dia 9 contoh desain UI website yang bisa kam...

Image Author

Nadia L Kamila

21 October 2023

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

UI/UX Design

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

Tujuan utama dari pembuatan desain interface adalah untuk pengalaman pengguna yang maksimal. Temuka...

Image Author

Nadia L Kamila

13 December 2023

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

UI/UX Design

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

Footer web adalah bagian yang kerap kali dianggap tidak penting, tapi sebenarnya memiliki beragam f...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 February 2024

7 Fitur Figma Paling Utama & Bermanfaat dalam Desain UI/UX

UI/UX Design

7 Fitur Figma Paling Utama & Bermanfaat dalam Desain UI/UX

Fitur Figma memiliki banyak manfaat bagi desainer dalam membuat desain UI hingga prototyping. Simak...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

14 February 2024