dibimbing.id - 5 Alasan Mengapa Infrastruktur Data Center Harus Diperkuat

5 Alasan Mengapa Infrastruktur Data Center Harus Diperkuat

Anisa Fitri Maulida

โ€ข

12 October 2023

โ€ข

367

Image Banner

Mulai dari transaksi, komunikasi, hingga hiburan, data center memegang peran besar dalam mengumpulkan seluruh data yang dimiliki perusahaan. Terlebih lagi pada era digital, keberadaannya semakin tidak bisa dianggap remeh. Tapi, perlu kita pahami bahwa data center tidak bisa berjalan maksimal apabila infrastruktur data center tidak diperkuat. 


Lantas, bagaimana cara memperkuat infrastruktur yang telah dibuat sebelumnya? Lalu apa konsekuensi yang harus ditanggung perusahaan, apabila hal tersebut tidak dilakukan dengan rutin? Melalui artikel ini, Sobat MinDi akan mengetahuinya segera. Simak sampai habis, ya!


Mengapa Data Center Penting Di Era Digital?

Sebelumnya sudah disebutkan, bahwa data center merupakan fasilitas yang memegang peran besar pada era digital. Dengan mengetahui pentingnya data center saat ini, kita dapat lebih memahami mengapa perkuatan infrastruktur data center adalah hal yang mendesak.


Perlu Anda ketahui bahwa saat ini, segala bentuk informasi dikonversi menjadi data dengan format digital. Munculnya teknologi cloud, aplikasi mobile, Internet of Things (IoT), dan teknologi-teknologi lainnya telah menciptakan konsumsi data yang besar. 


Maka, dibutuhkan ruangan besar yang disebut sebagai data center. Inilah alasan selengkapnya:


1.Pusat Penyimpanan dan Pengolahan Data

Sadarkah Anda? Bahwa, setiap klik, transaksi, dan tindakan yang kita lakukan secara online menghasilkan data? Data center bertindak sebagai pusat penyimpanan untuk semua informasi ini, fasilitas ini hadir untuk memastikan bahwa data tersimpan dengan aman dan dapat diakses kapan saja.

  1. Dukungan untuk Bisnis dan Aplikasi

Baik itu perusahaan startup maupun perusahaan besar, banyak organisasi yang bergantung pada infrastruktur data center untuk menjalankan aplikasi dan layanan mereka. Dari platform e-commerce, media sosial, hingga aplikasi perbankan, semuanya memerlukan kinerja data center yang optimal.

  1. Kontinuitas Bisnis

Bencana alam, kerusakan informasi yang menggunakan perangkat tradisional (contoh: kertas) atau serangan siber dapat mengancam operasional bisnis. Data center yang terdiri dari beragam teknologi modern dilengkapi dengan solusi pemulihan bencana untuk memastikan kontinuitas bisnis.


  1. Masyarakat yang Semakin Melek Digital

Kehadiran teknologi di Indonesia semakin hari semakin tumbuh pesat. Dengan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat, kebutuhan akan infrastruktur data center yang handal menjadi krusial untuk mendukung aktivitas online masyarakat setiap harinya dan juga untuk menampung data yang ada.

  1. Demografi Usia Penduduk Indonesia

Dengan mayoritas penduduknya yang berusia muda, Indonesia memiliki potensi besar dalam penggunaan teknologi. Generasi muda bisa dikatakan aktif dalam kegiatan digital, sehingga menuntut ketersediaan data center yang efisien.

  1. Pembangunan Infrastruktur Digital

Pemerintah Indonesia telah menargetkan pembangunan infrastruktur digital sebagai salah satu prioritas di beberapa daerah. Program tersebut berhasil melibatkan pembangunan jaringan internet, layanan cloud, dan infrastruktur data center lainnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kegiatan digital lainnya.


Setelah membaca seluruh alasan yang telah disebutkan, kita perlu sadar bahwa pada era digital ini, data center memang memiliki peran yang luar biasa penting. Tidak hanya bagi perusahaan besar atau instansi pemerintah, tapi juga bagi individu yang kesehariannya bergantung pada teknologi digital.


Namun, apa yang terjadi jika infrastruktur data center tidak mendapatkan perhatian dan pemeliharaan yang tepat?





Akibat Bila Tidak Memperkuat Infrastruktur Data Center


infrastruktur data center



Sama seperti gadget yang Anda gunakan saat ini, data center merupakan ruangan penuh akan barang elektronik yang perlu diawasi dan dilakukan penguatan atau upgrade. Lantas, apa yang akan terjadi bila infrastruktur data center tidak diperkuat?


1.Kerusakan Reputasi dan Kehilangan Kepercayaan Pelanggan

Kehandalan adalah kata kunci dalam dunia data center. Gangguan layanan dapat menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan, bahkan jika hanya sebentar saja. 


Sebab, jika pelanggan tidak dapat mengandalkan layanan yang mereka gunakan, akan ada kemungkinan mereka beralih ke kompetitor atau solusi lain. 

  1. Kehilangan Data

Jika infrastruktur tidak diperkuat atau di update, maka data center akan menjadi rentan terhadap berbagai risiko, mulai dari kerusakan perangkat keras hingga serangan siber. 


Tentunya kerusakan tersebut bisa menghasilkan hal yang buruk, salah satunya kehilangan data yang berakibat fatal bagi bisnis dan pelanggannya, terutama jika data tersebut bersifat sensitif atau krusial. Contoh, informasi pribadi pengguna.

  1. Ancaman Serangan Siber

Tanpa penguatan keamanan yang tepat, infrastruktur data center bisa menjadi sasaran empuk bagi Hacker. Serangan seperti Ransomware atau DDoS dapat menghentikan sistem data center dan memaksa perusahaan untuk membayar tebusan atau menanggung biaya pemulihan. 


Tentunya kasus seperti ini, pernah Anda lihat di film-film sebelumnya, โ€˜kan? Siapa sangka, bahwa adegan tersebut ternyata bisa terjadi bila tidak hati-hati.

  1. Peningkatan Biaya

Infrastruktur yang tua atau yang tidak terawat dengan baik cenderung kurang efisien dari sisi energi. Hal tersebut dapat meningkatkan biaya operasional data center. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk pemulihan setelah terjadinya insiden atau kegagalan sistem seringkali jauh lebih besar dibandingkan dengan pencegahan.

  1. Kesulitan Dalam Inovasi

Sudah tidak dapat dipungkiri, bahwa teknologi sampai hari ini masih berkembang menciptakan inovasi yang tak terbayangkan. 


Untuk tetap bersaing, perusahaan harus ikut berinovasi dan tidak lupa untuk memiliki teknologi terbaru. Infrastruktur data center yang sudah berumur dan tidak di update, bisa menjadi hambatan dalam melancarkan strategi untuk membentuk inovasi tersebut. 


Sobat MinDi, memperkuat infrastruktur data center bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan. Dengan ancaman yang terus berkembang dan tuntutan yang meningkat, investasi dalam penguatan dan pemeliharaan infrastruktur ini akan menghasilkan Return on Investment (ROI) yang signifikan dalam jangka panjang, baik dari sisi keuangan, operasional, maupun reputasi. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk memperkuat infrastrukturnya?





Cara Memperkuat Infrastruktur Data Center

Memperkuat data center melibatkan serangkaian strategi baik dari sisi teknis maupun non-teknis. Berikut adalah beberapa cara untuk memperkuat infrastruktur data center, untuk meningkatkan kehandalan, keamanan, dan efisiensi operasionalnya: 

  1. Peningkatan Keamanan Siber

Serangan siber merupakan ancaman yang sangat membahayakan. Sebab, gerak-gerik yang dilakukan penjahat terkadang tidak bisa terdeteksi secara langsung. Tetapi, ancaman tersebut tidak akan terjadi bila Anda memiliki sistem keamanan yang kuat.


Maka dari itu, cobalah untuk memasang beberapa sistem keamanan khusus seperti firewall yang berfungsi untuk melindungi sistem dari DDoS dan Malware,  Deteksi dan Respon Intrusi (IDS/IPS) untuk memantau dan bereaksi terhadap ancaman yang tidak biasa atau aktivitas mencurigakan, serta Enkripsi yang berfungsi untuk melindungi data saat disimpan atau saat transit melalui jaringan.

  1. Peningkatan Keamanan Fisik

Ancaman kehilangan data tidak hanya didapatkan dari Serangan Siber saja, melainkan pada Serangan Fisik. Maksudnya, jangan sampai ruangan data center milik Anda dimasuki oleh orang yang tidak dikenal atau bahkan terdeteksi aktivitas yang tidak umum saat lengah.


Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa memasang alat keamanan seperti Kamera CCTV, Akses Biometrik menggunakan sidik jari atau pengenalan wajah, serta sistem darurat bencana bila terjadi bencana seperti kebakaran, gempa, dan lainnya.

  1. Penambahan Infrastruktur

Data adalah aset yang bisa bertambah kapan saja. Maka dari itu, Anda wajib menyiapkan dana untuk penambahan infrastruktur seperti kapasitas penyimpanan tambahan.


Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sumber daya listrik maupun jaringan cadangan dengan menambahkan genset dan menambah WiFi.

  1. Pemeriksaan Berkala

Ajak Departemen IT Anda untuk melakukan pemeriksaan berkala. Bahkan, masukan aktivitas tersebut ke dalam SOP. Supaya, Departemen IT maupun perusahaan bisa mengetahui aktivitas yang terjadi selama ini dan komponen mana yang sekiranya mengalami kerusakan.


Namun, perlu diingat bahwa Anda memerlukan karyawan yang terampil dan pernah mengenal, maupun menangani data center sebelumnya. Bila Anda belum menemukannya atau berniat ingin belajar data center bersama rekan kerja, Anda bisa mengikuti kelas khusus seperti Corporate Training dari dibimbing.id.


Pelajari data center mulai dari dasar, bersama mentor yang telah berpengalaman lebih dari tiga tahun. Anda juga bisa membuat jadwal kelas sendiri, sehingga agenda pembelajaran tidak mengganggu jadwal kerja. 


  1. Menggunakan Teknologi Terbaru

Sama seperti gadget, beberapa perangkat yang ada di dalam data center juga perlu di upgrade agar bisa menerima teknologi baru yang tentunya lebih canggih. 


Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Murah Untuk Programmer - dibimbing.id


Dalam era digital yang serba canggih ini, keandalan dan kekuatan infrastruktur data center menjadi penentu utama suksesnya berbagai aktivitas bisnis dan layanan. Dari keamanan siber hingga infrastruktur fisik, setiap aspek dari data center memerlukan perhatian khusus dan pemeliharaan yang berkelanjutan. 


Melalui penguatan yang komprehensif, Anda bisa memastikan bahwa data center tidak hanya dapat menyimpan dan mengolah data dengan efisien, tetapi juga melindungi informasi penting dari berbagai ancaman potensial.


Perlu digaris bawahi bahwa proses penguatan infrastruktur akan menjadi kurang maksimal, bila tidak didampingi oleh ahlinya. Maka dari itu, wajib bagi Anda dan karyawan untuk mengenal data center terlebih dahulu. Salah satu cara yang bisa dilakukan, adalah mengikuti kelas Corporate Training. 


Dengan kelas bersertifikat internasional ini, Anda bisa memanfaatkan momen untuk mengenal data center lebih jauh. Bahkan, bisa berkonsultasi dengan mentor mengenai cara memperkuat keamanan dan kecanggihan data center. Tunggu apa lagi? Gabung kelasnya sekarang! 



Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!๐Ÿ‘‹

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!