dibimbing.id - Tips Live Tiktok Banyak yang Nonton: Strategi Tingkatkan Engagement

Tips Live Tiktok Banyak yang Nonton: Strategi Tingkatkan Engagement

Muthiatur Rohmah

•

25 March 2024

•

650

Image Banner

Dalam dunia social media marketing, TikTok adalah salah satu platform yang ampuh untuk meningkatkan engagement audiens.


TikTok adalah aplikasi video pendek dan live streaming yang banyak penggunanya, di Indonesia aplikasi ini sedang populer lho!


Salah satu cara agar akun TikTok kamu viral dan dijangkau banyak audiens adalah dengan menggunakan layanan Live TikTok.


Live di TikTok merupakan salah satu strategi ampuh untuk menjangkau banyak audiens dan meningkatkan engagement akun kamu. Lantas bagaimana cara live di TikTok banyak penonton?


Yuk pahami tips dan triknya pada artikel ini.



Keuntungan Live di TikTok



Melakukan Live streaming di TikTok memiliki banyak keuntungan bagi pengguna, terutama bagi mereka yang ingin memperluas jangkauan dan interaksi dengan audiens. 


Dengan Live di TikTok, pengguna dapat berkomunikasi langsung dan interaktif dengan pengikut, membangun hubungan personal. Hal ini menciptakan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik secara real-time, memahami preferensi audiens, dan menyesuaikan konten sesuai kebutuhan. 


Live di TikTok dapat menjadi sarana efektif untuk promosi, sehingga content creator atau brand dapat memperkenalkan produk, layanan, atau event secara langsung kepada pengikut. 


Dengan fitur Live di TikTok, pengguna dapat memperoleh pendapatan atau uang melalui fitur "gifts" dimana pengikut dapat memberikan hadiah virtual yang dapat ditukar dengan uang. 


Live streaming Tiktok dapat meningkatkan visibilitas content creator di platform, menarik pengikut baru dan meningkatkan kesadaran terhadap merek atau personal brand.



Syarat Live TikTok


Source: bisnika.hops.id


Gimana nih? Sobat MinDi tertarik Live di TikTok untuk meningkatkan engagement akun? Eitss, sebelum itu yuk pahami dulu syarat Live TikTok berikut ini.


Untuk melakukan Live TikTok, pengguna harus memenuhi beberapa syarat tertentu yang ditetapkan oleh platform TikTok. 


Berikut ini adalah syarat live streaming di TikTok


1. Usia Minimum


Pengguna TikTok harus berusia minimal 16 tahun untuk melakukan live streaming. Kebijakan untuk memastikan bahwa konten live sesuai dan aman untuk audiens TikTok. 


Untuk pengguna yang ingin menggunakan fitur monetisasi, seperti menerima hadiah virtual dari pengikut, usia minimalnya adalah 18 tahun.



2. Jumlah Pengikut


Untuk melakukan Live di TikTok, platform ini mensyaratkan penggunanya harus memiliki minimal 1.000 pengikut untuk dapat melakukan live streaming.



3. Patuh Terhadap Kebijakan Komunitas


Jika Sobat MinDi ingin live di TikTok, kamu harus mematuhi Kebijakan Komunitas dan Ketentuan Layanan TikTok. 


Hal ini termasuk menghindari konten yang melanggar hak cipta, mengandung ujaran kebencian, kekerasan, konten dewasa, atau aktivitas ilegal lainnya. 


Patuh terhadap aturan ini penting untuk menjaga lingkungan yang aman dan positif di TikTok.



Kebijakan Live di TikTok



Saat melakukan live streaming TikTok, pengguna harus mematuhi beberapa kebijakan komunitas TikTok agar live berjalan secara aman dan nyaman.


Berikut adalah beberapa kebijakan komunitas saat Live TikTok:


Berikut beberapa kebijakan live TikTok:


  • Dilarang menyebarkan konten yang mengandung ujaran kebencian, kekerasan, atau pornografi.

  • Dilarang melakukan aktivitas yang melanggar hukum atau mendorong perilaku berbahaya.

  • Dilarang menggunakan musik atau konten yang melanggar hak cipta dalam siaran live.

  • Gunakan bahasa yang sopan dan menghormati sesama pengguna.

  • Dilarang Live Streaming konten yang mengancam keamanan.

  • Dilarang Live Streaming konten eksploitasi anak.

  • Dilarang Live Streaming konten yang mengandung pelecehan dan bullying.

  • Dilarang Live Streaming konten yang berisi seksual dewasa.

  • Larangan terhadap aktivitas ilegal dan perilaku berbahaya.

  • Larangan terhadap ujaran kebencian.

  • Larangan terhadap konten yang mendiskriminasi atau mempromosikan kekerasan berbasis ras, etnis, kebangsaan, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, disabilitas, atau penyakit serius.

  • Larangan terhadap penyebaran informasi palsu.

  • Larangan terhadap spam, penipuan, dan manipulasi.

  • Larangan terhadap pelanggaran hak kekayaan intelektual.


Hal-hal tersebut adalah kebijakan komunitas TikTok yang wajib kamu patuhi selama melakukan Live Streaming TikTok.


Baca Juga: Apa itu Rate Card TikTok? Pahami Cara Mudah Menghitungnya untuk Pemula!





Cara Live TikTok


Setelah memahami beberapa kebijakan yang perlu dipatuhi saat Live TikTok, langkah selanjutnya yuk pahami cara live TikTok melalui beberapa langkah praktis berikut ini.


Berikut cara live di TikTok:


  • Buka aplikasi TikTok dan pastikan kamu sudah login ke akun.

  • Ketuk Ikon + yang biasanya terletak di tengah menu navigasi bawah.

  • Geser ke opsi live di bagian bawah layar, geser ke kanan dari opsi 'Video' hingga menemukan opsi 'Live'.

  • Lalu masukkan judul live, tulis judul yang menarik agar menarik perhatian pengikut.

  • Sobat MinDi bisa menambahkan gambar sampul agar menarik perhatian audiens.

  • Untuk memulai Live, ketuk tombol 'Go Live' atau 'Mulai Live', lalu kamu dapat secara langsung berkomunikasi dengan pengikut.

  • Saat ingin menyelesaikan live, ketuk 'X' di sudut layar untuk mengakhiri sesi live streaming.



Cara Mendapatkan Banyak Viewers di Live TikTok untuk Meningkatkan Engagement


Source: alibaba.com


Untuk meningkatkan engagement akun TikTok, siaran live streaming kamu harus ditonton oleh banyak audiens. Lalu bagaimana caranya?


Yuk simak tips ampuh agar Live TikTok memiliki banyak viewers :


1. Promosi Terlebih Dahulu


Informasikan kepada pengikut mengenai jadwal live melalui postingan di TikTok atau story. Hal ini memberikan waktu bagi pengikut untuk merencanakan kehadiran mereka. 


Jelaskan topik atau aktivitas apa yang akan kamu lakukan selama live untuk menarik minat audiens.



2. Pilih Waktu yang Tepat


Analisis pola aktivitas audiens dan tentukan waktu live ketika aktif di TikTok. Waktu terbaik biasanya malam hari atau akhir pekan. Pemilihan waktu yang tepat dapat meningkatkan kehadiran viewers.



3. Judul Live yang Menarik


Buat judul live yang menarik dan deskriptif sehingga dapat menarik perhatian audiens saat melihatnya. 


Judul harus memberikan gambaran jelas tentang apa yang akan dibahas atau ditampilkan dalam live TikTok



4. Interaksi Aktif dengan Penonton


Bangun koneksi dengan audiens dengan merespons komentar dan pertanyaan mereka selama live. 


Sebut nama pengguna dan berikan jawaban personal yang bisa meningkatkan keterlibatan dan membuat penonton merasa dihargai.



5. Konten yang Berkualitas dan Menarik


Pastikan konten live TikTok menarik, dan memberikan nilai kepada penonton. Konten dapat berupa tips, tutorial, sesi tanya jawab, atau bahkan penampilan khusus. 


Konten yang unik dan bermanfaat akan membuat penonton betah dan mengundang orang lain untuk bergabung.



6. Kolaborasi dengan TikToker Lain


Melakukan kolaborasi live dengan TikToker lain, terutama yang memiliki basis pengikut yang solid atau relevan dengan niche, dapat membantu menarik viewers baru. 


Kolaborasi semacam ini memperluas jangkauan audiens kamu.



7. Gunakan Hashtag yang Tepat


Sertakan hashtag populer dan relevan dengan topik live. Hashtag membantu live TikTok kamu muncul dalam pencarian terkait, sehingga orang yang belum mengikuti kamu dapat menemukan siaran live.



8. Konsistensi dalam Melakukan Live


Buat jadwal live streaming TikTok yang konsisten, misalnya seminggu sekali atau dua kali sebulan pada hari dan jam yang sama. 


Konsistensi ini membantu membangun ekspektasi audiens dan mendorong mereka untuk menyisihkan waktu untuk menonton live TikTok.


Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Live TikTok kamu akan mendapatkan banyak penonton, sehingga memperkuat hubungan dengan komunitas dan meningkatkan engagement secara keseluruhan.


Saat Live Tiktok banyak penonton, bagi bisnis maupun perusahaan hal ini akan meningkatkan jangkauan bisnis dan target marketing mereka.


Baca Juga: Inilah Cara Edit Video Tiktok yang Sudah diupload, Tanpa Posting Ulang!



Pelajari Social Media Marketing secara Ampuh bersama Dibimbing.id



Ingin tau tips tips lainnya untuk meningkatkan engagement akun social media? Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, pelatihan intensif dengan pembelajaran lengkap dan inovatif tentang bisnis di media social.


Bootcamp dibimbing.id selalu didampingi dengan mentor profesional dan berpengalaman di bidangnya, yang siap wujudkan karirmu sebagai social media marketing yang sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu di sini! lalu nikmati layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!