dibimbing.id - 6 Teknik Presentasi yang Efektif Untuk Seluruh Kalangan

6 Teknik Presentasi yang Efektif Untuk Seluruh Kalangan

Anisa Fitri Maulida

•

28 October 2023

•

1852

Image Banner

Teknik presentasi yang efektif bukan hanya sekadar kemampuan berbicara di depan umum, melainkan sebuah seni komunikasi yang mencakup bagaimana cara menyampaikan pesan agar dapat diterima dengan baik oleh audiens. 


Mengapa demikian? Sebab, tidak peduli seberapa menarik atau pentingnya informasi yang ingin disampaikan. Jika teknik presentasi yang digunakan kurang tepat, maka pesan tersebut dapat hilang dan tidak tersampaikan dengan baik kepada audiens.


Bagi Sobat MinDi yang merupakan mahasiswa, tentunya teknik presentasi yang efektif ini akan sangat berguna. Sebab, tidak sedikit kegiatan di kampus yang mengharuskan para mahasiswanya untuk melakukan presentasi. Supaya nilai kamu semakin bagus, yuk kita simak teknik presentasi yang efektif di bawah ini!


Mengapa Teknik Presentasi itu Penting?


Sebelum masuk lebih dalam ke beberapa teknik presentasi yang efektif, penting bagi kita untuk mengetahui mengapa teknik presentasi itu sendiri penting untuk dikuasai dan dikembangkan. Apa saja alasannya?


Menentukan Keberhasilan Komunikasi


Memahami dan menerapkan teknik presentasi yang efektif bisa menjadi penentu keberhasilan dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Baik dalam lingkungan profesional, akademik, maupun sosial, kemampuan ini membantu memastikan bahwa ide dan informasi disampaikan dan diterima dengan baik.


Membangun Citra Positif


Cara kamu menyampaikan ide dan informasi mencerminkan profesionalisme dan kompetensi kamu. Teknik presentasi yang efektif akan membantu membangun citra positif di mata rekan-rekan dan atasan di tempat kerja, serta relasi-relasi lainnya dalam berbagai konteks kehidupan.


Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Dengan menguasai teknik presentasi, rasa percaya diri kamu saat berbicara di depan orang lain akan meningkat. Kamu akan merasa lebih terkontrol dan dapat mengelola situasi presentasi dengan lebih baik, yang pada akhirnya bisa mengoptimalkan penyampaian pesan kamu.


Pemanfaatan Teknologi


Di era yang serba digital ini, menguasai teknik presentasi yang efektif adalah penting. Hal tersebut mencakup kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dalam menyampaikan pesan, seperti menggunakan media visual, software presentasi, dan platform digital.


Dengan kamu bisa memanfaatkan teknologi ini dengan cermat, akan ada kemungkinan kamu bisa memberikan banyak pengalaman pada audiens.


Pembuka Peluang


Teknik presentasi yang efektif tidak hanya meningkatkan kredibilitas kamu, tapi juga membuka peluang baru. Dengan presentasi yang memukau, kamu dapat menarik perhatian pihak-pihak yang mungkin bisa membuka jalan bagi karir atau bisnis kamu di masa depan.


Pembentuk Hubungan dan Jaringan


Ketika kamu mampu menyampaikan ide dan pesan dengan baik melalui presentasi, kamu juga secara tidak langsung membangun hubungan dan jaringan dengan audiens, yang di kemudian hari bisa menjadi kolaborasi atau partnership yang menguntungkan.


Ada begitu banyak hal yang menjadi alasan mengapa menguasai teknik presentasi yang efektif itu sangat penting. Selain memberikan manfaat pada audiens, penguasaan teknik presentasi akan memberi dampak baik bagi kamu juga. Tentunya, dampak tersebut akan berlaku untuk jangka panjang.


Jika begitu, lantas seperti apa teknik presentasi yang efektif? Apa yang harus diperhatikan untuk menentukan teknik presentasi yang efektif?


Apa yang Harus Diperhatikan untuk Menentukan Teknik Presentasi yang Sesuai?


Teknik presentasi yang efektif perlu disesuaikan dengan beragam faktor. Beberapa presentasi mungkin memerlukan pendekatan formal, sementara yang lainnya bisa lebih santai dan interaktif. Sobat MinDi, berikut ini beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam menentukan teknik presentasi yang paling sesuai untuk situasi dan audiens kamu:


Mengenali Audiens


Memahami siapa audiens dan apa yang mereka butuhkan merupakan langkah awal dalam menentukan teknik presentasi yang akan kamu gunakan. Pastikan kamu mengetahui latar belakang, minat, dan tingkat pengetahuan mereka tentang topik yang akan kamu bawakan agar presentasi lebih relevan dan menarik bagi mereka.


Tujuan Presentasi


Apa yang ingin kamu capai dengan presentasi ini? Apakah kamu ingin menginformasikan sesuatu, membujuk audiens, atau memotivasi mereka? Menetapkan tujuan yang jelas akan membantu kamu memilih teknik presentasi yang paling efektif untuk mencapainya.


Konten Presentasi


Konten yang akan disampaikan perlu disesuaikan dengan cara penyampaiannya. Pertimbangkan kompleksitas informasi yang akan disampaikan dan pilihlah teknik presentasi yang dapat membuat konten tersebut mudah dipahami oleh audiens.


Waktu dan Tempat


Konteks waktu dan tempat presentasi juga mempengaruhi teknik presentasi yang akan kamu pilih. Misalnya, sebuah webinar mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan presentasi tatap muka di ruang konferensi.


Kemampuan Presenter


Tidak kalah pentingnya adalah menyesuaikan teknik presentasi dengan kemampuan dan kenyamanan presenter. Kamu harus memilih teknik yang sesuai dengan kekuatan kamu sebagai presenter agar bisa menyampaikan pesan dengan percaya diri dan otentik.


Alat dan Teknologi yang Tersedia


Mempertimbangkan alat dan teknologi yang akan kamu gunakan selama presentasi juga penting dalam menentukan teknik presentasi. Apakah kamu akan menggunakan perangkat visual, seperti slide atau video? Ataukah kamu akan melibatkan audiens dalam aktivitas interaktif?


Feedback dan Interaksi Audiens


Bagaimana kamu ingin audiens terlibat dalam presentasi? Apakah kamu ingin sesi tanya jawab, diskusi, atau aktivitas interaktif lainnya? Menentukan tingkat interaksi yang diinginkan juga akan mempengaruhi teknik presentasi yang kamu pilih.


Melakukan presentasi yang memberikan dampak, memang bukanlah hal mudah. Selain memperhatikan faktor tertentu, kamu tentu harus berlatih agar penyampaian informasi akan semakin baik.


Kamu bisa berlatih sendiri atau menggunakan pelatih yang ahli. Bila kamu memilih untuk menggunakan bantuan pelatih, kamu bisa mencoba untuk mendaftarkan diri ke kelas Career Preparation for Campus. Tidak hanya membantu kamu berlatih presentasi yang bisa memberi dampak pada karir, kamu juga bisa meningkatkan soft dan hardskill lainnya di sana.


Selain ditemani oleh mentor terpilih, kamu juga bisa memilih jadwal sendiri supaya tidak bentrok dengan jadwal kuliah dan jadwal pribadi lainnya. Lebih seru lagi, kalau kamu bisa ajak teman-teman kamu untuk gabung di sana, lho!


Dengan begitu, kamu dan teman-teman bisa berlatih teknik presentasi yang efektif kapan saja. Kamu juga bisa ajak mentor kamu untuk mengawasi latihan teknik presentasi yang kamu dapat lewat artikel ini.


Baca Juga: Yuk Tingkatkan Kemampuanmu Melalui Sertifikasi Pelatihan Kampus!


Macam-macam Teknik Presentasi yang Efektif


Teknik presentasi yang efektif seringkali perlu disesuaikan dengan usia dan karakteristik audiens agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Berikut beberapa bentuk dan teknik presentasi yang bisa disesuaikan dengan berbagai kelompok usia:


Presentasi untuk Mahasiswa


Mahasiswa biasanya lebih senang memperhatikan presentasi yang informatif dan memberikan ruang untuk kolaborasi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyajikan data dan fakta secara jelas, serta menyediakan waktu untuk sesi tanya jawab atau diskusi kelompok yang memungkinkan mereka berkolaborasi.


Presentasi untuk Dewasa Muda Profesional (Dosen Muda)


Jika kamu harus presentasi dihadapkan dosen yang cenderung muda. Coba fokuskan presentasinya pada relevansi materi untuk mereka. Kaitkan informasi dengan situasi nyata dan gunakan teknik presentasi yang mengedepankan profesionalisme dan solusi yang praktis.


Presentasi untuk Profesional Senior (Dosen Senior)


Dosen yang jabatannya lebih tua atau profesional senior biasanya lebih senang dengan presentasi yang detail. Oleh karena itu, kamu bisa sajikan data valid, studi kasus, dan contoh yang relevan dengan pengalaman mereka, sambil menjaga keakuratan dan kedalaman informasi yang disampaikan.


Presentasi untuk Anak-Anak


Ingat, Sobat MinDi! Dunia kuliah bukan hanya sekadar berinteraksi dengan kawan dan dosen. Saat kamu magang atau KKN nanti, kamu mungkin saja harus berhadapan dengan orang-orang yang lebih muda maupun tua. Salah satunya, anak-anak.


Untuk anak-anak, teknik presentasi yang interaktif dan visual biasanya lebih efektif mengingat mereka mudah terdistraksi dengan hal lain. Menggunakan gambar, animasi, serta melibatkan mereka dalam aktivitas seperti permainan atau nyanyian dapat menjaga perhatian dan membuat mereka terlibat aktif dalam sesi.


Presentasi untuk Orang Tua


Teknik presentasi yang efektif untuk orang tua sering melibatkan elemen emosional dan pendekatan yang mendukung. Menggunakan kata-kata dan contoh yang relatable dengan pengalaman mereka sebagai orang tua dapat menjadikan presentasi lebih berkesan dan bermakna.


Presentasi untuk Lansia


Untuk lansia, teknik presentasi yang sederhana dan penuh penghormatan seringkali menjadi presentasi yang akan mengambil perhatian mereka. Pastikan tempo penyampaian tidak terlalu cepat, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan visual yang sederhana dan jelas agar mudah diikuti tanpa memberikan informasi berlebihan.


Baca Juga: Mengenal Manajemen Stress: Cara Sehat Dalam Hadapi Tekanan


Menguasai teknik presentasi yang efektif adalah tantangan yang pasti akan kamu dapatkan baik cepat maupun lambat. Sebab, baik dalam dunia perkuliahan maupun dunia kerja nanti, kamu akan melakukan presentasi untuk berbagai tujuan.


Bila kamu merasa bahwa teknik presentasimu belum efektif, maka kamu bisa mempelajarinya segera dengan menggunakan cara di atas. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau mengikuti kelas seperti Career Preparation for Campus dari dibimbing.id.


Oh, ya! Program besutan dibimbing.id satu ini sudah dipercaya oleh banyak kampus negeri maupun swasta, untuk membantu para peserta didiknya untuk bisa mempersiapkan diri hadapi dunia kerja. Kampusmu jangan mau ketinggalan juga! Latih teknik presentasi yang efektif dan skill lainnya bersama dibimbing.id.



Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!