dibimbing.id - Pahami Perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics

Pahami Perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics

Muthiatur Rohmah

•

22 March 2024

•

343

Image Banner

Dalam era persaingan bisnis saat ini, analisis data telah menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan untuk menjaga dan meningkatkan daya saingnya. 


Analisis data penting  mengoptimalkan operasi bisnis yang berjalan serta memajukan produktivitas perusahaan.


Untuk melakukan analisis data, perusahaan memanfaatkan alat seperti Business Intelligence (BI) dan Business Analytics (BA).


Meskipun sering digunakan secara bergantian,  Business Intelligence dan Business Analytics memiliki definisi dan fungsi yang berbeda.


Penasaran mengenai perbedaan business intelligence dan business analytics? Yuk pahami selengkapnya berikut ini.



Memahami Business Intelligence dan Business Analytics



Pengertian Business Intelligence


Business Intelligence adalah alat dan metode yang digunakan untuk mengubah data menjadi informasi, informasi menjadi pengetahuan, dan pengetahuan menjadi rencana yang memandu keputusan strategis dan taktis dalam perusahaan. 


BI berfokus pada analisis data historis dan real-time untuk memahami tren bisnis, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung pengambilan keputusan berbasis data.



Pengertian Business Analytics


Business Analytics adalah praktek dan teknik yang digunakan untuk mengeksplorasi dan menganalisis data perusahaan guna mendapatkan wawasan dan memahami tren bisnis, yang kemudian digunakan untuk membuat prediksi dan keputusan strategis masa depan. 


Melalui penggunaan data historis dan teknik analitik seperti statistik, analisis prediktif, dan machine learning, Business Analytics dapat membantu perusahaan dalam meramalkan tren mendatang.


Wah, pada pengertian singkatnya, sekilas business intelligence dan business analytics memiliki kesamaan, yaitu sama-sama mengolah data perusahaan.


Apa saja sih perbedaan antara keduanya? yuk simak pada penjelasan berikut ini!


Baca Juga: Kenali Perbedaan Business Intelligence & Data Analyst





Perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics



Perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics terletak dalam praktik yang berbeda dalam pengelolaan dan analisis data. 


Perbedaan utama antara Business Intelligence dan Business Analytics dapat dijelaskan melalui beberapa aspek berikut ini


1. Fokus Waktu


  • Business Intelligence: Berfokus pada data historis dan real-time untuk menganalisis apa yang telah terjadi dan kondisi saat ini.

  • Business Analytics: Lebih berorientasi ke masa depan, menggunakan data historis untuk membuat prediksi, simulasi, dan rekomendasi untuk masa depan.



2. Tujuan


  • Business Intelligence: Bertujuan untuk menghasilkan laporan dan dashboard yang informatif untuk pemantauan kinerja dan pengambilan keputusan operasional.

  • Business Analytics: Bertujuan untuk menganalisis data dan model prediktif untuk mengidentifikasi tren, pola, dan menghasilkan insight yang dapat membimbing strategi dan keputusan jangka panjang.



3. Teknik Analisis


  • Business Intelligence: Menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menilai dan memahami dinamika bisnis saat ini dan masa lalu.

  • Business Analytics: Menerapkan teknik analisis prediktif dan preskriptif, seperti machine learning dan analisis statistik, untuk meramalkan hasil dan menyarankan tindakan.



4. Penggunaan Data


  • Business Intelligence: Terutama menggunakan data yang sudah dikumpulkan dan disimpan dalam data warehouse atau database operasional.

  • Business Analytics: Sering kali melibatkan data mining dan penggunaan set data yang lebih kompleks untuk mengekstrak pola dan hubungan yang tidak langsung terlihat.



5. Pengambilan Keputusan


  • Business Intelligence: Membantu dalam pengambilan keputusan berdasarkan fakta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional.

  • Business Analytics:  Memfasilitasi pengambilan keputusan strategis dengan memprediksi tren masa depan dan menyarankan langkah-langkah yang dapat diambil untuk memanfaatkan peluang atau menghindari risiko.


Untuk meningkatkan pemahaman Sobat MinDi mengenai perbedaan business intelligence dan business analytics, yuk pahami bersama melalui visualisasi tabel berikut ini.




Kesimpulannya perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics terletak pada fokus, tujuan, dan metodologi.


Namun meskipun berbeda, keduanya saling melengkapi dan penting untuk keberhasilan perusahaan. Business Intelligence memberikan dasar yang kuat untuk mengoperasikan bisnis hari ini, sementara Business Analytics membuka jalan untuk inovasi dan pertumbuhan di masa depan.


Baca Juga: 9 Manfaat Business Intelligence


Ingin belajar lebih lanjut tentang business intelligence dan business analytics?


jika iya, yuk ikuti bootcamp business intelligence dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif dengan pembelajaran terbaik dan inovatif.


Pelatihan ini didampingi oleh mentor yang profesional dan berpengalaman yang siap mewujudkan karirmu sebagai business intelligence yang sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri Anda di sini! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.
Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!