dibimbing.id - Pelatihan Microsoft Excel untuk Pemula: Persiapkan Karir Anda Sekarang

Pelatihan Microsoft Excel untuk Pemula: Persiapkan Karir Anda Sekarang

Muthiatur Rohmah

•

27 February 2024

•

233

Image Banner

Microsoft Excel merupakan salah satu tools atau alat analisis data dan administrasi yang perlu dikuasai seseorang ketika melamar kerja.


Dengan berbagai fitur yang tersedia, excel menawarkan banyak manfaat sehingga kamu dapat menganalisis dan mengolah data secara cepat, tepat dan efisien.


Untuk mempersiapkan karir, Sobat MinDi perlu mengikuti pelatihan microsoft excel untuk pemula, sebab excel merupakan tools wajib dalam dunia kerja.


Ingin mengikuti pelatihan excel untuk pemula? yuk simak pembahasannya pada artikel ini.


Seberapa Penting Belajar Excel untuk Pemula?


Belajar Excel untuk pemula penting dalam berbagai aspek kehidupan profesional dan akademik, khususnya bagi Sobat MinDi yang sedang memulai karir.


Excel merupakan salah satu alat pengolah data dan analisis terpopuler, dengan menguasai excel kamu dapat mengelola informasi secara efisien, sehingga dapat mengorganisir, menganalisis, dan memvisualisasikan data dengan cara yang jauh lebih efektif. 


Untuk pemula, memahami Excel bukan hanya tentang belajar menggunakan fungsi dan formula, tetapi juga tentang membangun fondasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan berbasis data. 


Dalam lingkungan kerja, keterampilan Excel yang baik dianggap penting, karena digunakan dalam berbagai tugas seperti penyusunan anggaran, pelaporan, dan  analisis keuangan. 


Di sisi akademik, Excel bisa menjadi alat penting untuk penelitian, sehingga mahasiswa dan akademisi dapat melakukan analisis statistik dan presentasi data. 


Belajar Excel untuk pemula, dapat meningkatkan produktivitas individu di bidang analisis data secara teliti dan efisien.


Kesimpulannya, pelatihan  microsoft Excel untuk pemula akan meningkatkan keterampilan teknis, dan meningkatkan kemampuan analitis dan efisiensi dalam berbagai pekerjaan dan studi.


Baca Juga: Pelatihan Data Scientist: Tingkatkan Kinerja Karyawan


Apa saja Materi Pelatihan Microsoft Excel untuk Pemula?


Materi pelatihan Microsoft Excel untuk pemula biasanya dirancang untuk memberikan pemahaman dasar tentang cara menggunakan aplikasi ini secara efektif. Pelatihan tersebut umumnya mencakup:


1. Pengenalan Excel


Memperkenalkan antarmuka Excel, termasuk ribbon, workbook, worksheet, dan sel. Materi ini juga mencakup cara menyimpan dan membuka file Excel.


2. Dasar-dasar Formula dan Fungsi


Mengajarkan cara memasukkan formula dasar untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. 


Pelatihan ini juga mencakup penggunaan fungsi sederhana seperti SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX.


3. Pengelolaan Data


Meliputi cara memasukkan dan mengedit data, menggunakan sort dan filter untuk mengorganisir data, serta teknik dasar untuk memvalidasi data.


4. Memformat Data


Mengajarkan cara memformat teks dan angka, termasuk pengaturan font, warna, border, dan format angka. 


Materi ini juga mencakup cara menggunakan format kondisional untuk menyoroti data penting.


5. Penggunaan Tabel


Memperkenalkan konsep tabel di Excel, termasuk cara membuat tabel, memformat, dan memanipulasi tabel, serta menggunakan slicer untuk memfilter data.


6. Pembuatan Grafik


Mengajarkan cara membuat dan memformat grafik dasar seperti grafik kolom, bar, pie, dan garis untuk memvisualisasikan data.


7. Pengenalan Pivot Table


Memperkenalkan konsep PivotTable sebagai alat untuk merangkum dan menganalisis data besar dengan cepat dan mudah.


8. Tips dan Trik


Menyajikan kumpulan tips dan trik untuk meningkatkan efisiensi kerja, seperti penggunaan pintasan keyboard, freeze panes, dan fitur pencarian cepat.


9. Penggunaan Basic Macro


Pengenalan sederhana tentang cara merekam dan menggunakan macro untuk mengotomatisasi tugas-tugas berulang.


10. Berbagi Workbook


Mengajarkan cara berbagi workbook dengan pengguna lain, melindungi sel atau worksheet, dan mengatur izin untuk kolaborasi yang aman.


Materi pelatihan microsoft excel untuk pemula ini dirancang untuk membangun fondasi yang kuat dalam menggunakan Excel.


Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan pemula mengexplore fitur-fitur lanjutan dan menerapkannya dalam dunia kerja atau studi.


Baca Juga: Upgrade Keterampilanmu dengan Pelatihan Hard Skill di Kampus


Ikuti Pelatihan Microsoft Excel untuk Pemula bersama dibimbing.id


Sobat MinDi, pelatihan microsoft excel untuk pemula merupakan hal yang penting jika kamu ingin menambah skill dan keterampilan di bidang analisis data dan administrasi perusahaan.


Excel merupakan tools yang wajib digunakan oleh perusahaan dewasa ini, sehingga kita sebagai seorang karyawan harus menguasai skill dan keterampilan dalam menggunakan excel.


Perusahaan sebaiknya memfasilitasi karyawan atau anggota timnya untuk mengikuti pelatihan khusus excel. Sebab kursus ini membantu meningkatkan produktivitas kinerja karyawan yang akan berdampak positif bagi kemajuan perusahaan.


Ikuti corporate training dibimbing.id sebuah pelatihan atau kursus untuk meningkatkan skill dan potensi karyawan atau anggota tim Anda. Training ini bersifat fleksibel dapat dilaksanakan secara online maupun offline, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.


Fleksibilitas dalam training ini akan mewujudkan sebuah pelatihan yang efektif dan tepat bagi karyawan. Hal ini akan berdampak baik, yaitu meningkatkan SDM yang berkualitas bagi perusahaan.


Tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja tim setelah lulus training ini. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda. 




Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!