dibimbing.id - Jenjang Karir Project Manager, Tugas, dan Gajinya di 2024

Jenjang Karir Project Manager, Tugas, dan Gajinya di 2024

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

26 April 2024

•

503

Image Banner

Peran project manager dalam dunia bisnis cukup krusial untuk menavigasi kompleksitas proyek-proyek yang beragam. Dari asisten hingga mencapai level eksekutif sebagai VP, jenjang karir project manager menawarkan berbagai peluang.


Ingin tahu apa saja tingkatan dalam jenjang karir project manager? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!



Apa Saja Tugas & Tanggung Jawab Project Manager?



Sumber: Freepik


Seorang project manager (PM) memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam memastikan kesuksesan proyek. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama yang umumnya diemban oleh seorang project manager:


1. Perencanaan Proyek


Seorang PM bertanggung jawab untuk menetapkan dasar proyek yang kuat melalui perencanaan komprehensif. Ini termasuk mendefinisikan dan mengklarifikasi ruang lingkup serta tujuan proyek bersama dengan stakeholder dan tim. 


Perencanaan proyek itu juga melibatkan pengembangan rencana kerja yang detail. Rencana tersebut mencakup pengalokasian sumber daya, penjadwalan, anggaran, dan rencana mitigasi risiko.



2. Pengawasan dan Pelaksanaan


Selama fase pelaksanaan, PM mengawasi kemajuan kerja untuk memastikan bahwa segala aspek proyek berjalan sesuai dengan rencana. Ini termasuk memantau jadwal dan penggunaan anggaran.


Mereka juga harus memastikan bahwa tim mematuhi batasan-batasan yang ada. Mereka juga perlu mengkoordinasikan kegiatan antar berbagai tim fungsional. 


Secara keseluruhan, PM harus cepat tanggap dan siap mengadopsi penyesuaian bila terjadi penyimpangan dari rencana awal atau bila teridentifikasi risiko baru.



3. Manajemen Sumber Daya


Mengelola sumber daya adalah salah satu aspek kritikal dari manajemen proyek. PM bertanggung jawab untuk mengalokasikan sumber daya manusia dan material secara efisien dan efektif. 


Hal ini termasuk memastikan bahwa sumber daya yang tepat tersedia pada waktu yang tepat untuk tugas yang tepat, serta mengelola kinerja dan motivasi tim.



4. Manajemen Risiko


PM perlu proaktif dalam mengidentifikasi potensi risiko yang mungkin mengganggu jalannya proyek. Setelah risiko diidentifikasi, mereka harus menganalisis dan menilai dampak potensialnya.


Setelah itu, mereka harus mengembangkan strategi untuk mengelola atau mengurangi risiko tersebut. Manajemen risiko yang efektif memastikan bahwa proyek tetap berada di jalur yang benar dan mampu meminimalkan kerugian.


Baca Juga: Inilah Peran Project Manager dalam Mengelola Perusahaan Startup




Jenjang Karir Project Manager



Sumber: Freepik


Jenjang karir seorang project manager (PM) biasanya melibatkan beberapa tingkatan. Mulai dari posisi pemula hingga posisi kepemimpinan senior. 


Setiap tingkatan menawarkan tanggung jawab yang berbeda dan memerlukan keterampilan serta pengalaman mendalam. Berikut ini adalah gambaran umum tentang jenjang karir seorang project manager:


1. Project Coordinator/Assistant Project Manager


Posisi ini merupakan titik awal dari profesi di industri manajemen proyek. Posisi ini sering kali melibatkan dukungan administratif untuk project manager. Umumnya, tugasnya adalah mengatur jadwal, menyiapkan pertemuan, dan menyimpan dokumentasi proyek.



2. Project Manager


Seorang PM bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan penutupan proyek tertentu. Mereka memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu, tetap dalam anggaran, dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. 


Pada tahap ini, Anda mungkin mulai mengelola proyek yang lebih kecil atau pekerjaan dari proyek besar.



3. Senior Project Manager


Dengan pengalaman banyak, PM dapat naik ke posisi senior. Pada posisi ini, mereka akan mengelola proyek yang lebih besar dan lebih kompleks. Mereka mungkin juga mulai mengawasi PM lain dan membimbing junior dalam tim.



4. Program Manager


Program manager bertanggung jawab atas serangkaian proyek terkait. Mereka juga bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih besar. 


Oleh sebab itu, mereka cenderung berfokus pada strategi dan implementasi program serta mengkoordinasikan upaya dari berbagai project manager.



5. Portfolio Manager


Pada posisi ini, Anda akan mengelola kumpulan proyek dan program yang dijalankan sebuah organisasi. Tujuan dari peran mereka adalah untuk memastikan bahwa kerja di semua proyek sejalan dengan goal strategis organisasi.


Mereka juga harus mengambil keputusan tingkat tinggi mengenai alokasi sumber daya dan prioritas proyek.



6. Director of Project Management/VP of Project Management


Pada tingkat ini, profesional mengawasi seluruh fungsi manajemen proyek dalam sebuah organisasi. Mereka bertugas untuk menetapkan standar dan prosedur untuk manajemen proyek.


Selain itu, mereka juga harus mengembangkan kebijakan dan memastikan aliansi strategis yang mendukung tujuan bisnis.


Baca Juga: 8 Job Desk Project Manager yang Harus Kamu Ketahui



Berapa Gaji Seorang Project Manager?



Sumber: Freepik


Gaji project manager bisa sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Pengaruhnya bisa berupa lokasi geografis, industri, pengalaman, dan tingkat pendidikan.

 

Dilansir dari Glassdoor, gaji seorang project manager tahun 2024 di Indonesia berkisar di 10 juta hingga 22 juta per bulannya.



Itulah pembahasan mengenai jenjang karir project manager hingga gajinya. Apabila ingin membuat mahasiswa siap terjun ke industri ini, career preparation Dibimbing.id adalah pilihan terbaik. 


Lewat pelatihan ini, mahasiswa Anda bisa juga ikuti berbagai pelatihan keahlian digital, softskill, hingga persiapan rekrutmen. Mulai dari review CV, arahan untuk mengembangkan profil LinkedIn, hingga simulasi pyscho test.


Menarik bukan? Yuk, segera daftarkan kampus Anda dan bentuk mahasiswa yang siap bekerja bersama Dibimbing.id! Mulai dengan konsultasikan kebutuhan kampus Anda di sini!


Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!