dibimbing.id - Decision Making: Definisi, Tujuan, Manfaat, & Cara Melatih

Decision Making: Definisi, Tujuan, Manfaat, & Cara Melatih

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

16 May 2024

•

1208

Image Banner

Kemampuan untuk membuat keputusan tepat dalam dunia kerja bukan hanya penting, melainkan ini sebuah keharusan. Untuk punya keahlian ini, pemahaman akan decision making adalah kuncinya.


Bagi Anda yang sering merasa bimbang dan ragu ketika harus membuat pilihan, MinDi akan bantu atasinya lewat artikel ini. Di sini, MinDi akan jelaskan pengertian decision making hingga cara melatih keahlian ini.


Tertarik untuk mempelajarinya? Yuk, baca artikel ini sampai habis!



Apa yang Dimaksud dengan Decision Making?



Decision making adalah proses memilih tindakan terbaik dari berbagai opsi yang ada. Proses ini berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam manajemen organisasi.


Seorang ahli manajemen bernama George Robert Terry menyatakan bahwa decision making adalah pemilihan berdasarkan beberapa kriteria dari dua atau lebih alternatif yang mungkin terjadi.


Sementara itu, D.E. Mc. Farland menyatakan bahwa decision making adalah kesimpulan oleh seorang eksekutif terkait apa yang harus dilakukan dalam situasi tertentu.


Mengutip geeksforgeeks, decision making biasanya melibatkan beberapa langkah. Ini meliputi identifikasi situasi, pengumpulan informasi, evaluasi pilihan, dan pilih tindakan. 


Di samping itu, artikel ini menyatakan bahwa keputusan bisa diambil lewat analisis rasional atau insting. Akan tetapi, keputusan efektif cenderung bisa diambil setelah mempertimbangkan semua kemungkinan dan memilih opsi paling menguntungkan.


Keputusan yang buruk bisa menyebabkan kerugian dan merusak reputasi pribadi, profesional, dan organisasi.



Mengapa Pemimpin Harus Punya Keahlian Decision Making?



Sumber: Freepik


Keberhasilan seorang pemimpin sangat bergantung pada keahlian dalam pengambilan keputusan. 


Dengan keahlian ini, pemimpin bisa menciptakan kejelasan dari situasi ambigu, mengevaluasi risiko dan peluang dengan cermat, serta memprediksi hasil dari keputusannya.


Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa decision making harus dikuasai oleh pemimpin. Berikut adalah tiga alasan utamanya:


Mengelola Ketidakpastian


Pemimpin yang baik harus mampu menghadapi risiko dan ketidakpastian dengan percaya diri. Mereka bisa menganalisis berbagai opsi secara kurat menggunakan kemampuan kuantitatif. Decision skill ini membantu mereka mengelola ketidakpastian berdasarkan data.



Menggunakan Data Sebagai Acuan


Mengutip dari artikel Harvard Business School Online, pemimpin yang efektif harus bisa memanfaatkan data untuk decision making. Ini meliputi kemampuan melibatkan tim mereka serta memahami tanggung jawabnya pada para stakeholders.


Pada akhirnya, keahlian ini bisa meningkatkan kualitas keputusan dan mendorong komitmen dari seluruh organisasi.



Mengembangkan Keahlian Lain


Dilansir dari better up, decision making skill juga penting bagi leader untuk mengembangkan keahlian yang lainnya. 


Alasannya adalah karena keahlian ini melibatkan berbagai keterampilan lain seperti problem solving, manajemen waktu, kreativitas, kecerdasan emosional. hingga pandangan strategis.



Apa Sih Pentingnya Skill Decision Making?



Sumber: Freepik


Dari penjelasan di atas, Sobat MinDi mungkin sudah dapat gambaran tentang pentingnya keahlian ini. Secara garis besar, ini memiliki peran penting karena punya dampak positif pada organisasi dan kepribadian Anda sebagai pemimpin.


Supaya Anda lebih mengerti esensi keahlian ini, MinDi akan jelaskan beberapa poin yang menggambarkan pentingnya decision making skill:


Memecahkan Masalah


Keahlian decision making bisa membantu Anda menghadapi dan mengatasi masalah serta tantangan yang muncul. Dengan kemampuan ini, Anda bisa menangani masalah dan orang-orang terkait dengan lebih baik.


Pada akhirnya, ini bisa menjamin masa depan dan lingkungan organisasi dengan baik.



Kemampuan Kepemimpinan


Sebagai pemimpin, keputusan yang dibuat bisa sangat mempengaruhi pandangan tim terhadap Anda. Keputusan yang bijak dan terukur meningkatkan pandangan positif tim dan memperkuat efisiensi kepemimpinan Anda. 


Mengutip dari LPC Centre, keahlian pengambilan keputusan yang baik menciptakan citra pemimpin yang bagus dan dihormati.



Menghemat Waktu dan Meningkatkan Produktivitas


Perencanaan yang baik melalui pengambilan keputusan matang dapat meningkatkan produktivitas organisasi. Dengan mengambil keputusan yang dipikirkan dengan cermat, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan baik.


Selain itu, hal tersebut juga bisa mencegah masalah yang mungkin terjadi di masa depan. Pada akhirnya, ini akan menghemat waktu dan usaha yang harus dikeluarkan.



Manfaat Skill Decision Making Bagi Para Leader



Sumber: Freepik


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, decision making penting bagi leader untuk memanfaatkan data dengan baik hingga mengembangkan keahlian lainnya. Lalu, apa sih manfaat keahlian ini bagi leader?


Untuk menemukan jawabannya, baca penjelasan di bawah ini!


Sarana untuk Menyelesaikan Masalah


Kemampuan decision making membantu pemimpin dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah. Apabila tantangan individual atau di organisasi muncul, hasil positif sering kali bergantung pada keputusan akhir seorang pemimpin.


Bisnis berjalan lebih lancar ketika pemimpin membuat keputusan bagus pada waktu yang tepat tanpa penundaan.



Dasar Penetapan Keputusan Bisnis yang Tepat


Berikutnya, pilihan yang tepat dan bijak dari pemimpin bisa menjadi dasar untuk menetapkan keputusan bisnis. Hal ini bisa memberikan motivasi bagi karyawan karena bisa jadi contoh untuk ditiru mereka.


Selain itu, keputusan yang tepat juga mendorong upaya ekstra, komunikasi, dan kolaborasi antara tim.



Acuan Penentuan Prioritas Tugas


Pengambilan keputusan yang efektif bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas. Ketika keputusan diambil dengan baik, delegasi tugas bisa jadi lebih mudah.


Hal ini bisa mengurangi kesalahan serta kebingungan dari karyawan saat mengeksekusi tugas. Keputusan yang jelas memberikan arahan yang tepat. Hal ini memungkinkan proyek kerja selesai dengan lebih cepat.


Ini juga bisa mencegah pekerjaan tertunda karena menunggu keputusan dari manajamen. Dengan decision making, leader bisa mencegah adanya penyelesaian tugas secara lambat dan tidak efisien.


Baca Juga: 7 Daftar Leadership Skill yang Paling Dibutuhkan, Yuk Intip!




Cara Melatih Skill Decision Making Bagi Para Leader



Sumber: Freepik


Buat Sobat MinDi yang mau kembangkan keahlian decision making, MinDi udah siapkan beberapa tips spesialnya. Berikut adalah tiga tips melatih keahlian decision making versi MinDi:


Pelajari Konsep Bisnis Secara Keseluruhan


Untuk menjadi pemimpin yang efektif dalam pengambilan keputusan, penting untuk memahami konsep bisnis secara menyeluruh. Ini melibatkan pengetahuan tentang semua aspek bisnis.


Pengetahuan ini mencakup operasional, keuangan, pemasaran, hingga manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan. Dengan pemahaman mendalam tentang hubungan setiap bagian bisnis, Anda dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan strategis. 


Bacalah buku, ikuti kursus, atau terlibat dalam pelatihan yang relevan untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang dunia bisnis.




Ngobrol dengan Tim Lain


Berinteraksi dan berdiskusi dengan tim lain dalam organisasi dapat memberikan perspektif baru dan informasi penting. Saat berbicara dengan anggota tim dari departemen yang berbeda, Anda bisa memahami tantangan dan kebutuhan mereka. 


Ini membantu dalam membuat keputusan yang lebih menyeluruh dan berdampak positif. Selain itu, mendengarkan ide dan masukan dari berbagai tim dapat mendorong kolaborasi dan inovasi. 


Tentunya, ini juga bisa memperkuat keterampilan komunikasi Anda sebagai pemimpin.



Perbanyak Referensi dan Skill


Teruslah belajar dan memperkaya pengetahuan Anda dengan berbagai referensi. Bacalah buku, artikel, dan jurnal yang berkaitan dengan kepemimpinan dan pengambilan keputusan.


Selain itu, ikuti seminar, workshop, atau kursus online yang dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan baru. 


Mengasah keterampilan seperti analisis data, pemecahan masalah, dan berpikir kritis sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan. Salah satu caranya adalah mendaftarkan perusahaan Anda di Corporate Training Dibimbing.id.


Pelatihan ini menawarkan berbagai program yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Anda bahkan bisa mendapatkan pelatihan kepemimpinan dari program ini.



Kesimpulan



Dari pembahasan di atas, kita dapat melihat bahwa decision making skilli sangat krusial dalam meningkatkan kerjasama tim dan kinerja organisasi. 


Untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karyawan Anda, pertimbangkan untuk mendaftar pada program pelatihan Leadership Corporate Training dari Dibimbing.id


Dengan mengikuti pelatihan ini, tim Anda akan mengalami perkembangan signifikan yang selaras dengan visi serta misi perusahaan. Program ini juga menawarkan fleksibilitas untuk memilih sesi yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan. 


Jangan tunda lagi! Tingkatkan kemampuan karyawan Anda dengan bergabung dalam program corporate training Dibimbing!


Baca Juga: Pentingnya Leadership Skill untuk Membangun Karir yang Sukses!



FAQ (Frequently Asked Questions)



Bagaimana Cara Melibatkan Tim dalam Proses Pengambilan Keputusan?


Melibatkan tim bisa dilakukan dengan mengadakan rapat untuk mendiskusikan masalah. Anda juga bisa meminta masukan dan ide dari anggota tim serta mempertimbangkan sudut pandang yang berbeda sebelum membuat keputusan akhir.



Bagaimana Cara Mengatasi Ketidakpastian dalam Pengambilan Keputusan?


Mengatasi ketidakpastian dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, mempertimbangkan berbagai skenario, dan mempersiapkan rencana cadangan. 


Selain itu, penting untuk tetap fleksibel dan siap menyesuaikan keputusan berdasarkan perkembangan situasi.



Referensi


  1. What is Decision Making? 7 Important Steps of Decision Making Process [Buka]

  2. How to Enhance Your Decision Making Skills as a Leader [Buka]

  3. Essential Decision-Making Skills to Guide Your Tough Choices [Buka]

  4. How Do You Have Decision-Making Skills, and What is Their Importance [Buka]

  5. 3 Critical Decision-Making Skills Successful Leaders Need [Buka]

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!