7 Daftar Leadership Skill yang Paling Dibutuhkan, Yuk Intip!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

18 April 2024

•

1101

Image Banner

Leadership skill adalah keahlian yang diperlukan dalam industri pekerjaan. Pasalnya, ini bukanlah hanya tentang memiliki otoritas. Akan tetapi, leadership skill juga mencakup keterampilan untuk mempengaruhi dan mengarahkan tim menuju tujuan bersama.


Ingin tahu keterampilan kepemimpinan apa saja yang paling banyak dicari? Baca artikel ini sampai habis!



7 Leadership Skill Paling Dibutuhkan dan Dicari



Sumber: Freepik


Memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik sangat penting dalam dunia kerja. Hal ini bukan hanya penting untuk mencapai tujuan organisasi akan tetapi krusial juga bagi pengembangan karier pribadi.


Berikut adalah tujuh keterampilan kepemimpinan yang paling dibutuhkan dan dicari di berbagai industri:



1. Komunikasi Efektif


Leadership skill pertama adalah komunikasi efektif. Ini merupakan kemampuan untuk menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif kepada orang lain. Keahlian ini mencakup kemampuan seperti:



Keahlian ini penting karena komunikasi yang efektif memastikan bahwa semua anggota tim memahami tujuan dan tugas mereka. Hal ini juga bisa membantu menghindari kesalahpahaman.


Untuk mengembangkan skill ini, beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah:



Baca Juga: Pentingnya Leadership Skill untuk Membangun Karir yang Sukses!



2. Pengambilan Keputusan


Berikutnya adalah kemampuan untuk mengambil keputusan. Ini merupakan kemampuan untuk memilih antara berbagai alternatif dan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi tertentu.


Keahlian ini mencakup analisis situasi, penilaian risiko, intuisi, dan menggunakan logika. Skill ini wajib dimiliki sebab keputusan yang efektif dan tepat waktu dapat mengarahkan kesuksesan proyek dan menghindari krisis.


Untuk mengembangkannya, berikut adalah hal yang bisa dilakukan:






3. Delegasi yang Efektif


Leadership skill berikutnya adalah kemampuan untuk delegasi tugas secara efektif. Ini penting karena kemampuan pemimpin mencakup penugasan tanggung jawab kepada orang lain dengan cara yang efisien. Hal ini mencakup:



Ini penting karena delegasi memungkinkan distribusi beban kerja yang efisien dan mengembangkan keterampilan anggota tim. Untuk mengembangkan skill ini, berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan:




4. Motivasi


Leadership skill berikutnya adalah kemampuan untuk motivasi. Ini merupakan kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain agar melakukan tugas mereka dengan baik dan mencapai tujuan bersama. Keahlian ini mencakup beberapa hal seperti:



Keahlian ini penting karena motivasi yang tinggi bisa meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja. Ini juga bisa menurunkan tingkat turnover karyawan.


Beberapa hal yang bisa dikembangkan antara lain:




5. Penyelesaian Masalah


Berikutnya adalah penyelesaian masalah. Ini merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah secara efektif.


Keahlian yang diperlukan meliputi:



Keterampilan ini memungkinkan pemimpin untuk mengatasi hambatan dan menghindari kemunduran dalam proyek atau operasi. Untuk mengembangkannya, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:




6. Fleksibilitas dan Adaptasi


Leadership skill selanjutnya adalah fleksibilitas dan adaptasi. Ini merupakan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan tetap efektif dalam berbagai situasi. Kemampuan ini mencakup:



Fleksibilitas penting karena membantu pemimpin tetap relevan dan efektif di lingkungan yang dinamis dan sering berubah. Untuk mengembangkannya, berikut adalah cara yang bisa Anda terapkan:



Baca Juga: 5 Jenis Kepemimpinan & Skill yang Harus dimiliki Pemimpin



7. Integritas


Leadership skill terakhir adalah integritas. Ini merupakan konsistensi dalam nilai, kejujuran, dan keadilan dalam semua tindakan dan keputusan. Komponennya mencakup kejujuran, keandalan, dan etika yang tinggi.


Hal ini penting karena integritas menciptakan kepercayaan dan rasa hormat yang mendalam antara pemimpin dan timnya. Ini tentunya sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang.


Untuk mengembangkannya, berikut cara yang bisa diterapkan:




Itulah beberapa leadership skill yang bisa Anda kembangkan. Dari penjelasan di atas, keahlian ini berperan penting untuk memperkuat seluruh tim dan organisasi.


Agar bisa mengembangkan leadership skill karyawan, Anda bisa ikuti corporate training dibimbing.id. Dengan mengikuti program ini, tim Anda bisa bertumbuh dan berkembang sesuai tujuan perusahaan.


Lebih lanjut, program ini bersifat fleksibel. Jadi, Anda bisa menyesuaikan pelatihan yang paling tepat sesuai kebutuhan perusahaan.


Tunggu apalagi? Yuk segera konsultasikan perusahaan Anda di sini! Jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.




bootcamp corporate training

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

A writer with a passion for linguistics and crafting words into interesting writing. Explore my writing and share your thoughts on it.

Artikel Terkait

5 Cara Optimalisasi Strategi Machine Learning Untuk Kebutuhan Sepakbola

Corporate Traning

5 Cara Optimalisasi Strategi Machine Learning Untuk Kebutuh...

Pelajari cara optimalisasi strategi machine learning supaya analisis dan strategi yang dibuat untuk...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

19 October 2023

Cara Menggunakan Rumus Pembulatan Excel

Corporate Traning

Cara Menggunakan Rumus Pembulatan Excel

Cek bagaimana menggunakan rumus pembulatan di Excel bersama Dibimbing!

Image Author

Dibimbing.id

•

26 December 2023

Ciptakan Kolaborasi Tim melalui Microsoft Teams: Pelatihan Intensif

Corporate Traning

Ciptakan Kolaborasi Tim melalui Microsoft Teams: Pelatihan ...

Jika Anda seorang karyawan, ikuti pelatihan microsoft teams untuk kolaborasi tim yang solid dalam d...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

25 February 2024

8 Tips dan Trik Cara Memilih LMS Terbaik untuk Pembelajaran

Corporate Traning

8 Tips dan Trik Cara Memilih LMS Terbaik untuk Pembelajaran

Bingung memilih LMS untuk studi Anda? Yuk simak cara memilih LMS terbaik berikut ini.

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

29 February 2024

Apa itu Training Kerja? Pengertian, Jenis & Cara Menyusunnya

Corporate Traning

Apa itu Training Kerja? Pengertian, Jenis & Cara Menyusunnya

Training kerja adalah kegiatan pembelajaran yang menekankan pendidikan di bidang karir tertentu.

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

02 April 2024

Apa itu CapCut? Simak Fitur & Contoh Penggunaannya

Corporate Traning

Apa itu CapCut? Simak Fitur & Contoh Penggunaannya

CapCut adalah aplikasi editing video berkualitas yang cocok untuk pemula. Yuk simak selengkapnya!

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

03 April 2024