7 Cara Menentukan Unique Selling Point Paling Efektif
Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
•
04 April 2024
•
242
Memahami dan menetapkan Unique Selling Point (USP) adalah langkah utama dalam membentuk strategi pemasaran yang efektif. Oleh sebab itu, mempelajari cara menentukan unique selling point adalah hal yang menguntungkan bagi para pemasar.
Dengan pemahaman ini, kamu bisa menarik dan memenangkan hati konsumen. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel ini sampai habis ya!
Bagaimana Cara Menentukan Unique Selling Point Suatu Produk?
Sumber: Freepik
Seperti yang diketahui, menentukan USP yang kuat dan relevan dapat membantu kamu membedakan produk atau layanan di pasar. Selain itu, ini juga bisa menarik perhatian pelanggan potensial.
Berikut adalah cara menentukan unique selling point untuk mengembangkan bisnismu:
1. Pahami Keunggulan Produk/Layanan
Cara menentukan unique selling point pertama adalah mengidentifikasi apa yang membuat produk atau layanan unik.
Keunikan tersebut bisa berupa fitur produk inovatif, kualitas unggul, harga kompetitif, desain menarik, atau manfaat khusus yang ditawarkan kepada pelanggan.
Setelah mengidentifikasi keunggulannya, kamu bisa lakukan audit menyeluruh terhadap produk atau layanan bisnis. Kemudian, catat setiap aspek dari produk yang dapat menjadi keunggulan dibandingkan dengan pesaing.
2. Ketahui Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan
Cara menentukan unique selling point berikutnya adalah mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan. Pertama, lakukan riset pasar untuk memahami siapa target pasar, kebutuhan mereka, dan masalah yang ingin mereka selesaikan.
Dengan melakukan wawancara, survei, atau analisis perilaku pelanggan, kamu dapat mengumpulkan data yang berharga tentang preferensi, kebiasaan belanja, dan kebutuhan pelanggan.
Hal tersebut akan membantumu menyesuaikan USP bisnis agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Baca Juga: 12 Contoh Gimmick Marketing yang Bisa Ditiru, Yuk Intip!
3. Analisis Keunggulan Kompetitif
Cara menentukan unique selling point berikutnya adalah dengan menganalisis keunggulan kompetitif. Pertama, tinjau produk atau layanan pesaing bisnis. Kemudian, cari tahu apa yang membuat produk atau layanan bisnismu berbeda daripada yang lain.
Lalu, fokus pada area di mana kamu bisa bersaing secara unik atau menawarkan sesuatu yang pesaing tidak dapat tawarkan. Identifikasi kelemahan pesaing bisnismu dan temukan cara untuk menonjolkannya sebagai keunggulanmu sendiri.
4. Tetapkan Nilai Unik
Cara berikutnya adalah menetapkan nilai unik dari produk atau layanan yang ditawarkan. Gunakan informasi yang dikumpulkan untuk menentukan USP-mu. Nilai unik ini harus menjadi titik penjualan utama yang membedakan bisnismu dari pesaing.
Lalu, keunikan ini harus memberikan nilai tambah kepada pelangganmu. Pastikan USP bisnismu relevan, mudah dipahami, dan memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan.
5. Uraikan USP dengan Jelas dan Singkat
Berikutnya adalah menjelaskan USP dengan singkat dan mudah dipahami. Hindari membuat USP yang terlalu rumit atau ambigu.
Kamu harus pastikan untuk menggunakan kata-kata yang sederhana dan langsung untuk menyampaikan nilai unik. Pastikan komunikasi USP bisnismu jelas tergambar dalam materi pemasaran, situs web, dan pesan promosi.
Baca Juga: Jenis-jenis Iklan yang Beredar Saat Ini: Pebisnis Wajib Tahu!
6. Lakukan Pengujian USP
Berikutnyca, cara menentukan unique selling point adalah melakukan pengujian USP. Lakukan ini sebelum meluncurkan kampanye pemasaran besar-besaran.
Untuk melakukan ini, kamu bisa gunakan riset pasar, survei, atau uji coba produk. Tujuannya adalah untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan potensial tentang keefektifan dan daya tarik USP.
Kamu juga harus menguji juga bagaimana pesaing dan pasar merespons USP bisnismu.
7. Perbarui dan Sesuaikan
Cara menentukan unique selling point terakhir adalah melakukan pembaruan dan penyesuaian. Hal ini penting karena pasar serta kebutuhan dan keinginan pelanggan terus berubah.
Pastikan untuk selalu meninjau kembali USP secara berkala dan perbarui sesuai dengan perubahan pasar dan tren. Lakukan evaluasi rutin terhadap USP untuk memastikan bahwa ini masih relevan dan efektif dalam menarik pelanggan dan memenangkan persaingan.
Itulah beberapa cara menentukan unique selling point yang bisa kamu terapkan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu bisa mengidentifikasi dan menetapkan USP yang kuat dan relevan untuk produk dan layananmu.
Hal tersebut akan membantu kamu memenangkan perhatian pelanggan dan mecapai kesuksesan dalam pasar yang kompetitif.
Tentunya, keberhasilan bisnis ini didapatkan dari strategi pemasaran mereka yang bagus juga. Apabila mau mempelajari strategi pemasaran digital, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id.
Kamu bisa belajar berbagai metode pemasaran digital di sini. Selain itu, pembelajarannya dirancang dengan kurikulum beginner-friendly. Jadi, ini cocok banget buat para pemula atau career-switcher.
Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftar dan tingkatkan bisnismu dengan belajar digital marketing di Dibimbing.id!
Tags
Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.