dibimbing.id - Cara Edit Video di Laptop Tanpa Aplikasi: Mudah & Praktis!

Cara Edit Video di Laptop Tanpa Aplikasi: Mudah & Praktis!

Muthiatur Rohmah

•

20 March 2024

•

6818

Image Banner

Cara edit video di laptop memiliki berbagai langkah dan panduan praktis secara mudah. Sobat MinDi dapat mempelajarinya pada artikel ini.


Jika Sobat MinDi memiliki PC atau laptop yang menggunakan windows 10, kamu dapat menggunakan fitur editing video praktis tanpa aplikasi tambahan.


Hal ini tentunya akan memudahkan dalam edit video di laptop yang ternyata dapat dilakukan dengan mudah tanpa mendownload aplikasi dulu.


Lalu bagaimana cara edit video di laptop tanpa aplikasi tambahan? Yuk simak pada artikel ini, temukan pula tips mudah edit video di macbook tanpa aplikasi tambahan.



Cara Edit Video di Laptop Windows (Windows 10 & Windows 11)



Untuk mengedit video di laptop tanpa menggunakan aplikasi tambahan, Sobat MinDi bisa memanfaatkan software yang sudah terinstal secara default pada sistem operasi. 


Pada windows 10 dan 11, Sobat MinDi dapat menggunakan photos app yang sudah tersedia di laptop tanpa harus mengunduh lagi.


Berikut adalah cara mengedit video di laptop melalui photos app yang ada pada windows 10 maupun 11.


1. Buka Aplikasi Photos


Cari dan buka aplikasi 'Photos' melalui menu Start.


Source: Youtube.com/Goliketrik



2. Pilih Video untuk Diedit


Klik pada tab 'Video Projects' (jika menggunakan Windows 11, pilih 'New video' dan kemudian 'New video project'). Jika ini adalah kali pertama Sobat MinDi menggunakan fitur ini, Anda perlu menambahkan video ke koleksi Photos terlebih dahulu.


Source: Youtube.com/Goliketrik



3. Buat Proyek Baru


Beri nama proyek video baru dan tambahkan video yang ingin Anda edit.


Source: Youtube.com/Goliketrik



4. Mulai Mengedit


Di timeline, Sobat MinDi dapat memotong klip, menambahkan teks, musik, motion, 3D effects, dan lainnya.


Source: Youtube.com/Goliketrik



5. Simpan Video


Setelah selesai mengedit, pilih 'Finish video' untuk mengekspor. Sobat MinDi bisa memilih kualitas video yang diinginkan.


Source: Youtube.com/Goliketrik


Baca Juga: 5 Cara Agar Video YouTube Cepat Terindex Oleh Google, Yuk Praktik!





Cara Edit Video di Macbook Tanpa Aplikasi



Cara edit video di macbook tentu berbeda dengan cara edit video di laptop, untuk macbook Sobat MinDi dapat menggunakan aplikasi bawaan mereka yang bernama imovie.


Imove adalah aplikasi editing video bawaan pada macOS yang cukup powerful untuk kebutuhan editing dasar dan sedikit lebih kompleks.


Berikut adalah cara edit video di macbook tanpa aplikasi tambahan.


1. Buka iMovie


Cari dan buka iMovie di aplikasi Finder atau Launchpad.


Source: Youtube.com/ujangsuhe


2. Buat Proyek Baru


Klik 'Create New' dan pilih 'Movie' untuk memulai proyek baru.


Source: Youtube.com/ujangsuhe



3. Impor Video


Tarik file video yang ingin diedit ke timeline iMovie atau gunakan tombol import untuk menambahkannya ke proyek.


Source: Youtube.com/ujangsuhe



4. Edit Video


Gunakan alat editing yang tersedia untuk memotong klip, menambahkan transisi, teks, musik, dan efek lainnya.


Source: Youtube.com/ujangsuhe



5. Ekspor Video


Setelah selesai mengedit, klik tombol 'Share' (ikon kotak dengan panah ke atas) di sudut kanan atas dan pilih 'File' untuk menyimpan video ke hard drive. Pilih kualitas video dan lokasi penyimpanan, kemudian klik 'Save'.


Source: Youtube.com/ujangsuhe




Source: Youtube.com/ujangsuhe


Menggunakan aplikasi bawaan seperti Photos di Windows atau iMovie di macOS akan memudahkan Sobat MinDi untuk melakukan editing video dasar tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. 


Ini adalah solusi yang baik cara edit video di laptop yang mudah dan praktis. Aplikasi bawaan pada laptop maupun macbook ini juga beginner friendly, sehingga cocok untuk pemula!


Baca Juga; Contoh Editorial Plan Social Media & Cara Membuatnya


Skill editing video menggunakan beragam aplikasi di laptop maupun HP merupakan keterampilan kreatif yang dibutuhkan dalam berbagai profesi, salah satunya di bidang social media marketing.


Dengan skill editing video yang mumpuni tampilan konten dan social media perusahaan akan terlihat menarik dan berpotensi menjangkau lebih banyak audiens target.


Ingin belajar lebih dalam tentang social media marketing? Tertarik switch career di bidang social media marketing?


Yuk ikuti bootcamp social media marketing dibimbing.id, sebuah pelatihan intensif yang memiliki sistem pembelajaran terbaik dan inovatif. Bootcamp ini didampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional yang siap wujudkan karir Anda sebagai social media specialist sukses.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini! lalu nikmati layanan job connect ke ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi karir impianmu.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!