dibimbing.id - Bukan Cuman Scroll Sosmed, Ini Tugas Social Media Marketing

Bukan Cuman Scroll Sosmed, Ini Tugas Social Media Marketing

Anisa Fitri Maulida

•

29 October 2023

•

3541

Image Banner

Tidak lagi digunakan sebagai platform komunikasi, sosial media berubah menjadi tempat berbisnis. Hal tersebut didukung oleh kecanggihan teknologi, yang menyediakan fitur bagi mereka menghasilkan uang. Tapi, tidak semua karyawan wajib mengenal fitur tersebut secara keseluruhan. Sebab, itu adalah tugas Social Media Marketing.


Secara singkat, Social Media Marketing (SMM) merupakan profesi baru sejak teknologi mulai berkembang dan memberi dampak baik bagi banyak industri, terutama industri bisnis yang biasanya menjual barang atau jasa mereka. Lantas, seperti apa tugas Social Media Marketing sebenarnya?


Apa Itu Social Media Marketing?


Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan Social Media Marketing atau yang sampai akhir artikel, kita akan sebut sebagai SMM. 


SMM merupakan bentuk strategi pemasaran dari perusahaan, yang menggunakan platform media sosial untuk membangun brand, meningkatkan penjualan, dan menciptakan keterlibatan dengan audiens.


Ya, dari sana kamu bisa perhatikan bahwa SMM adalah nama dari strateginya. Lantas, siapa yang menjalankan strategi tersebut? Orang atau tim yang menjalankan strategi SMM, disebut sebagai Social Media Marketer. 


Dalam konteks ini, mereka memiliki peran dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.


Untuk mengenal lebih detail lagi, kita masuk ke pembahasan selanjutnya yuk, Sobat MinDi?


Tugas Social Media Marketing


Seorang Social Media Marketer memiliki sejumlah tugas penting yang harus dikerjakan, bisa jadi setiap harinya atau beberapa kali saja:


1. Pembuatan Konten yang Menarik


Social Media Marketer bertanggung jawab untuk menciptakan konten yang menarik, informatif, dan relevan. Konten yang dibuat bisa berupa gambar, video, artikel, dan material promosi lainnya yang dapat memikat perhatian audiens.


2. Mengurus Jadwal Posting


Seorang ahli SMM perlu merencanakan jadwal posting secara strategis. Mereka memahami kapan waktu terbaik untuk mempublikasikan konten agar mencapai audiens yang paling luas dan berinteraksi dengan mereka secara aktif.


3. Memantau Tren Industri dan Membuat Campaign


Sobat MinDi pasti tahu, bahwa  media sosial selalu berubah setiap saat. Maka dari itu, seorang ahli SMM harus tetap up-to-date dengan tren terbaru, perubahan algoritma, dan preferensi audiens. 


Tidak hanya itu, mereka juga akan diminta untuk membuat campaign yang merupakan program yang berfokus untuk mempromosikan brand perusahaan, sekaligus berinteraksi dengan banyak audiens.


4. Analisis Kinerja Kampanye SMM


Tidak hanya membuat, SMM juga harus bisa menganalisis kinerja campaign SMM, untuk menilai seberapa efektif program tersebut untuk mereka dan juga audiens. 


Mereka memantau kinerja tersebut dengan melihat data statistik. Data yang dianalisis bisa meliputi tingkat keterlibatan audiens, respon audiens terhadap program, jumlah pembelian barang atau jasa yang dilibatkan dalam program, dan masih banyak lagi.


5. Membangun Keterlibatan Komunitas (Community Engagement)


Selain berinteraksi dengan audiens melalui komentar dan pesan, SMM bertugas membangun dan memelihara komunitas online yang aktif dan berpartisipasi. Cara yang dilakukan sangat beragam, termasuk mengelola forum, grup, atau ruang obrolan khusus yang mempertemukan banyak orang yang menggunakan barang atau jasa dari brand tersebut.


6. Optimasi Konten untuk Platform Spesifik


Tidak hanya membuat konten, SMM juga perlu melakukan optimalisasi konten agar tetap relevan. Sebab, seperti yang kita pahami sebelumnya, bahwa sosial media selalu berubah setiap waktu. Tentunya, kita tidak bisa biarkan konten kita tetap sama, bukan?


7. Mengukur Return on Investment (ROI)


SMM bertugas mengukur efektivitas kampanye dan menghitung Return on Investment (ROI), dengan memantau konversi yang berasal dari platform media sosial. Mereka menggunakan data ini untuk memperbaiki strategi dan memaksimalkan hasil investasi.


8. Penggunaan Paid Social Advertising


Jika Sobat MinDi perhatikan, sekarang ini banyak sosial media yang menyediakan iklan di beberapa fiturnya. Nah, SMM juga harus bisa menciptakan dan mengelola program mereka, lewat iklan berbayar di platform sosial media.


Mengapa? Dengan adanya iklan atau yang sering disebut Ads, maka konten bisa mencapai audiens yang lebih luas.


Bagaimana, Sobat MinDi? Jika kita perhatikan, ternyata ada banyak juga ya tugas dari SMM ini. Eits, jangan salah! Semua tugas yang disebutkan MinDi adalah tugas SMM pada umumnya, lho! Tugas SMM bisa jadi lebih banyak, bergantung pada perusahaan yang kamu masuki dan juga teknologi yang ada.


Tenang, kamu tidak harus mengerjakan semua sendiri, kok! Umumnya, SMM sendiri terdiri dari beberapa orang dalam satu tim, yang memiliki tugasnya masing-masing. Lalu, dengan semua tugas di atas. Kita sebagai calon SMM, harus bisa menguasai skill apa, ya?


Baca Juga: Contoh Social Media Campaign dan Tipsnya


Skill yang Harus Dikuasai Social Media Marketer


Menjalankan tugas social media marketing, bukanlah hal mudah Sobat! Diperlukan beberapa skill yang nantinya akan membantu kamu, untuk menjalankan semua tugas yang ada.


Beberapa skill, mungkin terdengar asing buat kamu. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa mempelajarinya! Kamu bisa mempelajari seluruh skill tersebut dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing yang diadakan oleh dibimbing.id.


Di sana, kamu akan belajar bersama mentor yang sudah berpengalaman menjadi Digital Marketer, terutama yang berfokus pada Social Media Marketing di perusahaan ternama! Kamu juga tidak perlu khawatir harus bentrok dengan jadwal kerja atau kuliah, sebab Bootcamp ini akan diadakan setiap akhir pekan.


Okay, kira-kira apa saja sih skill yang wajib dikuasai? Berikut informasinya:


1. Kemampuan Mengenal Platform Media Sosial


Sebelum membuat konten di media sosial, kamu harus memahami seluk-beluk dari media sosial yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mengenal fiturnya, keunggulan yang dimiliki, kekurangan yang masih harus disesuaikan dengan konten, dan siapa yang menggunakan media sosial ini.


Dengan memahami seluk-beluknya, kamu bisa sesuaikan kontenmu dengan media sosialnya. Misal, kamu ingin mempromosikan keunggulan produk dengan memperlihatkan visualnya, maka kamu bisa menggunakan Instagram.


2. Kemampuan Untuk Mengumpulkan dan Menganalisis Data


Sebagai seorang SMM, kamu wajib memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Mengapa?


Analisis data membantu SMM memahami kinerja campaign, mengidentifikasi tren, dan mengambil keputusan berdasarkan fakta. Dengan memahami data, mereka dapat mengoptimalkan strategi mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik.


Kamu bisa menggunakan Google Analytics, Hootsuite, Facebook Insight, Twitter Insight, Instagram Insight, Socialbakers, Sprout Social, dan lainnya.


3. Copywriting


Konten yang baik diramu oleh kata-kata yang efektif. Maka dari itu, SMM wajib bisa menguasai Copywriting yang nantinya akan digunakan untuk menulis caption, kata-kata persuasif di poster, dan masih banyak lagi.


4. Keterampilan Pengelolaan Krisis


Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk merespons dan mengatasi situasi krisis yang mungkin muncul di media sosial dengan cepat dan efektif, meminimalkan dampak negatif pada reputasi merek.


5. Kreativitas


Kreativitas adalah keahlian utama yang wajib dimiliki SMM. Sebab, mereka harus bisa memperlihatkan ide menarik dalam merancang konten yang menginspirasi dan mencuri perhatian audiens.


6. Kemampuan Komunikasi


Keterampilan berbicara dan menulis yang baik, bisa membantu kamu  saat berinteraksi dengan audiens. Sehingga, kamu bisa menyampaikan informasi secara efektif dan juga jelas.


7. Kemampuan Berinovasi


Keterampilan berinovasi memungkinkan SMM untuk mencoba ide-ide baru dan memperkenalkan strategi kreatif dalam kampanye pemasaran.


Baca Juga: Apa Saja Tugas Social Media Manager?


Social Media Marketing adalah profesi yang tidak pernah familiar dengan sebuah 'ketetapan', alias mereka akan selalu bergerak mengikuti tren yang tiada habisnya. Profesi ini cocok untuk kamu, yang senang mencoba hal-hal baru setiap harinya.


Ada begitu banyak tugas Social Media Marketing, yang mewajibkan mereka untuk menguasai banyak skill. Tapi, kamu bisa mempelajari seluruh skill di atas dibantu dengan mentor berpengalaman melalui Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id.


Tentunya dengan berlatih setiap hari, kamu pasti bisa menjadi Social Media Marketer yang luar biasa.



Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!