dibimbing.id - Apa itu Soft skill? Pengertian, Contoh & Cara Meningkatkannya

Apa itu Soft skill? Pengertian, Contoh & Cara Meningkatkannya

Muthiatur Rohmah

•

08 February 2024

•

946

Image Banner

Soft skill adalah kemampuan yang penting dan harus ditingkatkan dalam kehidupan sehari-hari, maupun lingkup pekerjaan.


Meningkatkan soft skill akan mempermudah kamu mencapai keinginan atau target penting kehidupan, baik dalam sekolah, kuliah maupun pekerjaan.


Penasaran mengenai soft skill? Yuk simak penjelasan MinDi berikut ini mengenai pengertian, contoh soft skill dan cara meningkatkannya.


Apa itu Soft Skill?


Soft skill adalah keterampilan interpersonal yang menentukan kemampuan seseorang untuk berinteraksi secara efektif dan harmonis dengan orang lain. 


Berbeda dengan hard skill yang berkaitan dengan kemampuan teknis dan pengetahuan spesifik, soft skill lebih fokus pada keterampilan sosial, komunikasi, kemampuan berpikir kritis, dan sikap. 


Soft skill dapat mencakup berbagai aspek seperti kerjasama tim, fleksibilitas, manajemen waktu, etika kerja, ketahanan emosional, dan kepemimpinan. 


Keterampilan soft skill adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi dan wawasan dalam memperlakukan orang lain.


Keterampilan ini penting dalam kehidupan, sama pentingnya dengan hard skill karena berkontribusi besar terhadap kesuksesan seseorang dalam lingkungan profesional. 


Dalam dunia profesional seperti akademik maupun kerja, soft skill digunakan individu untuk beradaptasi, berkolaborasi dalam berbagai situasi.


Contoh Soft Skill


Contoh soft skill adalah keterampilan non-teknis yang mempengaruhi cara berinteraksi dengan orang lain, membuat keputusan, dan mengelola pekerjaan.


Berikut beberapa contoh yang termasuk soft skill adalah sebagai berikut:


1. Komunikasi


Komunikasi adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi dan ide secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Komunikasi yang dimaksud sebagai soft skill adalah sebagai berikut.

  • mendengarkan dengan aktif

  • berbicara dengan jelas

  • menulis dengan tepat.

Dengan skill komunikasi yang baik, seseorang dapat bekerjasama dengan efektif, memecahkan konflik, dan membangun hubungan yang kuat di lingkungan manapun.


2. Kerjasama


Kerjasama tim adalah kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam kelompok, berkontribusi pada tujuan bersama. Dalam membnagun kerjasama tim yang baik, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

  • komunikasi yang efektif

  • berbagi tanggung jawab

  • fleksibilitas.

Kerjasama yang efektif dapat meningkatkan produktivitas dan menciptakan lingkungan kelompok atau organisasi yang positif.


3. Kemampuan Berpikir Kritis


Berpikir kritis adalah proses mengevaluasi informasi dan argumen secara logis untuk membuat keputusan atau menyelesaikan masalah. 


Soft skill ini melibatkan analisis, penilaian, dan kreativitas. Dengan berpikir kritis, seseorang dapat mengatasi tantangan kompleks dengan solusi yang inovatif dan efektif.


4. Time Management


Manajemen waktu adalah kemampuan untuk mengorganisir dan merencanakan waktu dengan efisien untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan. 


Soft skill ini harus ditingkatkan dengan cara:

  • menetapkan prioritas

  • menetapkan batas waktu

  • menghindari menunda tugas atau pekerjaan. 

Skill manajemen waktu yang efektif membantu seseorang untuk bekerja atau belajar dengan  lebih produktif dan dapat mengurangi stres.


5. Emotional Resilience


Ketahanan emosional adalah kemampuan untuk menghadapi tekanan, kegagalan, dan kritik tanpa kehilangan motivasi atau kepercayaan diri. 


Skill ini melibatkan adaptasi, pemulihan, dan bangkit dari pengalaman yang sulit. Ketahanan emosional penting untuk menjaga keseimbangan dan kesejahteraan dalam menghadapi tantangan kehidupan.


6. Leadership


Kepemimpinan adalah kemampuan untuk memotivasi dan memandu orang lain untuk mencapai tujuan bersama. 


Soft skill leadership ini tidak hanya penting bagi seorang pemimpin saja, tetapi juga bagi individu pada semua tingkatan dalam organisasi dalam mengambil inisiatif dan memimpin proyek.


Soft skill berperan penting dalam kesuksesan karir dan pengembangan pribadi. Sebab soft skill merupakan kemampuan seseorang untuk berkembang dalam lingkungan profesional yang kompetitif.


Baca Juga: Upgrade Diri dengan Pelatihan Soft Skill Kampus? Intip Caranya Disini!


Bagaimana Cara Meningkatkan Soft Skill?


Meningkatkan soft skill adalah langkah penting dalam pengembangan diri dan profesional. Berikut adalah cara efektif untuk meningkatkan soft skill:


1. Pelatihan dan Workshop


Mengikuti pelatihan dan workshop adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan soft skill. 


Banyak organisasi dan institusi pendidikan menawarkan kursus di berbagai area, seperti komunikasi, kerjasama tim, kepemimpinan, dan manajemen waktu


Kursus-kursus ini dirancang untuk memberikan pengetahuan praktis dan kesempatan untuk berlatih keterampilan baru dalam lingkungan yang mendukung.


2. Membaca dan Belajar Mandiri


Membaca buku, artikel, dan materi pendidikan lainnya tentang soft skill dapat memberikan wawasan dan teknik baru yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 


Ada banyak sumber online gratis maupun berbayar yang dapat membantu dalam belajar mandiri. 


3. Menerapkan Soft Skill dalam Kehidupan Sehari-hari


Praktik adalah kunci untuk meningkatkan soft skill. Cobalah untuk menerapkan keterampilan yang dipelajari dalam situasi kehidupan nyata, baik di tempat kerja maupun dalam interaksi sosial. 


Misalnya, jika Sobat MinDi belajar tentang komunikasi efektif, praktikkan dengan berbicara lebih jelas dan mendengarkan secara aktif saat berinteraksi dengan orang lain.


Baca Juga: Yuk Tingkatkan Kemampuanmu Melalui Sertifikasi Pelatihan Kampus!


4. Terima Kritik dan Saran


Feedback dari orang lain sangat penting untuk perkembangan soft skill. Minta pendapat dan kritik dari rekan kerja, atasan, teman, atau keluarga tentang cara berkomunikasi, bekerja dalam tim, atau memimpin. 


Feedback ini dapat memberikan perspektif baru dan membantu Sobat MinDi mengidentifikasi hal yang perlu diperbaiki.


5. Mentoring dan Coaching


Memiliki mentor atau coach bisa sangat membantu dalam meningkatkan soft skill. Seorang mentor dapat memberikan panduan, dukungan, dan umpan balik berdasarkan pengalaman mereka sendiri.


Meningkatkan soft skill memerlukan waktu, kesabaran, dan komitmen berkelanjutan. 


Dengan terus belajar dan menerapkan keterampilan softskill dalam sehari-hari, kamu dapat meningkatkan kemampuan interpersonal dan profesional secara signifikan.


Meningkatkan soft skill juga merupakan hal penting dalam suatu kelompok atau organisasi, dalam dunia kerja, meningkatkan soft skill karyawan merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kemampuannya dalam bekerja.


Salah satu caranya adalah dengan mengikuti mentoring pada suatu pelatihan atau kursus khusus, seperti corporate training.


Corporate Training dibimbing.id adalah program pelatihan skill dan potensi karyawan terbaik dan efisien. Dengan pembelajaran yang dapat di custom sesuai kebutuhan, training ini mampu memberikan pelatihan tepat sesuai dengan tujuan perusahaan.


Tunggu apalagi? ayo segera daftarkan tim Anda di sini! lalu nikmati kenaikan level kinerja karyawan setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi potensi karyawan Anda.



Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!