Pemula UI/UX? Ini 4 Tips Memilih Tools Wireframe Online

Dibimbing.id

28 July 2022

6593

Image Banner

Bicara soal UI/UX itu emang gak bakalan ada habisnya. Ada banyak hal yang harus terus diulik. Nah, bagi Sobat MinDi yang udah mencicipi dunia UI/UX pasti udah gak asing kan dengan istilah wireframe? Iya, salah satu elemen penting dalam penyusunan UI/UX design. Tapi, buat kamu yang masih bingung soal wireframe, gak usah sedih. MinDi bisikin dulu nih apa sih sebenarnya wireframe itu. 

Apa Itu Wireframe


Secara gampangnya, wireframe itu kerangka gambar dari desain UI/UX yang akan kamu buat.  Ibaratnya tuh kayak, ketika akan membuat sebuah bangunan, pasti bakalan digambar dulu kan rancangan tata letaknya? Gak mungkin ujug-ujug langsung di dekor dan diberi warna. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan lebih dulu sebelum melangkah lebih jauh. Nah, hal itu juga berlaku nih dalam penyusunan UI/UX. 

Contoh wireframe traveling app

Photo by Dribble

Jadi wireframe itu bisa dibilang sebuah tahapan dimana para UI/UX designer melakukan perencanaan buat menyusun informasi. Di tahap ini, para UI/UX designer bakal menentukan hal-hal apa aja yang penting buat ditonjolkan di website, aplikasi, atau produk digital lainnya. 

“Seberapa penting sih tahapan wireframe ini?”

Jawabannya adalah penting banget! Karena dari tahapan wireframe  ini nantinya bisa membantu para UI/UX designer  buat menentukan flow pengalaman yang nantinya bakal dirasakan sama user saat mengakses produk digital yang sedang dibuat. 

Nah, proses pembuatan wireframe sendiri sebenarnya bisa dilakukan secara gambar tangan maupun digital. Sobat MinDi juga bisa langsung search aja di Google tools  untuk wireframing, nanti bakal disediakan banyak tools atau website wireframing online

Tapi aku gak tau website atau tools mana yang cocok buat aku. Apalagi aku masih pemula.”

Tenang, jangan sedih Sobat MinDi. Selama ada MinDi, dijamin deh akan selalu ada solusi! Kali ini MinDi juga bakalan kasih tips memilih tools wireframe online yang tepat, khusus buat para Sobat MinDi yang masih pemula dalam dunia UI/UX design. Yuk, jangan lupa dicatat ya! 

Tips Memilih Tools Wireframe Online


Contoh tampilan tools untuk wireframe

Photo by lucidchart


  1. Fitur yang ditawarkan

Tips pertama yang bakalan MinDi kasih adalah pertimbangkan fitur yang ditawarkan dari tools yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mempertimbangkannya mulai dari, apakah tools tersebut menawarkan low atau high fidelity, hingga sejauh mana fitur-fitur tersebut dapat membantu proses pembuatan wireframe kamu. 

  1. Kesesuaian dengan workflow kamu

Agar proses pembuatan wireframe lancar, penting banget buat kamu menyesuaikan tools dengan workflow kamu. Sobat MinDi, bisa nih mulai mempertimbangkan apakah tools  tersebut dapat berjalan dengan baik di desktop, browser, atau bahkan device kamu. Perhatikan juga apakah tools  tersebut menawarkan fitur integrasi ke aplikasi lain yang mungkin kamu butuhkan atau gunakan. 

  1. Pertimbangkan aktivitas pengembangan tools

Tak sedikit tools yang tiba-tiba berhenti beroperasi tanpa pemberitahuan sama sekali. Kalau begitu kejadiannya kan agak menyulitkan kamu yang akan menggunakan tools ini. Jadi jangan sampai lupa, kamu harus melihat apakah tools yang akan kamu gunakan ini aktif untuk dikembangkan atau tidak. 

  1. Pertimbangkan biaya

Beberapa tools  untuk wireframe mematok biaya, namun ada juga yang menyediakan fitur gratis. Kamu harus perhatikan poin ini, karena fitur dan kualitas yang diberikan pasti akan berbeda. Kalau Sobat MinDi ingin menggunakan tools yang membutuhkan biaya, harus dipertimbangkan ya apakah biayanya sesuai dengan budget kamu, atau apakah fitur-fiturnya nanti bakal sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak. 

Nah, itu dia tips untuk memilih tools wireframe online yang bisa Sobat MinDi terapkan. Semua tools pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi Sobat MinDi harus pintar-pintar nih untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu. 

Anyway, MinDi mau kasih informasi menarik nih buat Sobat MinDi. Kamu udah tau belum kalau dibimbing.id menyediakan Bootcamp UI/UX Design? Buat kamu yang tertarik untuk menyelami dunia UI/UX design lebih dalam, MinDi sarankan kamu untuk daftar program bootcamp ini. 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif selama 4,5  bulan. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. Gak cuma itu lho, Sobat MinDi juga bakalan diberikan proyek akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi serta pengalaman baru yang menyenangkan dan menantang. 

Jadi gimana, apakah kamu tertarik buat daftar bootcampnya? Kalau iya, yuk langsung klik disini. Lesgoowww!!!



Referensi:


How to Choose a Wireframing / Prototyping Tool. Is Balsamiq the Right Tool for Me?. (2020, December 11).  Balsamiq. https://balsamiq.com/support/sales/howtochoose/


Taylor T. How to pick the right application wireframing tool. (2019, June 26). https://www.techtarget.com/searchapparchitecture/tip/How-to-pick-the-right-application-wireframing-tool

Pelajari Cara Membuat Aplikasi yang User Friendly dan Interaktif!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait

Contoh Skripsi UI/UX: Tips Memilih Judul dan Ide Menarik

UI/UX Design

Contoh Skripsi UI/UX: Tips Memilih Judul dan Ide Menarik

Memilih judul skripsi diperlukan kreativitas dan pengetahuan mendalam. Berikut adalah beberapa cont...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

27 August 2023

5 Cara Membuat User Persona Efektif, Tutorial Terlengkap!

UI/UX Design

5 Cara Membuat User Persona Efektif, Tutorial Terlengkap!

User persona adalah komponen penting dalam memahami target audiens dalam proses perancang produk. S...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

20 October 2023

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

UI/UX Design

9 Contoh Desain UI Website yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Bingung atau kehabisan ide saat merancang website? Ini dia 9 contoh desain UI website yang bisa kam...

Image Author

Nadia L Kamila

21 October 2023

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

UI/UX Design

Apa Tujuan Utama dari Pembuatan Desain Interface?

Tujuan utama dari pembuatan desain interface adalah untuk pengalaman pengguna yang maksimal. Temuka...

Image Author

Nadia L Kamila

13 December 2023

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

UI/UX Design

7 Contoh Footer Web Beserta Penjelasan Lengkapnya, Yuk Lihat

Footer web adalah bagian yang kerap kali dianggap tidak penting, tapi sebenarnya memiliki beragam f...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

11 February 2024

8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari, Yuk Liat!

UI/UX Design

8 Contoh Penerapan UX dalam Kehidupan Sehari-Hari, Yuk Liat!

Penerapan UX bisa dilihat di berbagai aspek kehidupan, produk digital atau non-digital. Simak conto...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

10 April 2024