7 Tips Membuat Profil Linkedin Menarik, Cocok untuk Fresh Graduate!

Muthiatur Rohmah

16 January 2024

211

Image Banner

Linkedin merupakan salah satu aplikasi yang penting dan harus dimiliki oleh para profesional karir. Salah satunya adalah para fresh graduate.


Fresh graduate dituntut untuk memperbaiki citra diri secara profesional, hal ini dapat dilakukan pada profil linkedinnya. Sobat MinDi, sebagai seorang lulusan baru dapat selau memperbarui profil linkedin agar terlihat bagus dan menarik.


Profil Linkedin yang menarik, dapat mengundang rekruter untuk menghubungi Sobat MinDi. Profil linkedin yang menarik juga dapat memberikan kesempatan Sobat MinDi untuk terhubung dengan para profesional di bidang yang sama dengan Sobat MinDi.


Yuk simak tips membuat profil linkedin menarik, dan segera jalin relasi profesional melalui akun linkedin yang memiliki profil menarik.


7 Tips Membuat Profil Linkedin Menarik


Membuat profil yang menarik pada linkedin memerlukan beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Bagi Sobat MinDi yang notabenenya seorang fresh graduate simak tips dan tahapannya secara lengkap, berikut ini!


Mengembangkan profil LinkedIn yang menarik dan efektif membutuhkan pemikiran strategis dan perhatian pada detail. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci untuk setiap poin:


1. Pilihlah Foto Profil dan Sampul yang Profesional untuk Akun Linkedin


Foto profil adalah salah satu elemen pertama yang dilihat orang. Pilihlah foto yang menampilkan kesan profesional namun tetap terlihat aksesibel dan ramah. 


Hindari foto likedin yang terlalu santai, foto ini akan membuat Sobat MinDi terlihat tidak profesional. 


Pemilihan Foto sampul juga merupakan hal yang penting, pilihlah gambar yang menggambarkan industri atau aspek pekerjaan Sobat MinDi. Misalnya, seorang arsitek mungkin memilih gambar bangunan yang menarik, sementara seorang marketing staff bisa memilih gambar yang berkaitan dengan digital campaign.


2. Tulislah Headline yang Menarik dalam Profil Linkedin


Headline LinkedIn Anda bukan hanya gelar pekerjaan Sobat MinDi. Pemilihan headline yang tepat bertujuan untuk menyatakan value yang Sobat MinDi miliki. 


Gunakan kata kunci yang menjelaskan keahlian Sobat MinDi dan yang sering dicari dalam industri. Misalnya, "Professional Digital Marketing Specialist & SEO Specialist”


3. Tulis Ringkasan Pada Profil Linkedin Secara Menyeluruh


Ringkasan adalah fitur dalam linkedin untuk menceritakan diri Sobat MinDi. Gunakan fitur  ini untuk menyoroti pencapaian, keahlian, dan tujuan karir. Ceritakan tentang pengalaman unik, apa yang memotivasi Sobat MinDi, dan bagaimana Sobat MinDi dapat memberikan nilai tambah kepada calon recruiter atau calon koneksi profesional. 


Ringkasan pribadi dalam profil linkedin digunakan untuk menunjukkan kepribadian diri, jadi jangan takut untuk  menulis dengan gaya yang sedikit informal untuk menunjukkan keaslian karakter diri.


Baca Juga: Contoh Tagline Personal Branding Diri Sendiri di Media Sosial yang Menarik


4. Tulislah dengan Detail Pengalaman Kerja Pada Profil Linkedin


Pada profil linkedin dalam bagian pengalaman, jelaskan secara spesifik peran dan tanggung jawab. Gunakan poin-poin untuk membuat pengalaman kerja Sobat MinDi mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain. 


Soroti pencapaian khusus atau proyek yang pernah dikerjakan. Misalnya, "Meningkatkan penjualan online sebesar 40% dalam enam bulan melalui strategi pemasaran digital yang inovatif."


5. Cantumkan Pendidikan dan Sertifikasi pada Profile Linkedin


Selain gelar akademis, sertifikasi profesional menunjukkan dedikasi dan keahlian sobat MinDi terhadap pembelajaran dan pengembangan. 


Jika Sobat MinDi telah mengikuti kursus atau pelatihan yang relevan dengan keahlian, pastikan untuk menulisnya pada profile linkedin. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Sobat MinDi tetap up-to-date dengan tren terbaru di bidang keahlian Sobat MinDi.


6. Perhatikan Fitur Keahlian dan Endorsement pada Linkedin


Bagian keahlian bertujuan untuk menjelaskan apa yang Sobat MinDi kuasai. Pilih keahlian yang paling relevan dengan karir dan minta rekan atau mantan atasan untuk validasi keahlian tersebut melalui endorsement. 


Endorsement ini menambah kepercayaan dan validitas pada keahlian yang telah diklaim. Untuk mendapatkan endorsement, Sobat MinDi juga bisa proaktif memberikan endorsement kepada rekan kerja,  yang sering kali memotivasi mereka untuk membalas budi.


7. Tetap Selalu Aktif di Platform LinkedIn


Aktivitas di LinkedIn dapat meningkatkan visibilitas Sobat MinDi. Dengan sering membagikan wawasan industri, artikel, atau berpartisipasi dalam diskusi, Sobat MinDi dapat menunjukkan keahlian dan komitmen terhadap bidang yang dikuasai. 


Hal ini juga merupakan kesempatan untuk membangun jaringan dan terlibat dengan profesional lain. Ingat, kualitas lebih penting daripada kuantitas; berbagi konten yang bernilai dan bermakna akan lebih efektif daripada memposting terlalu sering.


Menyimak tips ini akan membantu menciptakan profil LinkedIn yang menarik secara visual dan menunjukkan profesionalisme pengalaman dan keahlian. Profil seperti ini akan lebih menarik perhatian perekrut dan profesional lain di bidang keahlian yang diminati.


Ikutilah Bimbingan Persiapan Karier dibimbing.id Agar Profil Linkedin menjadi Lebih Menarik!


Mengikuti kursus online, atau kelas profesional tambahan dapat meningkatkan profesionalisme pada mahasiswa. Kursus tambahan dapat menunjukkan keseriusan seorang mahasiswa dalam menekuni suatu bidang, sebelum terjun ke dunia kerja.


Ikutilah Bimbingan Persiapan Karir dibimbing.id, dengan didampingi para mentor profesional dan telah diikuti oleh beberapa universitas negeri ternama di Indonesia. Dengan beberapa keunggulan tersebut, dapat menyiapkan karir Sobat MinDi dengan matang, sebelum memasuki dunia kerja.


Tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang juga di sini! dan nikmati promo menariknya khusus hari ini!



campus training

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Artikel Terkait

 Tugas Web Developer Sesuai Posisinya, Panduan Lengkap!

Career Development

Tugas Web Developer Sesuai Posisinya, Panduan Lengkap!

Tugas web developer beragam mulai dari pengembangan situs web hingga pemeliharaannya. Ini bisa berb...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

16 August 2022

Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar [Template]

Career Development

Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar [Template]

Ingin membuat surat lamaran kerja? Berikut struktur lamaran kerja yang baik dan benar.

Image Author

Dibimbing.id

27 November 2023

Cara Membuat CV Tulis Tangan yang Benar Supaya Dilihat Oleh HRD

Career Development

Cara Membuat CV Tulis Tangan yang Benar Supaya Dilihat Oleh...

Simak cara membuat CV tulis tangan yang benar, supaya CV yang kamu tulis bisa dilihat oleh HRD.

Image Author

Anisa Fitri Maulida

05 December 2023

Contoh Tagline Personal Branding Diri Sendiri di Media Sosial yang Menarik

Career Development

Contoh Tagline Personal Branding Diri Sendiri di Media Sosi...

Tagline yang tepat merupakan tatanan dasar dalam membangun personal branding dan citra yang kuat, Y...

Image Author

Muthiatur Rohmah

11 January 2024

Personal Branding di CV?  Yuk Simak Cara Membuat dan Contohnya

Career Development

Personal Branding di CV? Yuk Simak Cara Membuat dan Contoh...

Berikut adalah ulasan lengkap membangun personal branding di CV. Yuk simak contoh personal branding...

Image Author

Muthiatur Rohmah

11 January 2024

Contoh Abstrak Karya Ilmiah Inovatif, Dijamin Lengkap & Sistematis!

Career Development

Contoh Abstrak Karya Ilmiah Inovatif, Dijamin Lengkap & Sis...

Yuk pelajari beberapa contoh abstrak karya ilmiah yang lengkap dan sistematis pada artikel ini!

Image Author

Dibimbing.id

14 March 2024