10 Tips Jelaskan Tujuan Karir dalam Perusahaan di Interview

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

28 April 2024

2118

Image Banner

Dalam dunia profesional yang kompetitif, memiliki tujuan karir yang jelas sangat penting bagi pekermbangan pribadi dan membuat diri menonjol saat wawancara. Apabila Anda bisa jelaskan tujuan karir dalam perusahaan dengan baik, Anda bisa memberikan kesan baik.


Lantas, bagaimana cara jelaskan tujuan karir dalam perusahaan saat interview? Temukan tipsnya dengan baca artikel ini sampai habis!



10 Tips Jelaskan Tujuan Karir dalam Perusahaan Saat Wawancara



Menjelaskan tujuan karir selama wawancara kerja adalah momen penting untuk menunjukkan seberapa baik Anda telah mempersiapkan diri. Ini juga menunjukkan seberapa serius Anda mempertimbangkan masa depan bersama perusahaan.


Berikut adalah 10 tips untuk jelaskan tujuan karir dalam perusahaan:


1. Lakukan Riset tentang Perusahaan


Sebelum wawancara, luangkan waktu untuk memahami segala aspek terkait perusahaan. Kunjungi situs web resmi perusahaan untuk mengetahui sejarah, misi, visi, dan pencapaian terbaru.


Cari tahu tentang budaya perusahaan, produk, dan layanannya serta tantangan industri yang dihadapi saat ini. Informasi ini akan membantu penggambaran bagaimana Anda bisa berkontribusi secara spesifik dan relevan



2. Tentukan Tujuan Jangka Panjang Anda


Identifikasi di mana Anda ingin berada dalam karier Anda 5 hingga 10 tahun ke depan. Tujuan ini harus ambisius namun realistis, mencerminkan arah yang ingin Anda tuju dalam profesionalisme dan pertumbuhan pribadi. 


Misalnya, jika Anda di bidang keuangan, tujuan jangka panjang Anda mungkin menjadi CFO atau ahli strategi keuangan utama.


Baca Juga: 7 Manfaat Perencanaan Karier dalam Meraih Kesuksesan





3. Nyatakan Tujuan Jangka Pendek Anda


Definisikan langkah-langkah atau milestone yang lebih kecil yang akan membantu mencapai tujuan jangka panjang Anda. Ini bisa berupa posisi yang ingin Anda capai dalam beberapa tahun mendatang atau keterampilan khusus yang ingin dikembangkan. 


Misalnya, sebagai spesialis pemasaran, tujuan jangka pendek Anda mungkin untuk memimpin kampanye digital yang sukses.



4. Hubungkan Tujuan Anda dengan Kebutuhan Perusahaan

Jelaskan bagaimana tujuan Anda akan membantu memenuhi kebutuhan atau tujuan perusahaan. 


Misalnya, jika perusahaan berfokus pada inovasi, sampaikan bagaimana pengalaman Anda dengan teknologi baru atau proses kreatif dapat berkontribusi pada inisiatif inovatif mereka.



5. Gunakan Contoh Spesifik


Berikan contoh nyata dari pengalaman sebelumnya di mana Anda berhasil mencapai tujuan yang serupa dengan yang ditetapkan untuk masa depan. 


Misalnya, ceritakan tentang proyek di mana Anda berhasil meningkatkan efisiensi operasional atau mendapatkan pengakuan atas kepemimpinan.



6. Jadilah Jujur dan Realistis


Sampaikan tujuan Anda dengan kejujuran. Jangan menciptakan tujuan hanya untuk mengesankan pewawancara. Kejujuran akan menunjukkan integritas dan realisme dalam evaluasi diri Anda sendiri.



7. Pertimbangkan Keterampilan yang Dibutuhkan


Identifikasi keterampilan yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan karir dan sampaikan rencana untuk mengembangkan atau memperkuat keterampilan tersebut. 


Misalnya, jika ingin bergerak ke peran manajerial, mungkin Anda memerlukan keterampilan kepemimpinan dan komunikasi yang lebih kuat.



8. Sampaikan Fleksibilitas Anda


Tunjukkan bahwa Anda fleksibel dan dapat beradaptasi dengan perubahan, baik dalam hal teknologi, proses kerja, atau pergeseran strategis dalam bisnis. Ini menunjukkan bahwa Anda siap untuk tumbuh bersama perusahaan dan tidak kaku dalam pendekatan baru.



9. Sampaikan Manfaat Untuk Perusahaan


Jelaskan bagaimana tujuan karir Anda tidak hanya baik untuk pertumbuhan pribadi tetapi juga menguntungkan bagi perusahaan. 


Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk mengoptimalkan proses, sampaikan bagaimana ini dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional

.

Baca Juga: Memulai Langkah Pertama Dalam Karir Seorang Fresh Graduate



10. Sertakan Pembelajaran dan Pengembangan

Sampaikan komitmen Anda untuk pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan profesional. Sebutkan kursus, workshop, atau sertifikasi yang Anda rencanakan atau yang telah ambil untuk meningkatkan kualifikasi pribadi


Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam pertumbuhan Anda dan bertekad untuk tetap relevan dalam industri.




Itulah 10 tips menjelaskan tujuan karir dalam perusahaan ketika interview. Dengan menggunakan tips di atas, Anda bisa menunjukkan antusiasme pada posisi tersebut.


Meski mempersiapkan interview penting, ada hal lain yang harus dipersiapkan. Mulai dari skill yang dibutuhkan hingga CV yang bagus. Hal ini terutama penting diperhatikan oleh fresh graduate dan mahasiswa.


Untuk yang ingin mempersiapkan mahasiswanya sebelum terjun ke industri profesional,  career preparation Dibimbing.id bisa jadi bahan pertimbangan yang tepat. Dengan program ini, Anda bisa memberikan pelatihan atau workshop sesuai minat dan passion mahasiswa.


Program dan jadwal yang ditawarkan career preparation ini bisa disesuaikan kebutuhan dan jadwal. Anda bisa pilih pelatihan digital marketing, data science, bahkan Excel.


Bukan cuma itu, mahasiswa juga akan diberikan review CV serta profil LinkedIn dan simulasi psycho test


Yuk, gabung dan bentuk mahasiswa yang siap bekerja bersama Dibimbing.id! Mulai dengan konsultasikan kebutuhan kampus Anda di sini!


Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!