10 Strategi SEO untuk Website Toko Online, Yuk Simak!

Nadia L Kamila

•

06 October 2023

•

5678

Image Banner

Ada banyak manfaat yang bisa didapat bisnis dari menerapkan SEO untuk bisnis onlinenya. Dari mulai meningkatkan trafik hingga mendapatkan leads. Strategi SEO untuk toko online e-commerce adalah hal yang wajib dikuasai oleh para penjual online agar mampu menaikan penjualan dari internet.

Apakah Sobat MinDi juga ada yang berprofesi sebagai penjual online? Jika iya, artikel ini akan membantu kamu untuk menaikkan ranking websote bisnis online kamu dan harapannya mampu berakibat pada naiknya sales!

Mengapa Strategi SEO untuk Toko Online E-Commerce Penting?

Kenapa merlu menggunakan SEO pada bisnis? Jadi, sobat MinDi, keberadaan Search Engine Optimization membantu toko online milikmu bisa muncul di halaman pertama Google saat konsumen mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Dengan kata lain, memanfaatkan SEO bermanfaat untuk:


Nah, untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, kamu perlu tau tips dan strategi memanfaatkan SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis online kamu. Berikut tips dan strategi yang bisa kamu terapkan


10 Tips dan Strategi SEO untuk Toko Online E-Commerce


Bagaimana cara menjalankan strategi SEO untuk Toko Online e-commerce? MinDi akan jabarkan semua tipsnya di sini!


1. Cari Tahu apa yang Audiens Kamu Cari di Internet


Mengerti apa yang dicari oleh konsumen adalah langkah pertama yang sangat penting. Kamu perlu mencari tahu apa kata kunci yang dicari audiens ketika mereka mengetik segala hal yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Kamu bisa memanfaatkan tools seperti Google Keyword Planner untuk mengetahui kata kunci yang paling relevan dengan produk kamu. Perhatikan juga beberapa hal seperti search volume, commercial intent, competition, hingga keyword product fit.

Atau, cara yang paling mudah adalah dengan bertanya pada customer kamu. Misalnya, kamu punya bisnis catering. Kamu bisa bertanya apa sih yang customer kamu cari ketika akan membeli bisnis kamu. Misalnya, untuk bisnis catering, kata kunci yang relevan, di antaranya: catering terbaik di Jakarta, bisnis katering murah, catering enak.


2. Maksimalkan On Page SEO


Kamu bisa memfokuskan on page SEO pada halaman produk dan kategori. Karena dua halaman inilah yang nantinya paling banyak dikunjungi oleh pelanggan. Sebar keyword yang sudah kamu dapatkan pada kedua halaman ini.

Ada beberapa tempat yang harus kamu masukkan keyword untuk memaksimalkan on page SEO. Mulai dari judul, deskripsi produk, meta deskripsi, hingga seluruh nama dokumen yang kamu unggah. 

Pastikan setiap gambar produk, dokumen PDF, hingga video testimoni telah dinamai dengan keyword yang sesuai. Termasuk menuliskan keyword dalam alt text, hal ini supaya robot crawling dapat mengindeks sesuai dengan keyword yang disiapkan.


3. Memperbaiki Struktur Halaman Toko Online


Halaman website yang bagus dan jelas akan berpengaruh pada ranking pencarian Google, begitu pula dengan kenyamanan pengguna saat berbelanja di toko online. Pastikan website cepat, ringan, dan enak dilihat secara UI/UX.

Untuk menyusun struktur halaman kamu perlu memperhatikan untuk membuat halaman kategori yang simpel. Misalnya kategori skincare dan make up, barulah kemudian tambahkan kategori yang lebih khusus misalnya skincare facial wash, toner, moisturizer, dan lain sebagainya.

Halaman yang terstruktur seperti ini tentu membuat pengunjung lebih mudah menemukan barang yang ia cari, jika dibandingkan dengan disusun berdasarkan abjad, atau berdasarkan tanggal upload saja. 


4. Lengkapi Deskripsi dan Review Produk


Saat hendak berbelanja online, pastinya kamu akan membaca dengan teliti deskripsi barang supaya tidak tertipu atau salah membeli. Saat membeli secara online, kita tidak bisa melihat langsung barang, mengecek kualitas, hingga kecocokan barangnya.

Oleh karena itu, deskripsi yang lengkap pada masing-masing produk yang kamu jual sangatlah penting. Selain berisi keyword, deskripsi juga bisa menjelaskan tentang bahan, ukuran, berat, manfaat, komposisi barang, cara pakai, dan masih banyak lagi.

Lebih baik jika terdapat review produk, dimana pembeli sebelumnya memberikan kesan terhadap barang tersebut. Keberadaan deskripsi ini akan dilihat oleh Google sebagai website yang benar-benar memberikan informasi yang lengkap pada pelanggannya.


5. Mengatur URL


Strategi SEO untuk toko online e-commerce selanjutnya adalah pastikan URL dari setiap halaman toko online juga telah mengandung keyword yang sesuai dengan produk di dalamnya. Cek juga setiap slug dari URL yang ada.

Adanya keyword dan slug yang rapi akan memberikan nilai lebih kepada Google dan membantu Google untuk mengindex dan merekomendasikan e-commerce toko onlinemu pada pelanggan yang membutuhkan. 


6. Buat Blog


Masih sedikit brand yang memiliki blog di e-commerce mereka. Keberadaan blog ini sendiri bisa membantu mendatangkan trafik hingga meningkatkan brand awareness. Yang terpenting, cari tahu apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan.

Misalkan jika berjualan kosmetik, maka bisa mengisi blog dengan tutorial make up, tips merawat kulit muka, dan konten-konten serupa. Selipkan juga copywriting dalam artikel untuk soft selling pada pembaca. Artikel atau blog bisa meningkatkan traffic dan mendapatkan banyak pengunjung pada website kamu.


7. Masukkan Internal Link


Internal link adalah tautan yang ketika seseorang mengklik tautan tersebut akan mengarahkan pada halaman lain dalam satu website yang sama. Strategi ini bisa kamu gunakan saat menyisipkan kalimat copy dalam artikel blog.

Kamu bisa menulis artikel seperti rekomendasi skincare untuk kulit kering, nah di setiap skincare yang disebutkan bisa kamu sisipkan internal link menuju etalase produk tersebut. 

Keberadaan internal link ini akan membantu Google sebagai mesin pencari untuk mengindex halaman website kamu dengan lebih baik lagi.


8. Tambahkan Schema Markup


Schema Markup adalah kode khusus untuk memberikan informasi mengenai isi dari sebuah halaman website. Isi dari sebuah website ini akan ditampilkan di halaman hasil pencarian saat ada orang yang mencarinya. Pernahkah kamu

Keuntungannya, website kamu bisa tampil lebih menonjol pada halaman hasil pencarian diantara website lainnya. Pengunjung akan tertarik untuk klik website tersebut karena informasi yang diberikan lebih lengkap daripada yang lainnya.


9. Hubungkan Toko Online dengan Sosial Media


Saat ini hampir tak ada orang Indonesia yang tidak memiliki sosial media. Kamu bisa membuat akun media sosial di Instagram, Twitter, atau Tiktok dan hubungkan akun tersebut dengan toko online.

Pastikan juga sosial media tersebut juga aktif dengan konten-konten soft selling maupun hard selling. Sehingga penonton yang tertarik bisa segera meluncur ke website dan memberi produk di sana. 

Untuk memahami dunia digital, khususnya tentang e-commerce perlu pemahaman yang mendalam. Strategi SEO untuk toko online e-commerce hanyalah satu aspek dari keseluruhan digital marketing.


10. Sharing ke Social Media


Jangan lupa juga untuk memanfaatkan social media. Sharing ke sosmed untuk setiap artikel yang telah kamu buat. Memanfaatkan artikel bisa menambah reach konten kamu dan bisa mengundang audiens lebih banyak. Kamu bisa melakukan sharing ke Linkedin, Tiktok, Instagram dll.

Agar Sobat MinDi bisa memahami lebih luas dan mendalam mengenai digital marketing, mengikuti pelatihan atau bootcamp bisa menjadi pilihan terbaik nih! 

Dibimbing menyediakan program Bootcamp Digital Marketing dengan mentor yang ahli di bidangnya. Kamu nggak hanya mendapatkan materi, namun juga keterampilan praktek melalui real case project yang diberikan. 

Segera hubungi MinDi di sini untuk daftar ataupun berkonsultasi seputar Bootcamp yang ingin kamu ikuti ya. Sampai jumpa di kelas!

digital marketing

Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Digital Marketing

Cara Membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress, Mudah!

Yuk, pelajari cara membuat Sitemap XML dan HTML di WordPress kamu sendiri dengan mengikuti langkah-...

Image Author

Raniah Fatimah

•

07 June 2023

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Digital Marketing

Cara Mengatasi Duplicate Meta Descriptions Pada Blog

Cara mengatasi duplicate meta descriptions pada blog bisa kamu lakukan dengan mengedit template. Yu...

Image Author

Raniah Fatimah

•

23 June 2023

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Digital Marketing

Gaji Social Media Marketing Tahun 2024: Menggiurkan!

Kamu mau berkarir sebagai Social Media Marketing? Ternyata segini gaji Social Media Marketing tahun...

Image Author

Anisa Fitri Maulida

•

01 November 2023

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Digital Marketing

Pekerjaan Afiliator: Konsep, Jenis, dan Strateginya

Pekerjaan afliator adalah bagian dari model bisnis di mana individu mendaptkan komisi lewat promosi...

Image Author

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

11 January 2024

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruhinya

Digital Marketing

Gaji Content Manager di Indonesia & Faktor yang Mempengaruh...

Bagi seseorang yang bekerja di bidang pembuatan konten, profesi content manager merupakan pekerjaan...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

19 March 2024

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Digital Marketing

9 Tips Mengisi Linkedin untuk Mahasiswa, Buat Profil Menarik

Bagaimana tips mengisis linkedin untuk mahasiswa? Yuk simak caranya dan pastikan profil mu jadi leb...

Image Author

Muthiatur Rohmah

•

27 April 2024