dibimbing.id - Simak Perbedaan CV & Resume yang Wajib diketahui!

Simak Perbedaan CV & Resume yang Wajib diketahui!

Muthiatur Rohmah

•

08 March 2024

•

445

Image Banner

CV dan resume adalah dua dokumen yang penting dan perlu dicantumkan saat melamar pekerjaan. Dua dokumen tersebut berfungsi untuk menjelaskan data diri, potensi dan skill yang dimiliki pelamar.


Lalu apakah CV dan Resume memiliki perbedaan?


Jawabannya iya, CV menjelaskan data diri, kemampuan dan prestasi seseorang, sedangkan resume menjelaskan skill dan potensi diri secara lebih spesifik pada bidang pekerjaan tertentu.


Masih bingung memahami perbedaan CV dan resume? Yuk simak penjelasan dan contohnya berikut ini.


Pengertian CV


Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menyajikan ringkasan dari pengalaman profesional, latar belakang pendidikan, keterampilan, serta pencapaian secara umum. 


CV digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada recruiter agar mereka memahami potensi diri pelamar secara umum.CV biasanya dibuat lebih detail dan panjang untuk menjelaskan potensi diri pelamar secara lengkap.


CV merupakan kesempatan pertama untuk membuat kesan yang baik kepada perekrut, sehingga penting dibuat secara cermat dan profesional.


Pengertian Resume


Resume adalah dokumen singkat yang memuat ringkasan pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dan spesifik pada suatu bidang pekerjaan tertentu.


Dibandingkan dengan CV, resume bersifat spesifik dan lebih ringkas, seringkali hanya satu halaman, resume lebih fokus pada informasi penting dan relevan dengan posisi yang dilamar. 


Resume bertujuan untuk menarik perhatian recruiter dan meyakinkan mereka untuk mengundang pelamar ke tahap wawancara. Resume diatur dengan cara yang memudahkan recruiter agar cepat menilai kesesuaian pelamar dengan posisi yang ditawarkan.


Perbedaan CV dan Resume


CV dan resume adalah dua dokumen yang sering digunakan dalam proses melamar pekerjaan. Namun CV dan resume memiliki perbedaan dari beberapa aspek.


berikut adalah perbedaan CV dan Resume yang wajib Sobat MinDi pahami sebelum melamar kerja.


1. Isi


Dari segi isi,CV bersifat lebih panjang dan lebih detail. CV mencakup gambaran menyeluruh dari seluruh karier akademik dan profesional seseorang, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, penghargaan, publikasi, presentasi, dan lain-lain. 


Sedangkan resume bersifat lebih singkat dan padat, umumnya tidak lebih dari satu halaman. Resume fokus pada pengalaman dan keterampilan tertentu dengan tujuan memberikan gambaran cepat tentang kualifikasi pelamar.


2. Tampilan


Tampilan CV cenderung bersifat statis dan tidak banyak berubah saat melamar suatu pekerjaan, kecuali ada update informasi terbaru.


Sedangkan resume harus disesuaikan untuk setiap lamaran pekerjaan, sebab tujuannya untuk menonjolkan aspek dari pengalaman yang paling relevan dengan posisi yang dilamar.

Resume umumnya dapat ditulis secara kreatif dan inovatif.


Contohnya, Jika Sobat MinDi melamar sebagai Marketing di perusahaan A dan Sales di perusahaan B, kamu harus membuat dua resume yang berbeda untuk kedua melamar pekerjaan tersebut.


3. Fungsi dan Penggunaan


Cv Lebih sering digunakan dalam konteks akademik, ilmiah, atau penelitian, di mana detail lengkap tentang kegiatan akademik dan profesional seseorang dianggap penting. 


CV juga cocok digunakan untuk melamar pekerjaan yang tidak memerlukan portofolio khusus seperti admin atau sales.


Sedangkan resume lebih umum digunakan dalam konteks pekerjaan yang memerlukan portofolio atau keahlian khusus, seperti bidang kreatif. 


Sebab resume lebih  fokus pada pengalaman kerja praktis dan keterampilan yang diperlukan oleh bidang pekerjaan tertentu.


4. Struktur dan Isi


CV Biasanya berisi  informasi pribadi, d pendidikan, pengalaman kerja, dan kemudian detail lainnya seperti publikasi, penghargaan, keanggotaan profesional, dll.


Sedangkan Resume langsung dimulai dengan ringkasan singkat atau tujuan karier, diikuti oleh pendidikan dan pengalaman kerja yang disusun secara kronologis yang relevan dengan bidang pekerjaan tertentu.


Pada intinya, perbedaan CV dan resume terletak pada tujuannya, CV bertujuan menonjolkan kemampuan diri secara detail dan umum kepada recruiter, sedangkan resume lebih spesifik dan berfungsi sebagai penjelasan skill dan potensi yang dimiliki pada suatu bidang pekerjaan tertentu.


Namun, CV dan resume merupakan dua dokumen yang penting dan perlu diperhatikan saat Sobat MinDi melamar suatu pekerjaan.


Baca Juga: Cara Mengirim CV Lewat WhatsApp: Jobseeker Harus Tahu!




Contoh CV dan Resume


Untuk menambah pemahaman Sobat MinDi mengenai perbedaan CV dan resume, yuk simak contoh CV dan Resume di bawah ini.


Berikut adalah contoh CV dan Resume yang dapat Sobat MinDi gunakan sebagai referensi saat melamar pekerjaan.


1. Contoh CV


Source: academia.edu

2. Contoh Resume


Source: pinterest


Sobat MinDi, itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan CV dan resume yang wajib dipahami oleh job seeker.


Saat melamar pekerjaan, selalu pastikan CV dan Resume sesuai dan relevan dengan posisi yang dilamar, sebab dua dokumen ini menjelaskan mengenai kemampuan dan potensi diri Sobat MinDi terhadap posisi yang dilamar.


Baca Juga: Cara Membuat CV Social Media Specialist & Contohnya



Sebelum memperhatikan resume dan CV yang baik dan benar, mahasiswa harus mempersiapkan skill dan potensi diri sebelum memasuki dunia kerja.


Hal tersebut dapat diatasi dengan mengikuti bimbingan persiapan karir dibimbing.id. Sebuah pelatihan khusus yang fokus mengasah skill dan potensi mahasiswa agar siap menghadapi dunia karir secara profesional.


Pelatihan karir ini dibimbing oleh mentor yang profesional dan berpengalaman, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran dan terarah dan tepat.


Segera daftarkan universitas Anda di sini! jangan khawatir, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi mahasiswa Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!