dibimbing.id - Rumus Persentase Excel: Cara Menggunakan & Contohnya

Rumus Persentase Excel: Cara Menggunakan & Contohnya

Muthiatur Rohmah

•

26 March 2024

•

2432

Image Banner

Microsoft excel adalah aplikasi profesional yang memudahkan tugas atau pekerjaan seseorang, baik di ranah pekerjaan profesional maupun pendidikan.


Excel digunakan untuk mengelola data, seperti menjumlahkan, rata-rata, analisis data hingga menghitung persentase data.


Pada kali ini, MinDi akan menjelaskan mengenai cara menggunakan rumus persentase excel dengan tepat dan mudah. Hal ini bertujuan untuk otomatisasi tugas kamu menjadi lebih mudah.


Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya!



Apa itu Rumus Persentase Excel?



Rumus persentase di Excel digunakan untuk menghitung proporsi nilai tertentu terhadap keseluruhan dalam bentuk persentase. 


Rumus persentase excel berguna dan sering digunakan untuk menganalisis data dan memberikan insight tentang seberapa besar bagian dari keseluruhan suatu nilai tertentu. 


Dalam prakteknya, rumus persentase biasanya melibatkan pembagian nilai yang satu dengan nilai lain, lalu hasilnya dikalikan dengan 100 untuk mengkonversinya menjadi format persentase. 


Contohnya, jika kamu ingin mengetahui persentase penjualan bulan ini terhadap bulan lalu, kamu dapat membagi penjualan bulan ini dengan penjualan bulan lalu, kemudian mengalikan hasilnya dengan 100. 


Excel menyediakan fitur format sel yang memudahkan pengguna untuk menampilkan hasil perhitungan secara otomatis dalam format persentase tanpa perlu mengalikan hasil pembagian dengan 100 secara manual. 


Penggunaan rumus persentase excel ini tidak hanya terbatas pada analisis keuangan, tetapi juga beragam aplikasi lain seperti statistik, penilaian kinerja, dan banyak lagi, sehingga penting dalam penggunaan Excel sehari-hari.


Baca Juga: 5 Rumus Excel Yang Harus Diketahui Setiap Data Scientist





Cara Menggunakan Rumus Persentase Excel



Rumus persentase Excel digunakan untuk menghitung bagaimana satu nilai berbanding terhadap nilai lain dalam bentuk persentase. 


Rumus ini berguna dalam berbagai situasi, seperti menentukan peningkatan penjualan dari bulan ke bulan, menghitung persentase diskon, atau menilai proporsi tertentu dari keseluruhan. 


Bagaimana cara menggunakan rumus persentase excel? Yuk pelajari selengkapnya!


1. Menentukan Rumus Dasar


Rumus dasar untuk menghitung persentase adalah `(bagian / keseluruhan) dikali 100`. Dalam Excel, kamu tidak perlu selalu mengalikan dengan 100 gunakan formatting persentase untuk mengonversi hasil menjadi format persentase.



2. Menggunakan Rumus di Excel


Untuk menghitung persentase satu nilai dari nilai lain, Sobat MinDi cukup membagi nilai tersebut dengan nilai total dan opsional mengalikannya dengan 100. 


Contoh:


Sobat MinDi memiliki data penjualan bulan ini yang terletak di (`B1`) dan penjualan bulan lalu terletak di (`A1`), lalu kamu ingin mengetahui peningkatan penjualan dalam persentase. Rumus yang digunakan adalah: `=(B1-A1)/A1`.


Jika kamu ingin hasil langsung dalam persentase tanpa mengalikan dengan 100, kamu bisa mengatur format sel ke persentase.



3. Memformat Hasil sebagai Persentase


  • Setelah mengetik rumus dan menekan Enter, pilih sel yang berisi hasil.

  • Klik kanan dan pilih 'Format Cells', atau gunakan shortcut `Ctrl+1`.

  • Pada tab 'Number', pilih 'Percentage'. Anda dapat menyesuaikan jumlah desimal yang diinginkan.

  • Klik 'OK'. Hasilnya sekarang akan ditampilkan dalam format persentase.


Penggunaan rumus persentase excel merupakan keterampilan dasar yang penting dan dapat diterapkan dalam berbagai konteks analisis data.



Contoh Penggunaan Rumus Persentase Excel



Belum paham mengenai penggunaan rumus persentase excel? Eitss, tenang saja, yuk simak contoh visualisasi data dan rumusnya pada kasus berikut ini.


Source: youtube.com/BudiTutorials


Pada tabel penjualan tersebut, kamu dapat menggunakan rumus persentase berupa membagi hasil penjualan (D3) dengan Target (C3) melalui rumus sebagai berikut:

=D3/C3 (kemudian enter)


Source: youtube.com/BudiTutorials


Setelah rumus persentase excel di tambah, kolom presentasi akan memiliki nilai dalam bentuk desimal. Lalu untuk mengubahnya menjadi satuan persen, kamu dapat menuju Home lalu ke bagian number format dan klik percentage.


Source: youtube.com/BudiTutorials


Sobat MinDi itulah pembahasan mengenai rumus persentase excel beserta cara membuatnya. Dalam menggunakan excel, kamu harus mempelajari beberapa rumus dasar excel dan dapat mempermudah pengolahan data.


Baca Juga: Bagaimana Cara Unprotect Excel? Simak Langkah Praktisnya di sini!



Rumus persentase excel merupakan hal yang penting dan perlu dikuasai oleh karyawan, dengan kemampuan menghitung persentase data yang efektif dan tepat, nilai pada data akan dapat dibaca dengan jelas.


Menguasai rumus persentase excel penting untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Oleh sebab itu, sebaiknya perusahaan memberikan karyawan wadah untuk meningkatkan skillnya dalam mengelola excel.


Ikuti corporate training dibimbing.id, dengan didampingi para mentor yang berkualitas dan berpengalaman, dibimbing.id siap memberikan pelatihan intensif dan terbaik untuk karyawan Anda.


Tunggu apalagi? segera konsultasikan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja tim setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi SDM berkualitas untuk perusahaan Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!