Blog

/

Data Science

/

5 Rumus Excel Yang Harus Diketahui Setiap Data Scientist

5 Rumus Excel Yang Harus Diketahui Setiap Data Scientist

Aulia Putri Andrika

21 September 2022

2257

Image Banner

Microsoft Excel salah satu hal pertama yang harus dipahami oleh calon Data Science. Menggunakan Excel pun tidak semudah yang dibayangkan. Untuk menggunakan Excel dengan benar, pemahaman yang baik tentang rumus program diperlukan. Rumus ini beroperasi pada nilai dalam sel atau sel, menghasilkan informasi spesifik seperti jumlah total atau nilai terendah dari pilihan sel. Dengan adanya rumus Excel ini akan mempermudah kamu dalam menggunakan Microsoft Excel.


Buat kamu yang penasaran dengan rumus-rumus Excel ini tenang, jangan sedih Sobat MinDi. Selama ada MinDi, dijamin deh akan selalu ada solusi! Kali ini MinDi juga bakalan kasih tau rumus Excel apa yang perlu diketahui.Yuk, jangan lupa dicatat ya!


Apa Itu Rumus Excel?


Rumus Excel adalah persamaan matematika yang umumnya melibatkan fungsi excel, operator excel, konstanta dan atau referensi sel atau range untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan pada aplikasi microsoft excel.


5 Rumus Excel yang Perlu Kamu Ketahui


1. CONCATENATE

Mari kita mulai dengan yang sederhana. Concatenate memungkinkan untuk menggabungkan nilai beberapa sel menjadi satu. Ini adalah salah satu rumus paling ampuh untuk melakukan analisis data, dan biasanya digunakan untuk menggabungkan teks, tanggal, dan angka. Menggabungkan komponen URL, atau baris alamat, adalah dua contoh umum tentang kegunaan rumus.


2. VLOOKUP

Kamu pasti sering menemukan =VLOOKUP, yang tidak asing lagi bagi siapa saja yang menggunakan Excel. Rumus ini memungkinkan kamu untuk mencari data yang disusun dalam kolom vertikal. Misalnya, jika kamu memiliki daftar bulan dalam setahun dengan keuntungan yang dihasilkan setiap bulannya, =VLOOKUP dapat menyajikan data dari bulan yang kamu pilih.


3. LEN 

LEN digunakan dalam analisis data untuk menampilkan jumlah karakter dalam sel tertentu. Ini sering digunakan saat membuat teks dengan batas karakter, atau saat mencoba mengidentifikasi perbedaan antara nomor produk.


4. KIRI/KANAN

Rumus =LEFT dan =RIGHT adalah cara sederhana untuk mengeluarkan data dari sel statis. =LEFT mengembalikan jumlah karakter yang diinginkan dari awal sel, sedangkan =RIGHT melakukan sebaliknya.


5. TRIM

Menggunakan =TRIM memungkinkan kamu untuk menghapus spasi atau karakter yang tidak diinginkan dari teks. Agar analis dapat bekerja dengan data, seringkali kamu harus membersihkan data sebelum digunakan. =TRIM adalah salah satu dari banyak rumus berguna yang membersihkan data sebelum analisis.


Nah, itu dia beberapa rumus yang bisa kamu coba untuk mempermudah menggunakan Microsoft Excel. Semua rumus Excel  pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi Sobat MinDi harus pintar-pintar nih untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu. 

Selain kamu harus menguasai beberapa rumus Excel, kamu juga memerlukan berbagai pengolahan data lainnya. MinDi mau kasih informasi menarik nih buat Sobat MinDi. Kamu udah tau belum kalau dibimbing.id menyediakan Bootcamp Data Science? Buat kamu yang tertarik untuk mendalami dunia Data Science Lebih dalam, MinDi sarankan kamu untuk daftar program bootcamp ini. 

Dengan mengikuti bootcamp ini, Sobat MinDi bakal diberikan materi yang lengkap banget dan pelatihan secara intensif. Gak usah khawatir, materi bakal disampaikan langsung sama expert-nya. Gak cuma itu lho, Sobat MinDi juga bakalan diberikan proyek akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi serta pengalaman baru yang menyenangkan dan menantang. 

Jadi gimana, apakah kamu tertarik buat daftar bootcampnya? Kalau iya, yuk langsung klik disini. 


Platform Tepat untuk Menjadi Data Talent Proffesional

Share

Author Image

Aulia Putri Andrika

Hallo!! My name Aulia Putri Andrika. I am an active student at the Jakarta State Polytechnic majoring in journalism. Hardworking students looking for work. Extremely motivated to constantly develop my skills and grow professionally. Proficient in multiple social media platforms, office technology programs, and i can write on the web a well as articles. Committed to leveraging my skills to advance the company's mission. I am confident in my ability to come up with interesting ideas for unforgettable campaigns.

Artikel Terkait