10 Rekomendasi Font Figma yang Bagus Untuk UI, Yuk Intip

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

13 February 2024

•

963

Image Banner

Dalam desain UI, font adalah komponen penting untuk menyampaikan pesan dan kesan visual yang baik. Oleh sebab itu, memilih font Figma yang bagus adalah hal penting untuk ciptakan desain yang berkualitas.


Sebagai salah satu platform desain UI/UX, Figma menawarkan kemudahan dalam memilih dan menerapkan berbagai jenis font untuk meningkatkan kualitas. Namun, memilih font Figma yang bagus bisa menjadi hal yang menantang dengan beragam pilihan tersedia.


Untuk membantumu, MinDi telah siapkan beberapa rekomendasi font Figma yang bagus guna ciptakan desain berkualitas. Simak rekomendasinya di bawah ini!


Apa itu Figma?


Secara umum, Figma adalah sebuah platform desain berbasis cloud. Figma memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam merancang UI/UX secara real-time.


Sebagai platform untuk kolaborasi tim, Figma menyediakan berbagai alat desain, prototyping, dan code generation. Hal ini memungkinkan desainer, developer, dan stakeholder untuk bekerja bersama dalam satu platform tanpa perlu beralih antar alat.


Fitur-fitur seperti komponen yang dapat digunakan kembali, library desain, dan sistem grid bisa mempercepat proses desain. Selain itu, mereka memastikan konsistensi antar produk.


Di samping itu, Figma bisa menyimpan perubahan disimpan secara otomatis dan dapat diakses dari mana saja. Hal ini memudahkan tim untuk berkolaborasi dari lokasi yang berbeda.


Fungsi Figma dalam UI/UX


Menggunakan Figma untuk desain UI/UX membantu merancang antarmuka pengguna yang efektif dan efisien. Berikut adalah beberapa fungsi utamanya:


  • Antarmuka Intuitif: Figma menawarkan interface yang mudah digunakan dengan panel untuk tools, layers, dan properties.

  • Desain dengan Frame: Dalam Figma semua elemen desain ditempatkan dalam frame. Itu berfungsi sebagai kontainer atau halaman.

  • Penggunaan Layers: Ini bermanfaat untuk organisasi elemen desain secara efisien.

  • Komponen dan Styles: Memubat elemen desain dapat digunakan kembali dan mendefinisikan styles untuk konsistensi.

  • Kolaborasi Real-Time: Bekerja bersama dalam file yang sama secara simultan dengan tim.

  • Protyping: Figma menyediakan fitur untuk membuat prototipe interaktif dengan menghubungkan frames dan menentukan transisi.

  • Feedback dan Iterasi: Figma menyediakan fitur untuk mengumpulkan umpan balik melalui komentar dan melakukan iterasi desain.

  • Alat Bagi Developer: Figma menyediakan fasilitas inspect untuk transisi mulus dari desain ke pengembangan.

  • Integrasi dan Plugins: Memperluas fungsionalitas Figma dengan berbagai plugins.

  • Cloud-Based: Memberikan akses proyek desain dari mana saja dan kolaborasi dengan tim atau stakeholder.


Baca Juga: 3 Aplikasi dan Contoh Desain Thinking dalam UI dan UX


Rekomendasi Font Figma yang Bagus


Berikut adalah beberapa font yang bagus dan sering digunakan di Figma:


1. Inter


Rekomendasi font Figma yang bagus pertama adalah Inter. Ini merupakan font sans-serif yang dirancang khusus untuk layar komputer.


Inter memiliki berbagai macam weight dan styles. Ini membuatnya sangat fleksibel untuk UI design. Font ini dirancang untuk menjadi sangat legible pada ukuran kecil.


2. Roboto


Berikutnya, rekomendasi font Figma yang bagus adalah Roboto. Ini menawarkan kejelasan yang baik di berbagai ukuran dan dengan berbagai weight. Hal ini menjadikannya pilihan populer untuk desain user interface.


3. Poppins


Selanjutnya adalah Poppins. Ini merupakan font geometris sans-serif yang mencakup dukungan untuk Devanagari dan Latin writing systems. Dengan bentuknya yang bulat dan friendly, Poppins sangat bagus untuk desain modern dan minimalis.


4. Open Sans


Lalu, font Figma yang bagus berikutnya adalah Open Sans. Ini merupakan font humanist sans-serif yang memiliki bentuk terbuka dan friendly. Terlebih lagi, Open Sans dirancang untuk UI design.


Oleh karena itu, Open Sans sangat legible dan nyaman untuk dibaca pada screen.


5. Montserrat


Kemudian, rekomendasi font Figma yang bagus adalah Montserrat. Ini merupakan font sans-serif yang terinspirasi dari signage di lingkungan Monserrat di Buenos Aires.


Dengan karakter yang kuat dan beragam weight, Monserrat bagus untuk judul dan teks yang ingin menonjol.


Baca Juga: Cek Perbedaan Desain UI dan UX, Lewat Hal-Hal Ini!


6. Fira Sans


Selanjutnya adalah Fira Sans yang dirancang oleh Mozilla. Fira Sans adalah font sans-serif yang didesain untuk integrasi dalam Firefox OS. Fira Sans memiliki berbagai weight. Ini menjadikannya sangat versatile untuk desain UI.


7. Lato


Setelah itu, ada Lato yang merupakan font sans-serif yang dirancang dengan serius dan nuansa friendly. Font ini menawarkan kehangatan dan kelembutan yang cocok untuk berbagai desain.


8. Avenir Next


Rekomendasi font Figma yang bagus berikutnya adalah Avenir Next. Ini merupakan pengembangan dari font Avenir yang populer.


Ia ditingkatkan untuk legibilitas pada screen dan dukungan untuk berbagai bahasa. Lebih lanjut, Avenir Next menampilkan tampilan yang profesional dan modern.


9. Source Sans Pro


Berikutnya adalah Source Sans Pro. Font ini merupakan keluaran sans-serif pertama dari Adobe. Ini dirancang untuk bekerja dengan baik di user interface. Bentuknya sederhana dan legible. Oleh karena itu, ini pilihan terbaik untuk teks.


10. Playfair Display


Terakhir adalah Playfair Display. Ini merupakan font serif dengan gaya tradisional. Playfair Display merupakan pilihan terbaik untuk kamu yang mencari tulisan dekoratif.


Oleh sebab itu, ini sangat cocok untuk judul dan material promosi yang ingin menambahkan sentuhan elegan dan klasik.


Itulah beberapa pilihan font Figma yang bagus. Pemilihan font bisa dilakukan berdasarkan beragam faktor. Ini bisa berupa tujuan desain, konten, dan target audiens. Jadi, pastikan untuk pilih font terbaik guna ciptakan desain interface terbaik!


Berbicara tentang UI/UX, MinDi ingin rekomendasikan Bootcamp UIUX/Product Design. Program ini cocok banget buat Sobat MinDi yang mau belajar UI/UX dari nol sampai ahli.


Di sini, kamu bisa belajar UI/UX dengan lengkap dan silabus beginner-friendly. Mulai dari konsep dasar, alat pendukung, hingga praktik dengan real-case project. Kamu bakal dibimbing sampai jadi!


Yuk, daftar dan mulai karir yang baru bareng Dibimbing.id!



Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.