Perintah SQL untuk Menampilkan Data Tertentu dengan WHERE

Syaukha Ahmad Risyad

05 July 2023

9812

Image Banner

Ketika kamu lagi mengolah data di SQL, tentunya kamu tidak butuh memanggil semua data dan hanya perlu menampilkan data tertentu saja. Nah, untuk itu kamu perlu tahu, nih, perintah SQL untuk menampilkan data tertentu menggunakan klausa WHERE

Sobat MinDi, kemampuan mengolah data adalah keterampilan yang sangat penting di era digital saat ini. Banyak perusahaan yang membutuhkan orang dengan skill tersebut, seperti data analyst dan data scientist. Untuk itu, menguasai fungsi-fungsi pada SQL, seperti WHERE, adalah hal yang penting buat membantu kamu mengelola data secara efektif dan efisien.

Di artikel ini, kita bakal breakdown, nih, operator-operator yang berguna untuk klausa WHERE, dan kita bakal bahas perintah SQL untuk menampilkan data tertentu dengan WHERE! Kalau kamu ingin menyelam dunia data science, baca sampai habis ya!


Apa Itu Fungsi Perintah WHERE pada SQL?

https://dibimbing-cdn.sgp1.cdn.digitaloceanspaces.com/1688443499722-Apa Itu Fungsi Perintah WHERE pada SQL.jpg.webp

Apa Itu Fungsi Perintah WHERE pada SQL?/ Sumber: techworldtimes.com


SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola dan memanipulasi database. Dalam SQL, klausa WHERE adalah perintah yang digunakan untuk menyaring data berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi WHERE digunakan dalam perintah SELECT, UPDATE, DELETE, dan beberapa perintah lainnya pada query SQL.

Misalkan, kamu punya tabel “Employee” dan kamu hanya mau mengambil data pelanggan yang usianya di bawah 30 tahun. Kamu bisa menuliskan kode berikut di query kamu.

SELECT * FROM Employee WHERE Age < 30;

Dalam artikel ini, kita bakal membahas lebih dalam terkait operator-operator yang digunakan dalam klausa WHERE di SQL, termasuk operator numerik, BETWEEN, LIKE, dan IN.

Jenis-jenis Operator untuk Klausa WHERE

Agar kamu bisa menyaring data dengan tepat, kamu perlu memasang operator pada fungsi WHERE yang kamu tulis. Berikut adalah operator-operator yang umum digunakan.

Operator Numerik

Operator numerik adalah jenis operator yang digunakan untuk membandingkan nilai numerik dalam klausa WHERE. Operator jenis ini menggunakan operasi matematika sebagai kriteria penyaringan.

Berikut adalah beberapa operator numerik yang umum digunakan dalam SQL.

  1. Operator Perbandingan: Operator perbandingan seperti = (sama dengan), <> (tidak sama dengan), > (lebih besar dari), < (lebih kecil dari), >= (lebih besar dari atau sama dengan), dan <= (lebih kecil dari atau sama dengan) digunakan untuk membandingkan nilai numerik.

  2. Operator Logika: Operator logika seperti AND, OR, dan NOT dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa kondisi dalam klausa WHERE.

  3. Operator Antara (Between): Operator BETWEEN digunakan untuk memfilter data yang berada dalam rentang tertentu.

Operator LIKE

Operator LIKE digunakan untuk mencocokkan pola dalam klausa WHERE. Operator ini berguna untuk mencari data dengan menggunakan pola atau karakteristik tertentu. 

Berikut adalah jenis-jenis operator LIKE.

  1. LIKE: Operator LIKE digunakan untuk mencocokkan pola teks tertentu. Misalnya, kalau kami ingin mencari semua nama yang dimulai dengan huruf "A", kamu bisa dapat menggunakan LIKE 'A%'.

  2. NOT LIKE: Berkebalikan dengan operator LIKE, operator NOT LIKE digunakan untuk mencari data yang tidak cocok dengan pola yang diberikan.

Operator IN

Operator IN digunakan untuk memfilter data berdasarkan daftar nilai yang ditentukan. Operator ini memungkinkan kamu untuk membandingkan nilai dengan satu set nilai yang ditentukan. Menggunakan operator ini, kamu bisa memeriksa apakah suatu nilai ada dalam kumpulan nilai yang lain atau tidak.

Berikut adalah contoh operator IN.

  1. IN: Operator IN digunakan untuk mencocokkan nilai dengan beberapa nilai yang ditentukan dalam klausa WHERE.

  2. NOT IN: Operator NOT IN digunakan untuk mencari data yang tidak cocok dengan daftar nilai yang diberikan.

Contoh Penggunaan Operator pada Klausa WHERE

Setelah kamu tahu jenis-jenis operator yang ada pada klausa WHERE, kita coba lihat contoh-contoh penggunaannya.

Contoh Penggunaan Operator Numerik Perbandingan

Misalkan kita punya tabel "Customers" dengan kolom "Age". Untuk mengambil data pelanggan yang usianya lebih besar dari 30 tahun, kita dapat menggunakan perintah SQL berikut.

SELECT * FROM Customers WHERE Age > 30;

Contoh Penggunaan Operator Numerik Perbandingan

Misalkan kita punya tabel "Customers" dengan kolom "Age". Untuk mengambil data pelanggan yang usianya lebih besar dari 30 tahun, kita dapat menggunakan perintah SQL berikut.

SELECT * FROM Customers WHERE Age > 30;

Contoh Penggunaan Operator Numerik Logika

Misalkan ada tabel "Customers" dengan kolom "Country" dan “Age”. Kalau kamu ingin mengambil data pelanggan dari Indonesia dan berumur di atas 30 tahun, kamu bisa menggunakan operator AND seperti ini.

SELECT * FROM Customers
WHERE Country = 'Indonesia' AND Age > 30;

Operator numerik logika seperti AND dan OR bisa kamu gunakan untuk banyak kategori.

Contoh Penggunaan Operator Numerik BETWEEN

Misalkan kembali, kamu punya tabel “Products” dengan kolom “Price”. Kamu bisa menampilkan data dengan harga tertentu menggunakan operator BETWEEN. Contohnya adalah seperti berikut.

SELECT * FROM Products
WHERE Price BETWEEN 10000 AND 50000;

Dari query di atas, kamu hanya akan menampilkan data yang memiliki harga antara 10000 dan 50000, termasuk kedua nilai batas tersebut.

Contoh Penggunaan Operator LIKE

Misalkan kita memiliki tabel "Employees" dengan kolom "Name". Untuk mencari semua karyawan dengan nama yang dimulai dengan huruf "Joh", kita dapat menggunakan perintah SQL berikut:

SELECT * FROM Employees WHERE Name LIKE 'Joh%';

Maka, pada perangkat kamu akan ditampilkan semua data dari karyawan yang memiliki nama yang dimulai dengan “Joh”, seperti “John”, “Johnny”, dan “Johtaro Kujoh”.

Contoh Penggunaan Operator IN

Misalkan kita punya tabel "Products" dengan kolom "Category". Untuk mencari produk dengan kategori 'Elektronik' atau 'Pakaian', kita dapat menggunakan perintah SQL berikut:

SELECT * FROM Products WHERE Category IN ('Elektronik', 'Pakaian');

Query di atas akan mengambil semua data produk yang masuk ke dalam kategori ‘Elektronik’ dan ‘Pakaian’ saja. Sedangkan data dari produk lain tidak akan diambil.

Sobat MinDi, kamu sudah membaca panduan lengkap tentang klausa WHERE untuk menampilkan data tertentu di SQL. Kamu bisa coba sendiri di proyek kamu biar kemampuan kamu semakin matang!

SQL merupakan tool yang penting buat kamu mengolah data, khususnya data-data besar. Ada banyak lagi tool yang bisa kamu pakai, loh, untuk memperkaya keterampilan pengolahan data kamu, apalagi kalau kamu ingin mendalami dunia data science.

Nah, kamu bisa pelajari skills penting terkait data science dengan ikutan Bootcamp Data Science yang diadakan Dibimbing.id!

Kamu bakal belajar tools penting seperti PostgreSQL, Python, dan Tableau, sambil dilatih oleh mentor-mentor yang sudah profesional.

Ayo, kuasai data science bareng Dibimbing.id!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!