Pengembangan Karier: Definisi, Manfaat, Tahapan, & Contoh

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

27 June 2024

•

209

Image Banner

Pernah merasa stuck di pekerjaan saat ini dan bertanya-tanya bagaimana cara mencapai level berikutnya? Pengembangan karier adalah jawabannya.

Dengan pengembangan karier, Anda bisa merencanakan, mempersiapkan, dan akhirnya mencapai tujuan tersebut. Mau tahu lebih banyak soal ini?

Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!



Apa yang Dimaksud dengan Pengembangan Karier?

Pengembangan karier adalah perjalanan yang ditempuh untuk menjadi ahli di bidang pekerjaan Anda. Ini bisa dimulai sejak Anda lulus kuliah atau bahkan ketika masih belajar.

Perjalanan ini dimulai ketika Anda mempelajari keterampilan baru hingga akhirnya dapat promosi besar. Semua langkah tersebut adalah bagian dari pengembangan karier.

Secara keseluruhan, pengembangan karier bukan hanya tentang satu tujuan atau pencapaian tertentu. 

Ini merupakan proses terus-menerus di mana setiap keterampilan baru yang dipelajari dapat membantu Anda berkembang.



Apa Saja Manfaat dari Pengembangan Karier?


Pengembangan karier adalah win-win solution. Karyawan bisa memperoleh kepuasan dan kemajuan dalam karier mereka.

Sementara itu, perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang lebih terampil, bersemangat, dan loyal. Lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat pengembangan karier bagi perusahaan dan karyawan:


Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, pengembangan karier punya banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Menarik dan mempertahankan talenta terbaik.
  2. Karyawan jadi lebih loyal dan produktif.
  3. Kinerja perusahaan meningkat secara keseluruhan.
  4. Meningkatkan kepuasan kerja dan budaya perusahaan.
  5. Karyawan yang terampil dan berkualitas meningkatkan kepercayaan klien terhadap perusahaan.



Bagi Karyawan

Sementara itu, manfaat pengembangan karier bagi karyawan adalah:

  1. Meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri.
  2. Membuka kesempatan mengeksplorasi berbagai jalur karier yang mungkin belum pernah dipikirkan sebelumnya.
  3. Mendapatkan promosi atau posisi dengan gaji lebih tinggi serta tanggung jawab yang lebih besar.

Baca Juga: 15 Manfaat Bootcamp Untuk Perkembangan Karier, Yuk Simak!


Apa Saja Bentuk Bentuk Pengembangan Karier?


Pengembangan karier adalah perjalanan untuk meningkatkan kehidupan profesional Anda. 

Career Development Coaching menyatakan beberapa bentuk pengembangan karier mencakup pertumbuhan karier linear, spesialisasi dalam bidang tertentu, ekspansi karier, dan karier episodik.

Supaya tidak bingung, berikut MinDi berikan penjelasan lengkap untuk tiap macam pengembangan karier:


Pertumbuhan Karier Linear

Ini merupakan cara yang paling umum di mana Anda naik tangga karier dengan membangun keahlian dan pengalaman. 

Manajer bisnis, analis keuangan, arsitek, dan tenaga medis seperti dokter biasanya mengikuti jalur ini.

Metode ini biasanya mengharuskan Anda untuk terus mengasah keterampilan dan mengumpulkan pengalaman. Tujuan utamanya adalah mencapai posisi yang lebih tinggi dalam pekerjaan Anda.



Spesialisasi dalam Bidang Tertentu

Anda bisa memilih untuk mendalami satu area tertentu dan menjadi ahli di bidang tersebut. Beberapa profesional yang mengambil jalur ini biasanya adalah peneliti, ilmuwan, atau profesor dengan gelar PhD.

 Mereka yang memilih spesialisasi biasanya sangat berdedikasi pada topik tersebut. Mereka juga jarang berganti karier karena waktu dan komitmen yang diperlukan untuk menjadi ahli.



Ekspansi Karier

Beberapa profesional memilih untuk memperluas keterampilan mereka di berbagai area dalam bidang yang sama. 

Misalnya, seseorang yang bekerja dengan berbagai tugas terkait HR atau programmer yang bekerja di berbagai jenis perusahaan.

Mereka yang memilih jalur ini biasanya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka juga punya pengalaman kerja di banyak area berbeda dalam satu bidang.



Karier Episodik

Ada juga yang memiliki minat yang beragam dan sering berganti pekerjaan yang tidak terkait satu sama lain. Mereka cenderung sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan perubahan.

Untuk membantu perkembangan karier mereka, mereka mencari tema umum atau keterampilan yang bisa ditransfer antara berbagai peran yang mereka jalani.



Apa Saja Tahapan Pengembangan Karier?


Setiap jalur karier itu unik, tapi menurut Dovetail ada enam tahapan utama dalam pengembangan karier. Berikut adalah penjelasan tahapan-tahapan tersebut dalam gaya bahasa semi-kasual dan sederhana:


Pengikut (Follower)

Tahap ini biasanya dimulai tepat setelah lulus kuliah. Di sini, Anda mungkin belum sepenuhnya menyadari potensi dan kemampuan diri Anda.

Di tahap ini, Anda lebih berfokus pada menyelesaikan tugas yang diberikan dan mengikuti arahan dari atasan.



Kolaborator (Collaborator)

 Saat Anda mulai mengembangkan keterampilan, Anda akan menjadi kolaborator yang baik. Di tahap ini, Anda mulai bekerja sama dengan orang lain, mengasah keterampilan sosial, dan menjadi anggota tim yang efektif.


Instruktur (Instructor)

Sebagai kolaborator, Anda telah memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk naik ke tahap berikutnya, yaitu instruktur.

Di tahap ini, Anda mulai membimbing dan mengarahkan anggota tim lainnya, meskipun mungkin belum menjadi manajer.



Manajer (Manager)

Manajer memimpin tim yang lebih besar untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Tugas utama manajer adalah tidak hanya mencapai tujuan perusahaan.

Akan tetapi, mereka juga memotivasi dan mendukung anggota tim.



Pemberi Pengaruh (Influencer)

Transisi dari manajer ke pemberi pengaruh melibatkan mempengaruhi kelompok besar orang di berbagai departemen.

Pada tahap ini, penting untuk mengembangkan keterampilan interpersonal. Anda juga harus paham cara berkomunikasi yang efektif untuk mempengaruhi banyak orang.



Pemimpin (Leader)

Tahap akhir dalam pengembangan karier adalah menjadi pemimpin. Di sini, Anda memiliki kemampuan untuk memberdayakan dan menginspirasi orang lain.

Peran pemimpin lebih berfokus pada gambaran besar daripada tugas atau tujuan tunggal. Anda membantu orang melihat hal-hal dengan cara baru dan mencapai potensi penuh mereka.

Baca Juga: 7 Manfaat Perencanaan Karier dalam Meraih Kesuksesan



Contoh Pengembangan Karier


Pengembangan karier setiap orang berbeda-beda, masing-masing sama uniknya. Supaya lebih paham dengan konsep ini, berikut MinDi berikan contoh pengembangan karier yang bisa ditemukan di dunia nyata:


  1. Awal Karier: Misalnya, setelah lulus kuliah, Anda mendapatkan pekerjaan pertama yang linear dengan jurusan. Ini adalah langkah awal yang penting dalam pengembangan karier Anda.
  2. Kemajuan Karier: Setelah beberapa tahun bekerja dan menunjukkan kinerja yang baik, Anda mendapatkan promosi dalam perusahaan.
  3. Pengalaman Manajerial: Sebagai bagian dari perkembangan karier, Anda mungkin mendapatkan kesempatan untuk merekrut dan memimpin anggota tim pertama Anda.
  4. Fokus pada Pengembangan Diri: Anda mungkin memutuskan untuk mengambil pekerjaan baru yang memberikan lebih banyak waktu guna pengembangan profesional. Misalnya, mengikuti pelatihan atau kursus tambahan
  5. Peningkatan Kualifikasi: Mendapatkan sertifikasi atau lisensi baru di bidang Anda adalah contoh lain dari pengembangan karier.



Kesimpulan 


Itu dia pembahasan lengkat terkait pengembangan karier. Dari penjelasan di atas, pengembangan karier adalah jalur yang menguntungkan bagi perusahaan dan karyawan.

Jika Anda ingin membuat jalur pengembangan karier yang baik bagi karyawan, pertimbangkan untuk daftarkan perusahaan ke Corporate Training di Dibimbing.id

Lewat program ini, Anda bisa berikan karyawan pelatihan untuk perkembangan karier mereka. 

Program ini menawarkan pelatihan kepemimpinan serta berbagai keterampilan lainnya. Contohnya adalah digital marketing, data science, hingga keterampilan dasar seperti Excel. 

Selain itu, program pelatihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan tujuan perusahaan Anda. Jika tertarik, Anda bisa mendiskusikan kebutuhan perusahaan Anda di sini

Apapun tujuannya, Dibimbing siap #BimbingSampaiJadi karyawan Anda untuk mencapai tujuan perusahaan!



Referensi


  1. What is Career Growth and How Does it Benefit Your Organization? [Buka]
  2. What is Career Growth, and How Can You Work on Yours? [Buka]
  3. Career Growth vs Career Development: What’s the Difference [Buka]


Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.