Pelatihan Service Excellence untuk Karyawan

Farijihan Putri
•
28 November 2024
•
615

Anda sering menghadapi keluhan pelanggan yang terus berulang atau merasa layanan yang diberikan belum maksimal? Tantangan seperti ini sangat wajar dalam bisnis, tapi bisa mengancam hubungan dan reputasi bisnis Anda.
Tingkatkan kualitas layanan tim Anda dengan mengikuti Pelatihan Service Excellence dibimbing.id. Pelatihan ini membekali tim Anda dengan keterampilan untuk memenuhi sekaligus melebihi harapan pelanggan.
Tak hanya itu, pelatihan ini juga menggunakan kurikulum paling update dengan metode pembelajaran beragam, sehingga setiap peserta merasakan manfaat yang nyata.
Melalui cara ini, Anda mampu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang menguntungkan.
Apa Itu Service Excellence?
Service excellence adalah standar pelayanan terbaik yang bertujuan memberikan pengalaman positif bagi pelanggan di setiap interaksi. Lebih dari sekadar melayani, konsep ini membantu bisnis membangun kepercayaan, menciptakan loyalitas, dan memperkuat reputasi.
Bayangkan pelanggan Anda merasa puas, bahkan terkesan setiap kali berinteraksi dengan tim Anda. Itulah inti dari service excellence. Bagi bisnis yang menerapkan pelayanan terbaik, konsisten dan profesional tentunya bisnis Anda bisa tumbuh lebih cepat dan memiliki keunggulan kompetitif di pasar.
Materi Apa yang Akan Dipelajari dalam Pelatihan Service Excellence?
Pelatihan Service Excellence kami rancang untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Berikut topik-topik dalam pelatihan ini yang terdiri dari 4 session.
Session 1 - Understanding Service Excellence
Sesi ini akan membekali Anda dengan prinsip-prinsip dasar service excellence yang esensial dengan fokus pada pelayanan dapat menjadi kunci sukses organisasi dan membangun loyalitas pelanggan.
Anda akan belajar cara menilai dan meningkatkan standar layanan untuk memenuhi dan melampaui ekspektasi pelanggan secara konsisten.
Poin Diskusi
- Mendefinisikan service excellence di tengah persaingan saat ini
- Faktor utama yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan
- Fase Customer Journey: Awareness, Interest & Desire, Action/Purchase, Retention, Advocacy, dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan
- Framework : Customer Journey Phase
Session 2 - Building a Strong Customer-Centric Mindset
Sesi ini berfokus pada pengembangan pola pikir yang mengutamakan pelanggan di seluruh tingkat organisasi.
Peserta akan belajar cara beralih dari pola pikir transaksional ke pendekatan customer-centric, menyelaraskan tindakan dan keputusan untuk menciptakan pengalaman luar biasa di setiap titik interaksi.
Poin Diskusi
- Masalah umum dalam berinteraksi dengan pelanggan dan cara mengatasinya
- Pentingnya pola pikir yang berorientasi pada pelanggan
- Mengidentifikasi touch points dan pain points pelanggan dengan empathy map
- Framework: Empathy Mapping
Session 3 - Mastering Customer-Communication Techniques
Sesi ini membahas seni komunikasi yang menjadi dasar keunggulan layanan. Peserta akan mengembangkan keterampilan untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang membangun hubungan baik, kepercayaan, dan persepsi positif terhadap merek.
Poin Diskusi
- Keterampilan mendengarkan aktif untuk lebih memahami kekhawatiran dan kebutuhan pelanggan
- Meningkatkan kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal (bahasa tubuh) untuk menciptakan kesan positif pada interaksi pelanggan
- Membangun kesamaan pandangan untuk menciptakan pemahaman bersama dengan pelanggan
- Teknik menangani pelanggan dan menyelesaikan konflik
- Framework: Conflict Management Model
Session 4 - Strengthening Customer Relationships
Sesi ini berfokus pada pembangunan hubungan yang tahan lama dan berbasis kepercayaan dengan pelanggan.
Peserta akan mempelajari strategi utama untuk melibatkan pelanggan di luar transaksi individu, meningkatkan loyalitas, dan menciptakan koneksi bermakna yang mendorong pembelian ulang dan advokasi.
Poin Diskusi
- Memetakan pelanggan berdasarkan kekuatan dan kepentingan untuk menjaga keterlibatann dan hubungan
- Cara menggunakan umpan balik sebagai peluang untuk berkembang
- Teknik negosiasi untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan
- Praktik terbaik untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan pelanggan
- Framework: Power-Interest Matrix
Tujuan dan Manfaat Pelatihan Service Excellence untuk Bisnis
Anda tidak akan menyesal jika mengikuti Pelatihan Service Excellent dibimbing.id. Adapun tujuan dan manfaat pelatihan ini untuk bisnis Anda adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Pelanggan akan merasa lebih puas karena pelayanan yang Anda berikan sesuai atau bahkan melampaui ekspektasi mereka.
Hal ini akan meningkatkan kemungkinan mereka untuk melakukan pembelian berulang yang pada gilirannya meningkatkan pendapatan bisnis Anda.
2. Meningkatkan Loyalitas
Pelanggan yang puas lebih cenderung kembali dan merekomendasikan bisnis Anda kepada teman atau keluarga.
Setiap rekomendasi berpotensi membuka peluang baru, meningkatkan basis pelanggan, dan memperluas jaringan bisnis Anda. Semakin banyak pelanggan setia, semakin stabil pula pendapatan yang Anda terima.
3. Tim yang Lebih Profesional dan Efisien
Karyawan Anda akan lebih percaya diri dan efektif dalam menangani berbagai situasi, termasuk keluhan pelanggan.
Peningkatan kemampuan ini akan mengarah pada proses kerja yang lebih cepat dan efisien, mengurangi waktu yang terbuang, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.
Tim yang terampil juga akan lebih mampu mencapai target dan KPI yang perusahaan perusahaan tetapkan.
4. Reputasi Bisnis yang Lebih Baik
Layanan yang luar biasa akan menciptakan kesan positif, meningkatkan citra bisnis Anda di mata publik.
Reputasi yang baik akan mempermudah Anda dalam menarik pelanggan baru, sekaligus memperkuat posisi Anda di pasar yang kompetitif. Dengan citra yang solid, peluang kerjasama dan kemitraan bisnis pun akan lebih terbuka.
Teknis dan Metode Pelatihan
Teknis dan metode pelatihan yang kami terapkan disusun untuk mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan sekaligus memberikan manfaat nyata bagi peserta. Berikut metode yang kami gunakan dalam Pelatihan Service Excellent.
1. Format Pelatihan
Pelatihan ini tersedia dalam format online dan offline. Fleksibilitas ini tentunya memberikan fleksibilitas bagi peserta untuk memilih cara belajar yang paling sesuai.
Format online menggunakan platform interaktif dengan sesi live dan materi yang dapat peserta akses kapan saja, sementara pelatihan offline memberikan pengalaman langsung dengan mentor/narasumber di lokasi yang telah ditentukan.
2. Durasi Per Sesi
Setiap sesi latihan berlangsung selama 3 jam. Kami menganggap durasi tersebut cukup ideal untuk memastikan peserta dapat menyerap materi secara mendalam tanpa merasa terbebani.
3. Jumlah Sesi
Pelatihan ini terdiri dari 4 sesi yang mencakup semua topik penting dalam Service Excellence, dari dasar hingga pengembangan berkelanjutan.
Mengapa Memilih dibimbing.id untuk Pelatihan Service Excellence?
Mengingat pentingnya service excellent untuk bisnis, Anda tentu harus jeli dalam memilih penyelenggara pelatihan. Dibimbing.id menyediakan Pelatihan Service Excellence dengan menawarkan banyak keunggulan. Berikut 5 alasan Anda harus memilih dibimbing.id.
1. Instruktur Berpengalaman
Kami memiliki instruktur/mentor yang berpengalaman di bidang customer service, yang memiliki pengetahuan teoritis sekaligus pengalaman praktis di lapangan.
2. Pendekatan Praktis dan Terbukti
Dibimbing.id mengutamakan pembelajaran berbasis praktik dengan simulasi study case, sehingga peserta dapat langsung menerapkan pengetahuan yang didapat.
3. Metode Fleksibel
Kami menyediakan pelatihan baik secara online maupun offline untuk memberi Anda kemudahan memilih format yang paling sesuai dengan jadwal dan kebutuhan Anda.
4. Materi yang Up-to-Date
Pelatihan kami selalu diperbarui untuk mencakup tren dan teknologi terbaru dalam bidang service excellence. Tujuannya memastikan peserta selalu mendapatkan informasi yang relevan.
5. Layanan Pelanggan yang Utama
Dibimbing.id memberikan dukungan penuh yang responsif untuk peserta dan siap membantu kapan saja. Jadi, Anda bisa mengatasi semua kendala saat pelatihan tanpa mengganggu proses belajar.
Testimoni Peserta
Mendengar langsung dari peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang apa yang akan Anda dapatkan. Simak testimoni dari peserta yang telah merasakan manfaat dari pelatihan ini!
"Pengalaman belajar bersama mentor, Mas Ikbal, menurut saya beliau sangat sabar dan mampu memberikan materi dengan baik sehingga kita bisa menyerapnya dengan mudah."
– Nabila Luthfi Rusdiansyah, Relationship Manager BNI
Selain itu, banyak peserta lain yang juga merasa program ini sangat bermanfaat. Berikut adalah pengalaman dari Fajar Akbar yang mendapatkan manfaat langsung dari materi pelatihan.
"Program ini luar biasa! Materinya sangat berguna, terutama karena saya sering menyajikan data. Tampilan yang saya pelajari bisa langsung diterapkan di pekerjaan. Training ini memberikan banyak pengalaman walaupun kita belum punya basic, penyampaiannya jelas dan mudah dipahami."
– Fajar Akbar, Kantor Wilayah Bandung Jamkrindo
FAQ
Butuh penjelasan lebih lanjut tentang Pelatihan Service Excellent dibimbing.id? Kami telah menyusun jawaban atas pertanyaan umum di FAQ untuk membantu Anda.
1. Apa saja yang akan dipelajari dalam Pelatihan Service Excellence?
Peserta akan mempelajari empat topik utama:
- Understanding Service Excellence: Materi untuk memahami prinsip dasar dan pentingnya keunggulan layanan.
- Building a Strong Customer-Centric Mindset: Topik yang bertujuan untuk membangun pola pikir yang berorientasi pelanggan.
- Mastering Customer-Communication Techniques: Mengasah teknik komunikasi untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
- Strengthening Customer Relationships: Anda akan belajar menciptakan hubungan jangka panjang berbasis kepercayaan dengan pelanggan.
2. Berapa biaya untuk mengikuti pelatihan ini?
Informasi lengkap mengenai biaya pelatihan dapat diperoleh dengan menghubungi tim kami diibimbing.id melalui email , nomor kontak, dan media sosial yang tersedia.
3. Apakah pelatihan ini tersedia dalam format online?
Ya, pelatihan ini tersedia dalam dua format daring (online) maupun luring (offline)
4. Apakah pelatihan ini cocok untuk semua jenis bisnis?
Pelatihan ini kami rancang untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar. Fokusnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang berkelanjutan.
Tingkatkan layanan pelanggan dengan Pelatihan Service Excellence di Dibimbing.id. Pelajari teknik komunikasi, pola pikir customer-centric, dan strategi membangun hubungan pelanggan. Format online & offline, materi terkini, cocok untuk semua bisnis!
Tags