Blog

/

Business Intelligence

/

Panduan Cara Menjadi Business Intelligence Professional

Panduan Cara Menjadi Business Intelligence Professional

Syaukha Ahmad Risyad

04 September 2023

3980

Image Banner

Business intelligence adalah bidang profesi yang punya prospek menggiurkan, tapi bagaimana sih cara menjadi business intelligence yang profesional?

Di era berkembangnya data, peran business intelligence semakin penting bagi perusahaan dalam membuat kebijakan. Dan dengan berkembangnya teknologi, tidak aneh prospek profesi di bidang business intelligence terus meningkat. Di artikel ini, MinDi mau jelasin apa saja sih keterampilan yang kamu butuhkan, dan bagaimana caranya kamu bisa menjadi business intelligence yang profesional. Baca sampai habis, ya!

Apa itu Business Intelligence?

Business intelligence (BI) adalah suatu subdisiplin dari data analytics yang menggambarkan sebuah strategi pengambilan keputusan berbasis data. Dalam proses BI, terdapat beberapa langkah yang dilalui, dari pengumpulan, analisis, visualisasi, dan implementasi data. Semua langkah tersebut umumnya melibatkan penggunaan teknologi dan tools business intelligence.

Prospek Karier Business Intelligence


Job market dari business intelligence diprediksi untuk terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan beberapa sumber memproyeksikan job market pekerjaan ini akan meningkat hingga 23% dalam 10 tahun ke depan.

Selain peluang kerja yang tinggi, prospek karirnya juga cukup fleksibel. Dengan sekian banyak keterampilan yang dimiliki business intelligence, seorang profesional memiliki ruang untuk memangku jabatan lain, seperti product manager dan market analyst.

Dalam bidangnya, seorang entry-level juga mempunyai potensi career ladder yang menjanjikan. Dari BI analyst, ke BI developer, dan bahkan dapat menjadi direktur atau kepala business intelligence.


Tugas dan Tanggung Jawab Business Intelligence


Tugas dan Tanggung Jawab Business Intelligence

Dalam implementasinya, cakupan business intelligence melibatkan beberapa tugas penting. Tugas-tugas ini dibagi kepada beberapa peran dan profesi yang ada dalam suatu tim business intelligence. Berikut adalah beberapa pekerjaan dan tugas dalam business intelligence.



Business Intelligence Analyst


Seorang BI analyst menggunakan tools business intelligence untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk mendapatkan informasi-informasi penting. BI analyst kemudian membuat laporan dan diserahkan kepada stakeholder untuk membuat keputusan.


Business Intelligence Developer

BI developer adalah individu yang bertanggung jawab mengembangkan tools dan solusi BI. BI developer melakukan pemodelan data, membuat desain dashboard, dan membangun tools analisis yang efektif bagi analyst.


Business Intelligence Engineer


Tugas dari seorang BI engineer adalah untuk merancang, membangun, dan mengelola infrastruktur BI. Infrastruktur ini mencakup teknologi pengambilan dan pengumpulan data, serta pemeliharaan database.


Business Intelligence Analyst

Terakhir, BI manager adalah orang yang berperan dan bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur segala operasi dalam proses business intelligence. BI manager ini bertugas untuk memimpin profesi-profesi BI lain dalam perusahaan.


Skill yang Harus Dimiliki


Kalau kamu mau menjadi seorang profesional di bidang intelijen bisnis, pastikan kamu belajar untuk menguasai keterampilan-keterampilan berikut.

Dibimbing.id punya program buat kamu mengerjakan proyek-proyek yang real case, jadi kamu bisa semakin paham sekaligus menguasai keterampilan-keterampilan di atas!



Background Business Intelligence

Agar bisa bekerja di bidang business intelligence, umumnya perusahaan mencari calon karyawan yang minimal memiliki gelar sarjana.

Ada beberapa jurusan yang umum dari profesional business intelligence, seperti Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Statistika, Matematika, dan Administrasi Bisnis.

Meskipun begitu, menjadi profesional business intelligence sebenarnya tidak selalu membutuhkan jurusan yang spesifik. Selama kamu memiliki track record dalam mempelajari dan mengerjakan proyek terkait matematika dan statistika lanjut, kamu berkesempatan untuk bekerja di bidang ini.


Cara Menjadi Business Intelligence

Setelah mengetahui tanggung jawab dan keterampilan penting bagi profesional di bidang business intelligence, sekarang kita akan membahas bagaimana caranya biar kamu bisa mendalami karir di bidang ini.

Pelajari dan Dalami Konsep-konsep Terkait Data

Yang paling tentunya adalah mempelajari dan mendalami konsep-konsep terkait data. Pelajari pula matematika dan ilmu statistika yang berhubungan dengan pengolahan data tersebut.

Umumnya, kamu sudah mempelajari konsep-konsep dasar maupun lanjut dalam perkuliahan kamu. Namun, kalau kamu ingin belajar lebih dalam lagi, kamu bisa ikutan kursus-kursus online tentang data science atau intelijen bisnis.

Kuasai Kemampuan Teknis

Kamu juga harus mampu menguasai kemampuan-kemampuan teknis yang berhubugan dengan pengolahan data. Beberapa tools yang wajib kamu pelajari mencakup SQL untuk manajemen database, bahasa pemrograman Python, dan Tableau untuk visualisasi data dan dashboard.

Peroleh Gelar Sarjana

Umumnya, perusahaan-perusahaan mencari prospek yang sudah memiliki minimal gelar sarjana. Pastikan juga jurusan kamu sesuai dengan tuntutan perusahaan terkait business intelligence, seperti sistem informasi, ilmu komputer, ilmu data, sains murni, dan lain-lain.

Pada dasarnya, jika jurusan kuliah kamu ada mempelajari pengolahan data menggunakan matematika dan statistika lanjut, kamu punya kesempatan untuk melamar kerja di bidang business intelligence.

Buat Proyek-proyek Mandiri

Jika kamu belum punya pengalaman kerja, kamu bisa mulai dengan membuat proyek-proyek kamu sendiri. Ada banyak sumber dataset yang tersedia secara online. Kamu bisa mengunduhnya dan menggunakannya untuk proyek kamu.

Ikuti Magang untuk Mendapatkan Pengalaman

Setelah membuat sedikit pengalaman dengan proyek kamu sendiri, coba cari magang-magang yang berkaitan dengan data dan business intelligence. Di sana, kamu bakal semakin mengasah keterampilan kamu sekaligus memperkaya CV kamu sendiri.

Bangun Portfolio

Pastinya, jangan lupa untuk membuat portfolio kamu sendiri. Tunjukkan keterampilan dan pengalaman kamu, kemudian bagikan ke orang-orang yang kamu kenal dan juga para rekruter.

Bergabung dengan Bootcamp

Mengikuti bootcamp juga adalah solusi yang sangat baik kalau kamu ingin menjadi profesional di bidang business intelligence. Hampir semua langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya bisa kamu dapatkan di bootcamp yang baik.

Di Business Intelligence Specialized Bootcamp yang diadakan Dibimbing.id belajar konsep terkait data dan keterampilan teknisnya. Bahkan, bootcamp ini menawarkan kamu kesempatan buat dapet auto shortlist dari berbagai perusahaan langsung!

Jadi, ayo kejar cita-cita kamu bareng Dibimbing.id!



bootcamp business intelligence

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Artikel Terkait

Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Business Intelligence

Mengenal Tugas Business Intelligence untuk Berbagai Profesi

Intip tugas business intelligence berikut ini. Kenali bagaimana BI bisa menjadi pekerjaan yang coco...

Image Author

Syaukha Ahmad Risyad

04 September 2023

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Business Intelligence

Langkah Strategis dalam Implementasi Dashboard BI Interaktif

Yuk pelajari bagaimana implementasi dashboard BI interaktif untuk menunjang bisnis!

Image Author

Nadia L Kamila

10 November 2023

5 Contoh Penerapan BI dalam Industri Ritel

Business Intelligence

5 Contoh Penerapan BI dalam Industri Ritel

Yuk pelajari bagaimana contoh penerapan BI dalam industri ritel saat ini mampu membantu bisnis unt...

Image Author

Nadia L Kamila

10 November 2023

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Business Intelligence

Inilah Contoh Data Warehouse di Beberapa Perusahan

Berikut adalah contoh data warehouse di beberapa perusahaan, yang penting untuk dipahami!

Image Author

Muthiatur Rohmah

30 January 2024

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Business Intelligence

Contoh Kasus yang Menerapkan Data Warehouse: Studi Kasus

Simak contoh kasus yang menerapkan data warehouse berikut ini!

Image Author

Muthiatur Rohmah

31 January 2024

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Business Intelligence

Memahami Manfaat & Fungsi Data Warehouse

Fungsi data warehouse sangat penting dalam mengelola data perusahaan. Mari simak penjelasan & manfa...

Image Author

Muthiatur Rohmah

31 January 2024