Meniti Karir Product Manager: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Nadia L Kamila

30 October 2023

475

Image Banner

Apakah Sobat MinDi tertarik dengan karir product manager dan memiliki keinginan untuk menjadi seorang product manager?

Jika iya, silahkan baca artikel ini untuk mengetahui seluk beluk mengenai profesi seorang product manager!


Pengertian Product Manager


Product manager adalah role yang memiliki tanggung jawab membawahi tim untuk keseluruhan strategi, mulai dari mengidentifikasi produk potensial, melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi, menentukan jadwal produksi dan harga, hingga mengembangkan strategi pemasaran.

Role product manager umumnya bisa kamu temukan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, perangkat lunak, dan produk konsumen tertentu.

Namun, konsep manajemen produk mulai diadopsi di berbagai jenis industri lainnya seiring dengan kesadaran akan pentingnya fokus pada pengguna dan inovasi. 

Meski demikian, tidak semua jenis perusahaan memiliki posisi product manager. Beberapa perusahaan mungkin memiliki peran serupa dengan nama yang berbeda atau membagi tanggung jawab tersebut ke beberapa divisi lain. 

Sebagai contoh, di industri non-teknologi, tanggung jawab seorang product manager mungkin dijalankan oleh tim pemasaran atau divisi strategi bisnis.


Memulai Karir Menjadi Seorang Product Manager


Apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang product manager?


1. Latar Belakang Pendidikan


Menjadi product manager sebenarnya tidak mensyaratkan harus dari latar belakang pendidikan tertentu. Tapi seringkali kamu akan menemui product manager dengan latar belakang pendidikan di bidang bisnis, teknologi, atau desain. 

Namun, jangan khawatir! Yang terpenting adalah kamu memiliki keinginan dan tekad untuk belajar dan memahami produk.


2. Kemampuan Kunci


Kamu harus punya kemampuan untuk menganalisis, berkomunikasi dengan baik, dan memahami apa yang diinginkan oleh pengguna. Ini penting agar produk yang akan dikembangkan sesuai target.


3. Pelatihan dan Sertifikasi


Ada banyak pelatihan dan sertifikasi untuk menjadi seorang product manager yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah Bootcamp Product & Project Management dari Dibimbing. 

Bootcamp dari Dibimbing ini merupakan program pelatihan intensif yang mempelajari bagaimana manajemen produk dan melakukan pengembangan produk yang bisa kamu ikuti secara online selama 5,5 bulan.


4. Magang


Cobalah mulai karirmu di posisi magang. Saat ini banyak perusahaan yang mencari magang atau intern product manager. Kamu bisa belajar dan meniti karir dari program magang ini. 


Tanggung Jawab Product Manager


Berikut adalah tanggung jawab utama seorang Product Manager:


1. Mendefinisikan Visi Produk


Menentukan arah dan tujuan utama dari sebuah produk, menggariskan apa yang ingin dicapai dalam jangka panjang.


2. Mengumpulkan dan Menganalisis Kebutuhan Pengguna


Melalui riset, wawancara, atau analisis data, memahami apa yang menjadi kebutuhan dan harapan pengguna terhadap produk.


3. Membuat Roadmap Produk


Menyusun rencana pengembangan produk, termasuk fitur apa yang akan ditambahkan, ditingkatkan, atau dihilangkan, serta menentukan jadwal rilisnya.


4. Berkoordinasi dengan Tim Lintas Fungsi


Bekerja sama erat dengan tim lain seperti desain, teknik, dan pemasaran untuk memastikan bahwa produk dikembangkan sesuai dengan visi dan kebutuhan pengguna.


5. Menetapkan Prioritas Pengembangan


Mengidentifikasi dan menentukan fitur atau aspek mana yang paling penting untuk dikembangkan lebih dahulu berdasarkan kebutuhan dan dampaknya.


6. Pengambilan Keputusan Strategis


Membuat keputusan kritis berdasarkan data, riset, dan feedback pengguna yang berdampak pada arah dan strategi pengembangan produk.


7. Evaluasi dan Iterasi Produk


Secara rutin mengevaluasi kinerja produk setelah peluncuran, mengumpulkan feedback, dan melakukan perbaikan atau penyesuaian sesuai kebutuhan.


8. Komunikasi dengan Stakeholder


Menjelaskan, mempresentasikan, dan mendapatkan dukungan untuk visi dan rencana produk kepada pihak-pihak terkait, seperti eksekutif perusahaan atau investor.


9. Pemastian Kualitas Produk


Menjamin bahwa produk yang dikeluarkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan sesuai dengan ekspektasi pengguna.


Dengan tanggung jawab-tanggung jawab di atas, seorang product manager perlu memastikan bahwa produk yang dikembangkan tidak hanya berkualitas tetapi juga relevan dan memberikan nilai bagi pengguna. 


Jenjang Karir Product Manager


Bagaimana jenjang karir seorang project manager di sebuah perusahaan? 


Associate Product Manager (APM) 


Ini adalah titik awal karirmu sebagai product manager. Di sini, kamu akan belajar dasar-dasar mengelola produk sambil bekerja di bawah bimbingan seorang PM yang lebih berpengalaman.


Product Manager (PM)


Setelah mendapatkan pengalaman dan kepercayaan, kamu akan naik ke posisi PM. Kamu akan memiliki tanggung jawab lebih dalam menentukan arah dan strategi produk.


Senior Product Manager


Di level ini, kamu tidak hanya mengelola produk, tetapi mungkin juga memimpin tim product manager lainnya. Kamu akan terlibat dalam keputusan strategis yang lebih besar dan memiliki pengaruh lebih luas dalam perusahaan.


Director of Product Management


Kamu akan mengawasi beberapa tim PM dan bekerja dengan tim eksekutif untuk menentukan arah strategis produk dalam skala yang lebih besar.


VP of Product atau Chief Product Officer


Di posisi puncak ini, kamu bertanggung jawab atas semua inisiatif produk dalam perusahaan. Kamu akan bekerja langsung dengan tim kepemimpinan senior dan memastikan visi produk selaras dengan tujuan bisnis perusahaan.

Itulah gambaran jenjang karir dari seorang product manager mulai dari level awal hingga mencapai C level. Tapi tentunya gambaran jenjang karir ini bisa berbeda tergantung dari perusahaan masing-masing.


Peluang dan Prospek Karir Product Manager Saat Ini


Apakah menjadi seorang product manager adalah karir yang tepat? 

Kamu bisa melihat beberapa peluang di bawah ini untuk menyimpulkannya:


1. Pertumbuhan Teknologi Digital


Saat ini, perusahaan-perusahaan berlomba mengembangkan produk digital. Oleh karena itu, permintaan untuk product manager, terutama di bidang teknologi, meningkat pesat.


2. Ekspansi Start-up


Banyak startup baru bermunculan dengan produk inovatif. Setiap start-up ini memerlukan product manager yang handal untuk memastikan produknya sesuai dengan kebutuhan pasar.


3. Peran Strategis


Di banyak perusahaan, product manager dianggap sebagai jembatan antara tim teknis dan bisnis. Mereka memiliki peran strategis dalam menentukan arah dan masa depan produk, sehingga peluang untuk berkarir di posisi strategis lainnya pun terbuka lebar.


4. Diversifikasi Industri


Meskipun awalnya lebih populer di industri teknologi, kini peran product manager juga mulai dibutuhkan di berbagai industri lain, seperti kesehatan, keuangan, dan pendidikan.


5. Pengakuan Global


Kemampuan dan keahlian sebagai product manager kini diakui secara global. Artinya, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan internasional atau bahkan pindah ke negara lain.

Dengan potensi dan peluang yang terus berkembang, maka prospek karir product manager tampaknya sangat menjanjikan. 

Jika kamu tertarik dan berdedikasi tinggi, yuk persiapkan diri dengan mengikuti Bootcamp Product & Project Management dari Dibimbing!

Salah satu keunggulan dari bootcamp ini adalah kamu bisa belajar secara live dengan para praktisi product manager dari berbagai perusahaan nasional hingga multinasional! 

Tunggu apa lagi? Yuk mulai karir product managermu dengan daftar bootcamp sekarang juga!



Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!