Mengenal Taktik Sepakbola AI: Revolusi Sepakbola Masa Kini

Anisa Fitri Maulida

•

23 October 2023

•

834

Image Banner
Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang populer di dunia. Setiap pertandingannya membawa kegembiraan bagi yang menontonnya. Tidak hanya mengandalkan kemampuan, taktik juga menjadi indikator kemenangan klub sepakbola dalam pertandingan. Jika biasanya taktik dibuat oleh pelatih, kali ini mereka bisa mengandalkan taktik sepakbola AI.

Taktik sepakbola Artificial Intelligence (AI) sendiri merupakan bentuk dari penggabungan antara cara membuat taktik sepakbola dengan AI. AI sendiri merupakan salah satu bentuk teknologi yang hingga saat ini, masih saja dikembangkan agar dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan suatu masalah.


Melalui artikel ini, kita akan berkenalan dengan taktik sepakbola AI yang saat ini sedang marak digunakan oleh banyak klub sepakbola. Yuk, simak bersama-sama!



Apa Itu Taktik Sepakbola AI?

Sejak dulu, sepakbola selalu berkembang dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Mulanya, strategi dan taktik dibuat berdasarkan pengamatan mata manusia. Seiring berjalan waktu, kini sepakbola sudah masuk era baru, yakni era taktik sepakbola AI.


Taktik Sepakbola AI adalah penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam dunia sepakbola untuk mengembangkan, menganalisis, dan meningkatkan strategi serta taktik permainan sepakbola. 


Melalui teknologi ini, pola permainan, kekuatan, kelemahan, dan potensi strategi bisa dianalisis dengan lebih mendalam dan akurat berdasarkan data yang tersedia. Dengan demikian, Taktik Sepakbola AI memungkinkan pengambilan keputusan taktik yang lebih tepat berdasarkan analisis komprehensif yang dilakukan oleh sistem kecerdasan buatan.


Perlu diketahui bahwasannya strategi dan taktik adalah dua hal yang berbeda, walaupun masih dalam satu metode yang sama. Strategi sendiri merupakan rencana yang disusun untuk meraih sesuatu, sementara taktik merupakan langkah untuk mewujudkan strategi tersebut.


Dalam konteks sepakbola, strategi merupakan rencana yang dibicarakan oleh peneliti data, pelatih, dan pemain klub sepakbola sebelum pertandingan. Sementara itu, taktik adalah wujud atau aksi yang dilakukan pemain dalam mewujudkan rencana tersebut saat pertandingan berlangsung. 


Walaupun kedua definisi tersebut berbeda, AI tetap bisa memberikan solusi agar para pemain bisa mendapatkan cara bermain yang efektif, untuk meraih kemenangan.


Bagaimana Taktik Sepakbola AI Bekerja?



Sumber: Youtube.com - Bundesliga


Jika biasanya taktik digunakan oleh para pemain atas bantuan dan juga arahan dari pelatih, kali ini kita akan mengenal bagaimana AI dapat memberikan insight kepada pemain. Hal tersebut dilakukan, agar pertandingan bisa berjalan lancar. Seperti apa caranya?

1.Pengumpulan Data

Di awal, sistem AI akan mengumpulkan data massif dari pemain dan pertandingan sepakbola sebelumnya. Data ini mencakup statistik pemain, pergerakan di lapangan, posisi bola, kecepatan lari, kekuatan tendangan, dan lainnya. Perlu diingat bahwa data yang dibutuhkan bisa berbeda-beda, tergantung kebutuhan.


Dari mana sumber data tersebut? Sumber data bisa berasal dari sensor yang ditempatkan di pakaian pemain, bola, dan juga kamera khusus yang dipasang di stadion.

  1. Pemrosesan dan Analisis Data

Setelah data terkumpul, AI akan memproses informasi tersebut. Menggunakan algoritma khusus dan teknik machine learning, AI akan menganalisis pola-pola yang terjadi di lapangan. Misalnya, mengidentifikasi strategi lawan, pola serangan yang sering dilakukan, atau kebiasaan tertentu dari pemain.


Oh, ya! Sobat MinDi perlu tahu, bahwa aktivitas proses dan analisis data seperti ini tidak bisa langsung dilakukan begitu saja. Melainkan, para peneliti data harus membuat aplikasi atau model khusus, yang dapat membantu mereka untuk melangsungkan proses tersebut.


Namun di sini, MinDi tidak akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana model tersebut di buat. Sebab, akan lebih mudah jika Sobat MinDi bisa belajar dan praktek langsung dengan bantuan mentor yang sudah lama berkecimpung di bidang ini.


Jika Sobat MinDi belum memiliki mentor yang bisa mengajarkan secara langsung, MinDi sarankan untuk mengikuti kelas bersertifikat internasional bernama Corporate Training dari dibimbing.id. Di sana, Anda akan ditemani oleh mentor yang sudah dipilih langsung oleh dibimbing.id.


Selain bisa belajar mengenal cara membuat model, Anda juga bisa mempelajari teknologi AI lainnya dengan cara request materi tertentu, lho! Tentunya, mentor di sana akan dengan senang hati menjadi guru sekaligus teman diskusi Anda.


Anda juga bisa memanfaatkan AI ini sebagai alat analisis taktik bisnis Anda, lho! Asalkan bisa di program dengan benar, maka AI akan menghasilkan data yang tepat sasaran.

  1. Prediksi dan Simulasi

Salah satu kelebihan AI adalah kemampuannya untuk melakukan prediksi berdasarkan data historis. Sebagai contoh, AI dapat memprediksi gerakan lawan berdasarkan pola permainan mereka di pertandingan sebelumnya. 


Selain itu, AI juga bisa melakukan simulasi pertandingan di komputer untuk menguji efektivitas taktik tertentu. Biasanya simulasi ini dilakukan, untuk menguji strategi yang sudah dibuat. Jika terdapat kesalahan atau strategi berjalan kurang baik, maka pelatih dan juga pemain memiliki kesempatan untuk memperbaikinya.


  1. Optimasi Taktik

Bersambung pada poin sebelumnya, AI tentunya tidak akan membiarkan pelatih dan pemain berpikir sendiri jika strategi dan taktik dirasa belum memenuhi ekspektasi.


Berdasarkan analisis dan simulasi, AI kemudian akan memberikan rekomendasi taktik yang optimal untuk sebuah pertandingan. Rekomendasi ini dapat mencakup formasi terbaik, strategi serangan dan bertahan, hingga rotasi pemain.

  1. Interaksi dengan Pelatih

Walaupun AI memiliki kemampuan analisis yang mendalam, keputusan akhir tetap berada di tangan pelatih. 


AI berperan sebagai alat bantu yang memberikan informasi berharga untuk mendukung pengambilan keputusan oleh pelatih. Pelatih kemudian dapat memilih untuk mengikuti rekomendasi AI, menggabungkannya dengan penilaian pribadi, atau bahkan mengabaikannya.

  1. Pembelajaran Berkelanjutan

Apakah taktik sepakbola AI tersebut akan berhenti sampai di sini? Bisa dikatakan benar, Sobat MinDi!


Namun, AI akan terus menerus "belajar" dari setiap pertandingan yang berlangsung. Sehingga, setiap kali ada data baru, sistem akan meng-update modelnya untuk meningkatkan akurasi analisis dan rekomendasi taktik. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa taktik yang dihasilkan selalu up-to-date dengan kondisi terbaru.


Keunggulan inilah yang membuat AI menjadi salah satu alat yang saat ini banyak digunakan. Tidak hanya bisa digunakan sekarang, AI juga bisa digunakan nanti dan berhasil menjadi bentuk investasi masa depan.


Baca Juga: 5 Kursus Data Analyst Online Gratis untuk Pemula


Selain bisa digunakan nanti, terdapat banyak manfaat yang dapat peneliti data, pelatih, dan pemain klub peroleh dengan menggunakan taktik sepakbola AI sebagai metode terkini untuk membentuk sebuah taktik sepakbola.





Manfaat Menggunakan Taktik Sepakbola AI Bagi Klub dan Pelatih

Sebagai teknologi yang dibuat dengan tujuan memberikan kemudahan kepada pengguna, AI juga dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Analisis Pemain Lebih Akurat

Dengan AI, klub dan pelatih dapat memahami performa pemain dengan lebih mendalam. Mulai dari efisiensi lari, stamina, kekuatan tendangan, hingga pola permainan pemain dapat dianalisis secara detail.

  1. Optimalisasi Strategi

Berbekal data historis dan analisis real-time, pelatih dapat mengoptimalkan strategi pertandingan, baik itu serangan maupun pertahanan yang sesuai dengan lawan.

  1. Deteksi Kelemahan Lawan

AI mampu mengidentifikasi celah dan kelemahan pada formasi atau strategi lawan, memberikan pelatih informasi berharga untuk merancang taktik penyerangan.

  1. Simulasi Pertandingan

AI bisa memperlihatkan simulasi pertandingan digital, memberikan gambaran kepada pelatih bagaimana strategi yang dirancang akan bekerja di lapangan nyata.

  1. Evaluasi Post-Match

Setelah pertandingan, AI dapat memberikan laporan rinci tentang apa yang bekerja dengan baik dan apa yang tidak, membantu pelatih dalam proses evaluasi dan perbaikan.

  1. Peningkatan Efisiensi

AI menghemat waktu pelatih dalam proses analisis, memungkinkan mereka untuk fokus lebih banyak pada aspek-aspek lain dari pelatihan dan manajemen tim.



Ada begitu banyak manfaat yang dapat diberikan oleh teknologi ini, bila digunakan dan diprogram dengan benar. Walau begitu, kita tidak boleh menutup mata dan fakta bahwa penggunaan teknologi seperti ini pasti memiliki tantangan sendiri.



Tantangan Menggunakan Taktik Sepakbola AI

Semakin hari, teknologi akan terus berkembang. Setiap digunakan, pasti akan ada tantangan yang dihadapi. Lantas, apa saja tantangannya?


1.Resistensi Budaya

Sepakbola kerap kali dianggap sebagai seni yang mengandalkan insting dan keahlian manusia. Oleh karena itu, ada sebagian pelatih dan pihak klub yang masih enggan mengadopsi teknologi AI karena dianggap mengurangi esensi 'manusia' dalam permainan.

  1. Kesulitan Adopsi

Memasukkan teknologi AI ke dalam sistem pelatihan dan strategi pertandingan memerlukan penyesuaian. Pelatih dan staf pendukung perlu dilatih untuk memahami dan menggunakan alat-alat ini dengan efektif, yang bisa menjadi proses yang memakan waktu.

  1. Ketergantungan Teknologi

Ada risiko bahwa klub mungkin menjadi terlalu bergantung pada AI dan mengabaikan intuisi dan pengalaman pelatih. Keseimbangan antara teknologi dan intuisi manusia penting untuk keberhasilan strategi.

  1. Isu Privasi dan Etika

Pengumpulan data pemain dalam jumlah besar bisa menimbulkan masalah privasi. Siapa yang memiliki akses ke data tersebut, bagaimana mereka digunakan, dan bagaimana mereka disimpan menjadi pertanyaan etika yang penting.

  1. Keterbatasan Data

Meskipun AI sangat kuat dalam menganalisis data, tetapi kualitas analisis sangat bergantung pada kualitas data yang dimasukkan. Data yang tidak akurat atau tidak lengkap bisa menghasilkan analisis yang menyesatkan.

  1. Biaya

Implementasi dan pemeliharaan sistem berbasis AI memerlukan investasi awal yang signifikan serta biaya berkelanjutan. Untuk klub dengan sumber daya yang lebih terbatas, ini bisa menjadi hambatan.






Contoh Wingate & Finchley Menggunakan AI 

Tahukah Sobat MinDi? Sebenarnya, teknologi Ai sudah digunakan cukup lama dalam ranah sepakbola. Pada tahun 2019, Salah satu klub bola yang berhasil menggemparkan penggemar sepakbola dengan menggunakan Ai, adalah Wingate & Finchley.


Sebelum bertanding melawan Whitehawk FC, Wingate & Finchley melangsungkan latihan dengan menggunakan Ai sebagai pelatih atau coach yang menemani mereka. Dengan sepakat, para pemain meminta Ai untuk memutuskan formasi, starting line-up, dan taktik yang tepat untuk mereka mainkan di pertandingan kelak.


Dalam wawancaranya bersama media, Dave Norman yang merupakan manajer Wingate & Finchley mengaku senang dengan ide menambahkan Ai sebagai inovasi terbaru dalam dunia sepakbola. 


Walau begitu, tetap saja Dave tidak bisa tutupi kekurangan dari Ai. Yaitu, tidak adanya emosi, sehingga Dave merasa bahwa Ai saat itu baru bisa digunakan sebagai pengolah data saja. Lalu, bagaimana dengan masa kini, ya? Bagaimana menurut Sobat MinDi?


Baca Juga: Mengenal Protokol Jaringan, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya


Taktik sepakbola AI merupakan strategi kekinian, yang memberikan manfaat dan tantangan seimbang. Untuk menggunakannya, diperlukan peneliti data yang cerdas dalam memanfaatkan seluruh sumber yang ada dan membentuk model yang tangguh.


Seperti yang dikatakan sebelumnya, penggunaan AI tidak sebatas untuk kebutuhan sepakbola saja. Melainkan, bisa digunakan untuk beragam bidang dan bisnis adalah salah satunya. Jadi, Anda juga bisa menggunakan taktik ini untuk mengembangkan bisnis Anda.


Dengan syarat, Anda perlu memahami tentang pengetahuan AI itu sendiri. Kelas Corporate Training bisa menjadi tempat belajar yang baik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebelum mendaftar, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan pihak dibimbing.id, agar mendapat solusi. Ayo, manfaatkan teknologi untuk bisnis yang lebih baik!



Share

Author Image

Anisa Fitri Maulida

Anisa merupakan penulis lepas dengan 4+ tahun pengalaman . Ia memiliki passion yang tinggi dalam dunia digital marketing. Kontribusi tulisanya dapat ditemukan di berbagai platform, dari mulai industri hiburan, pemerintahan, portal berita, hingga Edutech.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!