5 Kursus Data Analyst Online Gratis untuk Pemula

Syaukha Ahmad Risyad

•

03 July 2023

•

3420

Image Banner

Sobat MinDi, kamu tertarik buat jadi data analyst, tapi bingung belajar dari mana? Atau, kamu ingin belajar tapi belum siap ikutan kelas berbayar? Tenang aja! Ada kok beberapa kursus data analyst gratis yang bisa kamu coba.

Pekerjaan sebagai data analyst memang sedang naik daun. Tidak salah, prospeknya profesi ini juga sangat menjanjikan. Makanya, menjadi data analyst adalah pilihan yang oke buat jadi incaran karir Sobat MinDi!

Nah, di artikel ini, MinDi bakal memberi tahu kamu 4 kursus data analyst online yang gratis buat kamu sebagai pemula. MinDi juga bakal menunjukkan apa saja, sih, yang perlu kamu pelajari untuk menjadi data analyst. Yuk, kejar karir kamu sebagai data analyst bersama Dibimbing.id!

Apa itu Data Analyst?

Data analyst adalah profesi yang mengumpulkan, memanipulasi, dan mengolah data untuk menemukan informasi penting dari data tersebut. Seorang data analyst bekerja dengan big data yang dapat diakses melalui tools tertentu. 

Di era digital saat ini, data menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Pekerjaan data analyst memainkan peran penting dalam mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholder dalam menyusun strategi bisnis.

Apa Saja yang Perlu Dipelajari untuk Menjadi Data Analyst?

Untuk menjadi seorang data analyst, kamu harus menguasai beberapa teknik dan tools yang berguna untuk mengumpulkan, mengekstraksi, dan mengolah data. Sebagai pemula, ada beberapa dasar-dasar analisis data yang perlu kamu kenali terlebih dahulu sebelum mendalami dunia data science lebih jauh.

Berikut adalah beberapa hal dasar yang harus kamu pelajari untuk memulai karir sebagai data analyst

  • Dasar-dasar terkait big data dan dataset. Pahami fondasi dari tipe-tipe data, struktur data, dan format data. Kemudian kenali pula cara-cara pengumpulan data, penyimpanan data, dan prinsip manajemen data. Hal ini menjadi sangat penting mengingat objek utama dari data analyst adalah, tentu saja, data.

  • Query dan SQL (Structured Query Language). Setelah memahami dasar-dasar data, kamu perlu belajar cara menulis query di SQL untuk mengambil, memanipulasi, dan menganalisis data dari database.

  • Bahasa Pemrograman. Memahami bahasa pemrograman akan sangat membantu pekerjaan kamu sebagai data analyst. Melalui pemrograman, kamu dapat melakukan analisis data yang lebih kompleks, beserta melakukan otomasi dan membentuk machine learning.

  • Visualisasi Data. Seorang data analyst juga harus bisa membuat presentasi hasil temuannya. Ada banyak tools visualisasi data yang akan membantu kamu dalam mengkomunikasikan informasi.


Kursus Data Analyst Online Gratis

Berdasarkan dasar-dasar data analyst yang sudah dijelaskan sebelumnya, MinDi sudah merangkum situs-situs kursus data analyst online yang bisa kamu akses secara gratis, bahkan tanpa perlu mendaftarkan email kamu!

Tentunya akan ada perbedaan fitur dan layanan antara kursus gratis dengan yang berbayar, tapi buat kamu yang mau belajar dasar-dasar data analyst, kelas-kelas berikut sudah sangat cukup untuk mengantarkan kamu ke gerbang analisis data!


Data Analytics Short Course 2022 (CareerFoundry)

CareerFoundry menawarkan tutorial gratis sebagai pengantar buat kamu mengenali analisis data. Di kelas ini, kamu bakal diperkenalkan dengan dasar-dasar analisis data seperti data cleaning, jenis-jenis data, dan presentasi data.

Yang paling menguntungkan dari seri kelas pendek ini adalah tutorial ini ditayangkan di YouTube dan disimpan dalam satu set playlist. Sehingga kamu bisa menonton video-video tutorial ini kapanpun, di manapun, dan menggunakan perangkat apapun.

Akses playlist di tautan ini.

Introduction to SQL (SQLBolt)

Di pengantar SQL yang ditawarkan SQLBolt ini, kamu akan mendapatkan kelas-kelas interaktif beserta soal-soal latihan yang dapat langsung kamu coba kerjakan.

Di awal kelas, kamu akan diajak berkenalan terlebih dahulu dengan dasar-dasar SQL termasuk terkait relational database. Selanjutnya kamu akan langsung diajarkan cara menulis query di SQL.

SQLBolt sudah menyediakan query editor beserta tabel contoh, jadi kamu dapat secara langsung mengotak-atik query yang ingin kamu tulis. Sehingga kamu tidak perlu terlebih dahulu meng-install aplikasi SQL di komputer kamu.

Ada sekitar 18 bab beserta soal latihannya yang cukup buat Sobat MinDi berkenalan dengan dasar-dasar SQL.

Akses kelas di sini .


Microsoft Power BI Data Analyst (Microsoft)

Microsoft Power BI Data Analyst sebenarnya merupakan ujian (exam) untuk mendapatkan sertifikasi Power BI Data Analyst Associate. Meskipun begitu, ada banyak modul dan learning path yang dapat kamu ikuti secara gratis tanpa perlu mengikuti ujiannya.

Microsoft Power BI adalah tool untuk visualisasi data yang disediakan oleh Microsoft. Kamu dapat membuat grafik dan menyusun dashboard yang dapat membantu kamu menjelaskan data kamu.

Melalui modul dan learning path yang disediakan oleh Microsoft, kamu dapat berlatih untuk mengakses hingga mengoperasikan Power BI untuk keperluan analisis data kamu. Modul-modul ini menampilkan gambar-gambar sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam mengikuti tutorial yang disampaikan.

Akses modul dan learning path di sini.

Data Analysis with Python (FreeCodeCamp)

Seperti yang MinDi sebut tadi, pemrograman adalah hal yang penting dalam menunjang karir kamu sebagai data analyst. Bagi beberapa orang, pemrograman mungkin menjadi momok yang menakutkan, tapi kamu bisa belajar buat berkenalan terlebih dahulu dengan Python sebagai tool analisis data melalui kelas gratis yang ditawarkan FreeCodeCamp.

Seperti tutorial dari CareerFoundry sebelumnya, kelas ini juga ditayangkan di YouTube, namun dengan mengikuti silabus yang bisa diakses di tautan ini, kamu dapat mengikuti rangkaian tutorial dengan lebih terarah dan teratur.

Di kelas ini, kamu bakal belajar tentang penggunaan tools pada Python yang dapat digunakan dalam melakukan analisis data, khususnya menggunakan Numpy. Kelas ini juga akan memberikan contoh dan studi kasus yang didemonstrasikan langsung untuk membantu kamu memahami materi.

Akses course di tautan ini.

Free Class Dibimbing.id (Dibimbing.id)

Kalau Sobat MinDI mau ikutan kelas gratis yang ketemu dengan mentor-mentor profesional, kamu bisa banget ikutan kelas gratis yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Dibimbing.id mengadakan webinar gratis setiap minggunya yang membahas topik-topik tertentu. Kamu cukup mengisi formulir pendaftaran secara gratis, dan kamu langsung dapat bergabung di webinarnya.

Dibimbing.id juga suka ngasih beberapa penawaran materi-materi gratis, jadi pantengin terus update dari Dibimbing.id, ya!

Akses kelas gratis di tautan ini .


Perbedaan Kursus Gratis dengan Kelas Berbayar

Kursus-kursus gratis yang sudah MinDi sebut di atas adalah tempat yang tepat buat MinDi berkenalan dan belajar tentang dasar-dasar menjadi seorang data analyst. Meskipun begitu, tentu saja ada perbedaan antara kursus gratis dengan kelas berbayar.

Berikut adalah beberapa hal yang membedakan kelas berbayar dengan kelas gratis.

  • Kualitas dan kedalaman pembelajaran. Umumnya, kelas-kelas yang berbayar menawarkan materi yang lebih dalam dan tidak diajarkan oleh kelas-kelas gratis. 

  • Dukungan pengajar. Kelas berbayar juga umumnya didampingi oleh pengajar. Di kelas-kelas yang berkualitas, bahkan, kamu akan dibimbing oleh pengajar-pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Sepanjang proses belajar, kamu dapat memperoleh feedback langsung dari para pengajar ini.

  • Pengalaman belajar yang lebih terstruktur. Pemberi kelas berbayar biasanya menawarkan kelas yang sudah terstruktur rapi dengan suatu kurikulum. Dalam kurikulum ini, sudah tercakup materi-materi yang kamu perlukan. Di kelas yang berkualitas juga, biasanya kamu akan mendapatkan materi-materi, soal latihan, dan fitur-fitur pendukung untuk memonitor progres kamu.

  • Sertifikasi. Layanan kelas berbayar juga seringkali menawarkan pilihan sertifikasi yang dapat kamu penuhi di akhir masa pembelajaran. Sertifikat yang kamu peroleh dapat kamu manfaatkan buat mengejar karir kamu.

Nah, itulah perbedaan antara kursus gratis dengan kelas berbayar. Buat MinDi yang mau belajar data analyst lebih dalam lagi, MinDi menyarankan buat kamu mengikuti kelas-kelas berbayar yang diajarkan langsung oleh profesional di bidangnya.

Buat kamu yang ingin belajar lebih intensif lagi, MinDi mau mengajak kamu buat mengikuti Bootcamp Data Science yang diadakan oleh Dibimbing.id!

Selain dilatih oleh banyak ahli, kamu juga bakal belajar tentang data science dengan kurikulum yang didesain buat kamu siap menjadi data analyst. Kamu akan berlatih untuk menggunakan tools data science, seperti PostgreSQL, Python, dan Tableau dari awal hingga mahir!

Yuk, belajar lebih dalam lagi buat mengejar cita-citamu menjadi data analyst sekarang!

Share

Author Image

Syaukha Ahmad Risyad

Menulis artikel demi bisa membeli model kit.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!