dibimbing.id - Mengapa Core Value Penting? Definisi, Fungsi, & Contoh

Mengapa Core Value Penting? Definisi, Fungsi, & Contoh

Farijihan Putri

•

29 July 2024

•

2001

Image Banner

Apakah kamu sadar tanpa core value, sebuah perusahaan bisa kehilangan arah dan tujuan? Core value adalah lebih dari sekadar jargon perusahaan. 

Bayangkan sebuah organisasi tanpa panduan moral yang jelas pasti kacau, bukan? 

Dalam artikel ini, MinDi akan mengupas tuntas mengapa core value begitu krusial bagi kesuksesan sebuah perusahaan. 

Jadi, jika kamu ingin mengetahui bagaimana core value dapat mengubah arah dan kesuksesan sebuah organisasi, teruslah membaca!


Apa Itu Core Value?

Core value adalah prinsip dasar yang menjadi fondasi utama dalam suatu organisasi atau individu. 

Nilai-nilai ini menjadi panduan dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil, serta mencerminkan budaya dan identitas yang ingin dibangun. 

Core value membantu kamu dalam memahami apa yang benar-benar penting dan mendasari motivasi serta tujuan yang ingin dicapai. 

Dalam konteks bisnis, core value yang kuat dapat membantu Sobat MinDi untuk menentukan arah dan menjaga konsistensi dalam setiap keputusan perusahaan.


Mengapa Core Value Penting?

Sobat MinDi penasaran alasan mengapa core value penting? Di bawah ini adalah 5 alasan utamanya. 


1. Memberikan Panduan dalam Pengambilan Keputusan

Pertama, core value memberikan panduan yang jelas dalam pengambilan keputusan. 

Adanya nilai-nilai ini akan membantumu dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan prinsip dasar yang kamu pegang, sehingga keputusan yang diambil menjadi lebih konsisten dan terarah. 


2. Memperkuat Budaya Organisasi

Selain itu, core value memperkuat budaya perusahaan atau organisasi. Nilai-nilai dasar ini menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. 

Jadi, setiap anggota merasa dihargai dan termotivasi untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama. 

Dilansir firstup.io, karyawan yang tidak terlibat secara aktif menyebabkan kerugian sebesar $483 hingga $605 miliar per tahun dalam produktivitas yang hilang di Amerika Serikat.


3. Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas

Lebih lanjut, core value meningkatkan kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan serta mitra bisnis. Mereka melihat konsistensi dalam tindakan dan kebijakan yang kamu jalankan, sehingga merasa lebih percaya dan setia. 

Dikutip dari firstup.io, meningkatkan persentase karyawan yang merasa pekerjaan mereka penting, dapat mengurangi absensi sebesar 51%.

Selain itu, dapat menurunkan insiden keselamatan sebesar 64%, dan meningkatkan kualitas sebesar 29%.


4. Membantu Membangun Reputasi Positif  

Di samping itu, core value membantu dalam membangun reputasi yang positif. 

Kamu dapat memperkuat citra dan brand di mata publik. Kondisi ini pada gilirannya dapat menarik lebih banyak peluang dan keuntungan. 

Menurut firstup.io, survei dari Kronos Incorporated dan Future Workplace menyatakan, 95 % pemimpin HR mengatakan burnout karyawan merusak retensi tenaga kerja. 

Kondisi ini menunjukkan pentingnya core value dalam menjaga kesejahteraan karyawan.


5. Memberikan Sense of Purpose yang Kuat

Terakhir, core value memberikan sense of purpose yang kuat. Melalui nilai-nilai dasar yang jelas, kamu dan tim merasa lebih terhubung dengan visi dan misi yang ingin dicapai.’

Hasilnya, tentu akan lebih bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi. Dengan meningkatkan keterikatan karyawan terhadap misi dan tujuan organisasi, kualitas kerja dan keselamatan dapat meningkat secara signifikan.

Baca Juga: 7 Manfaat Pengembangan Karir bagi Karyawan dalam Perusahaan


5 Tujuan Core Value


Sumber: Freepik

Berikut 5 tujuan core value yang perlu kamu perhatikan.


1. Membimbing Tindakan dan Keputusan

Pertama, core value bertujuan untuk membimbing tindakan dan keputusan dalam organisasi. 

Dengan memiliki nilai-nilai inti yang jelas, kamu dapat memastikan setiap langkah yang diambil selaras dengan visi dan misi perusahaan, menciptakan konsistensi dan arah yang jelas.


2. Membangun Identitas dan Budaya Organisasi  

Selain itu, core value membantu dalam membangun identitas dan budaya organisasi. 

Nilai-nilai ini menciptakan lingkungan yang mencerminkan prinsip-prinsip dasar yang dipegang, sehingga setiap anggota tim dapat merasa bagian dari sesuatu yang lebih besar dan lebih bermakna.


3. Meningkatkan Keterlibatan dan Kepuasan Karyawan

Lebih lanjut, core value bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan kepuasan karyawan. 

Ketika karyawan merasa bekerja di tempat yang menghargai nilai-nilai yang mereka pegang, mereka cenderung lebih terlibat dan puas dengan pekerjaanya. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas. 

Karyawan yang merasa misi dan tujuan organisasi membuat pekerjaan mereka penting dapat mengurangi absensi dan meningkatkan kualitas kerja.


4. Menarik dan Mempertahankan Talenta Terbaik  

Di samping itu, core value penting untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik. Talenta terbaik cenderung mencari perusahaan yang nilai-nilainya sesuai dengan nilai pribadi mereka.


5. Memperkuat Reputasi dan Citra Publik 

Ketika perusahaan secara konsisten beroperasi berdasarkan nilai-nilai yang kuat, hal ini meningkatkan kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan serta mitra bisnis.

Selain itu, dapat memperkuat posisi di pasar serta membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan kolaborasi.


20 Contoh Core Value

Apa saja contoh core value yang bisa diterapkan dalam sebuah perusahaan? Berikut 20 contoh nilai-nilai tersebut.

1. Integritas: Menjaga kejujuran dan transparansi dalam setiap tindakan.

2. Inovasi: Terus berinovasi dan mendorong kreativitas.

3. Keunggulan: Berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik.

4. Kerjasama: Mendorong kolaborasi dan kerja tim.

5. Respek: Menghargai setiap individu dan perbedaan.

6. Tanggung Jawab: Bertanggung jawab atas setiap keputusan dan tindakan.

7. Komitmen: Berkomitmen terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan.

8. Kepemimpinan: Memimpin dengan memberi contoh yang baik.

9. Keterbukaan: Bersikap terbuka terhadap ide dan masukan baru.

10. Keberlanjutan: Peduli terhadap lingkungan dan berkelanjutan.

11. Pelayanan: Mengutamakan pelayanan yang ramah dan profesional.

12. Kecepatan: Bereaksi cepat terhadap perubahan dan kebutuhan.

13. Kesederhanaan: Menjaga proses dan produk tetap sederhana dan efektif.

14. Keberanian: Berani mengambil risiko yang diperlukan.

15. Empati: Mengerti dan merasakan kebutuhan orang lain.

16. Konsistensi: Konsisten dalam setiap tindakan dan keputusan.

17. Fleksibilitas: Mudah beradaptasi dengan perubahan.

18. Keamanan: Menjamin keamanan dan kenyamanan semua pihak.

19. Keterlibatan: Mendorong partisipasi aktif dari semua anggota tim.

20. Keberagaman: Mendukung dan merayakan keberagaman.


Contoh Core Value Perusahaan yang Kuat


Sumber: Freepik

Inilah 2 contoh core value perusahaan yang kuat dan membawa keuntungan pada perusahaan tersebut. 


Google

Google memiliki core value yang berfokus pada kebutuhan dan kepuasan pengguna. 

Selain itu, Google menetapkan standar tinggi dalam produk dan layanan, serta mendorong inovasi dengan prinsip "fast is better than slow".

Google juga berkomitmen pada proyek yang membawa perubahan besar, menciptakan produk yang mudah digunakan, dan memperhatikan detail. 

Di samping itu, mereka memberdayakan pengguna untuk mencapai lebih banyak dan menghargai keberagaman dengan menciptakan lingkungan yang inklusif.


Apple

Apple berkomitmen pada keunggulan serta selalu menghasilkan produk berkualitas tinggi dan tahan lama. 

Inovasi dan kreativitas menjadi inti dari setiap aktivitas dengan fokus pada kesederhanaan dan kemudahan penggunaan produk. 

Selain itu, privasi pengguna sangat dijaga. Bahkan, Apple menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan melalui praktik berkelanjutan. 

Kolaborasi dan kerja sama tim yang kuat, integritas dalam bisnis, dan desain estetika yang elegan adalah core value Apple. 

Tidak hanya itu, pelayanan pelanggan yang unggul juga menjadi prioritas untuk memberikan pengalaman terbaik.

Baca Juga: 5 Contoh Perencanaan Strategis Perusahaan yang Efektif


Siap Menerapkan Core Value untuk Bisnis agar Sukses?

Memahami dan menerapkan core value dalam perusahaan adalah kebutuhan yang mendasar. 

Jika memiliki core value yang kuat, perusahaan dapat menciptakan diferensiasi yang jelas dari kompetitor dan membangun hubungan lebih erat dengan konsumen.

Jika kamu ingin mendalami bagaimana core value dapat diterapkan secara efektif dalam strategi digital marketing, Program Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id adalah pilihan yang tepat. 

Program ini menawarkan pelatihan mendalam dari para ahli serta membekalimu dengan pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran sesuai nilai inti perusahaan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan keahlianmu di bidang digital marketing. Daftarkan dirimu sekarang di sini dan mulai perjalananmu menuju karir impian!


Referensi

  1. Communicating company core values: Definition, examples, and why it matters [Buka]
  2. 250+ Company Core Values Examples to Guide Your Organization [Buka]


Share

Author Image

Farijihan Putri

Farijihan is a passionate Content Writer with 3 years of experience in crafting compelling content, optimizing for SEO, and developing creative strategies for various brands and industries.

Hi!👋
Kalau kamu butuh bantuan,
hubungi kami via WhatsApp ya!