6 Materi Training Leadership Paling Penting untuk Dikuasai

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

15 May 2024

•

196

Image Banner

Ingin mengambil langkah lebih lanjut untuk karir kepemimpinan Anda? Menguasai materi training leadership adalah langkah pertama yang harus Anda kerjakan.


Tapi, tidak perlu khawatir! Untuk mempersiapkan Anda untuk memimpin dengan kepercayaan diri, MinDi sudah siapkan enam macam materi training leadership yang paling penting di artikel ini. 


Untuk mempelajarinya, baca artikel ini sampai habis ya!



Apa Itu Training Leadership?



Training leadership adalah proses pembelajaran dan pengembangan yang dirancang untuk individu dengan potensi sebagai pemimpin. Dengan pelatihan ini, individu tersebut diajarkan kemampuan dan pengetahuan terkait peran kepemimpinan.


Mengutip dari artikel HelpJuice, training leadership biasanya mengajarkan berbagai keterampilan. Mulai dari soft skills hingga hard skills. Beberapa soft skills yang diajarkan saat pelatihan adalah kemampuan mendengarkan serta manajemen konflik dan waktu.


Sementara itu, pelatihan hard skills ini bisa bervariasi tergantung industri perusahaan. Beberapa materi yang diajarkan antara lain teknologi terbaru seperti AI atau VR. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka dalam merumuskan visi keseluruhan perusahaan.


Secara keseluruhan, training leadership bertujuan untuk memperkuat kapasitas pemimpin dalam mengarahkan timnya. Mulai dari memecahkan masalah hingga mengambil keputusan yang tepat untuk kemajuan organisasi.



Mengapa Training Leadership Penting?



Sumber: Freepik


Pelatihan kepemimpinan memiliki dampak signifikan terhadap kinerja individu dan organisasi. Studi menunjukkan bahwa organisasi yang menyediakan pelatihan kepemimpinan komprehensif bisa melihat peningkatan signifikan di berbagai area.


Mengutip dari artikel Thomas Griffin, karyawan yang mengikuti pelatihan kepemimpinan biasanya menunjukkan peningkatan kemampuan belajar sebesar 25%. Sementara itu, peningkatan kinerjanya juga akan meningkat sebesar 20%. 


Peningkatan kinerja tersebut sangat penting karena tidak hanya meningkatkan kemampuan individu tetapi juga berkontribusi pada efisiensi organisasi secara keseluruhan.


Lebih lanjut, perusahaan yang mengadopsi training leadership yang inklusif juga lebih unggul dibanding pelatihan hanya untuk manajemen saja. 


Statistik dari whatfix menyatakan bahwa karyawan yang dilatih dengan pendekatan lebih inklusif bisa 4,2 kali lebih berprestasi dibanding pegawai dalam praktik training restriktif. Efek dari pelatihan kepemimpinan yang efektif juga berpengaruh ke retensi karyawan.


Artikel whatfix menyatakan bahwa 94% karyawan akan bertahan lebih lama di perusahaan jika perusahaan tersebut berinvestasi dalam pembelajaran dan pengembangan. 


Hal ini menekankan pentingnya pengembangan kepemimpinan yang berkelanjutan di semua tingkatan organisasi.


Baca Juga: 7 Daftar Leadership Skill yang Paling Dibutuhkan, Yuk Intip!




Apa Saja Materi Training Leadership?



Sumber: Freepik


Setelah mempelajari pengertian hingga pentingnya pelatihan ini, MinDi akan lanjut ke materi training leadership. Sejatinya, materi pelatihan ini bisa bervariasi tergantung industri perusahaan atau bisnis.


Akan tetapi, MinDi bakal kasih tahu enam materi training leadership yang paling dibutuhkan di industri. Di bawah ini adalah enam materi training leadership yang wajib Anda kuasai:


1. Komunikasi Bisnis


Mengutip dari Calilio, komunikasi bisnis adalah proses bertukar informasi untuk mencapai tujuan bisnis yang melibatkan interaksi dalam dan luar perusahaan. Komunikasi ini bisa terjadi lewat berbagai saluran. Ini mencakup tatap muka dan daring.


Keefektifan komunikasi juga sangat penting karena memengaruhi operasi bisnis, kerjasama tim, dan hubungan dengan pelanggan. Komunikasi yang baik mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan.


Buat kamu yang ingin mempelajari komunikasi bisnis, kami udah buat artikel lengkapnya untuk kamu baca-baca. Komunikasi bisnis ini penting banget buat Anda yang mau belajar tentang Leadership skill.



2. Decision Making


Keterampilan decision making adalah keputusan adalah kemampuan para pemimpin untuk memilih opsi terbaik dari berbagai alternatif yang ada. Dalam situasi kerja, karyawan sering menghadapi kebingungan atau pertanyaan.


Pada situasi tersebut, mereka cenderung akan meminta bantuan dari supervisor atau bos mereka. Para pemimpin ini perlu memiliki keterampilan membuat keputusan cerdas yang mempengaruhi karyawan dan perusahaan.


Mengutip dari Seismic, training leadership bisa membantu mereka untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Hal ini bisa membuat mereka untuk mengambil keputusan terbaik serta mendukung bisnis dan karyawan yang mereka pimpin.


Apa sih itu decision making? Gimana sih cara melakukan decision making yang baik? Kami telah membuat artikel lengkapnya buat Anda. Simak disini untuk mengetahui informasi lengkapnya.



3. Cara Memotivasi Tim


Dilansir dari Seismic, mengakui dan memuji anggota tim atas kerja keras mereka penting untuk memotivasinya. Selain itu, menghargai kontribusi mereka secara terbuka bisa meningkatkan semangat dan motivasi.


Akan tetapi, pemimpin juga perlu bisa memberikan teguran untuk karyawan yang berbuat salah. Walaupun ini bukan kegiatan menyenangkan, pemimpin harus tahu cara melakukannya secara efektif.


Training leadership ini berperan untuk membantu para pemimpin bisa memuji dan menegur anggota tim agar tetap termotivasi serta produktif. Maka dari itu, penting untuk seorang pemimpin agar mengetahui cara memotivasi tim.



4. Manajemen Tim


Dilansir dari coursera, manajemen tim adalah serangkaian tindakan, strategi, atau metode yang bertujuan untuk mengumpulkan sekelompok orang agar bisa bekerja secara efektif sebagai tim. Kerja sama tim ini adalah fondasi untuk menjaga produktivitas.


Hal ini merupakan kunci bagi perusahaan untuk menjaga operasionalnya. Dengan training leadership, pemimpin bisa lebih mengerti bagaimana cara mengelola anggotanya. Mulai dari teamwork hingga menjaga hubungan kerja yang baik.



5. Strategic Thinking


Mengutip dari Forbes, strategic thinking adalah pemikiran yang berfokus pada pemecahan masalah dan perencanaan kritis terhadap masa depan. Hal ini berkaitan dengan berbagai keterampilan seperti refleksi kritis, percakapan berani, serta analisis polaritas.


Ini juga diterapkan menggunakan intuisi dan pemikiran divergen. Selain itu, strategic thinking seringkali disertai dengan keterampilan perencanaan dan eksekusi strategis yang memaksimalkan potensinya. 


Dalam konteks training leadership, mengembangkan kemampuan berpikir strategis sangat penting. Hal ini karena pelatihan membantu pemimpin memahami dan menavigasi kompleksitas dalam organisasi.


Baca juga: Memahami Strategic Thinking Hingga Manfaatnya di Tiap Divisi



6. Problem Solving


Problem-solving adalah kemampuan sekaligus proses. Sebagai kemampuan, problem-solving membantu pemimpin dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi di perusahaan. 


Sebagai proses, problem-solving melibatkan serangkaian langkah untuk menemukan solusi terhadap pertanyaan atau kekhawatiran yang muncul sepanjang hidup. 


Mengutip coursera, proses ini biasanya mencakup identifikasi masalah, analisis masalah, pengembangan strategi penyelesaian, serta implementasi solusi. Selain itu, ini melibatkan evaluasi hasil untuk memastikan bahwa solusi yang diterapkan efektif.

Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah konflik antar tim. Dan penting bagi Anda untuk menguasai skill management konflik jika Anda merupakan seorang pemimpin. Nah, kalo Anda ingin mempelajari tentang management konflik, berikut kami telah merangkum penjelasan dan cara belajar management konflik disini.





Siapa yang Membutuhkan Training ini?



Sumber: Freepik


Dari penjelasan di atas, Sobat MinDi mungkin sudah ada gambaran bahwa pelatihan ini biasanya diberikan ke pemimpin. Tapi, spesifiknya, ini diberikan untuk pemimpin dengan peran apa sih?


Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, MinDi udah rangkum beberapa daftar penerima training leadership yang diambil dari HR Manual. Menurut artikel ini, ada tiga orang yang berhak mendapatkan training leadership.


Berikut adalah penjelasan lengkapnya:


  • CEAs (Career Executive Assignments): Setiap individu yang menduduki posisi CEA harus menerima minimal 20 jam pelatihan. Mereka juga berhak menerima pengembangan kepemimpinan setiap dua tahun.

  • Manajer: Setiap karyawan yang baru diangkat ke posisi manajerial harus menerima minimal 40 jam pelatihan kepemimpinan dalam 12 bulan setelah pengangkatan.

  • Supervisor: Setiap karyawan yang baru diangkat ke posisi supervisi harus menerima minimal 80 jam pelatihan. Ini juga harus diselesaikan selama masa percobaan atau dalam waktu enam bulan setelah pengangkatan.


Baca Juga: Pentingnya Leadership Skill untuk Membangun Karir yang Sukses!



Kesimpulan



Itulah beberapa materi training leadership yang bisa Anda manfaatkan. Dari uraian di atas, jelas bahwa kemampuan kepemimpinan sangat krusial dalam memperkuat kinerja tim dan organisasi secara keseluruhan.


Untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan di kalangan karyawan Anda, pertimbangkan untuk mengikuti program Corporate Training Dibimbing.id


Dengan mengikuti pelatihan ini, tim Anda dijamin akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan arah dan tujuan perusahaan.


Program pelatihan ini juga dirancang fleksibel. Jadi, Anda dapat memilih sesi yang paling relevan dengan kebutuhan spesifik perusahaan.


Jangan tunda lagi! Segera tingkatkan kemampuan kepemimpinan di perusahaan Anda bersama Dibimbing!



FAQ (Frequently Asked Questions)



Apa Saja Topik yang Biasanya Dibahas dalam Training Leadership?


Topik dalam training kepemimpinan bisa sangat bervariasi, tetapi umumnya mencakup komunikasi efektif, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, manajemen konflik, dan pengembangan tim.



Apakah Training Leadership Hanya Untuk Level atas Dalam Organisasi?


Tidak, training kepemimpinan relevan untuk semua level dalam organisasi. Mulai dari pemimpin tim hingga eksekutif senior.



Referensi


  1. Leadership Training and Development: A Complete Guide [Buka]

  2. Why Leadership Training is Important [Buka]

  3. 53 Surprising Leadership Statistics on Training, Culture, Development, and More (2024) [Buka]

  4. 49 Impressive EmployeeTraining & Development Statistics (2024) [Buka]

  5. What is Business Communication? Types, Advantages, & Importance [Buka]

  6. What is Team Management: Strategies, Duties, Job, Career, Outlook [Buka]

  7. How to Grow your Strategic Thinking Skills at Work [Buka]

  8. 7 Problem-Solving Skills that Can Help You Be a More Successful Manager [Buka]

  9. Leadership Training and Development Requirements [Buka]

Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!