Marketing Mix 7P: Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Digital

Dibimbing.id

19 December 2023

732

Image Banner

Dalam dunia bisnis, pemasaran adalah salah satu faktor kunci yang menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Salah satu konsep penting dalam pemasaran adalah Marketing Mix. Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang salah satu elemen penting dalam Marketing Mix, yaitu marketing mix 7P.


Apa itu Maketing Mix?

Marketing Mix mengacu pada taktik (atau kegiatan pemasaran) yang harus Anda lakukan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dan memposisikan penawaran Anda secara jelas dalam pikiran pelanggan. Ini melibatkan 7Ps; Product, Price, Place, Promotioni (McCarthy, 1960) dan tiga elemen tambahan yang membantu kamu mengatasi tantangan pemasaran jasa yaitu People, Process dan Physical Evidence (Booms & Bitner, 1982).


Product


Produk adalah elemen pertama dalam marketing mix 7P. Ini mencakup segala sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen, baik berupa barang fisik, jasa, atau produk digital. Dalam konteks digital marketing, produk dapat berupa aplikasi perangkat lunak, konten digital, atau layanan online. Penting bagi perusahaan untuk mengembangkan produk yang berkualitas, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Produk yang baik akan menarik minat konsumen dan membangun kepercayaan.



Price


Harga adalah faktor penting dalam marketing mix 7P. Penentuan harga yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan, seperti menghasilkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam pemasaran digital, harga dapat bervariasi tergantung pada model bisnis yang digunakan, seperti harga tetap, harga berlangganan, atau harga berbasis penggunaan. Perusahaan harus melakukan analisis pasar yang mendalam untuk menentukan harga yang kompetitif dan menguntungkan.



Place


Tempat adalah elemen ketiga dalam marketing mix 7P. Ini mencakup cara perusahaan menyediakan akses kepada konsumen untuk mendapatkan produk atau layanan. Dalam era digital, tempat tidak lagi terbatas pada toko fisik. Perusahaan dapat menggunakan platform online seperti situs web, toko online, atau aplikasi untuk menjual produk mereka. Pilihan tempat yang tepat akan memastikan produk dapat dijangkau oleh konsumen target, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan memperluas jangkauan pasar perusahaan. Perusahaan juga harus memastikan pengalaman pembelian online yang nyaman dan aman bagi konsumen.



Promotion


Promosi merupakan elemen penting dalam marketing mix 7P. Ini melibatkan semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk atau layanan mereka kepada konsumen. Dalam pemasaran digital, promosi dapat dilakukan melalui berbagai saluran seperti iklan online, media sosial, konten pemasaran, email marketing, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik minat konsumen, dan mendorong tindakan pembelian. Penting bagi perusahaan untuk merancang strategi promosi yang efektif, mengidentifikasi segmen pasar yang tepat, dan menggunakan pesan yang relevan untuk mencapai hasil yang diinginkan.



People


Orang adalah elemen penting dalam marketing mix 7P. Hal ini mencakup semua individu yang terlibat dalam proses pemasaran, baik itu karyawan perusahaan, pelanggan, atau mitra bisnis. Dalam pemasaran digital, interaksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran seperti media sosial, email, atau live chat menjadi sangat penting. Perusahaan harus memastikan bahwa karyawan mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Selain itu, pelanggan juga berperan penting dalam memberikan umpan balik dan merekomendasikan produk kepada orang lain. Perusahaan perlu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan memperhatikan kebutuhan dan keinginan mereka.



Process


Proses adalah elemen dalam marketing mix 7P yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan perusahaan dalam menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. Dalam pemasaran digital, proses dapat mencakup segala sesuatu mulai dari pemesanan produk online, proses pembayaran, hingga layanan pelanggan. Perusahaan harus memastikan bahwa proses yang ada mudah dipahami, efisien, dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan. Proses yang baik akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun reputasi positif bagi perusahaan.



Physical Evidence


Elemen terakhir dalam marketing mix 7P adalah bukti fisik. Ini mencakup semua elemen yang memberikan bukti nyata tentang kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam pemasaran digital, bukti fisik dapat berupa testimoni pelanggan, ulasan online, sertifikasi, penghargaan, atau bukti visual seperti foto produk atau video. Bukti fisik yang kuat dapat membangun kepercayaan pelanggan, mengurangi keraguan, dan membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih yakin. Perusahaan harus memastikan bahwa bukti fisik yang mereka berikan mendukung klaim mereka tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan.



Penggunaan Maketing Mix 7P

Perusahaan juga dapat menggunakan model 7Ps untuk menetapkan tujuan, melakukan analisis SWOT, dan melakukan analisis kompetitif.


Ini adalah kerangka kerja praktis untuk mengevaluasi bisnis yang ada dan bekerja melalui pendekatan yang sesuai sambil mengevaluasi elemen mix marketing.


Bagaimana contoh Marketing Mix yang sukses terlihat?


Ini adalah tinjauan tingkat atas; Anda akan membawa ini ke dalam detail yang lebih besar dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:


  1. Product: Kumpulan alat terintegrasi untuk SEO, blogging, media sosial, situs web, email, dan alat intelijen potensial.

  2. Price: Berlangganan bulanan berbasis langganan, model Perangkat Lunak- Sebagai-Layanan berdasarkan jumlah kontak dalam basis data dan jumlah pengguna layanan.

  3. Place: Online! Jaringan Mitra, Kelompok Pengguna Negara.

  4. Promotion: Direktur berbicara di acara-acara, webinar, panduan-panduan yang berguna yang diperkuat oleh SEO. Iklan media sosial, misalnya LinkedIn.

  5. Physical Evidence: Branding yang konsisten di seluruh komunikasi.

  6. Process: Lebih banyak staf penjualan sekarang terlibat dalam konversi.

  7. People: Investasi dalam layanan online.


Jika Anda tertarik untuk mendalami konsep marketing mix 7P dan mengembangkan keterampilan pemasaran digital Anda, bergabunglah dengan Bootcamp Digital Marketing di Dibimbing.Id. Di sini, Anda akan memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang strategi pemasaran digital terkini dan praktik terbaik dalam industri. Dapatkan akses seumur hidup untuk konsultasi karir, materi pembelajaran, dan rekaman kelas online. Tersedia juga mentor profesional yang siap mendampingi Anda dalam dan di luar kelas. 


Bergabunglah dengan komunitas eksklusif di Dibimbing.Id dan jadilah bagian dari lebih dari 37.000 anggota yang berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang digital marketing. Dapatkan juga kesempatan membangun portofolio yang mengesankan melalui hasil proyek mingguan dan proyek akhir. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengulang satu batch tanpa biaya tambahan untuk memastikan pemahaman yang mendalam.


Di Dibimbing.Id, kami menawarkan nilai yang unik kepada Anda. Salah satunya adalah konektivitas pekerjaan dengan lebih dari 500 perusahaan mitra. Kami bangga mencapai tingkat koneksi pekerjaan sebesar 89%, memberikan peluang karir yang lebih baik bagi lulusan Bootcamp Digital Marketing kami. Anda bisa menjadi salah satunya!


Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini. Bergabunglah dengan Bootcamp Digital Marketing di Dibimbing.Id dan tingkatkan keterampilan Anda dalam pemasaran digital. Dapatkan akses ke pengetahuan terkini, mentor yang berpengalaman, dan jaringan profesional yang luas. 



Referensi :


What is the 7Ps Marketing Mix and how should it be used? - Buka

Understanding The 7ps of The Marketing Mix - Buka

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!