Ide Konten Instagram 30 Hari Untuk Akun Bisnis, Yuk Intip!
Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
•
30 April 2024
•
1432
Sobat MinDi mau memperkaya feed Instagram bisnis dengan konten menarik dan variatif selama sebulan penuh? Supaya Sobat MinDi gak pusing mikirin rencananya, kali ini, MinDi bakal kasih ide konten Instagram 30 hari untuk akun bisnis.
Penasaran apa aja ide kontennya? Pastikan Sobat MinDi baca artikel ini sampai habis ya!
Ide Konten Instagram 30 Hari Untuk Akun Bisnis
Mengelola konten Instagram selama 30 hari tentunya membutuhkan perencanaan yang baik untuk memastikan variasi dan keterlibatan secara konsisten.
Supaya Sobat MinDi nggak pusing, ini dia ide konten yang bisa kamu pakai untuk mengisi kalender postingan Instagram selama sebulan:
1. Ceritakan Kisah di Balik Produk
Konten bisa dibuat untuk mengungkapkan inspirasi, proses pembuatan, atau tantangan yang diatasi saat mengembangkan produk. Tujuan utama dari konten ini adalah membangun hubungan emosional dengan pelanggan dan menambah nilai pada produk.
Untuk menerapkan ini, Sobat MinDi bisa memakai postingan blog, video, atau infografis dalam ceritakan kisahnya. Salah satu brand yang menerapkan ide konten ini adalah Apple.
Apple sering membagikan kisah di balik desain dan inovasi produk mereka. Misalnya, iPhone atau MacBook yang berfokus pada kualitas dan inovasi.
2. Bagikan Karyawan Terbaik
Sumber: LinkedIn Google
Konten ini bisa dibuat dengan menyoroti kontribusi atau pencapaian karyawan. Ini bertujuan untuk menghargai karyawan dan memperlihatkan budaya perusahaan positif. Untuk menerapkannya, kamu bisa posting foto dan cerita singkat tentang karyawan di media sosial.
3. Buat Konten QnA
Jenis konten ini merupakan sesi tanya jawab di mana audiens bisa bertanya langsung ke brand. Ini bertujuan untuk membuka interaksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, dan mengklarifikasi keraguan konsumen.
4. Buat Konten Tutorial Produk
Sumber: Instagram Sephora ID
Ini merupakan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan produk. Tujuannya adalah untuk mengajarkan pelanggan tentang penggunaan optimal produk. Untuk menerapkannya, kamu bisa buat video tutorial di Instagram.
5. Bagikan Cerita Sukses dari Pelanggan
Sumber: Instagram Dibimbing
Ini merupakan konten yang menampilkan testimoni atau kisah sukses pelanggan yang telah merasakan manfaat dari produk atau layanan. Ini bertujuan untuk memberikan bukti sosial dan meningkatkan kredibilitas terhadap produk atau layanan.
Untuk membuatnya, kamu bisa unggah konten testimoni video atau studi kasus yang diposting di media sosial.
6. Sneak Peek Produk Baru
Ini merupakan konten yang berfungsi untuk memberikan tampilan awal atau pratinjau eksklusif produk yang akan datang. Ini bertujuan untuk membangun antisipasi dan kegembiraan sebelum peluncuran produk.
7. Ucapkan Perayaan di Hari Khusus
Sumber: Instagram Dibimbing
Ini merupakan konten untuk mengakui dan merayakan hari-hari penting secara kultural atau industri. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa brand terlibat dengan komunitas dan topik yang relevan.
Untuk melakukannya, kamu hanya perlu unggah konten khusus di media sosial yang sesuai dengan hari tersebut. Salah satu contoh konten ini bisa kamu liat dari konten Dibimbing di atas yang diunggah saat hari raya lebaran.
8. Buat Kontes atau Giveaway
Sumber: Instagram Dibimbing
Ini merupakan jenis konten yang menawarkan sesuatu secara gratis sebagai imbalan atas partisipasi dalam aktivitas tertentu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan memperluas jangkauan.
Untuk menerapkannya, kamu bisa buat kontes di media sosial di mana pengguna harus mengikuti, memberikan komentar, atau membagikan postingan. Salah satu contohnya bisa kamu lihat dari konten Dibimbing di atas.
9. Bagikan Quote Inspiratif
Ini merupakan jenis konten yang memotivasi pengikut dengan kutipan inspiratif atau relevan dengan merek. Hal ini bertujuan untuk membangun hubungan emosional dan memberikan konten yang mudah dibagikan.
Untuk menerapkannya, kamu bisa buat desain visual yang menarik dengan kutipan pada postingan Instagram. Ini akan meningkatkan keterlibatan audiens dan memancing mereka untuk membagikan konten.
10. Bagikan Fakta Menarik
Ini merupakan konten yang memberikan informasi menarik dan kurang diketahui tentang produk, layanan, atau industri. Tujuannya adalah untuk mengedukasi audiens sambil menciptakan keterlibatan.
Untuk melakukan ini, kamu bisa mengunggah postingan infografis atau video pendek.
11. Buat Konten Behind the Scenes
Konten ini bertujuan menampilkan proses di balik layar yang terjadi di perusahaanmu. Hal ini memberikan pandangan dekat dan transparan tentang bagaimana produk atau layananmu dibuat.
Untuk menerapkannya, kamu bisa posting foto atau video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari, proses produksi, atau kegiatan tim di belakang layar. Impact dari konten ini adalah kamu membangun keterhubungan emosional dengan audiens.
Selain itu, kamu bisa menunjukkan dedikasi dan kerja keras perusahaan serta meningkatkan rasa kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.
12. Bagikan Tips Keberlanjutan
Konten ini dibuat untuk berbagi tips atau saran tentang cara hidup yang berkelanjutan atau ramah lingkungan. Ini bertujuan untuk mendorong kesadaran dan tindakan positif terhadap lingkungan. Selain itu, ini juga memperlihatkan komitmen merek terhadap keberlanjutan.
Kontennya bisa berupa postingan blog, video, atau grafik yang menyajikan tips praktis untuk gaya hidup lebih berkelanjutan. Impact yang didapatkan adalah kamu bisa meningkatkan citra merek yang peduli lingkungan.
13. Buat Konten A Day in My Life
Sumber: Instagram Dibimbing
Konten ini bertujuan untuk menghadirkan gambaran tentang sehari-hari kehidupan personal atau profesional anggota tim atau pemilik bisnis.Ini bertujuan untuk memperkenalkan sisi humanis dari merek dan membina koneksi lebih dekat dengan audiens.
Untuk menerapkannya, kamu bisa beri postingan di media sosial atau video yang menggambarkan kegiatan sehari-hari. Ini berlaku di tempat kerja maupun di luar pekerjaan.
14. Spotlight Mitra Bisnis
Konten ini menyoroti mitra atau vendor yang bekerja sama dengan merek bisnismu. Ini bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan mitra bisnis dan memperkenalkan mereka kepada audiensmu.
Untuk melakukan ini, kamu bisa posting foto atau cerita singkat tentang mitra bisnis. Lalu, ceritakan juga bagaimana kolaborasi mereka mempengaruhi produk atau layanan.
15. Buat Konten Apresiasi Pelanggan
Ini adalah konten untuk enghargai dan merayakan kesetiaan pelanggan dengan membagikan cerita atau testimoni mereka. Konten ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan merek.
Untuk menerapkannya, kamu bisa posting testimoni pelanggan atau cerita sukses mereka. Selain itu, kamu juga bisa memberikan penghargaan atau hadiah khusus untuk pelanggan setia.
Dengan konten ini, kamu bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendukung upaya retensi pelanggan.
16. Buat Infografis
Sumber: Instagram Hubspot
Konten ini menyajikan informasi atau data secara visual dalam format infografis yang menarik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemahaman informasi kompleks dan menarik perhatian audiens.
Untuk menerapkannya, kamu bisa embuat desain visual yang menarik dengan menggunakan data atau statistik yang relevan dengan merek atau industri.
Salah satu brand yang menerapkan ini adalah HubSpot. Mereka sering membagikan infografis tentang tren pemasaran digital dan strategi yang efektif. Hal ini membantu pelanggan dan audiensnya untuk memahami dan menerapkan konsep tersebut dalam bisnis mereka.
17. Bagikan Memori atau Pencapaian Masa Lalu
Konten ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kebanggaan terhadap merek dan menunjukkan evolusi atau perkembangan dari waktu ke waktu.
Untuk menerapkannya, kamu bisa posting gambar atau video retrospektif. Kemudian, kamu bisa merayakan ulang tahun perusahaan atau peristiwa bersejarah. Selain itu, kami juga bisa mengenang pencapaian yang signifikan.
18. Buat Polling atau Survey
Ini merupakan konten untuk mengumpulkan masukan dari audiensmu dengan cara menyajikan pertanyaan atau survei. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan wawasan tentang preferensi dan opini audiens. Ini juga bertujuan untuk melibatkan mereka secara langsung dalam proses pengambilan keputusan.
19. Berikan Tur Virtual Kantor
Ini konten untuk mengajak audiens mengenal lebih dekat lokasi fisik atau kantor perusahaan melalui tur virtual. Konten ini bertujuan untuk memberikan wawasan eksklusif tentang bagaimana dan di mana produk dibuat.
Untuk menerapkannya, kamu bisa membuat video tur virtual yang menunjukkan area kantor, fasilitas, tim, atau proses produksi.
20. Bagikan Informasi Tentang Inovasi di Industri
Sumber: Instagram Dibimbing
Konten ini memberikan wawasan tentang tren terkini, teknologi, atau inovasi yang mempengaruhi industri. Konten bertujuan untuk menjadi sumber informasi yang berguna bagi audiens.
Selain itu, ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepemimpinan dan keahlian dalam industri. Untuk menerapkannya, kamu bisa posting artikel, infografis, atau video yang menggambarkan tren atau inovasi terbaru dalam industri.
Gambar di atas juga bisa kamu pakai sebagai referensi.Di mana kontennya menjelaskan tentang peran AI untuk content creator yang sesuai dengan industri dan audiens Dibimbing.
Itulah ide konten Instagram 30 hari untuk akun bisnis yang bisa kamu pakai secara bergantian. Dengan menggunakan ide-ide konten di atas, kamu bisa menarik lebih banyak pengikuti, meningkatkan interaksi, dan memperkuat koneksi dengan komunitas.
Eits, selain cari ide konten kamu tentu juga harus siapkan strategi lain untuk pemasaran di sosial media. Kalau kamu mau belajar lebih banyak lagi soal strategi pemasaran media sosial, bootcamp social media marketing dibimbing.id bisa jadi pilihan terbaik.
Lewat program ini, kamu bakalan dapet pelatihan intensif.Selain itu, kamu bakal didampingi oleh para mentor berpengalaman dan profesional yang siap wujudin impianmu jadi social media specialist handal.
Jadi, nggak usah ragu lagi! Segera gabung dan wujudkan karir impianmu bareng Dibimbing.id!
Tags
Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.