5 Hal Penting dalam Membuat CV Bahasa Inggris

Dibimbing.id

09 September 2022

871

Image Banner

CV emang jadi salah satu berkas yang penting banget buat melamar pekerjaan. Untuk membuat CV bahasa Indonesia aja udah cukup menantang, tapi kadang ada beebrapa perusahaan yang memang menjadikan CV bahasa Inggris menjadi nilai plus. Jadi mau gak mau Sobat MinDi harus membuat CV bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tentu aja bakal jadi tantangan yang menarik juga kan?

Tapi kamu tenang aja, MinDi bakal kasih tau kamu hal-hal apa aja yang harus ada saat kamu membuat CV bahasa Inggris. Mau tau apa aja? Yuk scroll sampai akhir! 

Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat CV Bahasa Inggris

Sebenarnya kalau melihat dari segi strukturnya, baik membuat CV bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia kurang lebih sama. Namun, penting bagi Sobat MinDi buat memperhatikan grammar dan kosa kata yang bakal dipakai. Kadang menyusun CV bahasa Indonesia aja kita masih sering kebingungan buat memilih kosa kata yang tepat, kan? Nah apalagi untuk bahasa Inggris. 

Tapi tenang aja, asal kamu teliti dan mau terus melakukan evaluasi dan pengembangan, membuat CV bahasa Inggris bakal jadi gampang kok. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan agar CV bahasa Inggris kamu tersusun dengan baik dan menarik. 

  1. Tata bahasa

Baik dalam CV bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, tata bahasa itu penting banget biar CV yang kamu bangun terkesan rapi dan profesional. Misalnya kalau kamu mau menuliskan banyak informasi ke dalam CV kamu, gak mungkin bukan kamu harus terus menerus menggunakan kata “and”. 

Nah disinilah pentingnya kamu memperhatikan tata bahasa. Kamu bisa ya menggunakan simbol atau tanda titik koma (;) untuk memisahkan poin-poin atau informasi yang kamu sampaikan. Terkesan lebih ringkas dan profesional. HRD juga bakalan lebih mudah tertarik. 

  1. Pengunaan kata singular/plural

Kata singular/plural atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah kata tunggal atau jamak. Penggunaan kata ini bisa diterapkan saat kamu menggunakan kata ganti untuk menyebutkan perusahaan kamu sebelumnya. Misalnya kamu sedang ingin menyebutkan peran kamu dalam sebuah tim, alih-alih menuliskan “part of their team”, bakal lebih baik kalau menulisnya jadi “part of its team” 

  1. Penggunaan action verbs

Action verbs atau kata kerja adalah jenis kata yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas yang dilakukan seseorang. Sobat MinDi bisa ya menggunakan jenis kata ini di bagian pencapaian dan pengalaman kerja. 

Contohnya adalah dalam penulisan “was in charge of 10 employees”, bakal lebih enak dibaca kalau kamu menuliskannya menjadi “managed a divison of 10 employees”. Kalau Sobat MinDi perhatikan dari dua kalimat tadi, bisa dilihat bukan, kalau kata action verbs bisa memberikan kesan tegas dan menonjol. Jadi akan lebih menarik perhatian HRD. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan penggunaan subjek “I” dalam CV kamu. Penggunaan yang gak tepat bakal memberikan kesan yang bertele-tele. 

Misalnya dalam kalimat “Directed and trained a sales team that surpassed their targets.” 

Kalimat tersebut memberikan kesan yang tegas dan tajam. Menjelaskan secara ringkas apa yang sedang atau selesai kamu kerjakan. Coba bandingkan dengan kalimat berikut ini:

I was charge of a sales team that hit all its targets.” 

Penggunaan “I” dalam kalimat tersebut malah membuat kalimat terkesan sangat bertele-tele. 

  1. Urutan sub bahasan

Di beberapa negara khususnya negara yang berbahas inggris, biasanya penempatan sub bahasan pengalaman kerja diletakkan lebih awal. Tepat diatas sub bahasan pendidikan. Peletakan urutan sub bahasan ini bermanfaat untuk melihat bagaimana pengalaman kamu dalam bekerja serta apa aja yang udah kamu capai. 

Kamu juga gak usah panik, pengalaman kerja disini mencakup pengalaman magang atau berorganisasi kok.

  1. Ejaan dan tanda baca

Kalau kamu udah menerapkan poin-poin sebelumnya dalam membuat CV bahasa Inggris kamu, maka kamu udah dalam zona aman. Tapi sebelum akhirnya kamu mengirimkan CV tersebut, baiknya kamu melakukan crosscheck lagi. Perhatikan ejaan dan tanda baca. Jangan sampai ada kata-kata yang typo. Kamu pasti gak mau kan CV yang merupakan berkas penting dalam melamar kerja, eh ada typo dan kesalahan tanda baca. Bisa bikin CV kamu jada terkesan gak profesional. 

Itu dia beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika akan membuat CV bahasa Inggri. Gimana nih Sobat MinDi? Susah susah gampang ya ternyata. Tapi kamu gak perlu panik, asalkan kamu memperhatikan hal-hal tersebut, kamu udah berhasil melakukan yang terbaik kok. 

Tapi kalau misalnya kamu benar-benar merasa gak yakin sama CV kamu, atau mungkin kamu butuh konsultasi dan latihan buat interview, Sobat MinDi bisa lho cobain program Scareer dari dibimbing.id. Salah satunya kamu bisa cobain layanan CV dan Linkedin Review

Melalui layanan ini, kamu bakalan diberikan saran dan masukan terkait CV yang udah kamu buat langsung dari ahlinya, loh! Gak hanya itu, kamu juga bisa konsultasi sekaligus belajar cara membuat CV yang lebih baik. Dengan begitu kamu gak perlu lagi deh merasa gak percaya diri sama CV kamu. Yuk, tunggu apa lagi, langsung aja daftar layanan CV dan Linkedin Review disini! Let’s gooo! 


Referensi:

Adiputra, C. P. (n.d.). 8 tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris Yang Baik. Kursus/Les Bahasa Inggris Online Interaktif | English Academy. https://www.english-academy.id/blog/tips-membuat-cv-dalam-bahasa-inggris

Camalia, M. (2018, February 2). 7 tips Membuat CV Bahasa Inggris Yang Harus Kamu Tahu. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/career/melisa-camalia-1/7-tips-membuat-cv-bahasa-inggris-yang-harus-kamu-tahu-c1c2/7

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!